//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula  (Read 424388 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1080 on: 12 December 2008, 08:16:50 PM »
[at] ryu

berarti untuk sementara kita hanya bisa melihat org telah mencapai jhana, arahat atau nibbana hanya dari luar saja kan? yaitu dari sikap dan pemahamannya, tp bukan berarti menjudge org itu telah mencapai jhana atau tidak,
wajar aja kalo si bro 3rebu tanyain ciri-ciri dari orang yg telah mencapai jhana
kecuali ternyata org yg mencapai jhana terserbut sengaja berkelakuan tidak sesuai tingkat jhana yg telah ia capai
atau mungkin...........ternyata emank blm mencapai jhana........who knows?

ibarat nih ya...

kalo saia mo tau yg namanya tentara itu yg mana, tentu saia lihat dari pakaiannya donk?
memang bisa saja yg pake baju seragam tentara tidak menjamin dia beneran tentara
tapi paling tidak secara kasat mata kan bisa dikira-kira

tak harus menjadi tentara dulu kan untuk mengetahui orang yang berpakaian tentara itu adalah tentara?

minimal dari seragamnya ya bisa dikira-kira lah :))

kalo emank tentara dan ingin dipandang sebagai tentara, minimal pakelah baju tentara
kalo emank tentara tapi gak pake baju tentara tus ngaku-ngaku tentara, wajar lah kalo ada yg gk percaya

jadi kalo emank udah mencapai nibbana, ya bersikaplah seperti orang yang telah mencapai nibbana
kalo emank uda mencapai jhana ya bersikaplah seperti orang yang mencapai jhana

kalo uda mencapai jhana tapi bertingkahlaku seperti manusia yg penuh LDM
wajar aja kalo orang lain bisa salah mengerti anda sebagai manusia penuh LDM ;D
Betul, sejauh ini memang hanya yang dilihat saja sih patokannya ;D
Tapi Mungkin saja khan tingkah laku orang yang "katanya sudah mencapai Jhana"seperti Itu ;D Kalo di aliran Zen khan ada guru2 yang mengajar muridnya dengan cara2 yang "aneh" ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1081 on: 12 December 2008, 08:20:05 PM »
[at] atas & atasnya lagi
Gimana sikap yg sepantasnya utk orang yg udah mencapai jhana ya?? ???
ada standarisasi? ;D

_/\_
appamadena sampadetha

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1082 on: 12 December 2008, 09:02:31 PM »
 [at] ryu

cara yg aneh itu seperti apa? lagian cara orang emank bisa beda-beda
tapi bila dengan cara yg 'aneh' itu bisa membuat orang yg diajarkannya bisa mengerti
kenapa tidak dilakukan?

yah asalkan yang disampaikan dan diterima itu sesuai, tidak berubah

cara boleh beda, apa lagi gurunya bisa mengerti bagaimana menghadapi orang yg berbeda
contohnya dalam menyikapi anak kecil dan orang dewasa tentunya berbeda kan?
menyikapi orang yg lumayan berpendidikan dan org yg kurang berpendidikan juga beda
makanya perlu kemampuan verbal untuk menyampaikannya juga

lagian seorang guru tentunya juga lebih baik memberi contoh melalui sikapnya donk?
masa seorang guru mengajarkan bahwa gitar dimainkan dengan cara dipetik, tapi dalam prakteknya
guru itu memainkan gitar tsb dengan cara dipukul?

yaaaaaaaah kecuali...............seperti yg diatas saia bilang........
ngakunya guru musik, tapi gak bisa main musik....who knows? :))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1083 on: 12 December 2008, 09:07:55 PM »
[at] ryu

cara yg aneh itu seperti apa? lagian cara orang emank bisa beda-beda
tapi bila dengan cara yg 'aneh' itu bisa membuat orang yg diajarkannya bisa mengerti
kenapa tidak dilakukan?

yah asalkan yang disampaikan dan diterima itu sesuai, tidak berubah

cara boleh beda, apa lagi gurunya bisa mengerti bagaimana menghadapi orang yg berbeda
contohnya dalam menyikapi anak kecil dan orang dewasa tentunya berbeda kan?
menyikapi orang yg lumayan berpendidikan dan org yg kurang berpendidikan juga beda
makanya perlu kemampuan verbal untuk menyampaikannya juga

lagian seorang guru tentunya juga lebih baik memberi contoh melalui sikapnya donk?
masa seorang guru mengajarkan bahwa gitar dimainkan dengan cara dipetik, tapi dalam prakteknya
guru itu memainkan gitar tsb dengan cara dipukul?

yaaaaaaaah kecuali...............seperti yg diatas saia bilang........
ngakunya guru musik, tapi gak bisa main musik....who knows? :))


salah satu cara (Ajahn Chan) :

Quote
A Sotapatti never violates the moral law. He is incapable of destroying life
menurut penuturan salah seorang muridnya, ajahn chah, seorang guru meditasi yg dianggap sudah mencapai pencerahan oleh banyak orang, suatu ketika menerima kabar dan melihat bahwa monasterynya banyak termite (rayap?).

apa yg dilakukan ajahn chah?

ternyata dia memanggil exterminator / pembasmi hama.

katanya, biar dia terima semua karmanya, yg penting latihan dan praktek muridnya tidak boleh terganggu...

 :-? :-? :-?

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1084 on: 12 December 2008, 09:14:08 PM »
hahaha........

soal Zen saia emank gak begitu mengerti
soalnya emank 'aneh' siiiiiih...........

orang memang bisa menganggap ajahn chah sudah mencapai pencerahan
tapi kan gak semua orang
tergantung dari 'baju' apa yang ia pakai :))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1085 on: 12 December 2008, 09:22:17 PM »
hahaha........

soal Zen saia emank gak begitu mengerti
soalnya emank 'aneh' siiiiiih...........

orang memang bisa menganggap ajahn chah sudah mencapai pencerahan
tapi kan gak semua orang
tergantung dari 'baju' apa yang ia pakai :))
nah makanya bingung khan =)) =)) =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1086 on: 12 December 2008, 09:31:12 PM »
Kalau org (j4) yg telah mencapai jhanna level 4....
(tetapi temporary... dan itupun sewaktu meditasi vipasana)....
maka dlm kehidupan sehari-hari pikiran j4 tidak terlindung oleh...
proteksi jhanna L4 tsb....

sehingga sewaktu-waktu ada
gadis cantik amat mulus yg mabuk lewat.... maka j4
sangat bisa ikut mabukan sekaligus....

Apakah begitu?

Kita beli insurance udah pasti yg 24 jam 365 hari....
begitu juga melatih diri adalah hal yg seharusnya 24 jam....

Adakah alasan bagi J4 utk marah?...

trims sebelumnya!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1087 on: 12 December 2008, 09:33:47 PM »
yah kalo gitu kan wajar aja kalo ada orang yg gk percaya dia telah mencapai pencerahan

makanya ku tegasin, kalo emank tentara, pake lah baju tentara
kalo emank telah mencapai pencerahan, bersikaplah layaknya orang yg mencapai pencerahan

sang Sidharta pun begitu, bayangin aja kalo dia bertingkah laku penuh LDM
siapa yg bisa percaya? y gk? emank itu bukan standar/patokan sepenuhnya
tapi dari mata orang awam, itulah yg pertama kali dilihat, ya itu sikap dan pemahamannya donk?

ibarat seorang mahasiswa yang baru lulus kuliah
pas mo ngelamar kerja, yg pertama kali dilihat tentu aja IPK-nya
walaupun IPK pun gak mewakili semua kemampuan mahasiswa itu

tapi kalo IPK aja uda 2,1 gimana mo diterima perusahaan gede? :))

Offline 7 Tails

  • Sebelumnya RAIN
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 864
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1088 on: 12 December 2008, 09:37:01 PM »
orang yang mencapai jhana = lex chan :))
korban keganasan

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1089 on: 12 December 2008, 09:44:08 PM »
Kalo soal jhana aye mundur ah kaga ngarti :)) meditasi aja kaga pernah :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1090 on: 12 December 2008, 09:46:54 PM »
yah kalo gitu kan wajar aja kalo ada orang yg gk percaya dia telah mencapai pencerahan

makanya ku tegasin, kalo emank tentara, pake lah baju tentara
kalo emank telah mencapai pencerahan, bersikaplah layaknya orang yg mencapai pencerahan

sang Sidharta pun begitu, bayangin aja kalo dia bertingkah laku penuh LDM
siapa yg bisa percaya? y gk? emank itu bukan standar/patokan sepenuhnya
tapi dari mata orang awam, itulah yg pertama kali dilihat, ya itu sikap dan pemahamannya donk?

ibarat seorang mahasiswa yang baru lulus kuliah
pas mo ngelamar kerja, yg pertama kali dilihat tentu aja IPK-nya
walaupun IPK pun gak mewakili semua kemampuan mahasiswa itu

tapi kalo IPK aja uda 2,1 gimana mo diterima perusahaan gede? :))

Sis Reenzia,

IPK sedikit mewakilin.....Jhanna level sekian....

Yg dicari perusahaan adalah apakah dia dpt menjual (omset), dan
menyelesaikan masalah (output),..... kalau IPK 4.0 tapi ngak bisa jualan...
ya sama aja J4 tapi ucapannya tidak terjaga..... (yg kira2 begitulah)....

Kembali ke pertanyaan awal? jadi setelah Jhanna berapa udah ngak marah?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1091 on: 12 December 2008, 09:55:27 PM »
KEBAHAGIAAN yang timbul DARI MELEPAS
Ajahn Brahmavamso

NAMO TASSA BHAGAVATO ARAHATO SAMMASAMBUDDHASSA
Dilingkungan masyarakat Buddhis kini, banyak diskusi mengenai relevansi dari
Jhana (akan dijelaskan dibawah ini) antar  praktisi meditasi . Pertanyaan
pertama biasanya adalah "Apakah seseorang harus mencapai Jhana dulu baru
bisa mencapai pencerahan sempurna (menjadi Arahat), atau mungkinkah mencapai
tujuan Terluhur tanpa mengalami Jhana?"

Mereka yang bertanya biasanya mereka yang belum mengalami Jhana . Sulit
untuk mengatakan bahwa tidak penting mencapai Jhana; karena mereka yang
bertanya tentang hal ini menginginkan jawaban bahwa Jhana  tidaklah penting.
Mereka berharap diberi tahu bahwa ketidak mampuan mereka bukanlah halangan .
Mereka menginginkan jalan yang mudah dan cepat ke  Nibbana. Orang seperti
itu menjadi puas dan bahkan terinspirasi oleh guru yang mengatakan apa yang
ingin mereka dengar - bahwa mencapai  Jhana tidaklah penting - dan mereka
mengikuti ajaran ini karena merasa nyaman. Malangnya, Kebenaran jarang yang
nyaman, dan jarang sekali sesuai dengan keinginan kita .

Dilain pihak,  meditator yang paham dengan Jhana jhana  akan mengenalnya
sebagai keadaan bahagia dari melepas, dan berada disana, dalam pengalamaan
melepas, relevansi antara  Jhana dan melepas diketahui. Jhana pertama timbul
disebabkan keadaan alami dari lepasnya kepedulian terhadap kenikmatan
sensorik (Kama Sukha), berarti semua kepedulian , termasuk kenyamanan , yang
tercakup dalam 5 panca indera (penglihatan, penciuman, pendengaran ,
pengecapan dan pikiran).

Pada Jhana pertama , melalui lenyapnya semua minat terhadap ke 5 indera
secara konstan dan lengkap maka meditator kehilangan semua sensasi terhadap
tubuh (seolah tubuh hilang), dan ke 5 indera luar ini menghilang. Mereka
seluruhnya bersemayam didalam indera ke 6 yakni pikiran yang murni, mantap,
bahagia dalam keheningan batin . Sang Buddha menyebut hal ini sebagai
"Kebahagiaan dari Penolakan (Pembuangan)", atau kebahagiaan yang timbul dari
melepas .

Jhana ke2 timbul karena menyingkirkan gerakan perhatian yang amat halus dan
berpegang pada objek pikiran yang bahagia ini. Ketika " akhirnya perhatian
yang goyah ini berhasil dilepas, seseorang akan mengalami kebahagiaan yang
lebih nikmat  timbul dari batin yang mantap sepenuhnya (Samadhi), dimana
pikiran mutlak menjadi 1 dan tidak bergerak.

Jhana  ke 3 timbul akibat melepas gejolak kegiuran yang amat halus, dan
Jhana ke 4 timbul dari melepas kebahagiaan itu sendiri, sehingga menikmati
keseimbangan jiwa (mental) yang amat dalam dan teguh

Dalam agama Buddha, pengalaman, bukan spekulasi, dan bahkan berkurangnya
keyakinan  membabi buta , juga merupakan kriteria pemahaman. Seorang
meditator bila tidak menyadari sepenuhnya  apa itu arti  keheningan,
kegiuran, kebahagiaan atau keseimbangan berarti mereka belum benar benar
mengenal Jhana. Tetapi dengan mengalami Jhana jhana , dan tahapan melepas,
bisa memberi pemahaman langsung melalui mengalami fenomena mental itu
sendiri, khususnya kebahagiaan (Sukha) dan Penderitaan (Dukkha).

Ibarat kecebong yang menghabiskan sepanjang hidupnya di dalam air tetapi
tidak memahami air karena ia tak tahu hal lain (selain air). Maka, ketika ia
berubah menjadi katak, meninggalkan air, dan mencapai ke daratan kering, ia
mengetahui sifat alami air dan mengetahui bagaimana cara berpindah darinya.
Pada perumpamaan ini , air adalah  Dukkha, tanah kering adalah  Jhana (bukan
Nibbana - karena katak masih membawa (mengandung) sedikit air yang menempel
pada kulitnya walau ke tempat kering!), dan cara untuk berpindah adalah
melepas.

Dengan cara ini, praktisi  Jhana mengungkapkan Jalan mengakhiri Dukkha.
Meditator yang mencapai  Jhana dengan sendirinya akan bertanya " Mengapa
Jhana jhana  ini begitu membahagiakan (kebahagiaan yang ditimbulkan
demikian dalam )? Mereka akan menemukan jawabannya sendiri  -" Karena
tahapan melepas yang kini mereka lihat tak lain adalah bentuk halus dari
dukkha !" Ketika seseorang sudah kenal (paham) dengan Jhana, dan menyadari
sumber dari kebahagiaan, maka ia akan menyadari bahwa semua kebahagiaan
duniawi , yang terdiri dari, 5 indera eksternal  (termasuk seksualitas),
adalah Dukkha semata . Kemelekatan pada tubuh dan  indera sensorik dengan
sendirinya mulai luntur. Ia akan menyadari mengapa para suciwan hidup
membujang. Kemudian , bila ia semakin maju menuju Jhana  yang lebih tinggi
dan merenung mengapa tingkat semakin lanjut semakin menyenangkan , maka ia
akan mengerti bahwa hal ini terjadi karena ia sudah melepas kemelekatan
batin yang lebih halus , seperti kemelekatan kepada kegiuran, kebahagiaan
dan keseimbangan . Menjadi jelas bahwa bahkan pada keadaan batin yang
Terluhur hanyalah bentuk halus dari penderitaan semata, karena ketika ia
melepas , maka penderitaam juga lepas. Semakin tinggi pencapaian , maka
semakin banyak Dukkha yang lepas dan dengan melalui hal ini maka proses
Dukkha diketahui.  Seseorang tidak akan mengerti sepenuhnya Kebenaran dari
Penderitaan , dan 4 Kebenaran Mulia Sang Buddha, kecuali bila ia sudah
melepas penderitaan dengan mengalami Jhana.

Amatlah aneh , bila ada yang mengatakan praktik Jhana menimbulkan
kemelekatan. Bagaimana mungkin., praktik melepas, menimbulkan kemelekatan ?
Memang betul, Sang Buddha berulang kali berkata bahwa  Jhana jhana ini tidak
perlu ditakuti, tetapi harus dikembangkan, dan memang Jhana jhana ini
biasanya menuntun kita mencapai  Sotapanna, Sakadagami, Anagami, dan
Arahat,ke 4 tahap Pencerahan (lihat Pasadika Sutta dari Digha Nikaya).
Begitu kita telah mencapai pencerahan sempurna dan semua kemelekatan
dilenyapkan, maka melepas ke Jhana menjadi sealami sebuah daun yang terlepas
dari pohon dan jatuh ketanah. Memang , kemampuan melepas seseorang dan
mengalami Jhana adalah tolok ukur pemahaman Dhamma yang sesungguhnya dan
timbul sebagai konsekwensi dari berkurangnya kemelekatan.

BSWANewsletter,
Mar/Jun 1997

Catatan sekilas penterjemah :
Sebenarnya ada 2 cara mencapai kesucian Nibbana yakni melalui : Samatha
sebagai dasar (samatha yanika kemudian dilanjutkan dgn vipassana) atau
vipassana dgn dasar jhana ke 1 saja (sukha vipassako) . Pada kenyataannya
vipassako ini amat sangat sulit dilaksanakan karena membutuhkan disiplin
amat tinggi . Individu dengan pengecualian ini amat sangat langka.   Dan
bila berhasil ia hanya akan menjadi arahat tanpa kekuatan batin istimewa
apapun.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1092 on: 12 December 2008, 10:12:00 PM »
Bro ryu,,

Penjelasan yg mantep....  (kalau udah bisa nanti gw kasih +1)...


Apakah semua arahat melakukan meditasi?
atau
adakah org yg berhasil mencapai posisi arahat tanpa meditasi?
Apakah Biksu Hui Neng dari Cina juga bermeditasi?

trims sebelumnya...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1093 on: 12 December 2008, 10:25:35 PM »
 :jempol: artikel yang bagus sekali

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #1094 on: 12 December 2008, 10:31:48 PM »
[at] Bro 3R

Tingkat2 kesucian seperti sotapanna, sakadagami, anagami dan arahat dapat dicapai dengan cara mengikis kekotoran batin (LDM). Cara yang paling efektif adalah melalui meditasi. Di zaman kehidupan Sang Buddha, ada banyak orang yang sangat beruntung memiliki kesempatan untuk langsung mendengarkan khotbah Beliau. Banyak di antara orang2 itu yang langsung mencapai tingkat2 kesucian setelah mendengarkan khotbah Dhamma Sang Buddha, tanpa diawali meditasi.

Selain itu, jika orang yang telah mencapai tingkat kesucian anagami meninggal dunia, maka orang itu akan terlahir kembali di Alam Sudavassa sebagai arahat.

Mau pilih option yang mana?  :D

 

anything