//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Jurnal Meditasi Kristin  (Read 33960 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Jurnal Meditasi Kristin
« on: 06 September 2008, 12:11:19 PM »
Setelah berhenti meditasi beberapa lama akhirnya mulai lagi kemarin.

Jadi teringat waktu kecil, saya suka ngikut papa meditasi. Waktu itu meditasi rasanya mudah banget. Cuman disuruh papa, perhatikan nafas aja, trus rasanya udah nyaman banget.

Beranjak dewasa, udah mulai malas karna berbagai kesibukan. Dhamma pun uda dilupakan. Baru kembali lagi setelah lulus kuliah. Tapi setiap mau meditasi, rasanya sulit sekali. Gak fokus2. N gak ada tempat yang memungkinkan untuk bermeditasi dengan tenang. Satu menit aja rasanya udah lama banget.

Baru kemarin, saya mulai meditasi lagi. Berhubung, cici saya sudah merit, jadi saya sekarang punya kamar sendiri n punya room untuk meditasi.

Hari pertama kembali meditasi, saya set alarm selama 5 menit (karna dari pengalaman, setiap meditasi pikiran saya sering terganggu ke jam. Udah berapa lama ya? Udah jam berapa ya? dll). Berusaha fokus ke nafas. Pikiran sedikit melayang, tapi selalu berusaha untuk fokus n kembali ke nafas. Terasa agak nyaman (saya heran, biasanya saat meditasi, saya sering terganggu digigit nyamuk, atau kaki pegal, tapi kemaren santai aja). Sampai tiba2 bunyi alarm... Rasanya kok cepat sekali ya 5 menit sudah berlalu??? Saya matikan alarm n coba untuk lanjut lagi. Tapi tiba2 terdengar bunyi suara TV dari sinetron yang lagi di tonton mama saya. "Kenapa kamu bohongi aku???" Slepppp... Langsung fokus saya buyar n ngikutin filmnya... "Oh Revan (tokoh dalam sinetron itu) udah tau ya, kalo si Erika cuman boong. Mampus tuh si Erika. Boong aja kerjanya.". "Ups... Udah ngaco neh... Balik balik ke nafas...". Tapi suara sinetron disebelah terus terdengar n sepertinya seru banget.... Akhirnya aku sudahi meditasinya n duduk untuk review sedikit.

Parahnya begitu saya stop meditasi, sinetronnya malah commercial break. Tau gitu saya lanjutin aja.  :)) :)) :))

Begitulah meditasi hari pertama saya. Rencananya mau meditasi setiap hari... Mudah2an bisa terlaksana.

 _/\_
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #1 on: 06 September 2008, 12:17:10 PM »
cia yoo
There is no place like 127.0.0.1

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #2 on: 06 September 2008, 12:50:51 PM »
Kristin ajarin lothar meditasi donk, biar sama2 meditasi ;D
Smile Forever :)

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.350
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #3 on: 06 September 2008, 01:14:48 PM »
wakakakaka... ;D ;D ;D ;Dbegitulah kalo masi putthujana..  :)) :))

 _/\_

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #4 on: 06 September 2008, 05:03:43 PM »
Kristin ajarin lothar meditasi donk, biar sama2 meditasi ;D

Cemana mo ngajarin... Saya aja meditasi gak beres gini...
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #5 on: 06 September 2008, 05:09:56 PM »
Kristin ajarin lothar meditasi donk, biar sama2 meditasi ;D

Cemana mo ngajarin... Saya aja meditasi gak beres gini...
sama2 meditasi loh, dulu saya juga ada ikut meditasi and alami kemunduran yang dratis karena masalah cinta ;D
Smile Forever :)

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #6 on: 06 September 2008, 05:14:40 PM »
 [at]  lothar

ehm....ehm.......:))
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #7 on: 06 September 2008, 05:15:56 PM »
[at]  lothar

ehm....ehm.......:))
;D yah gitulah, penderitaan cinta tiada berakhir ;D  :outoftopic: :backtotopic:
Smile Forever :)

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #8 on: 07 September 2008, 08:25:18 PM »
mungkin selain merhatiin keluar masuknya nafas,

sambil di hitung, setiap keluar masuk, satu

keluar masuk dua...

sampai sepuluh...

setelah itu kembali ke satu lagi...

habis hitungan sepuluh kembali ke satu lagi gitu terus...

biar pikirannya ga lari -lari


 _/\_

Offline san

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 475
  • Reputasi: 35
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #9 on: 07 September 2008, 09:40:07 PM »
Alo kristin
Yang semangat ya meditasinya ;)
be happy ^^

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #10 on: 08 September 2008, 09:59:05 AM »
[at]  lothar

ehm....ehm.......:))

Ikutan ehm... ehm... Hahaha...

Thanks atas masukannya Andrew... Akan dicoba... :)
Thank you, San...
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #11 on: 08 September 2008, 09:59:49 AM »
Haha... Thanks tanggapan temen2 sekalian... Neh w lanjutin cerita hari ke 2 n ke 3. Moga2 bisa keterusan sampai hari ke 100 minimal. Hahaha...

6 September 2008 (Sabtu) 23:00

Seperti kata xuvie, saya coba atur jadwal meditasi lebih malem. Pas acara televisi udah selesai n mama sudah tidur. Kali ini saya set alarm 10 menit.

Phiuh... Fokus di nafas.... Pada saat hampir fokus, tiba2 malah hp bunyi ada telpon. Br... Dalam hati dongkol banget. Langsung deh reject telponnya lanjut meditasi... Meditasi kali ini bener2 hening banget. Yang terdengar cuman suara jam. Tapi pikiran malah melayang kemana2. Gak fokus2. Masalahnya saya terlalu melekat pada jurnal ini. Jadi kepikiran terus, apa ya yang akan w tulis di jurnal besok. Saya seperti mencari2 sesuatu untuk ditulis disini. Bahkan yg w tulis sekarang ini, sepertinya udah saya pikirkan pada saat meditasi itu. Fokus fokus... sadar sadar... Tapi pikiran terus melayang-layang sampai alarm berbunyi...

Kesimpulan hari ini, terlalu melekat pada jurnal...

7 September 2008 (Minggu) 21.45

Hari ini saya coba meditasi dengan lampu kamar tetep menyala. Mama masih nonton sinetron di kamar sebelah n papa juga lagi nonton berita di ruang depan. Seperti biasanya bunyi tivi papa tetep lebih kuat so suara sinetron mama jadi gak terdengar. Sebelum mulai meditasi, saya silentkan semua hp agar tidak terganggu seperti sebelumnya.

Mulai meditasi... Kali ini fokus sepertinya lebih mudah, walaupun suara tv papa begitu kuat di ruang depan (karna saya gak tertarik nonton berita kali). Sudah gak ada lagi pikiran tentang jurnal ini. Pikiran sedikit melayang, tapi saya usahakan tetap fokus. Fokus. Tiba2 dalam pikiran muncul "Aduh... Tadi saya silentkan hp... Kira2 alarm masih bisa bunyi gak ya?? (saya set alarm pake hp)" "Aduh keknya uda lama banget sih... Kok gak bunyi2 ya... Apa memang kalo silent alarmnya gak bisa bunyi...?" Begitu konsentrasi buyar gara2 ini, mulai terasa gangguan lainnya. "Aduh kening w gatel banget nih... Di garuk gak ya???" Setelah kening, di kaki juga terasa gatal. "Argh....." Dalam pikiran berperang.. Tetep diam atau digaruk nih??? Trus saya berusaha lagi.. "Fokus aja... Fokus... Kalo fokus pasti gak gatal lagi..." .............. Kembali terhanyut dalam keheningan diri sendiri. Suara tivi papa terdengar samar2 tapi tidak mengganggu... Fokus beberapa saat sampai timbul lagi pikiran... "Eit... Kok lama banget ya??? Uda 10 menit blon neh??? Jangan2 hp w bener2 gak bunyi... Udah blon ya??? Udah blon ya??? Udahan aja lahh...."

Akhirnya saya buka mata saya, yang pertama saya lakukan adalah melirik pada hp... Ternyata baru 9 menit... Trus saya tunggu mpe 10 menit liat bunyi gak... Ternyata emang bunyi... "Huh.. Tau gitu saya tunggu aja tadi... Bunyi kok"

Kesimpulan hari ini, ternyata hening atau ributnya ruangan tidak menjamin fokus atau tidaknya. Hari ini yg ribut sepertinya lebih baik dari kemarin yang hening.

Pertanyaan untuk para guru.. Kalau pas meditasi terasa gatal, sebaiknya digaruk atau di biarkan aja ya??? Mengganggu banget tuh...
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline san

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 475
  • Reputasi: 35
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #12 on: 08 September 2008, 03:20:24 PM »
Klo bener2 mengganggu n tak tertahankan:
Perlahan buka mata, sambil tetap sadar terhadap gerak gerik tubuh, lakukan usapan perlahan ke tempat yg gatal.
Gatal ilang balik lagi sambil tetap memperhatikan gerak gerik tubuh.
Jadi kesadaran masih tetap terjaga.

_/\_
be happy ^^

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #13 on: 08 September 2008, 03:32:26 PM »
Quote
Pertanyaan untuk para guru.. Kalau pas meditasi terasa gatal, sebaiknya digaruk atau di biarkan aja ya??? Mengganggu banget tuh...

perhatikan rasa gatel yg timbul kemudian lenyap...

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Jurnal Meditasi Kristin
« Reply #14 on: 08 September 2008, 03:33:56 PM »
Klo bener2 mengganggu n tak tertahankan:
Perlahan buka mata, sambil tetap sadar terhadap gerak gerik tubuh, lakukan usapan perlahan ke tempat yg gatal.
Gatal ilang balik lagi sambil tetap memperhatikan gerak gerik tubuh.
Jadi kesadaran masih tetap terjaga.

_/\_

pemuasan nafsu indria ;D