//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu  (Read 47101 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Chandra Rasmi

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.466
  • Reputasi: 85
Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« on: 27 April 2009, 11:08:12 AM »
Hi temen - temen Sedhamma dimanapun juga.... siapapun juga..  ;D

hari pertama Start sbg Mod, pengen lakuin hal yang bisa majuin board ini.. hehehe...

Yok.. kita sharing... pengalaman mengajar kita di SM ( sekolah Minggu )

baik yang msh mengajar, atau yang udah pensiun...  ;D

jadi, buat temen - temen yang mulanya ga tertarik di SM, mudah**an bs terdorong minatnya untuk mengajar...  ;D

 _/\_

Offline Chandra Rasmi

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.466
  • Reputasi: 85
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #1 on: 27 April 2009, 11:12:29 AM »
 the 1st

Mulanya.. saya ngajar sekolah minggu hanya untuk habisin waktu lho...
krn uda ga gabung di vihara lagi
cuma gabung di organisasi sosial aja...
waktu tuh, ga ada guru sekolah minggu
akhirnya.. saya coba2 aja de,,

uda lupa sich, kapan hari pertama ngajar.. tapi uda 1 tahun yang lalu
yang masih ingat, hari pertama ngajar tuh... sy ngajarin paritta ke anak2..
trus, waktu itu.. pas hari dimana, guru senior SM dtg melihat2 perkembangan anak-anak yang dulu ditinggalnya
wah,.. ternyata dapat respon sangat bagus..
ktnya saya pinter ngajar..  :-[
padahal itu pertama x nya saya ngajar lho..

jadi semakin semangat ngajar deh..  ;D

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #2 on: 27 April 2009, 11:15:45 AM »
berikan hadiah snack-snack setelah selesah SM, biar mereka bersuka-cita dan senantiasa bersemangat menantikan SM berikutnya. klo tekhniknya kan sudah biasa namanya anak-anak dengan cara belajar sambil bermain (persiapkan bahan-bahannya). Memiliki tanggung jawab sebagai sesama makhluk (brahma vihara) bukan melakukan sebatas kewajiban, inipun untuk melatih kepekaan kebijaksanaan kita juga loh.
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Chandra Rasmi

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.466
  • Reputasi: 85
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #3 on: 27 April 2009, 12:25:12 PM »
berikan hadiah snack-snack setelah selesah SM, biar mereka bersuka-cita dan senantiasa bersemangat menantikan SM berikutnya. klo tekhniknya kan sudah biasa namanya anak-anak dengan cara belajar sambil bermain (persiapkan bahan-bahannya). Memiliki tanggung jawab sebagai sesama makhluk (brahma vihara) bukan melakukan sebatas kewajiban, inipun untuk melatih kepekaan kebijaksanaan kita juga loh.

maaf sebelumnya.. menurut saya, anda OOT tuh....
disini, kita sharing pengalaman selama mengajar SM.. bukan meminta saran gimana ngajar anak SM...  ;D

thanks...

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #4 on: 27 April 2009, 12:36:26 PM »
ummm......... dulu ngajar...... tuh..... ngajar bahasa inggris..........

waktu itu teamnya ada 4 orang......... jadi ganti2an gitu deh..............

misal si A bagian........ alfabet...... trus si B bagian nyanyiiiii........ dan si C bagian......kosakata......

dan si D bagian permainan.......... jadi.........

pas si A lagi nerangin...... tiga lainnya bantuin ngawas..... dipencar2 gitu......

nah........ kalo udah gantian giliran si B..... jadi si A si C dan si D yg ngawas... mencar2.....dan keliling2....


ngajar anak kecil enak juga yoooooo......... suka becanda.........

sayangnya waktu itu dijadiin satu..... ada yg kelas 3sd yg kelas 5sd ada yg masih playgroup ada yg masih tk.......

jadinya gak konsen ngajarnya.................
« Last Edit: 27 April 2009, 12:38:24 PM by hatRed »
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #5 on: 28 April 2009, 01:43:41 PM »
Mula2 isi sekolah minggu, karena emang guru sekolah minggunya berhalangan hadir, jadinya kosong, kemudian kakak pengasuh meminta aku mengisi, karena aku orangnya ga enak hati, maka aku coba mengisi anak2, biasanya kalo remaja dan dewasa pernah ngisi juga kalo penceramahnya berhalangan, untuk menghormati mereka yang sudah datang, daripada viharanya sepi dan ditinggalkan umat, mending saya isi
Untung siap cerita buat anak, paling ambil cerita jataka, atau yang banyak pesan moralnya, kalao habis topik ajarin nyanyi aja sama2.. rebes deh .. eh beress
Sukanya kalo anak2nya terbawa oleh cerita yang aku sampaikan, aku puas bisa memberikannya
Namun dukanya kalo anak2nya pada bandel (biasanya anak kelas 1-3 sd) wahh.. jadinya kaga sabaran akunya
Memang lebih tabah cewek kali yah dalam mengajar ketimbang cowok
Tapi setiap kali aku diminta mengisi, aku stress juga nyari bahan apa yang kira2 buat anak tertarik gitu lohh..
Mudah2an ga sering2 manggil aku unutk ngisi deh hehehe.. kaborrr...
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Chandra Rasmi

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.466
  • Reputasi: 85
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #6 on: 29 April 2009, 12:16:58 PM »
Mula2 isi sekolah minggu, karena emang guru sekolah minggunya berhalangan hadir, jadinya kosong, kemudian kakak pengasuh meminta aku mengisi, karena aku orangnya ga enak hati, maka aku coba mengisi anak2, biasanya kalo remaja dan dewasa pernah ngisi juga kalo penceramahnya berhalangan, untuk menghormati mereka yang sudah datang, daripada viharanya sepi dan ditinggalkan umat, mending saya isi
Untung siap cerita buat anak, paling ambil cerita jataka, atau yang banyak pesan moralnya, kalao habis topik ajarin nyanyi aja sama2.. rebes deh .. eh beress
Sukanya kalo anak2nya terbawa oleh cerita yang aku sampaikan, aku puas bisa memberikannya
Namun dukanya kalo anak2nya pada bandel (biasanya anak kelas 1-3 sd) wahh.. jadinya kaga sabaran akunya
Memang lebih tabah cewek kali yah dalam mengajar ketimbang cowok
Tapi setiap kali aku diminta mengisi, aku stress juga nyari bahan apa yang kira2 buat anak tertarik gitu lohh..
Mudah2an ga sering2 manggil aku unutk ngisi deh hehehe.. kaborrr...

hahaha.. ya. kadang** kaga sabaran juga ngajar anak2 yang bandel...
tapi untung aja CR suaranya kenceng..jadi s x teriak, mereka jadi diem semua...
mudah2an sering diminta ngisi donk...
dulu saya juga ga suka e.. tapi setelah mengajar tuh...
asik banget tuh...

yah ngerasa jadi orang berguna gt.. karena, anak2 yang mulanya bandel
setelah diajar sama kita, jadi berubah

dan ortu mereka dtang blgin.. klo anak mereka suka sekali klo hari minggu
mereka jadi berubah lebih baik.. hehehe



Offline Lusy

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 49
  • Reputasi: 5
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #7 on: 27 August 2009, 04:30:26 PM »
 _/\_

Pengalaman ngajar sekolah minggu yah...
Klo di Wiharaqu Anak sekolah minggu yg sudah SMP kelas 2 n masih aktif sebagai murid sekolah minggu  tuch pasti di pilih untuk menjadi pembina SMB (Sekolah Minggu Buddhis), nah karena pada saat itu aqu masih aktif di SMB ketimbang ikut Muda/i Vihara maka kebagian tugas dech membina anak SMB.Awalnya deg2 sekali karena aqu saat itu masih belum pernah mengajar anak maklum aqu sendiri masih di ajar  ;D,jadi daripada mengajar aku lebih banyak menonton Pembina senior yg mengajar  :),paling tugasqu hanyalah pemimpin puja bakti saja..

Yah waktu terus berjalan aqu mulai berani untuk terjun mengajar sampai sekarang..
berkat pengalaman mengajar di SMB aqu bisa jadi guru privat..


 :)



Offline flobuddhist

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 7
  • Reputasi: 0
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #8 on: 03 November 2009, 09:14:40 PM »
mau give up jadi pengurus sekolah minggu...gada team.seakan2 ngerjain sendiri.anak2 dikit banget datang..Gimana ya?

biasa kasih gambar,mewarnai atau nyanyi, bikin kuis pengen cuman umurnya gak sama semua.kalo ikut SD, yang SMP jadi bingung

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #9 on: 03 November 2009, 10:06:17 PM »
 [at]  Lusy :

wah kalo uda kelas 2 SMP mah ikut kebaktian remaja atuh.. Ga cocok msh di sekolah minggu...

Dulu di vihara Elin, ada batasan umur..
TK-SD   Kebaktian sekolah minggu
SMP-SMA  Kebaktian Remaja
Kuliah  Kebaktian remaja / dewasa..

Jadi, cuma sbg kakak pengasuh sekolah minggu utk anak TK-SD doank. Soalnya saat itu Elin msh SMP tuh.. :)

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #10 on: 06 November 2009, 01:49:01 AM »
Dont give up!! cmon.. call for some back up heheh.. or modify the method, improve it. ;)
appamadena sampadetha

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #11 on: 06 November 2009, 07:34:16 AM »
mau give up jadi pengurus sekolah minggu...gada team.seakan2 ngerjain sendiri.anak2 dikit banget datang..Gimana ya?

biasa kasih gambar,mewarnai atau nyanyi, bikin kuis pengen cuman umurnya gak sama semua.kalo ikut SD, yang SMP jadi bingung
di pisah aja :) mungkin yg pertama mesti bikin anak2xnya enjoy, jika demikian maka mereka akan suka dan mungkin akan ajak teman2xnya jg
There is no place like 127.0.0.1

Offline dhammasiri

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 465
  • Reputasi: 44
  • Gender: Male
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #12 on: 06 November 2009, 08:24:39 AM »
berikan hadiah snack-snack setelah selesah SM, biar mereka bersuka-cita dan senantiasa bersemangat menantikan SM berikutnya. klo tekhniknya kan sudah biasa namanya anak-anak dengan cara belajar sambil bermain (persiapkan bahan-bahannya). Memiliki tanggung jawab sebagai sesama makhluk (brahma vihara) bukan melakukan sebatas kewajiban, inipun untuk melatih kepekaan kebijaksanaan kita juga loh.
Saya pikir membagi snack bukanlah cara yang profesional; dan inilah cara yang diterapkan di Indonesia. Dengan cara itu, kita menjadikan murid tergantung dan tidak mandiri. Di Sri Lanka berbeda. Orangtua murid akan selalu membekali anak-anaknya snack dari rumah. Mereka juga membawa air minum sendiri. Saat interval, mereka akan makan makanan yang mereka bawa dari rumah. Orangtua murid di Sri Lanka tampak sangat peduli terhadap perkembangan SMB. Mereka turut aktif berpartisipasi. Setiap akhir bulan mereka akan mengadakan rapat, setiap ada acara orangtua memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan mereka. Ada yang menyumbang nasi, ada yang menyumbang buah, ada yang menyumbang kebutuhan lain. Saat menerbitkan journal, orangtua murid memberikan kontribusi uang seadanya. Ah saya melihat sungguh ada suatu kepedulian terhadap pendidikan anak dari pihak orangtua. Tetapi di Indonesia, ah sulit sekali melibatkan orangtua untuk terjun berbartisipasi dalam pembinaan SMB. Alasannya sibuk, Padahal, kalau dipikir, orangtua murid di Maitri Dhamma School juga orang yang sibuk. Mereka umumnya adalah orang-orang elit: Guru Besar, para professor, Businessmen dan masih banyak lagi yang lain. Meski mereka orang elit, mereka bukanlah orang yang arogan. Saat kami membangun SMB, mereka pun turut mengaduk semen, gelepotan cat, ikut memasang atap bangunan, menyusun bata dan sebagainya. Bayangkan apakah orang-orang elit di Indonesia sanggup seperti itu? Saya kok tidak yakin.
Keikutsertaan orangtua dalam pembinaan SMB membuat saya merasa lebih suka membina SMB di Sri Lanka. Kami bisa melihat kesuksesan bersama. Kami sama-sama bangga melihat anak kami maju. Kami bangga melihat anak kami berpendidikan. Kami bahagia saat tahun lalu anak-anak kami meraih juara kedua tingkat nasional dalam ujian tahunan untuk SMB di seluruh Sri Lanka.   
Kedamaian dunia tidak akan tercapai bila batin kita tidak damai

Offline dhammasiri

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 465
  • Reputasi: 44
  • Gender: Male
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #13 on: 06 November 2009, 08:32:58 AM »
[at]  Lusy :

wah kalo uda kelas 2 SMP mah ikut kebaktian remaja atuh.. Ga cocok msh di sekolah minggu...

Dulu di vihara Elin, ada batasan umur..
TK-SD   Kebaktian sekolah minggu
SMP-SMA  Kebaktian Remaja
Kuliah  Kebaktian remaja / dewasa..

Jadi, cuma sbg kakak pengasuh sekolah minggu utk anak TK-SD doank. Soalnya saat itu Elin msh SMP tuh.. :)
Inilah akibatnya kalau kita tidak memiliki sistem yang jelas dalam SMB. Harus kita ke manakan anak yang seusia itu. Kami di sini punya sistem. Kami bentuk kelas dari preliminary hingga diploma. Urutan yang kami pergunakan untuk English medium adalah preliminary, basic, junior, senior dan diploma. Junior dan senior dibagi menjadi Junior I & II, Senior I & II. Mereka yang telah duduk di bangku atau telah lulus diploma boleh membantu mengajar. Tidak sekedar mengajar, mereka juga kita beri uang transport. Setahu saya, setiap guru mendapatkan setara dengan 10$ setiap bulannya. Dengan begitu, para pembina tetap semangat mengajar dan murid-murid merasa terorganisir dengan baik; mereka merasa tidak terlantarkan; tidak merasa bingun harus gabung kelas yang mana.
Kedamaian dunia tidak akan tercapai bila batin kita tidak damai

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Pengalaman Mengajar di Sekolah Minggu
« Reply #14 on: 06 November 2009, 09:01:48 AM »
kalau punya tetangga tuh ada pakai sistem tematik...

contoh.... bulan ini lagi membahas PIKIRAN BENAR

thema yg lain juga bisa berupa

KEMARAHAN, KESABARAN
KASIH, dst, dst

jadi tinggal dipilih beberapa tema yg baik... mungkin begitu


Quote
dhammasiri :
setahu saya, setiap guru mendapatkan setara dengan 10$ setiap bulannya.
solusi yg baik adala win-win solution... termasuk juga gurunya... setuju dgn ide bro


 _/\_
« Last Edit: 06 November 2009, 09:03:56 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya