//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..  (Read 17808 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..
« Reply #15 on: 16 November 2009, 10:15:38 AM »
sori klarifikasi dikit bro bhw sati adalah salah satu dari 19 sobhana cetasika (faktor batin yg indah) yg menjadi dasar mahakusala citta

jadi sati tidak mungkin berasosiasi dengan hal2 yg buruk atau akusala.....

mgkn apa yg anda maksud sebagai ekagatta/konsentrasi dimana ini benar merupakan salah 1 dari 7 sabbacitta sadharana (cetasika yg muncul dalam semua citta) yg bisa berkolaborasi dengan kusala maupun akusala citta

menurut Bro Markos, Sati hanya ada satu jenis yaitu "samma" tidak ada yg namanya "micchasati", bahwa sesungguhnya tidak ada yg disebut perhatian benar/salah, yg ada hanya perhatian TOK?


Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..
« Reply #16 on: 16 November 2009, 12:16:57 PM »
saya menyebutkan berdasar dari abhidhamma yah bro,

Sedangkan jika dilihat dari sutta, ada yg disebut miccha sati yang termasuk dalam micchatta dhamma 10 seperti dibawah

MICCHATTA DHAMMA 10 (10 KEKELIRUAN)
1. Miccha-ditthi (Pengertian keliru)
2. Miccha-Vaca (Ucapan salah)
3. Miccha-Kammanta (Perbuatan jasmani salah)
4. Miccha-Ajiva (Penghidupan salah)
5. Miccha-Sankhappa (Pikiran salah)
6. Miccha-Vayama (Daya upaya salah)
7. Miccha-Sati (Perhatian salah)
8. Miccha-Samadhi (Konsentrasi salah)
9. Miccha-Nana (Pengetahuan salah)
10. Miccha-Vimutti (Pembebasan salah)


namun secara abhidhamma, yg dimaksud dengan sati disini adalah sati cetasika, yg termasuk salah 1 dari 19 sobhana cetasika

kemungkinan yg dimaksud dengan miccha sati di sutta adalah karena pengertian awal dari sati = memory, conciousness, mediation, contemplation, recollective memory, mindfullness

itu yg saya sebut dengan kemungkinan bhw yg ada dalam miccha sati adalah ekagatta yg berasosiasi dengan akusala cetasika, tapi bukan "sati" sebagai sati cetasika + akusala cetasika

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..
« Reply #17 on: 16 November 2009, 06:26:54 PM »
 [at] Om Markos

Ada bacaan yg pernah saya baca yg sedikit menyinggung mengenai ini, memang di sana juga dikatakan bahwa dalam Abhidhamma Theravada sati tidak bisa diasosiasikan dengan akusala. Namun jika di lihat dari fungsi sati sbg ingatan, maka ini akan menjadi fatal bila dalam Abhidhamma tidak ada ingatan sbg unsur pikiran, seolah2 ingatan tidak dapat diasosiasikan dengan hal2 akusala. Oleh seorang ahli Abhidhamma, (saya lupa namanya nanti harus cek sumber lagi ;D) beliau mengusulkan kata sañña utk ingatan. Tapi ini juga salah krn meski sañña berarti persepsi, pikiran, tetapi tidak berarti kemampuan mengingat. Sementara ada sedikit perbedaan dengan Sarvastivada di mana sati bisa diasosiasikan dengan kusala dan akusala.

Demikianlah yg saya ingat. :D

Nah, lebih lanjut jika dikatakan ekaggata bisa berkolaborasi baik dengan kusala maupun akusala..
Dalam Jhana ke-4 dimana kondisi pikiran dikatakan "cittassaekaggata", yg artinya pikiran yg terkonsentrasi, apakah pikiran yg terkonsentrasi ini bisa berasosiasi dengan kusala dan akusala? Karena justru menurut Sang Buddha hal2 akusala terlebih dulu ditinggalkan barulah pikiran bisa terpusat. Mana yg benar? Abhidhamma atau ? Mohon dicerahkan.. _/\_

Mettacittena,
appamadena sampadetha

Offline char101

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 237
  • Reputasi: 13
Re: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..
« Reply #18 on: 16 November 2009, 07:44:01 PM »
Oleh seorang ahli Abhidhamma, (saya lupa namanya nanti harus cek sumber lagi ;D) beliau mengusulkan kata sañña utk ingatan.

Ingatan = sanna dengan objek lampau

Quote
Nah, lebih lanjut jika dikatakan ekaggata bisa berkolaborasi baik dengan kusala maupun akusala..

Di sini bedanya sati dengan ekaggata. Kalau orang sedang melekat atau sedang marah atau sedang bingung, objek melekat/marah/bingung itu diulang-ulang di kepala jadi ada ekkagata walaupun lemah. Tapi kalau pikiran sedang melekat/marah/bingung orang tersebut jadi tidak sadar apa yang baru saja dilakukannya, karena pikirannya terfokus ke objek melekat/marah/bingung-nya itu. Jadi sati bisa dikatakan living in the present atau here and now. Setelah bisa living in the present lalu mengetahui sedang berjalan, duduk, dll. itu sampajjana. Kalau sati dan sampajjana dipraktekkan terus menerus jadilah atapi.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..
« Reply #19 on: 16 November 2009, 10:21:55 PM »
Sayang sekali tadi udah buka contekannya, masih ngga nemu bagian tsb. Mungkin later kalo nemu saya paste ke sini tulisannya.. Dan di sana juga ditulis kenapa sanna tidak valid dikategorikan sbg ingatan. :)
appamadena sampadetha

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Sati Sampajanna.. Cattari Satipatthana..
« Reply #20 on: 17 November 2009, 12:26:47 PM »
Sanna adalah persepsi dalam artian sebagai trend batin.

Secara past regression, sanna inilah yg ditembus sehingga bisa memunculkan ingatan2 lampau selaras dengan yg bro char01 bilang : objek lampau

secara fisik, memori disimpan juga di otak. Jadi tidak semata hanya ada di sanna dalam bentuk trend batin, namun juga ada penyimpanan secara fisiknya

sori nih, tapi kekna diskusi awal adalah mengenai "perhatian" deh bro, bukan mengenai "ingatan"... cmiiw itu kenapa yg dimaksud adl ekaggata, sedangkan jika ingatan yg anda maksud, relevansinya yah dengan sanna

yg anda maksud dengan cittassaekaggata, di dalam vissudhi magga seingat saya, Buddhaghosa pernah menyebutkan mengenai Kusala cittasaekaggata, yg berhubungan dengan Kusala Samadhi yaitu konsentrasi pada hal2 yg kusala

Yang mgkn harus diingat bhw Jhana adalah hasil dari samatha,yg guru2 meditasi di india dari jaman dulu aja udah bnyk yg menguasai, dan tidak semuanya merupakan Samma Samadhi loh karena menggunakan objek diluar 40 objek

jadi bagi saya, yg dibahas dalam buddhism betul adalah samma samadhi, yg hasilnya adalah kusala cittasaekaggata
tapi diluar itu, masih banyak yg akusala cittasaekaggata

demikian pendapat saya

 

anything