//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?  (Read 22539 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #45 on: 19 December 2008, 09:44:33 PM »
[at] yanfei

Saya juga pernah didatangi evangelist yang menawarkan jalan ke Surga sesuai Agamanya.

Orang seperti mereka kebanyakan adalah orang yang sudah fanatik dengan agamanya. Kalau Anda hanya mempertanyakan kebenaran agamanya dan menunjukkan keunggulan Buddhisme, itu tidak akan mempan. Kalau Anda pasif saja, mereka akan terus berpersuasi. Jadi kalau menurut saya, selama Anda yakin dengan Buddha Dhamma, jika Anda memiliki pemahaman yang cukup, mengapa bukan Anda yang menwarkan jalan menuju Pembebasan? Ya... mungkin tidak usah sampai Pembebasan, tapi bisa juga kebahagiaan di Jalan Tengah.

Untuk balik 'menggurui' ini sebenarnya susah2-gampang. Anda hanya perlu bersikap tenang dan tegas. Dua sikap ini akan memberi kesan pada mereka bahwa Anda sudah mantap di kepercayaan Anda dan berwibawa. Ini sangat berpengaruh pada kalimat2 yang Anda keluarkan untuk kemudian dipertimbangkannya. Kalau mereka datang terlebih dahulu, artinya mereka ingin menjadi pemimpin interaksi, nah jadi kalahkan mereka dengan cara mengambil alih posisi pemimpin dalam interaksi itu. Kalau Anda terampil, akhirnya interaksi kalian jadi seperti orang kesasar yang bertanya pada orang yang sudah mengetahui jalan...  :) Trust me!

Tapi pertimbangkan juga lingkungan dan kondisi. Karena ada hal2 tertentu yang bisa membuat suasana interaksi jadi kurang kondusif. Seandainya memang kurang kondusif, lebih baik Anda tetap tenang dan tidak terlalu mengguruinya.
terima kasih atas masukkannya, _/\_
emang rata2 kaum evangelis begitu, yg parahnya tuh orang rata2 bukan terlahir dari keluarga k*****n, diajak orang kegereja lalu masuk k*****n, setelah mengerti dikit2 lalu didoktrin oleh pendetanya untuk menarik umat lain  

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #46 on: 19 December 2008, 09:49:11 PM »





Menurut saya, debat tidak ada gunanya untuk orang yang hanya ingin "menang". Debat hanya bermanfaat jika kedua pihak ingin belajar. Saya biasa mengatakan, "iya, agama anda memang paling hebat kok. Tapi saya lebih nyaman dengan kepercayaan saya". Selalu manjur. 

kata2 yg dibold kyknya perlu dicoba tuh
thanks _/\_

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #47 on: 19 December 2008, 09:52:19 PM »
Namo buddhaya,
Td siang gw lagi ditempat teman, lagi enak2nya ngobrol tiba2 temannya datang, lalu kami pun ngobrol ngalor-ngidul, lalu tiba2 temannya teman gw ini mengalihkan pembicaraan keagama (temannya teman gw ini beragama K*****n), lalu terjadilah debat agama (gw dan teman gw Buddha), sebenernya haruskah kita ladenin?

mohon pencerahannya _/\_

dear yanfei,

gejala seperti ini sudah lama terjadi, dan sepertinya akan terus berlanjut  :P

namun ini sesuatu yg wajar karena jika dilihat berdasar agama mereka, bisa menarik itu pahalanya "surga", jadi wajar jika membuat mereka berlomba2 menarik.....

jika mereka memang ingin menarik, saya rasa yg disebut bro Kainyn sudah oke banget tuh
Quote
"iya, agama anda memang paling hebat kok. Tapi saya lebih nyaman dengan kepercayaan saya"

Karena sebenarnya percuma debat dgn mereka yg sudah diiming2i surga........ apalagi kalo itu udh Perintah God

Biasanya yg bisa diajak diskusi sehat, adalah mereka yg memang punya ketertarikan utk mempertanyakan, bukan mereka yg ingin menarik masuk

Bedanya ada di pertanyaan yg diajukan misal :
- yg ingin menarik : "Udah tahu belum Kebenaran Sejati?" atau "Apakah anda ingin masuk surga?"
- yg mempertanyakan : "Menurut Buddhism, Surga itu seperti apa sih?"

Dengan mengetahui cara2 seperti ini, kita bisa "mengusir" tapi dengan meminimalisir akusala yg muncul di batin kita.......

Semoga bisa bermanfaat yah  _/\_
thanks  _/\_

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #48 on: 19 December 2008, 10:39:00 PM »
[at] yanfei

Saya juga pernah didatangi evangelist yang menawarkan jalan ke Surga sesuai Agamanya.

Orang seperti mereka kebanyakan adalah orang yang sudah fanatik dengan agamanya. Kalau Anda hanya mempertanyakan kebenaran agamanya dan menunjukkan keunggulan Buddhisme, itu tidak akan mempan. Kalau Anda pasif saja, mereka akan terus berpersuasi. Jadi kalau menurut saya, selama Anda yakin dengan Buddha Dhamma, jika Anda memiliki pemahaman yang cukup, mengapa bukan Anda yang menwarkan jalan menuju Pembebasan? Ya... mungkin tidak usah sampai Pembebasan, tapi bisa juga kebahagiaan di Jalan Tengah.

Untuk balik 'menggurui' ini sebenarnya susah2-gampang. Anda hanya perlu bersikap tenang dan tegas. Dua sikap ini akan memberi kesan pada mereka bahwa Anda sudah mantap di kepercayaan Anda dan berwibawa. Ini sangat berpengaruh pada kalimat2 yang Anda keluarkan untuk kemudian dipertimbangkannya. Kalau mereka datang terlebih dahulu, artinya mereka ingin menjadi pemimpin interaksi, nah jadi kalahkan mereka dengan cara mengambil alih posisi pemimpin dalam interaksi itu. Kalau Anda terampil, akhirnya interaksi kalian jadi seperti orang kesasar yang bertanya pada orang yang sudah mengetahui jalan...  :) Trust me!

Tapi pertimbangkan juga lingkungan dan kondisi. Karena ada hal2 tertentu yang bisa membuat suasana interaksi jadi kurang kondusif. Seandainya memang kurang kondusif, lebih baik Anda tetap tenang dan tidak terlalu mengguruinya.
terima kasih atas masukkannya, _/\_
emang rata2 kaum evangelis begitu, yg parahnya tuh orang rata2 bukan terlahir dari keluarga k*****n, diajak orang kegereja lalu masuk k*****n, setelah mengerti dikit2 lalu didoktrin oleh pendetanya untuk menarik umat lain  

ada GRP-nya kalau berhasil menarik umat... hehehe...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #49 on: 21 December 2008, 11:18:06 AM »
;D ;D

tp mengenai debat ... ada yg menarik nih :
(diambil dari buku komentar anattalakhana sutta dan malukyaputta sutta [lagi2 dari sini .. sekalian promo :P])
Quote
  SESEORANG YANG MEMBICARAKAN KEBENARAN
                     TIDAK BERSELISIH
    Nahan Bhikkhave lokena vivadæmi. Lokova mayæ vivadæti.
       Na Bhikkhave dhammavædi kenaci lokasmin vivædæti.
“Para bhikkhu, aku tidak memiliki perselisihan dengan dunia.
Adalah dunia (dalam individu seperti pengembara Saccaka,
Uttiya dan Vekhasana; pemuda Assalayana dan orang kaya
Upàëi) yang bertengkar denganku tentang kepercayaan
mereka. Para bhikkhu, seseorang yang memiliki kebiasaan
membicarakan kebenaran, tidak terlibat dalam perdebatan
atau perselisihan dengan siapapun di dunia. Dengan kata lain,
karena ia membicarakan kebenaran, tidak dapat dikatakan
bahwa ia gemar berdebat.”
Kalimat ini menunjukkan bahwa bukan hanya Sang Buddha
tetapi siapa saja yang mengajarkan kata-kata kebenaran tidak 
terlibat dalam perselisihan ketika menjelaskan kebenaran
kepada pihak lain
. Ia hanya membantu mereka yang tidak
tahu untuk sampai pada kebenaran dalam hal kepercayaan.


tp kan setiap orang merasa ajaran mereka lah yg paling benar ? justru karena smua merasa benar terjadi perselisihan ...

dear tula,

sambungannya udah menjelaskan loh..........

memang mereka merasa paling benar, jadi kita hanya "membantu" utk kasih tau mereka bhw itu "salah"

masalahnya apakah kita juga merasa paling benar dan yg lain salah? sangat disayangkan loh krn jika memang benar kita merasa spt itu, berarti qta sudah "miccha ditthi" (pandangan salah)

semoga bisa lebih menjelaskan yah  _/\_

terima kasih mas markos utk wejangan nya :)

cunda

  • Guest
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #50 on: 21 December 2008, 11:49:45 AM »
[at] yanfei

yah namanya org uda antipati sejak awal,
kalo udah gt gak perlu usaha jelasin deh
soalnya gk bakal mau didengerin
tujuannya kan uda jelas, mending iya iya aja deh

namaste suvatthi hotu

sekedar saran saja:

aku juga pernah dan sering mendapat bujukan maut dari yang lembut, halus sampai yang nakut2in, hehehehe

Aku coba minta penegasan mereka apakah Tuhan Maha Kuasa?, mereka bilang dengan penuh yakin: "ya pasti, Tuhan Maha Kuasa", apakah segala kejadian sesuai kehendak Nya?. Mereka menjelaskan dengan mantap: "ya, betul semua hal terjadi karena kehendak Nya"

Apakah boleh kita menolak segala kejadian tersebut, jawab mereka: "terimalah dengan iman".

Demikianlah, aku jadi buddhis karena sesuai dengan kehendak Nya, apabila tidak sesuai kehendak Nya maka hal ini tidak akan terjadi, apakah kalian mau menolak kehendak Nya?


thuti

Offline 7 Tails

  • Sebelumnya RAIN
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 864
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #51 on: 21 December 2008, 12:33:42 PM »
^ =)) =))
korban keganasan

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #52 on: 21 December 2008, 11:08:13 PM »
[at] Romo Cunda

wah bener banget tuhh ^^  :jempol:

mettacittena
_/\_
appamadena sampadetha

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #53 on: 22 December 2008, 04:46:26 PM »
namaste suvatthi hotu

sekedar saran saja:

aku juga pernah dan sering mendapat bujukan maut dari yang lembut, halus sampai yang nakut2in, hehehehe

Aku coba minta penegasan mereka apakah Tuhan Maha Kuasa?, mereka bilang dengan penuh yakin: "ya pasti, Tuhan Maha Kuasa", apakah segala kejadian sesuai kehendak Nya?. Mereka menjelaskan dengan mantap: "ya, betul semua hal terjadi karena kehendak Nya"

Apakah boleh kita menolak segala kejadian tersebut, jawab mereka: "terimalah dengan iman".

Demikianlah, aku jadi buddhis karena sesuai dengan kehendak Nya, apabila tidak sesuai kehendak Nya maka hal ini tidak akan terjadi, apakah kalian mau menolak kehendak Nya?


thuti

 =D> Bagus nih kiatnya.. adalagi yang laennya ga Romo ?  ;D
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #54 on: 22 December 2008, 06:33:00 PM »
[at] yanfei

yah namanya org uda antipati sejak awal,
kalo udah gt gak perlu usaha jelasin deh
soalnya gk bakal mau didengerin
tujuannya kan uda jelas, mending iya iya aja deh

namaste suvatthi hotu

sekedar saran saja:

aku juga pernah dan sering mendapat bujukan maut dari yang lembut, halus sampai yang nakut2in, hehehehe

Aku coba minta penegasan mereka apakah Tuhan Maha Kuasa?, mereka bilang dengan penuh yakin: "ya pasti, Tuhan Maha Kuasa", apakah segala kejadian sesuai kehendak Nya?. Mereka menjelaskan dengan mantap: "ya, betul semua hal terjadi karena kehendak Nya"

Apakah boleh kita menolak segala kejadian tersebut, jawab mereka: "terimalah dengan iman".

Demikianlah, aku jadi buddhis karena sesuai dengan kehendak Nya, apabila tidak sesuai kehendak Nya maka hal ini tidak akan terjadi, apakah kalian mau menolak kehendak Nya?


thuti
ini postingan paling top marwotop  :jempol:
thanks romo cunda  _/\_

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #55 on: 22 December 2008, 07:31:08 PM »
Saran terbaik: Tetep sati, metta en karuna...
Yang sering terjadi: membanding2kan keunggulan masing2x sembari menekan kebobrokan lawan

Hallo Bro Kemenyan,...
Jawaban mantep deh... (udah lama ngak dengat khotbahnya Bro Kemenyan)...

Kalau gw sih sedikit mancing deh....(Kenapa raja Solomon diberi kebijaksanaan tapi kalah
sama cewek cantik....) dan sewaktu dia jawab mendengarkan dgn penuh perhatian..
dan jangan sekali-kali membantah..... nah kalau dia udah PUAS...
mulai lagi dgn pertanyaan ke .2, dan selanjutnya.....

Kalau dia minta kita berdoa....bersama... ya turutin ajalah... pokoknya kita servics sampai
puas.....

sesuai SEMOGA MAHLUK BERBAHAGIA SELALU....

mungkin begitu.... (itu yg saya terapkan pd pdt yg ngunjung ke rumah....) hehehehehe
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #56 on: 22 December 2008, 11:35:07 PM »
Banyak trik yang jahil

1. Suruh mereka minum racun atau jalan diatas air. Kalau mrk beriman mrk tidak akan mati atau tenggelam.

Say "No!" To the Evangelist
The Gospel of Mark
Extracts from Ven. Dhammika's latest work entitled 'Who's That Knocking on the Door? A Buddhist's Guide to Evangelical Christianity', Published on the Buddhist News Network, Jan 13, 2004

Kuala Lumpur, Malaysia -- About six months ago there was a knock on my door and I opened it to find two evangelicals Christians there. I knew they were evangelicals because they had that fake friendly smile on their faces, which all evangelicals have when they are trying to convert someone.

This was the third time that month that evangelists had come knocking on my door and disturbing me so I decided to teach them a lesson. 'Good morning' they said. 'Good morning' I replied.

'Have you heard about the Lord  Christ'? they asked. 'I know something about him but I am a Buddhist and I'm not really interested in knowing more' I said. But like all evangelists, they took no notice of my wishes and proceeded to talk about their beliefs.

So I said, 'I don't think you are qualified to speak to me about '. They looked very astonished and asked, 'Why not'? 'Because', I said, 'you have no faith'. 'Our faith in  is as strong as a rock' they insisted. 'I don't think it is' I said with a smile.

'Please open your Bible and read the Gospel of Mark, chapter 16, verse 16, 17 and 18' I said and while they flicked through their Bibles I went quickly inside and came out again. One of them found the passage and I asked him to read it out loud. It said, 'He who believes and is baptized will be saved but he who does not believe shall be condemned. And these signs will follow those who believe in my name. They shall cast out devils, they shall speak in tongues, they will handle snakes and if they drink poison it will not hurt them and they will lay hands on the sick and they will recover'.

When he finished I said, 'In that passage  says that if you have real faith you will be able to drink poison and not die'. I took a bottle of Lankem from behind my back, held it up and said, 'Here is some poison. Demonstrate to me the strength of your faith and I will listen to anything you have to say about '.

You should have seen the looks on their faces! They didn't know what to say. 'What's the problem'? I asked. 'Is your faith not strong enough'? They hesitated for a few moments and then one of them replied, 'The Bible also says that we must not test God'. 'I'm not testing God', I said, 'I'm testing you. You love to witness for  and now is your big opportunity'. Finally one of then said, 'We will go and speak to our pastor about this matter and come back and see you. 'Ill is waiting for you' I said as they scurried away. Of course they never came back again.

Here is a bit of advice. Keep a copy of this Bible reference and a bottle of Lankem ready and every time the evangelists come to your door to harass you give them this test. You might like to have a polanga ready as well.
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #57 on: 22 December 2008, 11:43:09 PM »
2. Menurut injil matius Bab 14, Kalau percaya Yesus bisa jalan di atas air. Kalau tidak percaya, tidak pantas berdebat atau narik-narik ke K*****. Tinggal tantang aja dia nyebrang sungai jalan kaki, liat ngapung ga. :))


25   And in the fourth watch of the night  went unto them, walking on the sea.
26   And when the disciples saw him walking on the sea, they were troubled, saying, It is a spirit; and they cried out for fear.
27   But straightway  spake unto them, saying, Be of good cheer; it is I; be not afraid.
28   And Peter answered him and said, Lord, if it be thou, bid me come unto thee on the water.
29   And he said, Come. And when Peter was come down out of the ship, he walked on the water, to go to .
30   But when he saw the wind boisterous, he was afraid; and beginning to sink, he cried, saying, Lord, save me.
31   And immediately  stretched forth his hand, and caught him, and said unto him, O thou of little faith, wherefore didst thou doubt?
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline Yoko

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 351
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #58 on: 22 December 2008, 11:53:54 PM »
Mantap....GRP send... ;D ;D _/\_
Dhamma always in my heart  ;D ;D  _/\_

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: apa yg dilakukan jika diajak debat agama?
« Reply #59 on: 23 December 2008, 12:46:42 AM »
3. Tamparan maut
yang ini hati-hati pakenya ya. Saya sih cuma bayangin yg ini dan ga pernah pake dalam kehidupan nyata, walau teman saya ada yang semangat mau pake cara ini. :-?

Yesus bilang, kalau ditampar pipi kiri, berikan pipi kanan (atau sebaliknya?)
Kita tes aja
Tampar dia sekali, kalau marah/membalas/ngamuk/bengong berarti bukan murid yesus. Ngapain diikutin. Ingatkan dia bahwa Yesus bilang begini sebelum dia balas menampar anda ;D

Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra