yang masih terikat berkondisi menceritakan pengetahuan Nibanna, seperti jari menyentuh bulan.kenyataan secara umum umat buddhist hanyalah seperti ini,
saya buat ilustrasi, misal seorang yang tinggal di kampung Indonesia belum pernah ke Amerika tetapi bercerita tentang Amerika.
apa yang diceritakan itu dari sudut pandang/kondisi keberadaan pada sisi yang mana.
semua adalah spekulasi seperti dikatakan oleh guru Buddha
apakah semua hanya proses kebetulan belaka, kehidupan dibilang tercipta oleh alam
(sedangan seluruh (proses) alam semestapun mengikuti alur hukum kebenaran)
jika demikian apakah kehidupan hanya kebetulan belaka alias kekosongan belaka yang terbentuk dari alam yang tak ada apa-apa/tak berarti
jika demikian mengapa para Nabi dan Buddha berusaha mengajarkan keselamatan bagi manusia
jika keberadaan hukum kebenaran tertinggipun hanyalah kebetulan alam belaka
berpandangan semua berjalan dengan kebetulan keberadaannya
jika demikian untuk apa karma baik dan karma buruk diberlakukan bagi setiap proses berkehidupan semua makhluk
kalau semua keberadaan khususnya kehidupan adalah kebetulan belaka akibat dari proses dari pembentukan alam?
akh.. klo begitu anda lagi sedang berceloteh (menceritakan) apa?
apakah sama manusia dengan anjing, babi, batu atau pohon?
apakah JMB8 atau 4 sifat Brahma vihara hanyalh kebetulan belaka klo begitu?
apakah hukum kebenaran tertinggi yang meliputi semua yang ada adalah kebetulan belaka?
jadi kehidupan hanyalah proses yang tak menghasilkan apa-apa alias kebetulan belaka, dari alam lenyap kembali ke alam?.
itulah yang disebut unsur-unsur yang berkondisi
itulah yang dimaksud tanpa inti (anatta), bersifat tidak kekal (anicca)
tetapi guru Buddha mengajarkan kembali kepada yang tak berkondisi
apakah asal mula yang tak berkondisi?
bukan jiwa (duniawi), bukan jasmaniah, bukan unsur-unsur pembentuk materi (alam),
tetapi umat dengan keangkuhan 'aku'nya (dalam ikatan dan kemelekatan kepada kekondisiannya) berceloteh tentang Nibanna dengan menyamakan sebagai yang alamiah yang berkondisi
adakah the real buddhist?
sungguh benarkah ajaran yang berlaku (masa kini)?
jangan-jangan malah terbalik (kebenarannya) dari dahulu kala?
mereka bercerita-cerita, berteriak-teriak tentang kebenaran (ajaran guru Buddha).
Ajaran guru Buddha bukan (ajaran) new age.
coeda-the believer