//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Japanese Management...  (Read 17744 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Japanese Management...
« on: 14 January 2009, 02:12:57 PM »
Best Global Brand yg dipublis oleh Businessweek 2008
Ranking Brand perusahaan2 Jepang... sbb:

6. Toyota,   20. Honda,  25. SONY  37. Canon, 
40. Nintendo, 78. Panasonic, 90. Lexus

http://bwnt.businessweek.com/interactive_reports/global_brand_2008/


1945 Nagasaki kena bom Atom, dan negara Jepang yg dengan lahan kecil tanpa
banyak hasil bumi... kenapa dapat menjadi negara yg begitu maju?
Hari ini, TOYOTA pun menjadi pabrik no.1 di dunia melebihin GM, Ford dan Chrysler..

Quote
setelah PM bro Kainyn_Kutho, sarannya...
Coba buka aja, bikin topik. Kali2 aja ada yang beneran ahli, nimbrung bagi2 ilmu.

Management2 maupun culture spt apakah yg diterapkan orang Jepang sehingga mencapai
hari ini ? Teknology, seni, dll mengenai Jepang juga boleh ditampilkan disini... with less junk!...




« Last Edit: 14 January 2009, 02:29:30 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline N1AR

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 930
  • Reputasi: 22
  • Yui
Re: Japanese Management...
« Reply #1 on: 14 January 2009, 02:21:03 PM »
jepang bisa maju karena tradisi nya tapi tidak lepas dari bantuan bos/ idola amerikanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #2 on: 14 January 2009, 02:25:12 PM »
5S
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #3 on: 14 January 2009, 02:31:29 PM »
KAIZEN 改善 (continuous improvement) yg diterapkan di Toyota, Honda, dll
« Last Edit: 14 January 2009, 02:42:30 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #4 on: 14 January 2009, 03:55:38 PM »
jepang bisa maju karena tradisi nya tapi tidak lepas dari bantuan bos/ idola amerikanya
maksudnya bantuan dari amerika? ???
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #5 on: 15 January 2009, 02:01:23 PM »
Kaizen Strategic Management (mari kita lihat2 sedikit defenisinya dulu)

Kaizen
   Kaizen berarti kemajuan. perbaikan terus menuerus dlm
   dlm management/pekerja...(bisa juga rumah tangga, dll)

Otomatisasi
(Jidohka)
    Mesin (produksi) dirancang utk mati otomatis sewaktu terjadi kerusakan

Point pengawasan
   Point yg pengawasan di tingkat managerial yg beroientasi hasil

Lingkaran Deming
   lingkaran/interaksi penelitian, rancangan, produksi dan penjualan..
   sehingga lebih memuaskan pelanggan

Kamban

   sebuah penglengkapan komunikasi dlm sistem pengawasan produksi

Lingkaran PDCA

   lingkaran Pland, Do, Check, Acion

Kebijakan
   kebijakan perusahaan jangka menegah/panjang... sasaran/target

Management yg berorientasi pd proses

   Bukan hanya pada hasil/output, management akan membantu
   dan mendukung upaya2 utk memperbaik cara2 pekerja menjalankan
   tugasnya.

QC Quality Control
   pengendalian mutu

Mutu
   apapun yg dpt ditingkatkan (product, services, etc)

Standar

   serangkaian kebijakan, atura, petujuk dan procedure yg
   dibuat oleh managemen utk semua operasi

Sistem usulan

  Sebagaimana di rencanakan, diterapkan, dikomunikasikan sebagai
   rencana strategis perussahaan

TQC total quality control
   melibatkan setiap org dlm perusahaan utk peningkatan quality

Manajement yg tampak
    menyediakan info dan instruksi tentang unsur2 pekerjaan dan
   cara yg betul2 jelas bagi pekerja.

Warusa kagen
   pengawasan tentang sesuatu yg belum menjadi masalah, tapi
   dpt menimbulkan masalah (contoh perawatan mesin)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #6 on: 15 January 2009, 02:38:17 PM »
BerOrientasi pada HASIL atau PROCESS:-[

Kaizen Jepang berpikir/berorientasi pada PROCESS,
sedangkan
inovasi Barat dan pemikirannya lebih pada HASIL

Kaizen merupakan salah satu strategic management tool yg
paling penting di management Jepang..

Kaizen... perbaikan diri pada setiap orang....

Kaizen mengatasi masalah2 dgn membuat sebuah
corporate culture... sehingga SETIAP ORANG bisa
dgn mudah/leluasa mengenali masalah2...
(termasuk masalah di department lain...pemasaran,
promosi, produksi, dll)

Quote
Menurut Soichiro Honda...
Peran management adalah melakukan upaya berkelanjutan
yg bertujuan menyediakan produk yg lebih baik dgn
harga yg lebih rendah.

Mayoritas perusahaan Jepang menerapkan Kaizen spt
Toyota, Honda, Nisan, Canon, Sony, Panasonic, dll  ;D
« Last Edit: 15 January 2009, 03:01:02 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #7 on: 15 January 2009, 02:42:50 PM »
karena berorientasi pada proses, maka terjadi efisiensi.

walau begitu efektifitas juga dijaga. namun sayangnya dalam metode Kaizen ini mempunyai kekurangan dalam forecasting.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline N1AR

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 930
  • Reputasi: 22
  • Yui
Re: Japanese Management...
« Reply #8 on: 15 January 2009, 02:46:45 PM »
gak dong red kan banyak suku cadangnya yg original jadi mutu tetep bagus dong

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #9 on: 15 January 2009, 02:50:08 PM »
karena berorientasi pada proses, maka terjadi efisiensi.

walau begitu efektifitas juga dijaga. namun sayangnya dalam metode Kaizen ini mempunyai kekurangan dalam forecasting.

Utk masalah forecasting... kami menunggu PERBAIKAN dari bro hatRed...

(Rasanya forecasting... termasuk di yg lain ya...)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #10 on: 17 January 2009, 01:02:25 PM »
Kaizen yg berarti perbaikan terus menerus... merupakan salah satu konsep terpenting dalam management Jepang. Ini merupakan kunci keberhasilan perusahaan Jepang.
Perbaikan terjadi disemua bagian orang... manajemen paling atas, manager maupun pekerja. Semua orang dlm perusahaan dibuat sadar akan Kaizen.

coba pikiran :
Bagaimana setiap orang diberi kesempatan utk menyuarakan ide2 (perbaikan2) ?
bagaimana ide2 tsb dpt dijalankan, dan dihargain (reward) ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #11 on: 17 January 2009, 01:14:25 PM »
karena berorientasi pada proses, maka terjadi efisiensi.

walau begitu efektifitas juga dijaga. namun sayangnya dalam metode Kaizen ini mempunyai kekurangan dalam forecasting.

Utk masalah forecasting... kami menunggu PERBAIKAN dari bro hatRed...

(Rasanya forecasting... termasuk di yg lain ya...)

i cuma menilai dari perusahaan yg menerapkan Kaizen bro.

dari toyota, dan Sony, serta Nintendo. semuanya memang selalu menuju ke arah perbaikan, tetapi dalam market global, mereka seperti tidak punya antisipasi dalam menilai diri dan yg akan datang. memang semuanya berhasil, dan melakukan antisipasi yg cepat, namun antisipasi itu berupa "obat". (maksudnya kalo dah berpenyakit baru deh mengobati).

tapi so far tidak terlalu berpengaruh tampaknya (penyakitny gak ganas kali :hammer:)
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #12 on: 19 January 2009, 12:50:59 PM »
Tahun 1950 sekelompok businessman dari Jepang mengunjungin perusahaan2 Amerika/Eropah utk mempelajarin produktivitas produksi mereka..Yamada yg ikut mengunjungin tsb berkata …”ada perusahaan yg 25 tahun tetap sama (TIDAK BERUBAH)..

Setelah perang duinia 2, perusahaan Jepang hrs memulai dari dasar. Supaya eksis, perusahaan memerlukan perbaikan yg tidak beakhir.. kaizen telah menjadi gaya hidup.

Awal tahun 1960, WE Deming dan JM Juran dari Ahli dari Amerika lah yg memperkenalan konsep2 pengendalian mutu ke Jepang.

Management Kaizen
Management memiliki 2 funsi : memelihara dan memperbaiki.

Funsi memelihara dgn menetapkan SOP (Standar Operating Procedure).
Dimana management membuat kebijakan, aturan, petunjuk dan procedure agar semua yg terlibat dlm organisasi dpt mengikutin SOP.

Supaya SOP berhasil…
KEDISIPLINAN – jika staff/pekerja dpt mengikutin  tapi tidak melaksanakan
PELATIHAN – jika staff/pekerja tidak dpt mengikutin
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #13 on: 19 January 2009, 12:54:21 PM »
mo tanya bro

SOP buat divisi IT contohnya kek apa aja?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #14 on: 19 January 2009, 01:18:22 PM »
mo tanya bro

SOP buat divisi IT contohnya kek apa aja?

Salah satu contoh SOP...

kalau utk programmer... ya sejenis
CODING GUIDELINE .. yg harus dijalankan semua programmer...

contoh :
   Naming (variable), Statment, Spaces (indentation), Braces, Block, Comment, etc..
   
atau dlm arti lebih luas :
http://www.codingthearchitecture.com/files/software-architecture-document-guidelines-v0.1.pdf
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #15 on: 19 January 2009, 01:22:19 PM »
bukan itu bro maksudnya,

tetapi lebih ke arah divisi nya, bukan fungsional programmer.

seperti SOP tuk perawatan, SOP tuk permintaan projek, SOP untuk pengembangan struktur IT, dll
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #16 on: 19 January 2009, 01:36:50 PM »
bukan itu bro maksudnya,

tetapi lebih ke arah divisi nya, bukan fungsional programmer.

seperti SOP tuk perawatan, SOP tuk permintaan projek, SOP untuk pengembangan struktur IT, dll

Rasanya semua sama... manager yg udah kompetent (yg telah melakukan hal tsb) yg menulis SOP...

Kalau utk perawatan komputer....(kira2 begitu)
1. bisa saya tetapkan minimal 6 bulan sekali, casing/mobo akan dibersikan dgn kompressor udara.. yg telah terpasang (filter pengering)....
2. dll,,,


utk contoh dasar pemakaian komputer bisa lihat :
http://www.phys.unsw.edu.au/safety/documents/SOP_computer_use.pdf
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #17 on: 19 January 2009, 02:17:32 PM »
SOP rasanya tak lain spt BUKU SERVICS GARANSI pembelian mobil baru...

disana tertara 10.000KM...
  dan daftar2 apa yg check, apa yg diganti, dll

yg memiliki form dan kolom2 yg uda baku!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #18 on: 19 January 2009, 02:20:32 PM »
nah itu die, form2 yg baku serta flowchartnya itu contohnya kek gmana?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #19 on: 19 January 2009, 10:01:54 PM »
nah itu die, form2 yg baku serta flowchartnya itu contohnya kek gmana?

Wahh bro hatRed... yg persis harus Google lagi atau (bayar) utk template tsb...

sedangkan sekilas mengenai penulisan bisa lihat di
http://www.ehow.com/how_4455615_write-standard-operating-procedures.html

atau google lagi....(sorry tidak expert di SOP)...
masih newbi mengenai Japanese Management....(at least I try).....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #20 on: 20 January 2009, 05:03:05 AM »
Salah satu workshop SOP di Jakarta seharga 3.5 jt tahun lalu

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan :       (1)    Lebih memahami konsep proses dan sistem dalam penyusunan SOP(2)    Lebih memahami peran Bussiness Process dalam penulisan SOP(3)    Menetapkan proses yang akan dibuatkan SOP nya(4)    Mampu menyusun checklist / questionnaires untuk bekal interview dengan para narasumber.(4)    Memilah dan menganalisa informasi yang didapat(5)    Membuat urutan aktivitas dakam bentuk flow chart(6)    Menyusun SOP secara lengkap

Outline :

1.       Proses, Sistem dan SOP
2.       Business Prosess dan Process Mapping
3.       SOP dan dokumen sistem
4.       Proses dan Flow Charting
5.       Membuat check list
6.       Mengumpulkan, memilah dan menganalisa informasi
7.       Menyusun informasi dan elemen SOP
8.       Menyusun SOP lengkap


semoga berguna....
atau mendapatkan gratisan lewat google...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: Japanese Management...
« Reply #21 on: 19 March 2009, 01:11:55 AM »
Soal menejemen saya ga begitu tahu.

Tapi yg saya liat dari teman yg berkebangsaan Jepang dan teman yg kuliah dan kerja di perusahaan Jepang, yg menonjol dalam kerja adalah, fokus, ulet, disiplin, dan rapi (termasuk bersih).
yaa... gitu deh

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #22 on: 19 March 2009, 01:57:03 AM »
Soal menejemen saya ga begitu tahu.

Tapi yg saya liat dari teman yg berkebangsaan Jepang dan teman yg kuliah dan kerja di perusahaan Jepang, yg menonjol dalam kerja adalah, fokus, ulet, disiplin, dan rapi (termasuk bersih).

Bro yg rapi2 itulah 5S

5S is the Japanese concept for House Keeping.

1.) Sort (Seiri)
2.) Straighten (Seiton)
3.) Shine (Seiso)
4.) Standardize (Seiketsu)
5.) Sustain (Shitsuke)
____________________________________________
I think the concept of 5S has been twisted and its real meaning and intention has been lost due to attempts to keep each element in English word to start with letter 'S', like the real Nippongo words (seiri, seiton, seiso, seiketsu, and shitsuke). Well, whoever deviced those equivalent English words did a good job,they're close, but the real interpretation is not exactly the correct one. For the benefit of the readers who would like to develop and establish their own understanding and applications, the following are the real meaning of each element in English:

Japanese - English Translations
-------- --------------------
Seiri - Put things in order
(remove what is not needed and keep what is needed)
Meletakan barang pada tempatnya (yg ngak perlu buang)
Seiton - Proper Arrangement
(Place things in such a way that they can be easily reached whenever they are needed)
Diatur supaya mudah dijangkau
Seiso - Clean
(Keep things clean and polished; no trash or dirt in the workplace)
Kebersihan (lihatlah bengkel2 mobil Jepang yg bersih)
Seiketsu - Purity
(Maintain cleanliness after cleaning - perpetual cleaning)
Menjaga kebersihan (tetap bersih)
Shitsuke - Commitment (Actually this is not a part of '4S', but a typical teaching and attitude towards any undertaking to inspire pride and adherence to standards established for the four components)
Berkomitment (ada pengawas yg berkala memastikan hal2 diatas berjalan dgn baik)


kira2 begitulah!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #23 on: 23 March 2009, 09:27:13 PM »
Bagaimanapun perusahaan Toyota merupakan satu diantara perusahaan dunia yg amat dikagumin. Antara lain :

#1. Pendapatan Toyota (mobil) pada thn 2003 adalah lebih besar dari gabungan mobil raksasa Amerika (GM + Ford + Chrysler)

#2. Dari ide sampai mobil beneran ditangan konsumen memerlukan 12 bulan di Toyota, sedangkan competitor memerlukan paling tidak 3 tahun hal tsb.

#3. Jutaan ide baru, dan jutaan perbaikan2 di dalam perusahaan Toyota (sistem produksi, dll) Berapakah perbaikan2 yg dilakukan oleh competitor dlm setahun?

dst, dst

Maka dari itu,... posting berikut saya mencoba menceritakan Prinsip2 yg diterapkan oleh Toyota menjadikan perusahaan yg amat dikagumin didunia. Semoga posting2 ini berguna. Bila ada kekurangan maupun kesalahan jangan segan2 mengkoreksinya... 

Tulisan tsb adalah terjemahan dari buku The Toyota Way - 14 Management Principles from the World's Greatest Manufacturer ditambah dgn penafsiran2 saya...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #24 on: 23 March 2009, 09:59:03 PM »
Prinsip #1 TTW (the Toyota Way)

Base your Management Decision on a Long-Term Philosohpy,
Even at the expense of shortTerm Financial GOals

(Philosohpy Keputusan Management hendaknya utk Jangka panjang, walaupun jangka pendeknya merugi)

(sabar),
Seperti pada Buddhism yg sangat menghargain KESABARAN... begitu juga di Toyota,
kata sabar dlm tulisan Tiongkok adalah gabungan dari dua bagian..
Bagian atas yg berarti PISAU, dan bagian bawah yg berarti HATI,
Jadi Kesabaran adalah seperti PISAU MENUSUK ditengah2 HATI pun akan tetap bersabar...

Quote
Salah satu faktor kesuksesan adalah KESABARAN dan fokus pada hasil jangka panjang dari pada jangka pendek. Menginvestasikan pada manusia, produk, pabrik serta bertekat utk memberikan kwalitas terbaik.  (Rober B, VP Toyota Motor Sales)

A Mission Greater than Earning a Paycheck (Misi lebih penting dari Bayaran)
Berikanlah hal terbaik bagi perusahaan, pekerja, pelanggan dan masyarakat. Sehingga pekerja/manager pada perusahaan Toyota memiliki Misi yg lebih besar (penting) dari pada pembayaran yg besar.

Doing the Right Thing for the Customer (lakukan hal yg benar pada pelanggan)
Utk menhasilkan kenyamanan dlm mobil Lexus, kami mencampur bahan yg lebih lunak pada Ban. Walaupun hasil kenyamanannya meningkat, tetapi kurang dari 1 percen pelanggan mengeluh karna ban mobilnya lebih cepat habis. Kami tidak tinggal diam dan kami mengirim kupon bagi semua pelanggan, meminta maaf serta mendptkan kupon sebesar $500 utk ban2 yg lebih cepat gundul.


« Last Edit: 23 March 2009, 10:03:02 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #25 on: 24 March 2009, 07:35:02 AM »
em... opini saya tentang Toyota nih:
~ inova boros, sangat tidak sesuai utk zaman ekonomi yg sulit ini...
~ yaris, kalah bersaing dg honda jazz
~ avanza, laku keras, tapi indentnya sangat lama & pihak sales sering meminta uang suap utk menaikkan daftar antri.

mengenai product & sales, menurut saya sih toyota jelek. yg lebih dari mereka cuma kemampuan berproduksi aja (in term of quantity).
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #26 on: 25 March 2009, 03:15:20 AM »
em... opini saya tentang Toyota nih:
~ inova boros, sangat tidak sesuai utk zaman ekonomi yg sulit ini...
~ yaris, kalah bersaing dg honda jazz
~ avanza, laku keras, tapi indentnya sangat lama & pihak sales sering meminta uang suap utk menaikkan daftar antri.

mengenai product & sales, menurut saya sih toyota jelek. yg lebih dari mereka cuma kemampuan berproduksi aja (in term of quantity).

Terima kasih atas masukannya bro yg berbeda dan sangat berbobot.
Dan saya sangat setuju dgn point2 yg diutarakan bro Tesla. Nanum dlm Fortune500, perusahaan Toyota merupakan perusahaan yg dpt kita pelajarin.

Sering sekali saya berpikir, manufacturing sengaja mengeluarkan produk yg tidak terlalu sempurna sehingga dia bisa menjadwal penyempurnaan tsb utk konsumen tetap membeli. contoh... Inova yg pertama boros, dan Inova yg kedua lebih irit, yg ketiga designnya tambah mantep, dst, dst...

Selain Toyota, Honda maupun Nisan juga sangat inovatif dlm merancang mobil.


Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #27 on: 25 March 2009, 03:34:48 AM »

Toyota iQ (2009)

Car of the Year Japan Year    Winner

2008–2009    Toyota iQ
2007–2008    Honda Fit
2006–2007    Lexus LS
2005–2006    Mazda MX-5
2004–2005    Honda Legend
2003–2004    Subaru Legacy
2002–2003    Honda Accord
2001–2002    Honda Fit
2000–2001    Honda Civic
1999–2000    Toyota Vitz
« Last Edit: 25 March 2009, 03:38:40 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #28 on: 25 March 2009, 03:44:48 AM »

Citroen C5

Japan Import Car of the Year Year    Winner
2008–2009    Citroën C5
2007–2008    Mercedes-Benz C-Class
2006–2007    Citroën C6
2005–2006    BMW E90
2004–2005    Volkswagen Golf

Walaupun Citroen merupakan mobil yg sulit dijual di Indonesia
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #29 on: 25 March 2009, 09:02:08 AM »
om johan, yg 5S nya mohon diperdetil lagi....

karena kantor i juga menerapkan prinsip 5 S ini ^:)^
i'm just a mammal with troubled soul



Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #30 on: 25 March 2009, 11:48:36 AM »
Terima kasih atas masukannya bro yg berbeda dan sangat berbobot.
Dan saya sangat setuju dgn point2 yg diutarakan bro Tesla. Nanum dlm Fortune500, perusahaan Toyota merupakan perusahaan yg dpt kita pelajarin.

tentu saja banyak hal yg bisa kita pelajari dari Toyota sebagai manufactur terbaik dalah hal how effective & efficient they are...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #31 on: 26 March 2009, 12:30:31 PM »
5S of Kaizen

#1 SORT
(mengurut/mengatur)
Tahap ini adalah mengurut/mengatur/memilah ALAT2
sehingga apa yg diperlukan utk MENYELESAIKAN SUATU TUGAS.
Mengesampingkan alat2 lain yg tidak penting (jarang dipakai) dari
TEMPAT KERJA ANDA.


Alat2 = dpt berupa alat2 beneran (tools) atau pun menu/tools dlm software, dll
MENYELESAIKAN SUATU TUGAS = mencapai hasil yg diinginkan (tugas = tujuan)
TEMPAT KERJA ANDA = tempat sungguhan, berupa meja, bisa juga department, desktop (software)


Menurut saya Nisan Levina cukup nyaman dan ekonomis utk dipakai!...
Tetapi adakah tempat khusus utk menyimpan karcis parkir?
Mudahkah bagi anda utk mencari karcis parkir sewaktu mau pulang?
Seberapa mudah dijangkau tempat karcis parkir tsb utk diberikan pada penjaga?

Kadang kala saya sedikit (sangat sedikit) jengkel... kalau mau nancep flashDish ke
colokan USB, rasanya ngak ada tandanya sehingga harus nyoba2.(2X).. barus bisa masuk?
Adakah tanda yg lebih mudah dilihat (dari pada ngitip2 colokan USB yg satu sisinya ada plastik)?
Adakah TIPS menancep USB sekali tancap pasti masuk dgn mudah?

Biasanya dlm download site.... barang2 yg laris didownload... tulisannya MEMBESAR...
nah inilah yg mempermudah kita utk MENGKLIK ke barang tsb...

Bayangkan... dapatkah sebuah kantor yg kalau tempat tsb sering dipakai oleh penlanggan maupun org2... sehingga RUANG KANTOR TSB MEMBESAR dan pada posisi yg strategis supaya semua orang dgn mudah mengaksesnya? Seringkah anda jalan2 ke MALL dan kesulitan mencari INFORMASI ? dst, dst...

Hal2 yg terODER... spt INDEX dihalaman belakang buku.... diurut sesuai ABC.... utk mudah dicari

kira2 begitu deh!...




om johan, yg 5S nya mohon diperdetil lagi....

karena kantor i juga menerapkan prinsip 5 S ini ^:)^
« Last Edit: 26 March 2009, 12:48:44 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #32 on: 26 March 2009, 01:13:54 PM »
  Selain index alphabet, huruf juga berubah menjadi besar (utk yg favorite)
Nah apakah fasilitas ini dpt diterapkan di Kantor?
Kalau suatu ruang utilisasinya semakin banyak, maka ruang tsb akan berubah menjadi lebih besar dan lebih bagus lagi?

Dapatkah hal tsb terjadi di fasilitas kantor?
« Last Edit: 26 March 2009, 01:15:35 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #33 on: 26 March 2009, 07:13:03 PM »

sebelum dan setelah di SORT...
(yg ngak perlu dirombeng aja,
Kalau punya gw lebih mirip yg disebelah KIRI :'()
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #34 on: 26 March 2009, 09:36:32 PM »
Quote
Menurut saya Nisan Levina cukup nyaman dan ekonomis utk dipakai!...
Tetapi adakah tempat khusus utk menyimpan karcis parkir?

saya selalu menjepit di sun visor... keknya ini bukan masalah deh, shg perlu dibuat tempat khusus...
malah tempat khusus utk handphone pengemudi menurut saya lebih memberi nilai plus... (walau berhandphone sambil berkendara adalah tidak dianjurkan & berbahaya, tetapi kenyataannya saya dan pengemudi pada umumnya melakukannya)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #35 on: 27 March 2009, 09:04:15 AM »
Quote
Menurut saya Nisan Levina cukup nyaman dan ekonomis utk dipakai!...
Tetapi adakah tempat khusus utk menyimpan karcis parkir?

saya selalu menjepit di sun visor... keknya ini bukan masalah deh, shg perlu dibuat tempat khusus...
malah tempat khusus utk handphone pengemudi menurut saya lebih memberi nilai plus... (walau berhandphone sambil berkendara adalah tidak dianjurkan & berbahaya, tetapi kenyataannya saya dan pengemudi pada umumnya melakukannya)

Solusi bro Tesla boleh juga...
Cuma kadang kala customer udah pernah dimanjakan oleh produk lain,
spt Honda CRV yg memiliki tempat gelas, meja kecil serta tempat koin (bisa juga utk karcis parkir) yg ada disebelah kanan agak bawah stir..
nah itu sangat nyaman meletakkannya dari pada (di sun visor)..

Kalau kunci mobil sisi manapun juga bisa digunakan utk stater mobil,
kenapa FlashDisk USB tidak begitu?  :'(  :'(

Sedangkan tempat HP di mobil SANGAT TIDAK DISARANKAN DI INDONESIA,
sebab menjadi Incaran perampas di lampu merah!... (lebih baik amankan dikantong)... kecuali bro mau letakkan HP yg murah dan udah rusak utk diKURBANkan!
« Last Edit: 27 March 2009, 09:06:50 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #36 on: 27 March 2009, 09:40:27 AM »
saya punya meja yg panjang.... mo dibagi menjadi dua area.........

area kiri untuk kerja.... seperti urus2 dokumen dan program...

area kanan untuk bengkel...seperti install komputer baru dan benerin komputer........ dan lain2

bagaimanakah memberikan pemisah yg tepat?

mo coba memberikan stiker atau garis pemisah..., namun bingung desainnya kek gmana.......

bagusna warna apa ... kuning kira2 bagus gak? (warna meja coklat cerah motif kayu..)

bingung juga membaginya.. karena kadang2 space buat bengkel kurang sehingga nyomot2 area kerja.......

sementara pemisahnya adalah box file... jadi tinggal geser sana geser sini.......

dan kemalasannya juga kalao dah selesai kadang suka lupa menaruh kembali barang2.....

ada kiat khusus..... ^:)^
i'm just a mammal with troubled soul



Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #37 on: 27 March 2009, 05:11:57 PM »
Solusi bro Tesla boleh juga...
Cuma kadang kala customer udah pernah dimanjakan oleh produk lain,
spt Honda CRV yg memiliki tempat gelas, meja kecil serta tempat koin (bisa juga utk karcis parkir) yg ada disebelah kanan agak bawah stir..
nah itu sangat nyaman meletakkannya dari pada (di sun visor)..
hmmm... benar juga... manusia makin lama makin manja yah...
saya taruh koin, kunci rumah, karcis di asbak (buat apa dikasih asbak yah?), soalnya bukan perokok.

Quote
Kalau kunci mobil sisi manapun juga bisa digunakan utk stater mobil,
kenapa FlashDisk USB tidak begitu?  :'(  :'(
desainnya gimana tuh? karena power USB device adalah listrik DC, bukan AC, jadi ga bisa bolak balik lho :) keknya USB perlu 4 terminal/pin yah?

Quote
Sedangkan tempat HP di mobil SANGAT TIDAK DISARANKAN DI INDONESIA,
sebab menjadi Incaran perampas di lampu merah!... (lebih baik amankan dikantong)... kecuali bro mau letakkan HP yg murah dan udah rusak utk diKURBANkan!
sekarang udah beda...
perampas udah tau kok, 99% pengendara kendaraan punya HP :))
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #38 on: 27 March 2009, 05:13:36 PM »

sebelum dan setelah di SORT...
(yg ngak perlu dirombeng aja,
Kalau punya gw lebih mirip yg disebelah KIRI :'()
gw lebih parah dari yg disebelah kiri :))
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #39 on: 01 April 2009, 09:18:47 AM »
saya punya meja yg panjang.... mo dibagi menjadi dua area.........

area kiri untuk kerja.... seperti urus2 dokumen dan program...

area kanan untuk bengkel...seperti install komputer baru dan benerin komputer........ dan lain2

bagaimanakah memberikan pemisah yg tepat?

mo coba memberikan stiker atau garis pemisah..., namun bingung desainnya kek gmana.......

bagusna warna apa ... kuning kira2 bagus gak? (warna meja coklat cerah motif kayu..)

bingung juga membaginya.. karena kadang2 space buat bengkel kurang sehingga nyomot2 area kerja.......

sementara pemisahnya adalah box file... jadi tinggal geser sana geser sini.......

dan kemalasannya juga kalao dah selesai kadang suka lupa menaruh kembali barang2.....

ada kiat khusus..... ^:)^


Bro HatRed,

Kalau boleh sih dipajang fotonya meja tsb... supaya yg lain bisa
berikan solusi optimal... Dan saya akan bantu memikirkannya...

Quote
tesla :
desainnya gimana tuh? karena power USB device adalah listrik DC, bukan AC, jadi ga bisa bolak balik lho Smiley keknya USB perlu 4 terminal/pin yah?
Saya yakin pasti ada deh solusi lain.. sehingga bagaimanapun ditancap flash Disknya tetap ok!...

Bagaimana kalau DC ikut memecahkan masalah ini dan ikut BLACK inovatif...
mana tau menang?


thanks ya.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #40 on: 01 April 2009, 09:25:44 AM »
Solusi bro Tesla boleh juga...
Cuma kadang kala customer udah pernah dimanjakan oleh produk lain,
spt Honda CRV yg memiliki tempat gelas, meja kecil serta tempat koin (bisa juga utk karcis parkir) yg ada disebelah kanan agak bawah stir..
nah itu sangat nyaman meletakkannya dari pada (di sun visor)..
hmmm... benar juga... manusia makin lama makin manja yah...
saya taruh koin, kunci rumah, karcis di asbak (buat apa dikasih asbak yah?), soalnya bukan perokok.

Kalau di asbak, maka tangan akan (menyilang) mengayung jarak jauh utk
mengambil tiket ke pak parkir... yg paling optimal adalah sebelah kanan dekat stir.

Quote
Kalau kunci mobil sisi manapun juga bisa digunakan utk stater mobil,
kenapa FlashDisk USB tidak begitu?  :'(  :'(
desainnya gimana tuh? karena power USB device adalah listrik DC, bukan AC, jadi ga bisa bolak balik lho :) keknya USB perlu 4 terminal/pin yah?
Ya perlu dipikirkan inovasinya dulu..

Quote
Sedangkan tempat HP di mobil SANGAT TIDAK DISARANKAN DI INDONESIA,
sebab menjadi Incaran perampas di lampu merah!... (lebih baik amankan dikantong)... kecuali bro mau letakkan HP yg murah dan udah rusak utk diKURBANkan!
sekarang udah beda...
perampas udah tau kok, 99% pengendara kendaraan punya HP :))
Ketinggalan berita gw, dulu sih famili saya dirampas DUA buah HP dekat lampu merah... (katanya group kapak merah???).... jadi sekarang HP tidak menjadi incaran lagi!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #41 on: 01 April 2009, 09:33:50 AM »
 [at] om Johan

berikut fotonya (baru ambil)





ini sisi kolong meja, saya gunakan tuk tempat baran2 yg rusak/akan diperbaiki

i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #42 on: 03 April 2009, 09:32:44 AM »
Hi Bro HatRed,


Meja udah kelihatan sangat bersih (good job)

Menurutin SORT di 5S... inilah yg dpt dilakukan
1. pinggirkan yg tak perlu, dan sisakan yg perlu
   contoh..Utk CD/DVD sebenarnya berakah yg masih sering dipakai?
   jadi yg ngak pakai katakan selama 2 bulan CD/DVD tsb dpt dikumpulkan
   pada kotak lain, dan sisakan satu kotak kecil utk CD/DVD installer yg
   sering dipakai...(mungkin max 10 gitu)
   Jadi kotak2 CD/DVD bisa hilang dari meja..
   Supaya ngak ganggu meja, CD/DVD yg sering dipakai tsb dpt dibuat
   semacam rak gantung (papan panjang) yg dpt diletakan buku2/cd/dvd
      sehingga 10 cd/dvd pun ngak nyentuh meja...
2. Utk computer (PC) bisa diletakan dibawah kanan meja..
   bila diinginkan berikan penyangga sehingga PC tidak menyentuh tahan
   (spt lemari kecil yg tergantung begitu)... jadi meja bersih lagi...
3. Barang2 dibawah kolong,. bila lebih dari 1 minggu tidak disentuh...
   sebaiknya dia berada di "gudang" sehingga kaki anda bisa lebih santai..
   kalau sedang kerja/internetan...

Quote
From the Japanese word is ‘Seiri’, the first step in the 5S system is sort. The concept of the sort step is to classify items in the workspace between necessary and unnecessary. You organize what is necessary and dispose of or put in place what is not. Take pictures of workspaces before and after the sort so you can post them. The pictures can be used to reinforce the 5S system as examples.

Sorting often begins with a red tag event. Members of the 5S team will go through the workplace and attach a red tag to anything that they think needs to be removed. If there is a doubt whether something is used, tag it anyway. The people who work in the area will be able to tell you if something that has been tagged is needed.  As a rule of thumb anything that has not been used in the past 30 days should be removed. A red tag does not mean an item needs to be thrown away. Instead it can mean an item is not needed where it is and should be stored elsewhere.



SORT adalah :
Memilah (memilih) apa (barang) yg
   PERLU dan TIDAK PERLU,
   yg tidak perlu dijauhkan..(simpan tempat lain)


Contoh lain:
(Dlm buku simplify your life... katanya kalau baju2/CD/antiGravitasi kita yg ngak pernah kita pakai dlm 1 tahun... sebaiknya dikumpulkan dan diberikan pada orang lain... itu tidak termasuk JAS lho... soalnya itu mahal...)

semoga bisa membantu.... (bagaimana menurut yg lain?)


« Last Edit: 03 April 2009, 09:43:40 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #43 on: 03 April 2009, 09:41:33 AM »
Kaizen dlm dunia komputer (window desktop)


Quote

Computer Kaizen

by Ron Pereira on June 13th, 2007. Follow me on Twitter.

I have a question for you.  If I asked you to locate a random file I knew you had on your computer how long would it take you to find it?  Less than 30 seconds?

What about the performance of your computer?  Is the Internet moving a little slower than it used to?

Perhaps it’s time for a computer 5S kaizen event.  Here are some ideas I, along with some of my friends, have come up with for such a task.

Sort (Seiri)

   1. Delete, yes delete, old files from your computer.  If you can’t stand to completely rid yourself of them back them up on an external hard drive or CD and label it well.  But get them off your computer as they are taking space which slows things down, clutters things up, etc.
   2. Uninstall old programs you don’t use anymore.  This is especially true for redundant programs (i.e. 3 that do the same thing).  These programs really “kill the registry” according to my computer whiz brother in law.
   3. Reduce the number of system tray items to only the most critical.
   4. Keep the final version of a file but delete the 21 revisions of the same file.  Again, if you want to keep them for some weird reason burn them onto the aforementioned CD and move on with your less cluttered life.
   5. Remove files (Word, PowerPoint, etc.) from your desktop.  My IT buds tell me this slows your computer down.  I can’t validate this but I take their word on it.  Get these files into nicely labeled folders (to be discussed soon).
   6. Remove shortcuts of rarely used applications from your desktop.  They just clutter things up.
   7. Clean all spyware and adware… they are nasty creatures and need to die.

Straighten (Seiton)

   1. Use the “My Documents” folder and store all files in it.  Save a shortcut to this folder onto your desktop making it easy to access.
   2. Assign a specific folder for all files.  This is a crucial step so think critically about the naming convention and how it is you will be able to find the files later.  Be careful to not overprocess here and have 18 subfolders to a master folder.
   3. Use the “align to grid” feature which keeps all files nice and straight.  It’s easier on the eyes this way.

Shine (Seiso)

   1. Clean your keyboard with a damp rag and if possible use compressed air to clean out the little bits of Pop Tart that fell in between the keys.
   2. Clean your monitor being careful to not scratch it or damage it.  Normally a damp rag works fine… but proceed with caution depending on the type of monitor you have.

Standardize (Seiketsu)

   1. Be consistent with placing files in their appropriate folder instead of being lazy and always saving to the desktop (a huge challenge for me).
   2. For critical documents ensure at least one person knows where and how to access them in case you are out of the office. You know sort of like an area map for your computer.
   3. Setup automatic virus and adware/spyware scans to run in the evening when you are asleep so you don’t waste time on this during the day.  Make sure automatic updates for these programs are enabled.

Sustain (Shitsuke)

   1. Do this computer 5S kaizen event with a colleague and then audit each other from time to time.  If want to get really nerdy about it set up an agreed schedule for audits and allow at least one unannounced audit per 6 months.  If you fail the audit (agree to the standards) you must buy the other person lunch, dinner, beer, etc.
   2. Set up a “sorting” schedule (perhaps every 3 months) in your calendar so you can repeat the items in the sort section above as needed.
   3. Set up a cleaning schedule (keyboard, monitor, etc.) in your calendar to remind yourself to wipe the grime off.
   4. As mentioned already, automate as many of the “cleaning” programs as possible.

Apply many of these same principles to your email which in some cases may be in worse shape than your hard drive!  Can you think of anything I missed?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #44 on: 03 April 2009, 10:11:02 AM »
sip om Johan.....

masalanya....... ada barang2 rusak yg kemungkinan bisa dipakai ulang , atau mungkin di "kanibal".

Untuk CD/DVD installer/driver ditaruh di CD Case... sedangkan untuk yg jarang pakai saya taruh di kotak CD....

Rak gantung untuk CD ini seperti apa ya? bisa tolong kasih gambaran ^:)^

Untuk PC tidak bisa ditaruh di bawah kanan karena meja berhimpitan dengan rak server :(

jadi sebenarnya banyak barang2 yg agak lama gak terpakai namun... kadang kala akan terpakai, saya tidak bisa menaruh di gudang karena memang gak punya gudang tuk dep EDP :'( , kalo nimbrung ma gudang HRD atau Purchasing nanti mencak2.. gak 5S lagi :D


trus langkah selanjutnya bagaimana om? dan bagaimana dengan sistem pembatasannya....

saya tertarik dengan kode warna... dan labeling.. namun apakah akan terlihat ramai gak ya?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #45 on: 04 April 2009, 08:09:57 PM »
sip om Johan.....

masalanya....... ada barang2 rusak yg kemungkinan bisa dipakai ulang , atau mungkin di "kanibal".

Kalau kita lihat bengkel TOyota/Honda, nah barang2 yg bisa dikanibal itu tak bakal ada dekat2 tempat kerja. Jadi berarti PC2 yg masih dikanibal seharusnya tidak dibawah meja anda. Tapi ngak boleh juga titip digudang, adakah solusi?...
Ya paling tidak anda bisa membuat "gudang" dekat meja anda yg tidak menggangu maupun "sepet mata" yaitu vertikal rak (terbuat dari besi beton/ulir) yg dpt menyimpang PC2 bertumputkan 8 begitu, kemudian dihiasin tanaman yg menjalar...
Kalau gitu harus keluar duit lagi?... rasanya ia.... atau coba cari solusi lain...
(sesuatu yg dpt berfungsi sbg gudang PC, tetapi juga merupakan dekorasi kantor).





Untuk CD/DVD installer/driver ditaruh di CD Case... sedangkan untuk yg jarang pakai saya taruh di kotak CD....
Kelihatannya CD box sebaiknya tidak di meja karena jarang sekali dipakai lagi.


Rak gantung untuk CD ini seperti apa ya? bisa tolong kasih gambaran ^:)^
Coba nanti gw nyarin ya...(sabar dikit)

Untuk PC tidak bisa ditaruh di bawah kanan karena meja berhimpitan dengan rak server :(

jadi sebenarnya banyak barang2 yg agak lama gak terpakai namun... kadang kala akan terpakai, saya tidak bisa menaruh di gudang karena memang gak punya gudang tuk dep EDP :'( , kalo nimbrung ma gudang HRD atau Purchasing nanti mencak2.. gak 5S lagi :D
Supaya bisa berhasil titip digudang sana, bro HatRed perlu belajar mencak2 juga...
atau buatin kursi kantor yg bawahnya merupakn gudang utk sebuah PC...



trus langkah selanjutnya bagaimana om? dan bagaimana dengan sistem pembatasannya....
Kalau mejanya milik anda sendiri, kelihatannya pembatasan malah mengganggu!
garis tsb malah membuat pemakai "pusing"...(apa enaknya melihatin garis diatas meja)..
Sebenarnya berapa lama PC2 yg sedang diperbaiki tergolek diatas meja? berhari2..
 nah itu melanggar peraturan SORT... (barang tidak diperbolehkan tergolek berhari-hari... diatas meja)


saya tertarik dengan kode warna... dan labeling.. namun apakah akan terlihat ramai gak ya?


Bisa saja dipilih warna yg lebih soft atau motif sesuai selera bro...
Kode warna dan Labeling tsb adalah lebih tertuju pada alat2, mesing produksi di Pabrik supaya operator, dll tidak bingung maupun salah menggunkannya. Karna salah pencet aja bisa fatal (menghabiskan duit jutaan rpt),.. kalau kasus rapi2 dimeja (map2, folder2) tidak begitu penting....

Contoh... utk semua mesin dilengkapin tombol yg besar dan berwarna merah dan mudah dijangkau. Nah tombol tsb adalah Emergency STOP...(bayangkan kalau tombol tsb dibuat sesuka hati kan operator atau org lain bakal kewalahan utk mencari tombol tsb) Dan kalau mesin tsb telah di STOP, maka akan ada lampu merah nyala diatas mesin tsb supaya kepala pabrik diujung pabrikpun dapat mengetahuinya.


Mungkin begitu, bagaimana menurut yg lain!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #46 on: 04 April 2009, 08:46:19 PM »


Beberapa contoh CD case yg juga berfungsi sebagai dekorasi...
(nempel di dinding lho, meja depan bro ada dindingnya gak?)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #47 on: 05 April 2009, 10:58:23 AM »
keren tuh...

tp perlu dihitung juga bahwa:

1. beli CD di Indo skr banyak yg ga dapat case, cuma dapat  plastik pembungkus... beli CD Case sendiri yg bentuk pocket berlembar2 itu jg oke sih... tapi contentnya ga visible dari luar seandainya di taruh di rak tsb...

2. case DVD (atau CD Movie) yg warna hitam skr punya dimensi tinggi (panjang) melebihi tinggi tempat tsb deh keknya...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #48 on: 06 April 2009, 08:18:32 AM »
keren juga sich...

namun seperti om tesla bilang... kebayakan kalo beli CD tuh cuma dikasih lembar2 doank.......

biasanya i ambil cdnya aja di tarus di cd case.. lembarannya dikumpulin trus disimpan...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #49 on: 12 April 2009, 08:22:36 AM »
keren juga sich...

namun seperti om tesla bilang... kebayakan kalo beli CD tuh cuma dikasih lembar2 doank.......

biasanya i ambil cdnya aja di tarus di cd case.. lembarannya dikumpulin trus disimpan...

Bener Bro, CD/DVD tsb dimasukkan dlm binder kecil khusus cd/dvd baru kemuadian diletakkan rak...(ukuran nya desesuaikan aja...buat sendiri),...

ide nya merubah tempat penyimpanan menjad decorasi yg cantik dan nyaman dimata...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya