//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)  (Read 111498 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #30 on: 15 January 2011, 06:47:40 PM »
Namo Buddhaya,

Kalau itu memang pondasi dasar, saya kira kesalahan itu tidak terjadi. pernahkah anda mendengar kisah seorang anggota dewan yg salah mengucapkan pancasila dasar negara? dan bagaimana reaksi masyarakat? apakah sbg pondasi dasar, hal ini tidak pernah atau jarang diajarkan sehingga jarang terdengar oleh penganutnya? saya bukan praktisi zen, tapi ketika pertama kali saya diajarkan tentang Samatha, saya tau tidak ada huruf N di sana.

 :) Yang membedakan Samanta dengan Samata = Kelebihan huruf n satu biji, Begitu saja repot eh salah begitu saja ribut.......

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #31 on: 15 January 2011, 06:54:50 PM »
Namo Buddhaya,

 :) Yang membedakan Samanta dengan Samata = Kelebihan huruf n satu biji, Begitu saja repot eh salah begitu saja ribut.......

 _/\_

1. Samanta vs Samatha => bukan cuma masalah huruf n satu biji, silahkan perhatikan berkali2 lagi. keponakan saya yg masih playgroup bisa membedakan loh.

2. tidak bisa menyebutkan sesuatu yg dianggap sebagai pondasi dasar suatu ajaran. saya pikir ini bermasalah, entah dari guru atau dari muridnya.

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #32 on: 15 January 2011, 07:07:29 PM »
Namo Buddhaya,

1. Samanta vs Samatha => bukan cuma masalah huruf n satu biji, silahkan perhatikan berkali2 lagi. keponakan saya yg masih playgroup bisa membedakan loh.

2. tidak bisa menyebutkan sesuatu yg dianggap sebagai pondasi dasar suatu ajaran. saya pikir ini bermasalah, entah dari guru atau dari muridnya.

1. Yang kebakaran jenggot masalah Samanta vs Samatha cuman you kayaknya........  :)

2. Maksudnya bagaimana, bertanyalah yang jelas nanti saya jawab.

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #33 on: 15 January 2011, 07:18:16 PM »
Namo Buddhaya,

1. Yang kebakaran jenggot masalah Samanta vs Samatha cuman you kayaknya........  :)

2. Maksudnya bagaimana, bertanyalah yang jelas nanti saya jawab.

 _/\_

1. kok kek deja vu ya? kalau member lain tidak bersuara bukan berarti mrk setuju dengan samanta anda, ingat?

2. itu bukan pertanyaan, itu pendapat saya, anda berhak menjawab walaupun saya tidak membutuhkan jawaban.

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #34 on: 15 January 2011, 07:22:07 PM »
Namo Buddhaya,

1. kok kek deja vu ya? kalau member lain tidak bersuara bukan berarti mrk setuju dengan samanta anda, ingat?

2. itu bukan pertanyaan, itu pendapat saya, anda berhak menjawab walaupun saya tidak membutuhkan jawaban.

Males nanggapi anda, wis cekap sementen.

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #35 on: 15 January 2011, 07:45:30 PM »
Namo Buddhaya,

Males nanggapi anda, wis cekap sementen.

 _/\_

tapi toh tetap ditanggapin juga  :P

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #36 on: 15 January 2011, 08:25:20 PM »
Namo Buddhaya,

 :) Yang membedakan Samanta dengan Samata = Kelebihan huruf n satu biji, Begitu saja repot eh salah begitu saja ribut.......

 _/\_

Pernah lewat satu depot makanan... tertulis.... depot makan ibu KOTOL
nah... kalau kelebihan satu huruf N dan ditempat yg tepat kan menjadi suatu kehebohan dasyat.....

(ini true story... begitu gw melihat nama depot tsb.... pikiran langsung melayang.... gimana kalau ditambah satu huruf N =)) )

menurut gw kelebihan satu huruf N dpt diributkan tergantung kondisinya dehhhh  =))

apalagi dlm obat2an dan kimia......
« Last Edit: 15 January 2011, 08:30:15 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #37 on: 15 January 2011, 08:34:12 PM »
Pernah lewat satu depot makanan... tertulis.... depot makan ibu KOTOL
nah... kalau kelebihan satu huruf N dan ditempat yg tepat kan menjadi suatu kehebohan dasyat.....

(ini true story... begitu gw melihat nama depot tsb.... pikiran langsung melayang.... gimana kalau ditambah satu huruf N =)) )

menurut gw kelebihan satu huruf N dpt diributkan tergantung kondisinya dehhhh  =))

apalagi dlm obat2an dan kimia......

no pic=hoax.

kalo gue johan, gue akan tanya soal kemana api pergi

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #38 on: 15 January 2011, 09:43:02 PM »
no pic=hoax.

kalo gue johan, gue akan tanya soal kemana api pergi

Bro Indra harap memaklumi bro Triyana mau jadi hero....
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #39 on: 15 January 2011, 09:58:32 PM »
no pic=hoax.

kalo gue johan, gue akan tanya soal kemana api pergi

ya... nanti kalau ketemu gw fotoin....
sementara bro suka makan

PUKIS gak ?............. nah gimana kalau S nya hilang, kan bisa juga berabe...
kalau yg banyak dehh

soal api....yg tanya aja gak ngerti jenis apa yg mana....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #40 on: 15 January 2011, 09:59:37 PM »
Namo Buddhaya,
Namo Buddhaya juga bro...

Quote
1. Apa bedanya Smrtyupasthana Sutra dengan Satipatthana Sutta ?
Coba renungkan apakah Smrtyupasthana Sutra dengan Satipatthana Sutta sama?   :)  Hint untuk anda, coba perhatikan board tempat kita diskusi.

Quote
2. Silahkan tanyakan kepada Zen Master  :)

 _/\_
Jawaban anda yang lalu mengisyaratkan seolah-olah anda mengerti Zen, ini saya kutipkan kembali tulisan anda,
Quote
2. Tidak mengherankan bila kita mendengar bahwa beliau mengajarkan Satipatthana, karena setahu saya Zen Buddhism tak pernah mengajarkan satipatthana, karena dalam Satipatthana tak ada konsep pencerahan seketika seperti dalam Zen.= Dalam Zen kalau saya tidak salah pondasi dasar meditasinya Samanta Vipassana baru setelah sang murid menguasai benar tehnik tersebut boleh berlanjut ke bermacam-macam meditasi lain yang dipilih oleh Guru berdasarkan kecocokan siswa persiswa, jadi tidak semua murid mendapatkan meditasi lanjutan yang sama walaupun tujuan akhirnya sama. Kalo anda tidak pernah mendengar konsep pencerahan seketika dalam Satipattana bukan berarti dalam praktek hal ini tidak pernah terjadi.
Ternyata anda tak mengerti, saya kira anda mengerti, ya sudah harap dimaafkan saya bertanya kepada orang yang salah.
 
_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #41 on: 15 January 2011, 11:50:53 PM »
ah... saya yakin kalau 100 Buddhist di vihara atau di tempat retreat (meditator gitu loh) di kumpulkan suruh tulis nama pangeran Sid****** Gotama, pasti byk yg salah... tidak perlu dipost disini, gunakan saja kejujuran anda.

semoga semua berbahagia :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #42 on: 15 January 2011, 11:55:17 PM »
1. Apa bedanya Smrtyupasthana Sutra dengan Satipatthana Sutta ?

good point, bagi praktisi Zen mungkin tidak masalah memakai bahasa lain, tapi hati2 bro (atau sis sih?) ada pihak yg merasa lebih berhak menggunakan bahasa tsb ;) kejadian serupa di Malaysia, umat muslim merasa umat kr****n menggunakan kata "Allah" milik mereka (walau ternyata yg muslim kalah di persidangan) hehehe...

be happy!
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #43 on: 15 January 2011, 11:57:40 PM »
Namo Buddhaya,

 :) Yang membedakan Samanta dengan Samata = Kelebihan huruf n satu biji, Begitu saja repot eh salah begitu saja ribut.......

 _/\_

ralat bro, yg benar Samatha bukan Samata hahahaha...

be happy!
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Satipatthana Sutta (Sebuah Kitab Utama Zen)
« Reply #44 on: 15 January 2011, 11:58:23 PM »
good point, bagi praktisi Zen mungkin tidak masalah memakai bahasa lain, tapi hati2 bro (atau sis sih?) ada pihak yg merasa lebih berhak menggunakan bahasa tsb ;) kejadian serupa di Malaysia, umat muslim merasa umat kr****n menggunakan kata "Allah" milik mereka (walau ternyata yg muslim kalah di persidangan) hehehe...

be happy!

apakah memang cuma perbedaan bahasa di sini? bagaimana dengan contentnya?

 

anything