Yi Guan Dao
Zhang jiao bukannya zhang yue.
Juisme itu bukan ajaran kuno, tapi berasal dari kata Ru Jiao atau Confuciusme.
SheMu adalah sebutan utk istri guru, bukan gelar kehormatan.
Kitab LaoZi XiSheng HuaHu Jing dikarang oleh WangFu karena beliau kalah berdebat dengan pihak Buddhism. Kitab HuaHu ada lagi yg disebut TaiSang LingBao LaoZi HuaHu Miao Jing. Buddhism Tiongkok juga (pernah) mengatakan bahwa murid Buddha Gautama Qia Ye (Kasyapa ?) diutus oleh Buddha Gautama menjelma menjadi Lao Zi dan Ru Tong PuSa menjadi Confucius.
BaiLian Jiao mengambil paham Buddhism, Confuciusm dan Taoism. Han SanTong menyatakan dirinya sebagai keturunan dari Song. Murid2nya antara lain Liu FuTong dan Lie Erl. Mereka menggunakan paham dari master HuiYuan (pendiri sekte Sukhavati) mengenai Teratai Putih di surga Sukhavati dan perkumpulan Teratai Putihnya master HuiYuan (BaiLian Se). Kemudian berangsur2 menjadi BaiLian Jiao.
Mengenai bangsa Manchu yang menyerbu Tiongkok, bisa dikatakan bahwa dinasti Ming telah hancur akibat pemberontakan Lie ZhiCheng. Pada masa itu Lie ZhiCheng mendirikan dinasti Xun. Masuknya Manchu disebabkan Wu SanGui yang membuka pintu SanHai Guan untuk balas dendam. Wu ShanGui bertindak demikian karena Lie ZhiCeng membunuh selir kesayangan Wu dan ayahnya.
Sesungguhnya pendiri Yi GuanDao adalah Wang Jue Yi yang mengangkat dirinya sebagai sesepuh ke 15. Dan gurunya Yao HoTian sebagai sesepuh ke 14. Yao HoTian sendiri adalah seorg tosu aliran QuanZhen dan beliau adalah sesepuh QuanZhen angkatan ke 14. Dan kalangan Taoisme mengakui Yao HoTian sebagai sesepuh. Yi GuanDao sendiri ada pengaruh dari paham Luo Jiao yang didirikan oleh Luo MengHong/Luo WeiQun yang pada dinasti Qing menjadi Qing Bang (salah satu triad). Mengenai WuSheng LaoMu juga berasal dari Luo Jiao.
Urutan sesepuh menurut Yi GuanDao sbb:
1. Tatmo (Bodhi Dharma) dan merupakan manifestasi dari (HuCheng GuFo (Buddhism)
2. Shen Guang (man:RanDeng GuFo( Buddhism))
3. ShengChan (m:LingBao TianJun (Taoism)
4. DaoXin(m:TianHuang JunZhi (Bud)
5. HungRen(m:LingXiao JinTong(Tao)
6. Hui Neng(m:DiZhang GuFo(Bud)
7. Ma DaoYi/Ma DanYang(m:Ma Ying JunZhi(Bud)
7. Bai YuChan(m:NanYue DaDi (Tao)
8. Luo WeiQun/Luo MengHong (m:GongYuan ZhenRen(Tao))
9. Huang DeHui (m:YuanShi TianJun(Tao)
10. Wu JingLin/Wu CeXiang (WenChang DiJun (Tao)
11. Ho LiaoKu (m:JiuTian DouMu (Tao))
12. Yuan TuiAn/Yuan ZiLian(m:YuanShi TianZhun(Tao))
13. Yang HuanHsu/Yang ShouYi (m:Nan Hai GuFo(Bud))
13. Xu HuanWu/Xu JiNan(m:MiLe GuFo(Bud))
14. Yao HoTian(m:YaoCe JinMu(Tao))
15. Wang JueYi(m:SuiLing GuFo(Bud))
16. Liu QingHsu(m:TaiJi ZhenRen(Tao))
17. Lu ZhongYi(m:MiLe Zhushi(Bud))
18. Zhang TianRan(m:JiGong HuoFo(Bud))
18. Sun SuZhen(m:HuiGuang Pusa(Bud))
Cat: YiGuan Dao percaya bahwa sesepuh mereka itu adalah penjelmaan dari TianZun, Buddha dan Bodhisatva. Catatan diatas mengenai manifestasi adalah penjelmaan dan kata Buddha serta Tao itu menjelaskan penjelmaan dari aliran mana. Sesepuh Bai dan Yao tidak pernah mengatakan diri mereka adalah penjelmaan dari NanYue DaDi serta YaoCe JinMu.
Sekilas sejarah Wang JueYi.
Wang JueYi lahir pada th.1821 di propinsi SanDong kota QingZhou. Nama aslinya adalah Wang XueMeng alias Wang XiXue. JueYi adalah nama Taoistnya selain itu ia sering disebut BeiHai LaoRen. Mata pencahariannya adalah meramal. Ia berkelana didaerah HuaBei, HuaZhong, HuaDong bahkan di SeCuan juga ada jejak2 keberadaanya.
Pada usia 27 th. ia mengangkat sesepuh Yao HoTian menjadi gurunya. Kemudian di kota QingZhou ia mendirikan DongZhen Tang.
Pada th.1877 ia membuat suatu pernyataan bahwa WuSheng LaoMu datang ke DongZhen Tang dan menyatakan bahwa dirinya sebagai sesepuh/ketua ke 15. Yang mana hal ini mendapat tentangan dari Taoism. Kemudian ia menyebarkan pahamnya ke daerah JiangSu, AnHui, HoNan, BeiJing, HuBei, GuangXi, GuangDong. Pada th.1882 ia beranggapan bahwa pemberontakan bisa dimulai. Tapi ia gagal dan pada th.1884 ia meninggal. Kemudian Liu QingHsu (alias Liu ZiGang)menggantikan kedudukannya sebagai Zhangmen(ketua). Dan digantikan lagi oleh Lu ZhongYi. Pada masa kepemimpinan mereka berdua, Yi GuanDao tidak berkembang pesat.
Pada th.1930, seorg ex tosu bernama Zhang GuangBi (nama Taoistnya adalah TianRan) menjadi pemimpin, dan dibawah kepemimpinannya Yi GuanDao berkembang pesat. Terutama pada masa perang melawan Jepang. Pada th.1949, ketika komunis berkuasa, YiGuan Dao dihantam habis sehingga bisa dikatakan lenyap di RRC. Aliran tersebut dibagi 18 zhu (organisasi/unit) tapi sekarang cuma tersisa 5 zhu. Aliran Maitreya Indonesia kalau tidak salah ingat adalah BaoGuang Zhu sedangkan yang TianDao itu adalah FaYi Zhu. 5 Zhu itu sbb: JiYi Zu, FaYi Zu , BaoGuang Zu,WenHua Zu ,ZhengYi Zu. Walau demikian mereka satu sumber dan sama2 TianDao atau YiGuan Dao. Perkembangan YiGuan Dao amat pesat di Taiwan sehingga pemerintahan GuoMin Dang pada tahun 1953 melarang ajaran YiGuan Dao, baru pada tahun 1987 diakui pemerintah.
Kitab2 utama YiGuan Dao sbb:
1.Yi Guan Tan Yuan Tu Suo
2.San Yi Tan Yuan
3.Li Jiao Ho Jue
4.Tu Ming Fan Ke
5.Zi Yue Jie
6.Yi Guan Can Dao Yao Yuan dll.
Pada masa kepemimpinan Wang JueYi, tingkatan dalam ajaran sbb: Yi Phin zhong Sheng, Erl Ping Tian En, San Ping Zheng En, shi ping Yin en, wu ping bao en, liu ping ding xing, qi ping se guo, ba ping se di, jiu ping lien tai. Mengikuti hirarki pejabat pemerintahan ManChu. Kemudian pada masa kepemimpinan Zhang TianRan diubah lagi sbb: Shi Zun, Shi mu, dao zhang, dian chuan shi, tan zhu, qian ren, san cai, yin bao shi, dao qing.
WuSheng LaoMu (MingMing ShangDi WuLiang QingHsu ZiZun ZiSheng SanJie SeFang WanLing ZhenZai) dan Maitreya adalah fokus pemujaan mereka.
Tulisan Mu pada WuSheng LaoMu itu diubah dari tulisan mu biasa menjadi memiliki makna yaitu WuJi dan TaiJi.
Selain membicarakan persamaan 3 ajaran (Buddhism, Taoism dan Confuciusm), Wang JueYi (Yi GuanDao) menitik beratkan pada teknik membina diri (xiu lian nei dan). Hal ini tidaklah aneh mengingat dirinya adalah ex murid QuanZhen. Teknik membina diri itu dalam kitab YiGuan Dao disebut JiuJie ShenGong.
Ada pendapat bahwa Wang JueYi sebagai kepala YiHo Tuan (kaum boxer) tidaklah cocok, karena pada th.1884 ia meninggal dunia. Yi HoTuan memang org2 Yi GuanDao banyak yang menjadi anggotanya dan akhirnya banyak vihara(bhiksu2), daoguan(tosu2), kelenteng bergabung melawan dominasi barat. Zhao DuoShan selain sebagai murid YiGuan Dao, ia juga merupakan ketua perguruan dari Tinju Bunga Mei. Masalahnya itu bermula dari kemarahan yang memuncak kepada org2 barat. Pada masa itu agama ---censored--- dan ---censored--- disebut agama "menang perkara", maksudnya adalah jika penganut ---censored--- berperkara pasti menang dipengadilan. Selain itu hampir rata2 perjanjian2 tidak adil memasukkan masalah missionaris/kr****nisasi. Brosur2 FuQing MieYang (basmi barat dukung Qing) menggambarkan tosu, dewa2, bhiksu2 bekerjasama membasmi kambing (yang).
3 pusaka YiGuan Dao (Guan , ying , Jie)
1.Xuan Guan merupakan titik jalan darah YingTang, juga salah satu Qiao semangat/spirit.
(note:Kadang sering digunakan oleh aliran2 berbau mistik utk mengikat atau mengunci semangat pengikutnya, yang ini jgn ditulis kedalam buku, hanya mereka yg berbakat dalam membina diri/qigong diberitahu secara jelas apa itu XuanGuan Qiao oleh org2 TianDao)
2.Ying (mudra)/Ho Tong Ying.
Dimana dikatakan bahwa mudra penghormatan itu hanya boleh di vihara mereka, jika disembarangan kelenteng atau vihara memberikan penghormatan dengan mudra itu, dewa2 disana tidak sanggup menerima penghormatan itu bahkan bisa membuat dewa2 itu merasa berdosa. Sebenarnya merupakan pengubahan dari cara penghormatan Taoist yang sering disebut BaoQuan atau ZiWu Jie. Dan merupakan satu mudra bagi praktisi pemula meditasi Taoism.
3.Jie /khou jie (kata2 rahasia)
Kata2 rahasia aliran TianDao adalah 5 yaitu Wu Tai Fo Mi Le. Dan setahu saya 5 kata rahasia itu tidak membuat yg membaca menjadi Buddha tapi bisa menghindari dari 99 malapetaka.
Sebenarnya banyak serikat rahasia/sekte rahasia itu karena bobroknya pemerintahan. Mereka rakyat jelata tidak bisa berbuat apa2 selain mencari perlindungan dari mahluk2 adikodrati. Banyak kegiatan itu berawal dari satu desa atau kota yg berkumpul utk melawan negara karena ditindas. Contohnya HongQiang Hui (serikat Tombak Merah) yang melawan pejabat2 korup. Atau juga TaiPing TianGuo yang didirikan oleh Hong XiuQuan dan berkolaborasi dengan serikat Hong yang didirikan oleh Hung WenDing anak dari Hung XiGuan. Pada awal pemberontakan TaiPing, negara2 barat menyokong secara diam2 karena Hung XiuQuan adalah seorg ---censored---, tapi ketika ia menjadi agak saraf dengan mengangkat dirinya sebagai adik Yesus, mereka berbalik mendukung Qing.
Banyak tokoh2 serikat rahasia itu merupakan pahlawan rakyat dalam menghadapi pejabat2 korup. Misalnya Hung WenDing, Huang FeiHung, bhiksu SanDe, Ma FuYi, Zhao DuoSan, Lie TieTa, dll.
Sejarah Tiongkok itu dibagi 2 secara umum yaitu Zheng Chuan dan Lie Chuan. Zheng Chuan bisa dikatakan adalah catatan sejarah resmi kerajaan dan Lie Cuan adalah catatan sejarah rakyat. Contohnya adalah kisah SamKok. Ada 2 buku SamKok yaitu SanGuo Zhi dan SanGuo YuanYi. Yang terkenal adalah SanGuo YuanYi karangan Luo GuanZhong. Bisa dikatakan bahwa Luo mengambil dari cerita rakyat bukan catatan sejarah resmi.
Kisah 108 pendekar yg sering diambil oleh serikat2 rahasia juga demikian. Bagi dinasti Song, mereka adalah bandit dan bagi rakyat, mereka adalah penolong. Shi NaiAn mengambil kisah rakyat itu.