//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism  (Read 76174 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.117
  • Reputasi: 128
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #165 on: 16 February 2010, 02:21:23 AM »
mangga di babarkan..
Samma Vayama

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #166 on: 13 March 2010, 10:40:19 AM »
Quote
loh bukannya yang bilang Gotama berpura-pura menunggu waktu yg tepat untuk membabarkan dhamma adalah dari mahayana sendiri ( kalau tidak salah di thread "pandangan kritis tuH")

mau di bilang upayakusalya atau pura-pura masalahnya aksi lah yg terlihat
misalkan "nabi agama tetangga yang pura-pura menikah dengan alasan bahwa menyelamatkan status budak", tapi nyata nya di setubuhi juga"...

alasan bahwa di selamatkan..
kemudian saya ganti memang terjatuh oleh nafsu...apa bedanya?

lagian memang menurut mahayana bukankah Gotama memang "melakukan aksi tersebut" kemudian menunggu katanya waktu tepat untuk membabarkan dharma bukan...

sampai sekarang anda juga belum bisa menjawab pertanyaan saya mengenai
"kepada siapa buddha memperlihatkan usaha nya selama berkalpa-kalpa? kepada pohon boddhi saja kan?"

oh,jadi untuk melenyapkan 2 javana boddhisatva butuh belajar sama 2 pertapa? apa 2 pertapa itu lebih tinggi dari boddhisatva atau boddhisatva lebih tinggi?
aneh kan di lihat nya...

Oh ternyata ini toh maksud pertanyaan anda ttg pohon Bodhi....hahahha.... Yah tentu nggak lah, masa sama Pohon Bodhi doang???  :))  :))

Sudah saya bilang Sang Bodhisattva MELAKUKAN UPAYA KAUSALYA seperti menunjukkan dirinya meninggalkan istana, menikah dsb itu untuk menunjukkan INTISARI dari PERJUANGANNYA selama BERKALPA-KALPA LAMANYA kepada ayahnya, Mahaprajapati, Yasodhara dan semua makhluk.

Misal meninggalkan keduniawian menunjukkan perjuangannya ketika menjadi Bodhisattva Vishvantara (Vessantara), menikah dengan Yasodhara, menunjukkan betapa suami istri harus setia seperti dalam Candakinnara Jataka serta kelahirannya sebagai Bodhisattva Sudhana dan Manohara, di mana keduanya saling membantu mengumpulkan PARAMI, mengingatkan akan arti PENTINGANYA KALYANAMITRA dalam menapaki sang Jalan. Belajar kepada 2 pertapa menunjukkan KERENDAH-HATIAN seorang Bodhisattva yang merupakan hasil training pikiran Bodhisattva selama BERKALPA-KALPA. Itu semua DITUNJUKKAN PADA SEMUA MAKHLUK, BUKAN CUMAN POHON BODHI!!!  :)) :))

Sekarang saya tanya, KAPAN Sang Buddha membabarkan Dharma pertama kali??? Apakah ketika Beliau masih Pangeran / Pertapa Bodhisattva Siddharta BHUMI 10 yang melakukan upaya kausalya ataukah ketika beliau telah melenyapkan 2 JNEYAVARANA terakhir sehingga menjadi Samyaksambuddha Sejati??? Apakah UPAYA KAUSALYA itu selalu berarti PURA-PURA?? Anda sudah baca Upaya Kausalya Sutra??

Kalau anda menyamakan Upaya Kausalya selalu dengan pura-pura maka ini sungguh fatal, krn anda tidak memahami apa itu Upaya Kausalya. Apakah tindakan terampil selalu harus SAMA dengan pura-pura??   8) 8) 8)

Apakah Upaya Kausalya harus selalu dalam bentuk "pura-pura" seperti yang anda katakan??

Sejak kapan TINDAKAN TERAMPIL = PURA-PURA??

Quote
misalkan "nabi agama tetangga yang pura-pura menikah dengan alasan bahwa menyelamatkan status budak", tapi nyata nya di setubuhi juga"...

Hahahaha...... jelas2 anda tidak mengerti makna pernikahan ya??  ^-^  ^-^ Dan sejak kapan Beliau itu PURA-PURA menikah?? Ingat ini tokoh agama lain yang penuh kebajikan yang anda omongkan, jangan sembarangan.

Quote
yg saya tahu dari forum taois....katanya Lao Zi itu hanya menunggu waktu untuk mengajarkan Tao...jadi dari lahir memang sudah pintar,karena itu dikatakan merupakan jelmaan dewa atau titisan..

Oya??? Setahu saya forum Taois sebelah mengatakan bahwa Laozi mendapatkan pengetahuan dari buku2 yang sudah dia baca sehingga tentu beliau bisa tahu apa dan bagaimana laut (samudra) yang sesungguhnya bukan?  8)  8)

 _/\_
The Siddha Wanderer
sudah saya katakan bro Gandalf....
Tulisan mengenai jataka terus sejarah boddhisatva ke sini ke situ mencapai pencerahan kalau mau di objektifkan..itu cuma dalam bentuk tulisan !! mari kita lihat case per case dalam tema
"memperlihatkan betaap sulitnya mencapai pencerahan"

sedangkan siapa saksi hidup nya? siapa yang LIVE melihat secara langsung betapa sengsaranya bertapa 6 tahun hingga perut dan tubuh sedemikian kurus?
hanya POHON BODDHI.

apa gunanya melakukan "tindakan trampil" dihadapan pohon boddhi doank sebagai saksi?

kalau memang mau melakukan tindakan agar di ketahui semua makhluk...mengapa tidak membuat benda ajaib saja? misalkan stupa dengan ukuran luar biasa dimana-mana kemudian terbuat dari apa stupa nya...


Quote
Misal meninggalkan keduniawian menunjukkan perjuangannya ketika menjadi Bodhisattva Vishvantara (Vessantara), menikah dengan Yasodhara, menunjukkan betapa suami istri harus setia seperti dalam Candakinnara Jataka serta kelahirannya sebagai Bodhisattva Sudhana dan Manohara, di mana keduanya saling membantu mengumpulkan PARAMI, mengingatkan akan arti PENTINGANYA KALYANAMITRA dalam menapaki sang Jalan. Belajar kepada 2 pertapa menunjukkan KERENDAH-HATIAN seorang Bodhisattva yang merupakan hasil training pikiran Bodhisattva selama BERKALPA-KALPA. Itu semua DITUNJUKKAN PADA SEMUA MAKHLUK, BUKAN CUMAN POHON BODHI!!! 


mana bukti nya? di nepal saja sudah menjadi reruntuhan dan tanah polos.....toh orang lain cuma tinggal katakan bahwa di tulisan tipitaka itu cuma rekayasa....
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #167 on: 13 March 2010, 03:01:55 PM »
Quote
sudah saya katakan bro Gandalf....
Tulisan mengenai jataka terus sejarah boddhisatva ke sini ke situ mencapai pencerahan kalau mau di objektifkan..itu cuma dalam bentuk tulisan !! mari kita lihat case per case dalam tema
"memperlihatkan betaap sulitnya mencapai pencerahan"

sedangkan siapa saksi hidup nya? siapa yang LIVE melihat secara langsung betapa sengsaranya bertapa 6 tahun hingga perut dan tubuh sedemikian kurus?
hanya POHON BODDHI.

apa gunanya melakukan "tindakan trampil" dihadapan pohon boddhi doank sebagai saksi?

kalau memang mau melakukan tindakan agar di ketahui semua makhluk...mengapa tidak membuat benda ajaib saja? misalkan stupa dengan ukuran luar biasa dimana-mana kemudian terbuat dari apa stupa nya...

mana bukti nya? di nepal saja sudah menjadi reruntuhan dan tanah polos.....toh orang lain cuma tinggal katakan bahwa di tulisan tipitaka itu cuma rekayasa....

Ahahahaha.... anda kok malah bingung sendiri sih? ? ? ?  ^-^  ^-^  ^-^

Memangnya Sang Buddha itu beraktivitas cuman di Pohon Bodhi maka cuman Pohon Bodhi yang tau? ? ? Memangnya aktivitas Sang Bodhisattva itu cuma melakukan tindakan ekstrim di bawah Pohon Bodhi ? ? Jelas sekali anda belum baca Upaya Kausalya Sutra!

Jawab dulu pertanyaan saya:
Apa ada bukti Pangeran Siddharta ada?
Apa ada bukti beliau mencapai pencerahan?
Apa ada bukti beliau memiliki istri?
Apa ada bukti beliau mencapai Srotapanna??
Apa ada bukti beliau meninggalkan istana?
Apa ada bukti Sangha melakukan Konsili?
APA ADA BUKTI PANGERAN SIDDHARTA BERJUANG SENDIRI DALAM HIDUPNYA??
APA ADA BUKTI MANA SABDA SANG BUDDHA???
ADA SAKSI YANG MASIH HIDUP yang dapat membuktikan Sang Buddha itu ADA??

Memang SEMUA tentang riwayat Sang Buddha YANG ADA SAAT INI YA DARI TULISAN. Berarti anda selama ini sebagai umat Buddhis mempercayai sesuatu yang tidak ada bukti nyata??  ^-^ ^-^ Nah Lho??

Kan anda percaya tuh biografi Siddharta versi Theravada?? Sama2 tulisan kan? Beliau juga menunjukkan bahwa beliau telah Tercerahkan pada orang2 pada masa Beliau hidup, ini juga orang-orang ketahui dari tulisan. SEMUA TULISAN.

Sang Bodhisattva menunjukkan tindakan-Nya tersebut ya tentu ditujukan bagi orang-orang yang hidup di zaman beliau hidup, sebelum Upaya Kausalya Sutra dikompilasi di Konsili2 Buddhis, dan sesudahnya sampai sekarang

Bahkan anda tidak mengakui tanah kelahiran Bodhisattva sendiri toh di Nepal yang sudah dikaji secara saintifik oleh para arkeolog. Kalau saya lebih memilih mempercayainya daripada percaya Jatukarm / Ciamsi!  8)  8)

Mau Bodhisattva / Buddha mempertunjukkan upaya kausalya atau tidak seperti di Theravada, tidak ada perbedaannya sama sekali karena ya SAMA-SAMA dari TULISAN seperti yang anda katakan toh!

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #168 on: 14 March 2010, 12:30:09 PM »
Quote
sudah saya katakan bro Gandalf....
Tulisan mengenai jataka terus sejarah boddhisatva ke sini ke situ mencapai pencerahan kalau mau di objektifkan..itu cuma dalam bentuk tulisan !! mari kita lihat case per case dalam tema
"memperlihatkan betaap sulitnya mencapai pencerahan"

sedangkan siapa saksi hidup nya? siapa yang LIVE melihat secara langsung betapa sengsaranya bertapa 6 tahun hingga perut dan tubuh sedemikian kurus?
hanya POHON BODDHI.

apa gunanya melakukan "tindakan trampil" dihadapan pohon boddhi doank sebagai saksi?

kalau memang mau melakukan tindakan agar di ketahui semua makhluk...mengapa tidak membuat benda ajaib saja? misalkan stupa dengan ukuran luar biasa dimana-mana kemudian terbuat dari apa stupa nya...

mana bukti nya? di nepal saja sudah menjadi reruntuhan dan tanah polos.....toh orang lain cuma tinggal katakan bahwa di tulisan tipitaka itu cuma rekayasa....

Ahahahaha.... anda kok malah bingung sendiri sih? ? ? ?  ^-^  ^-^  ^-^

Memangnya Sang Buddha itu beraktivitas cuman di Pohon Bodhi maka cuman Pohon Bodhi yang tau? ? ? Memangnya aktivitas Sang Bodhisattva itu cuma melakukan tindakan ekstrim di bawah Pohon Bodhi ? ? Jelas sekali anda belum baca Upaya Kausalya Sutra!

Jawab dulu pertanyaan saya:
Apa ada bukti Pangeran Siddharta ada?
Apa ada bukti beliau mencapai pencerahan?
Apa ada bukti beliau memiliki istri?
Apa ada bukti beliau mencapai Srotapanna??
Apa ada bukti beliau meninggalkan istana?
Apa ada bukti Sangha melakukan Konsili?
APA ADA BUKTI PANGERAN SIDDHARTA BERJUANG SENDIRI DALAM HIDUPNYA??
APA ADA BUKTI MANA SABDA SANG BUDDHA???
ADA SAKSI YANG MASIH HIDUP yang dapat membuktikan Sang Buddha itu ADA??

Memang SEMUA tentang riwayat Sang Buddha YANG ADA SAAT INI YA DARI TULISAN. Berarti anda selama ini sebagai umat Buddhis mempercayai sesuatu yang tidak ada bukti nyata??  ^-^ ^-^ Nah Lho??

Kan anda percaya tuh biografi Siddharta versi Theravada?? Sama2 tulisan kan? Beliau juga menunjukkan bahwa beliau telah Tercerahkan pada orang2 pada masa Beliau hidup, ini juga orang-orang ketahui dari tulisan. SEMUA TULISAN.

Sang Bodhisattva menunjukkan tindakan-Nya tersebut ya tentu ditujukan bagi orang-orang yang hidup di zaman beliau hidup, sebelum Upaya Kausalya Sutra dikompilasi di Konsili2 Buddhis, dan sesudahnya sampai sekarang

Bahkan anda tidak mengakui tanah kelahiran Bodhisattva sendiri toh di Nepal yang sudah dikaji secara saintifik oleh para arkeolog. Kalau saya lebih memilih mempercayainya daripada percaya Jatukarm / Ciamsi!  8)  8)

Mau Bodhisattva / Buddha mempertunjukkan upaya kausalya atau tidak seperti di Theravada, tidak ada perbedaannya sama sekali karena ya SAMA-SAMA dari TULISAN seperti yang anda katakan toh!

 _/\_
The Siddha Wanderer
ternyata anda memang tdk mengerti apa yang saya maksudkan....sudah saya tahu bakalan begini reply balasannya..
saya tidak mempermasalahkan tulisan bagian lainnya, dimana sang buddha mengeluarkan kejaiban ganda atau pun apa....karena ini ibarat cerita ( story ) dalam bentuk tulisan tetapi tidak terdapat kejanggalan. dari segi alur.


coba lihat case per case....dari cerita kitab suci
untuk apa sang Buddha bermeditasi 6 tahun melakukan upaya kausalya?
coba pikir untuk apa?,
kalau katanya "untuk memperlihatkan betapa susah nya mencapai pencerahan"
apa ga aneh kalau saksi nya cuma pohon bodhi?...   :o  anda harusnya mengerti maksud dari saya.
« Last Edit: 14 March 2010, 12:33:16 PM by marcedes »
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #169 on: 14 March 2010, 01:25:26 PM »
Quote
ternyata anda memang tdk mengerti apa yang saya maksudkan....sudah saya tahu bakalan begini reply balasannya..
saya tidak mempermasalahkan tulisan bagian lainnya, dimana sang buddha mengeluarkan kejaiban ganda atau pun apa....karena ini ibarat cerita ( story ) dalam bentuk tulisan tetapi tidak terdapat kejanggalan. dari segi alur.

coba lihat case per case....dari cerita kitab suci
untuk apa sang Buddha bermeditasi 6 tahun melakukan upaya kausalya?
coba pikir untuk apa?,
kalau katanya "untuk memperlihatkan betapa susah nya mencapai pencerahan"
apa ga aneh kalau saksi nya cuma pohon bodhi?...   :o  anda harusnya mengerti maksud dari saya.

Sebelum anda meminta saya untuk memahami maksud postingan anda, lebih baik anda sendiri yang terlebih dahulu memahami kisah riwayat hidup Sang Buddha dan Upaya Kausalya Sutra !!

Bukankah seharusnya anda tahu ketika Sang Bodhisattva bermeditasi selama 6 tahun secara keras itu disaksikan oleh orang-orang yang tinggal di sekitar Hutan Uruvela beserta 5 pertapa yang selalu mengikut beliau yaitu Ajnata Kaundinya, Asvajit, Bhadrika, Dasabala- Kasyapa, and Mahanama-Kulika. Belum lagi beliau juga disaksikan oleh Sujata dan para dewa seperti deva Bodhidruma yang tinggal di Pohon Bodhi!

Lantas gimana anda bisa bertanya "apakah saksinya CUMAN Pohon Bodhi?" Padahal yang menyaksikan beliau itu sedemikian banyak orang, bahkan menurut Upaya Kausalya Sutra banyak sekali pertapa tirthika menyaksikan beliau. Nah lho??

Lalu apa anda juga sudah baca Upaya Kausalya Sutra?? Kalau anda belum baca pantas saja tanya sana sini nggak jelas.

Dalam Upaya Kausalya Sutra, disebutkan Sang Bodhisattva melakukan upaya kausalya bermeditasi selama 6 tahun untuk menaklukkan para penganut tirthika (termasuk 5 orang pertapa di atas!!), menyadarkan mereka bahwa cara2 penyiksaan diri tidak dapat membawa pada pembebasan. Demikian juga dikatakan bahwa ketika Sang Bodhisattva mulai makan di sinilah poin di mana Beliau menunjukkan bahwa pembebasan tidak dilakukan dengan menyiksa diri, tapi dicapai lewat Jalan Tengah, jalan yang tenang dan bahagia.

Ini juga merefleksikan kehidupan2 beliau sebelumnya di mana beliau pernah terlahir menjadi petapa sesat yang kemudian sadar bahwa cara penyiksaan diri akan membawa pada akibat yang mengerikan, bukan pencerahan.

Selain itu masih banyak lagi pesan yang disampaikan oleh Sang Bodhisattva ketika bermeditasi 6 tahun. Seperti misalnya KETEGUHAN HATI DALAM MENEMUKAN SANG JALAN.

Dan ini semua disaksikan oleh buanyaaakkk sekali orang, gak cuma Pohon Bodhi!  8)  8) 8)

 _/\_
The Siddha Wanderer
« Last Edit: 14 March 2010, 01:27:27 PM by GandalfTheElder »
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #170 on: 14 March 2010, 11:43:43 PM »
kalau demikian alasan nya, masuk akal..penjelasan yg logis.

saya memang belum membaca semua upayakausalya sutra(soalnya om google tidak ada terjemahan nya )
kalau anda tidak keberatan tolong posting seluruh upayakausalya sutra itu...
kalau terlalu panjang, yah bagian tertentu saja mengenai ini juga gpp.
kalau bahasa inggris tolong kasih LINK nya.


....dan lagi riwayat hidup seorang Buddha katanya di akui dalam RAPB..sedangkan dalam RAPB siapa yg menemani sang Buddha selama 6 tahun?

kalau alasan bertapa selama 6 tahun untuk menujukkan pada dewa, saya rasa itu alasan gila...pada minggu keberapa saya lupa sang Buddha sengaja membuat jembatan emas itu guna menghilangkan keraguan para dewa...kalau duduk bersila 6 tahun, bagi seorang dewa itu tidak lebih 1 jam saja....apalah artinya kalau berusaha menggugah hati para dewa kalau cuma kurang lebih 1 jam?

sekalian pertanyaan tambahan
"bagaimana" mengenai penjelasan tentang buddha yang kelihatan seperti sengaja memecahkan sangha menjadi 2 aliran, dan kemudian bermeansipasi lagi terus cuma pilih 1 sekte?  >> guru padma
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #171 on: 15 March 2010, 10:44:02 PM »
Quote
kalau demikian alasan nya, masuk akal..penjelasan yg logis.

saya memang belum membaca semua upayakausalya sutra(soalnya om google tidak ada terjemahan nya )
kalau anda tidak keberatan tolong posting seluruh upayakausalya sutra itu...
kalau terlalu panjang, yah bagian tertentu saja mengenai ini juga gpp.
kalau bahasa inggris tolong kasih LINK nya.

Wah... anda cari sendiri deh... kalau anda benar2 tulus ingin tahu dan mau belajar, ya seharusnya anda sudah carilah buku Upaya Kausalya Sutra itu!! Banyak kok di bursa2 vihara...  ^-^  ^-^

Quote
....dan lagi riwayat hidup seorang Buddha katanya di akui dalam RAPB..sedangkan dalam RAPB siapa yg menemani sang Buddha selama 6 tahun?

Ya Silahkan baca sendiri. Kalau mau baca Kronologi Hidup Buddha kan lebih simpel.....hahahaha

Quote
kalau alasan bertapa selama 6 tahun untuk menujukkan pada dewa, saya rasa itu alasan gila...pada minggu keberapa saya lupa sang Buddha sengaja membuat jembatan emas itu guna menghilangkan keraguan para dewa...kalau duduk bersila 6 tahun, bagi seorang dewa itu tidak lebih 1 jam saja....apalah artinya kalau berusaha menggugah hati para dewa kalau cuma kurang lebih 1 jam?

Anda pikir para deva itu tolol2 semua sehingga tidak tahu konteks waktunya di dunia manusia gimana?

Quote
sekalian pertanyaan tambahan
"bagaimana" mengenai penjelasan tentang buddha yang kelihatan seperti sengaja memecahkan sangha menjadi 2 aliran, dan kemudian bermeansipasi lagi terus cuma pilih 1 sekte?  >> guru padma

Hahaha.....  sudah saya katakan, saya sudah jawab sebelumnya pertanyaan anda ini....

Gini deh saya balik tanya aja, untuk review apakah anda benar2 memperhatikan tulisan saya selama ini:
1. Menurut sejarah, apakah Mahayana muncul SESUDAH atau SEBELUM Sangha terpecah menjadi 18 aliran??
2. Para penganut Mahayana berasal dari kesemua dari 18 aliran, tetapi IRONISNYA penganut Hinayana dari 18 aliran saling gontok-gontokkan. Manakah yang memecah belah??
3. Apa isi dari Manjusri Pariprccha Sutra?
4. Apa beda pencapaian Samyaksambodhi antara Sakyamuni dan Padmasambhava??
5. Padmasambhava adalah guru Vajrayana. Bagaimanakah metode pembelajaran Vajrayana? Apakah eksklusif satu sekte saja?
6. Menurut anda, bila ada Arahat YANG SEJATI, untuk apa sekte menjadi TERPECAH-PECAH? Kenapa nggak nunjukin aja abhijnananya toh??
7. Naskah Theravada Mahavihara yang muncul belakangan yaitu Dipavamsa sangat anti sekte lain, sedangkan naskah Sariputrapariprrccha dari Mahasanghika menerima keberadaan sekte lain dan memuji kelebihan masing2 aliran. Manakah YANG sekilas tampak MEMECAH BELAH??
8. Apa sebab ajaran Sang Buddha terpecah menjadi 18 aliran menurut Padmasambhava??
9. Apa sih makna "seorang Guru lebih baik dari seorang Buddha?"
10. 1000 Buddha sama dengan 1 Buddha, demikianlah konsep Mahayana. Lantas apakah 10 Buddha lebih hebat dari 1 Buddha?
11. Anda tahu YM Atisha seorang scholar Mahayana itu dihormati siapa saja??
12. 18 aliran itu apa aja sich? (Baru tahu dari anda kalau Sangha cuma terpecah jadi 2 aliran??  ^-^ ^-^ ^-^)

Kalau anda bisa jawab semua dengan sekitar 50% benar, baru saya terangkan lebih lanjut kalau anda masih bertanya2. Jujur sudah bosen saya berkali2 menjelaskan tapi masuk ingatan keluar ingatan atau bagaikan mencoba mengisi cangkir yang penuh atau bahkan mungkin terbalik!!  8)  8)  8)

 _/\_
The Siddha Wanderer
« Last Edit: 15 March 2010, 10:51:46 PM by GandalfTheElder »
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline truth lover

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 3
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #172 on: 16 March 2010, 09:52:11 AM »
kalau demikian alasan nya, masuk akal..penjelasan yg logis.

saya memang belum membaca semua upayakausalya sutra(soalnya om google tidak ada terjemahan nya )
kalau anda tidak keberatan tolong posting seluruh upayakausalya sutra itu...
kalau terlalu panjang, yah bagian tertentu saja mengenai ini juga gpp.
kalau bahasa inggris tolong kasih LINK nya.


....dan lagi riwayat hidup seorang Buddha katanya di akui dalam RAPB..sedangkan dalam RAPB siapa yg menemani sang Buddha selama 6 tahun?

kalau alasan bertapa selama 6 tahun untuk menujukkan pada dewa, saya rasa itu alasan gila...pada minggu keberapa saya lupa sang Buddha sengaja membuat jembatan emas itu guna menghilangkan keraguan para dewa...kalau duduk bersila 6 tahun, bagi seorang dewa itu tidak lebih 1 jam saja....apalah artinya kalau berusaha menggugah hati para dewa kalau cuma kurang lebih 1 jam?

sekalian pertanyaan tambahan
"bagaimana" mengenai penjelasan tentang buddha yang kelihatan seperti sengaja memecahkan sangha menjadi 2 aliran, dan kemudian bermeansipasi lagi terus cuma pilih 1 sekte?  >> guru padma

Mas marcedes cari susah sendiri, meladeni orang yang asal ngomong, kena dibohongin, tuh diledekin ama dia wkwkwk..

Quote
Wah... anda cari sendiri deh... kalau anda benar2 tulus ingin tahu dan mau belajar, ya seharusnya anda sudah carilah buku Upaya Kausalya Sutra itu!! Banyak kok di bursa2 vihara...  ^-^ ^-^ 


Sebabnya dia nggak bisa nunjukkin di bursa mana? Rasanya nggak pernah tuh lihat kitab suci Mahayana  berjudul kausalya sutra ada di bursa, coba tanya di bursa mana?  ^-^ ^-^
« Last Edit: 16 March 2010, 10:00:53 AM by truth lover »
The truth, and nothing but the truth...

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #173 on: 16 March 2010, 10:28:48 AM »
Wakakaka mau tahu saya beli di mana?? xixixixi

Saya beli di Bursa Vihara Eka Dharma Loka Surabaya. Dan saya juga lihat bukunya di Bursa Vihara Dhamma Jaya. Dua2nya vihara binaan STI (Sangha Theravada Indonesia)!! Kalau mau, cari deh pokoknya terjamahannya Upasaka Aryaphala terbitan Ekayana Buddhist Center!! Kalau memang punya karma baik, pasti ketemu deh!! Apalagi di Jakarta, kalau mau silahkan tanya sendiri ke Ekayana!! hohohoho.... semoga karma baik berbuah....  8) 8) 8)..xixixixi

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline truth lover

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 3
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #174 on: 17 March 2010, 05:31:41 PM »
oh ternyata memang ada, mas gandalf nggak ngarang ya? ternyata mas gandalf orangnya jujur :)) 
jadi bagi Bodhisattva perbuatan baik atau buruk boleh-boleh saja? mungkin seperti Vajrayogini yang minum darah menstruasi merupakan bagian dari upaya kausalya juga? 
The truth, and nothing but the truth...

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #175 on: 17 March 2010, 05:52:27 PM »
Quote
oh ternyata memang ada, mas gandalf nggak ngarang ya? ternyata mas gandalf orangnya jujur :))
jadi bagi Bodhisattva perbuatan baik atau buruk boleh-boleh saja? mungkin seperti Vajrayogini yang minum darah menstruasi merupakan bagian dari upaya kausalya juga?

Wk3... jangan berubah2 dong ngomong orang ngarang terus nggak ngarang  ^-^ Apakah ini sikap umat Buddhis?? Suka main judge tanpa berehipassiko lebih jauh??  ^-^

Wakakaka..... Bodhisattva itu menyempurnakan Sila Paramita, masa perbuatan buruk boleh-boleh saja??? Jangan MENGADA-ADA atau sengaja memancing perdebatan panas yang tidak perlu lagi!!! Wkwkwkwkwk.....

Anda MENGERTI ATAU TIDAK ARTI THANGKA dari Vajrayogini tersebut??? Masak Tantra kiri sama kanan aja gak tahu??  ^-^  ^-^  ^-^ Atau apa sih arti dari SANDHYABHYASA "DARAH MENSTRUASI" itu??  8)  8)  8)

Saya lihat para praktisi Vajrayogini gak ada yang minum darah tuh...  :whistle::whistle:

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline truth lover

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 3
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #176 on: 17 March 2010, 08:29:11 PM »
Quote
Quote
oh ternyata memang ada, mas gandalf nggak ngarang ya? ternyata mas gandalf orangnya jujur :))
jadi bagi Bodhisattva perbuatan baik atau buruk boleh-boleh saja? mungkin seperti Vajrayogini yang minum darah menstruasi merupakan bagian dari upaya kausalya juga?

Wk3... jangan berubah2 dong ngomong orang ngarang terus nggak ngarang  ^-^ Apakah ini sikap umat Buddhis?? Suka main judge tanpa berehipassiko lebih jauh??  ^-^

Wakakaka..... Bodhisattva itu menyempurnakan Sila Paramita, masa perbuatan buruk boleh-boleh saja??? Jangan MENGADA-ADA atau sengaja memancing perdebatan panas yang tidak perlu lagi!!! Wkwkwkwkwk.....

Anda MENGERTI ATAU TIDAK ARTI THANGKA dari Vajrayogini tersebut??? Masak Tantra kiri sama kanan aja gak tahu??  ^-^  ^-^  ^-^ Atau apa sih arti dari SANDHYABHYASA "DARAH MENSTRUASI" itu??  8)  8)  8)

Saya lihat para praktisi Vajrayogini gak ada yang minum darah tuh...  :whistle::whistle:

 _/\_
The Siddha Wanderer

mas gandalf maksudkan arti dari meminum darah mens adalah ini?
"Drinking the nectar of blood from the kapala in her left hand symbolizes her experience of the clear light of bliss."

Tapi jangan lupa prof Miranda Shaw sendiri sudah bilang:”

beberapa skolar India yang mengatakan "Tantra itu sendiri (Buddhist dan Hindu)  berasal dari pendeta wanita dan dukun-dukun suku matrilineal dan masyarakat pedesaan.

This is clearly a direct link to Vajrayogini, the red Queen of the Dakinis who is frequently depicted drinking her own menstrual blood from a skullcup held in her left hand. The essential female bodily substance, menstrual blood, is shown here to be spiritual nourishment par excellence, creating a striking metaphor for female-to-female direct transmission in a lineage of wisdom, in this case from the deity, Vajrayogini, to a dakini, Yeshe Tsogyal, in human form.

tuh ternyata prof miranda shaw sendiri yang bilang loh, vajrayogini ratu dakini sering digambarkan minum darah menstruasinya sendiri dari kapala (mangkuk terbuat dari tengkorak manusia) dikatakan bahwa darah mens adalah nutrisi spiritual yang sangat istimewa, menciptakan metafora penyampaian langsung  aliran kebijaksanaan, dalam hal ini dewa vajrayogini kepada dakini yeshe tsogyal dalam wujud manusia.
« Last Edit: 17 March 2010, 08:31:10 PM by GandalfTheElder »
The truth, and nothing but the truth...

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #177 on: 20 March 2010, 12:32:55 AM »
Quote
kalau demikian alasan nya, masuk akal..penjelasan yg logis.

saya memang belum membaca semua upayakausalya sutra(soalnya om google tidak ada terjemahan nya )
kalau anda tidak keberatan tolong posting seluruh upayakausalya sutra itu...
kalau terlalu panjang, yah bagian tertentu saja mengenai ini juga gpp.
kalau bahasa inggris tolong kasih LINK nya.

Wah... anda cari sendiri deh... kalau anda benar2 tulus ingin tahu dan mau belajar, ya seharusnya anda sudah carilah buku Upaya Kausalya Sutra itu!! Banyak kok di bursa2 vihara...  ^-^  ^-^

Quote
....dan lagi riwayat hidup seorang Buddha katanya di akui dalam RAPB..sedangkan dalam RAPB siapa yg menemani sang Buddha selama 6 tahun?

Ya Silahkan baca sendiri. Kalau mau baca Kronologi Hidup Buddha kan lebih simpel.....hahahaha

Quote
kalau alasan bertapa selama 6 tahun untuk menujukkan pada dewa, saya rasa itu alasan gila...pada minggu keberapa saya lupa sang Buddha sengaja membuat jembatan emas itu guna menghilangkan keraguan para dewa...kalau duduk bersila 6 tahun, bagi seorang dewa itu tidak lebih 1 jam saja....apalah artinya kalau berusaha menggugah hati para dewa kalau cuma kurang lebih 1 jam?

Anda pikir para deva itu tolol2 semua sehingga tidak tahu konteks waktunya di dunia manusia gimana?

Quote
sekalian pertanyaan tambahan
"bagaimana" mengenai penjelasan tentang buddha yang kelihatan seperti sengaja memecahkan sangha menjadi 2 aliran, dan kemudian bermeansipasi lagi terus cuma pilih 1 sekte?  >> guru padma

Hahaha.....  sudah saya katakan, saya sudah jawab sebelumnya pertanyaan anda ini....

Gini deh saya balik tanya aja, untuk review apakah anda benar2 memperhatikan tulisan saya selama ini:
1. Menurut sejarah, apakah Mahayana muncul SESUDAH atau SEBELUM Sangha terpecah menjadi 18 aliran??
2. Para penganut Mahayana berasal dari kesemua dari 18 aliran, tetapi IRONISNYA penganut Hinayana dari 18 aliran saling gontok-gontokkan. Manakah yang memecah belah??
3. Apa isi dari Manjusri Pariprccha Sutra?
4. Apa beda pencapaian Samyaksambodhi antara Sakyamuni dan Padmasambhava??
5. Padmasambhava adalah guru Vajrayana. Bagaimanakah metode pembelajaran Vajrayana? Apakah eksklusif satu sekte saja?
6. Menurut anda, bila ada Arahat YANG SEJATI, untuk apa sekte menjadi TERPECAH-PECAH? Kenapa nggak nunjukin aja abhijnananya toh??
7. Naskah Theravada Mahavihara yang muncul belakangan yaitu Dipavamsa sangat anti sekte lain, sedangkan naskah Sariputrapariprrccha dari Mahasanghika menerima keberadaan sekte lain dan memuji kelebihan masing2 aliran. Manakah YANG sekilas tampak MEMECAH BELAH??
8. Apa sebab ajaran Sang Buddha terpecah menjadi 18 aliran menurut Padmasambhava??
9. Apa sih makna "seorang Guru lebih baik dari seorang Buddha?"
10. 1000 Buddha sama dengan 1 Buddha, demikianlah konsep Mahayana. Lantas apakah 10 Buddha lebih hebat dari 1 Buddha?
11. Anda tahu YM Atisha seorang scholar Mahayana itu dihormati siapa saja??
12. 18 aliran itu apa aja sich? (Baru tahu dari anda kalau Sangha cuma terpecah jadi 2 aliran??  ^-^ ^-^ ^-^)

Kalau anda bisa jawab semua dengan sekitar 50% benar, baru saya terangkan lebih lanjut kalau anda masih bertanya2. Jujur sudah bosen saya berkali2 menjelaskan tapi masuk ingatan keluar ingatan atau bagaikan mencoba mengisi cangkir yang penuh atau bahkan mungkin terbalik!!  8)  8)  8)

 _/\_
The Siddha Wanderer
saya teliti dulu...ntar baru comment.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #178 on: 23 March 2010, 10:52:37 PM »
saya memang belum membaca semua upayakausalya sutra(soalnya om google tidak ada terjemahan nya )
kalau anda tidak keberatan tolong posting seluruh upayakausalya sutra itu...
kalau terlalu panjang, yah bagian tertentu saja mengenai ini juga gpp.
kalau bahasa inggris tolong kasih LINK nya.


Apakah yang ini bukan yah sutranya??
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,4961.0.html
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Padmasambhava & wajah asli Tibetan Buddhism
« Reply #179 on: 29 March 2010, 01:36:57 PM »
Quote
Gini deh saya balik tanya aja, untuk review apakah anda benar2 memperhatikan tulisan saya selama ini:
1. Menurut sejarah, apakah Mahayana muncul SESUDAH atau SEBELUM Sangha terpecah menjadi 18 aliran??
Berdasarkan Pali canon aliran Mahayana terpecah ada 6 aliran dan Theravada terpecah ada 12 aliran setelah Buddhist Council II (persamuan agung kedua), jadi Mahayana muncul justru krn dia mengadakan Buddhist Council II dg 10.000 pendukung bhikkhu dan upasaka, sedangkan Buddhist Council II Theravada itu 700 bhikkhu semuanya arahat (tdk ada satupun yg tdk arahat

2. Para penganut Mahayana berasal dari kesemua dari 18 aliran, tetapi IRONISNYA penganut Hinayana dari 18 aliran saling gontok-gontokkan. Manakah yang memecah belah??
Sejak jaman Sang Buddha msh hidup aliran telah terpecah dg adanya Devadatta yg memecah sangha, 500 bhikkhu dan bhikkhuni diajak beliau utk menjalankan latihan keras, lalu oleh Ven.Sariputta mereka berhasil disadarkan kembali shg kembali kepada ajaran Sang Buddha, terjadi lagi perpecahan di Kosambi, yaitu aliran Dhammadhara dan Vinayadhara, dimana mereka tdk mau mengindahkan Sang Buddha utk menghentikan pertikaian mereka, krn mrk menganggap vinayadhara lebih tinggi dan benar dibanding dhammadhara, krn vinaya bisa menjadi arahat bukan krn dhamma bisa menjadi arahat, jadi selayaknya vinaya yg benar. Lalu Sang Buddha yg gagal menyadarkan mereka pergi ke hutan Soreyya dan dilayani Gajah dan monyet utk selama 3 bulan hingga Ven.Ananda menemui beliau utk kembali.


3. Apa isi dari Manjusri Pariprccha Sutra?

4. Apa beda pencapaian Samyaksambodhi antara Sakyamuni dan Padmasambhava??
Tidak bisa disamakan krn Padmasambhava punya harem yg penuh dg ribuan wanita utk beliau. Mana ada Bodhisattva digambarkan mengumbar nafsu?

5. Padmasambhava adalah guru Vajrayana. Bagaimanakah metode pembelajaran Vajrayana?
Apakah eksklusif satu sekte saja?
kita tdk bisa memegang satu sekte lebih benar dari sekte yg lain jika hanya berpegang pada sutta/sutra masing2, yg hrs disadari adalah ajaran Buddha saat ini dari Buddha Gautama, jika ada ajaran lain yg mengasimilasi maka tidak bisa dibanding2kan satu sama lain, spt kr****n dibandingkan dg hindu, ga bakalan ketemu.

6. Menurut anda, bila ada Arahat YANG SEJATI, untuk apa sekte menjadi TERPECAH-PECAH? Kenapa nggak nunjukin aja abhijnananya toh??
manusia adalah mahluk yg diliputi dg kebodohan, arahat adalah yang telah terbebas dari kebodohan, jadi orang pintar tidak bakalan berkelakuan bodoh, seperti menyombongkan/pamer kekuatan. Memecah belah sangha. Semua ini dilakukan oleh mereka2 yg masih bodoh alias yg tdk mencapai arahat, sedang yg udah mencapai arahat mereka udah ga ada nafsu sama sekali ngapain pula memecah belah sangha?


7. Naskah Theravada Mahavihara yang muncul belakangan yaitu Dipavamsa sangat anti sekte lain, sedangkan naskah Sariputrapariprrccha dari Mahasanghika menerima keberadaan sekte lain dan memuji kelebihan masing2 aliran. Manakah YANG sekilas tampak MEMECAH BELAH??
Dipavamsa adalah chronicle yg ditulis oleh para bhikkhuni sejak abad 3M hingga abad 5M kemudian muncul Mahavamsa abad 5M sebagai tandingan Dipavamsa yg ditulis dg lebih sempurna oleh Arahat Mahanama dari Mahavihara, sedang Dipavamsa itu para Bhikkhuni bukan Bhikkhu, mana ada Bhikkhuni tinggal dalam vihara bhikkhu? Tidak ada dalam Theravada Bhikkhu tinggal bersama bhikkhuni, hanya jaman modern saja dan bukan Negara Theravada pasti yg menjalankan spt itu, sedangkan Negara Theravada asli Srilanka, Burma, Thailand, Kamboja, Laos, Thailand tidak ada satupun Bhikkhu tinggal bersama Bhikkhuni. Jadi Dipavamsa bukan dari MahaVihara. Hanya memang ditulis dijaman MahaVihara. Sedangkan naskah Sariputrapariprrccha dari Mahasanghika menerima keberadaan sekte lain, ya jelas saja, krn dia aja juga sekte lain, masak yg sekte lain tidak menerima sekte lainnya. Ah yg bener saja.

8. Apa sebab ajaran Sang Buddha terpecah menjadi 18 aliran menurut Padmasambhava??
ajaran terpecah itu udah sejak dari jaman Sang Buddha masih hidup, jadi tidak perlu diributkan, hanya yg penting sekarang kita harus maju bukan mundur dg meributkan antar perpecahan saja.

9. Apa sih makna "seorang Guru lebih baik dari seorang Buddha?"
dalam Theravada guru hny menunjukkan jalan, Buddha adalah orang yg mencapai penerangan sempurna, sedang dlm Tantrayana guru adalah orang yg hrs dekat dg kita (dlm arti kita menyatukan diri dg guru) krn mencapaian kita kpd penerangan hanya bisa dicapai dari guru. Amat beda dg Theravada.


10. 1000 Buddha sama dengan 1 Buddha, demikianlah konsep Mahayana. Lantas apakah 10 Buddha lebih hebat dari 1 Buddha?
Jangan membandingkan antar konsep akan kembali lagi spt kita bicara konsep hindu dg kr****n ga akan ketemu, yg penting skrg kita bisa mencapai arahat ga? Shg tidak perlu lagi sll terlahir kembali terus menggenggam kebodohan kita dari kelahiran demi kelahiran, amat melelahkan, hny saling adu argument tanpa mau mempraktekkan mengikis kebodohan.


11. Anda tahu YM Atisha seorang scholar Mahayana itu dihormati siapa saja??
Ven.Atisha itu dari India datang ke Sriwijaya utk belajar Tantrayana, diwaktu itu Sriwijaya adalah pusat Tantrayana, lalu beliau diundang ke Tibet utk mengembangkan Tantra disana, jadi Tibet lebih menghormati Indonesia sbg akar guru, terutama dari Palembang, shg orang2 Tantra selalu mencari perempuan dari Palembang utk diajak gabung dg Tantra, krn utk menyempurnakan ilmu mrk hrs seimbang Yin dan Yang sehingga dibutuhkan perempuan utk ritual mrk (entah apa yg mrk lakukan saya tdk tahu dan tidak mau tahu, bukan urusan saya).

objek masih netral ^^

12. 18 aliran itu apa aja sich? (Baru tahu dari anda kalau Sangha cuma terpecah jadi 2 aliran??    )
klo mo hitung2 aliran ga bakalan mengurangi kebodohan kita, yang penting kita sekarang mempraktekkan menghapus kekotoran bathin.

klo mo tahu apa hasil Buddhist Council II yg dilakukan Mahayana anda akan tertawa, masak dikatakan selama ini Sang Buddha tidak menurunkan sutta, tidak menurunkan Ajaran nya dg pembabaran dhamma tp dlm keadaan duduk meditasi sempurna dan tanpa kata sepatahpun, shg hanya mereka yg memiliki kemampuan tinggi saja dpt menyerap ajarannya (dlm arti Tantrayana), sedangkan sutta2 itu hanya utk mereka yg dari kemampuan rendah saja.

metta ya

Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

 

anything