//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?  (Read 4135 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
[ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« on: 15 October 2012, 08:52:39 AM »
Tradisi vassa ada sejak sebelum Buddha menetapkan vinaya di mana para petapa juga tidak bepergian selama vassa agar tidak merusak tanaman. Selain itu, para bhikkhu juga menggunakan vassa ini untuk berlatih secara intensif dan meninggalkan total urusan-urusan lainnya.

Yang jadi pertanyaan: kalau di tempat dengan curah hujan sangat rendah seperti di gurun atau di kutub, apakah tradisi vassa tetap harus dijalankan? Jika daerah dengan letak geografis berbeda yang musim penghujannya tidak sama dengan kalender Buddhis, waktu yang mana yang perlu diikuti?

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #1 on: 15 October 2012, 09:04:38 AM »
Tradisi vassa ada sejak sebelum Buddha menetapkan vinaya di mana para petapa juga tidak bepergian selama vassa agar tidak merusak tanaman. Selain itu, para bhikkhu juga menggunakan vassa ini untuk berlatih secara intensif dan meninggalkan total urusan-urusan lainnya.

Yang jadi pertanyaan: kalau di tempat dengan curah hujan sangat rendah seperti di gurun atau di kutub, apakah tradisi vassa tetap harus dijalankan? Jika daerah dengan letak geografis berbeda yang musim penghujannya tidak sama dengan kalender Buddhis, waktu yang mana yang perlu diikuti?

Good topic!.

Misalnya kalau di Pulau Jawa, vassa pada musim hujan bln Desember, Januari Februari.   Sedangkan kalau di Sumatra Utara pada bulan September, Oktober, Nopember.

Dan nambah pertanyaan nya juga :
 Apakah setiap bhikkhu diharuskan?
Apakah pada aliran Mahayana dan Vajrayana juga ada tradisi vassa? 
~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #2 on: 15 October 2012, 09:08:46 AM »
sptnya esensi Vassa terletak lebih pada "melatih diri" bukan pada "merusak tanaman", karena dalam masa Vassa juga terdapat kelonggaran2 untuk keluyuran yg masih berpotensi merusak tanaman. dan juga ada bagian penting dalam Vassa, yaitu bahwa pada hari terakhir vassa, para bhikkhu melakukan ritual Pavarana, yaitu mengundang bhikkhu lain untuk menunjukkan pelanggaran2 yg telah dilakukan selama masa vassa itu.

Jadi menurut argumen saya di atas, maka terlepas dari hujan atau tidak, Vassa tetap harus (baca: mutlak) dijalankan.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #3 on: 15 October 2012, 10:03:27 AM »
sptnya esensi Vassa terletak lebih pada "melatih diri" bukan pada "merusak tanaman", karena dalam masa Vassa juga terdapat kelonggaran2 untuk keluyuran yg masih berpotensi merusak tanaman. dan juga ada bagian penting dalam Vassa, yaitu bahwa pada hari terakhir vassa, para bhikkhu melakukan ritual Pavarana, yaitu mengundang bhikkhu lain untuk menunjukkan pelanggaran2 yg telah dilakukan selama masa vassa itu.

Jadi menurut argumen saya di atas, maka terlepas dari hujan atau tidak, Vassa tetap harus (baca: mutlak) dijalankan.
Betul, itu seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa masa ini adalah kesempatan latihan intensif. Ini yang membuat vassa tidak bisa serta-merta ditinggalkan.

Tapi di sini jadi pertanyaan walaupun tujuannya adalah latihan intensif, tapi kalau 'bervassa tanpa hujan' ini 'kan kesannya jadi 'ritual'. Bagaimana tanggapannya?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #4 on: 15 October 2012, 10:11:02 AM »
Betul, itu seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa masa ini adalah kesempatan latihan intensif. Ini yang membuat vassa tidak bisa serta-merta ditinggalkan.

Tapi di sini jadi pertanyaan walaupun tujuannya adalah latihan intensif, tapi kalau 'bervassa tanpa hujan' ini 'kan kesannya jadi 'ritual'. Bagaimana tanggapannya?

saya melihatnya spt ini:

justru saya melihat "bervassa karena hujan" yg lebih merupakan ritual, yg bisa dijadikan pembenaran untuk tidak melaksanakan vassa "oh hari ini tidak hujan jadi boleh keluyuran."

latihan bagi seorang bhikkhu dijalani seumur hidupnya sampai mati atau sampai tujuan kebhikkhuannya tercapai. tapi selama periode itu, bhikkhu juga banyak melakukan kegiatan yg memaksanya untuk meninggalkan latihan, misalnya pemberkatan perkawinan, undangan makan, dll. Masa vassa adalah periode khusus selama tiga bulan di mana para bhikkhu bisa mendedikasikan waktunya sepenuhnya untuk melatih diri tanpa terganggu oleh kegiatan2 lain itu.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #5 on: 15 October 2012, 10:21:51 AM »
saya melihatnya spt ini:

justru saya melihat "bervassa karena hujan" yg lebih merupakan ritual, yg bisa dijadikan pembenaran untuk tidak melaksanakan vassa "oh hari ini tidak hujan jadi boleh keluyuran."

latihan bagi seorang bhikkhu dijalani seumur hidupnya sampai mati atau sampai tujuan kebhikkhuannya tercapai. tapi selama periode itu, bhikkhu juga banyak melakukan kegiatan yg memaksanya untuk meninggalkan latihan, misalnya pemberkatan perkawinan, undangan makan, dll. Masa vassa adalah periode khusus selama tiga bulan di mana para bhikkhu bisa mendedikasikan waktunya sepenuhnya untuk melatih diri tanpa terganggu oleh kegiatan2 lain itu.

Tetapi pada awalnya memang tidak ada 'ritual' vassa, bukan? Ketika beberapa perumah-tangga memprotes, baru ditetapkan dalam vinaya.

Jadi maksudnya di sini mengalokasikan waktu tertentu untuk latihan intens adalah bagus dan sepertinya sudah seharusnya diadakan. Kebetulan waktu jaman Buddha adalah waktu musim hujan. Sekarang sudah berbeda dalam artian bhikkhu tidak hanya ada di satu tempat yang sama secara geografis, jadi iklimnya juga berbeda. Nah, apakah bagi vassa itu harus tetap dilaksanakan sama persis? Misalnya di daerah bersalju pada akhir tahun, bhikkhunya malah tidak 'vassa' sementara pada musim gugur, ikutan 'vassa' karena ikut kalender Buddhis.

Selain itu, dulu juga bepergian lewat ladang dan jalan yang becek pada musim hujan. Sekarang ini sudah ada jalan aspal, tidak merusak tanaman. Jadi selain dari faktor 'latihan intensif', apakah masih relevan pelaksanaannya? (Jika masih,) bagaimana relevansinya?


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #6 on: 15 October 2012, 10:29:09 AM »
Tetapi pada awalnya memang tidak ada 'ritual' vassa, bukan? Ketika beberapa perumah-tangga memprotes, baru ditetapkan dalam vinaya.

Jadi maksudnya di sini mengalokasikan waktu tertentu untuk latihan intens adalah bagus dan sepertinya sudah seharusnya diadakan. Kebetulan waktu jaman Buddha adalah waktu musim hujan. Sekarang sudah berbeda dalam artian bhikkhu tidak hanya ada di satu tempat yang sama secara geografis, jadi iklimnya juga berbeda. Nah, apakah bagi vassa itu harus tetap dilaksanakan sama persis? Misalnya di daerah bersalju pada akhir tahun, bhikkhunya malah tidak 'vassa' sementara pada musim gugur, ikutan 'vassa' karena ikut kalender Buddhis.

Selain itu, dulu juga bepergian lewat ladang dan jalan yang becek pada musim hujan. Sekarang ini sudah ada jalan aspal, tidak merusak tanaman. Jadi selain dari faktor 'latihan intensif', apakah masih relevan pelaksanaannya? (Jika masih,) bagaimana relevansinya?



Asal mula Vassa memang dipicu oleh kritik para perumah tangga yg berkaitan dengan tanaman. Tapi kalau alasan dari "ritual" vassa itu adalah karena kritik ini, maka Vassa hanya bermakna sebagai tahanan rumah bagi para bhikkhu agar tidak keluyuran, mau latihan silakan, mau hura2 dalam vihara juga gak masalah, yg penting gak merusak tanaman.

Tapi saya melihat ada tujuan lebih penting dibalik "ritual" vassa ini, yaitu latihan intensif. Jadi kritik dari para perumah tangga itu hanyalah trigger bagi Sang Buddha untuk menetapkan aturan yg lebih tinggi.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #7 on: 15 October 2012, 10:37:40 AM »
Asal mula Vassa memang dipicu oleh kritik para perumah tangga yg berkaitan dengan tanaman. Tapi kalau alasan dari "ritual" vassa itu adalah karena kritik ini, maka Vassa hanya bermakna sebagai tahanan rumah bagi para bhikkhu agar tidak keluyuran, mau latihan silakan, mau hura2 dalam vihara juga gak masalah, yg penting gak merusak tanaman.

Tapi saya melihat ada tujuan lebih penting dibalik "ritual" vassa ini, yaitu latihan intensif. Jadi kritik dari para perumah tangga itu hanyalah trigger bagi Sang Buddha untuk menetapkan aturan yg lebih tinggi.
Kalau begitu, balik lagi, apakah vassa berlaku mutlak, harus dilakukan pada tanggal yang sama? Ataukah bisa masa 'retreat' itu dilakukan pada waktu yang sesuai, tanpa mengabaikan esensi latihan intens-nya? Misalnya suatu saat di daerah timur tengah ada sangha, maka para bhikkhu melakukan 'retreat' pada bulan Maret-Mei, karena di bulan itu banyak terjadi badai pasir.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #8 on: 15 October 2012, 10:55:26 AM »
ralat:

mari kita lihat sumber dari Vinaya Pitaka:

Quote
   1. Now the Bhikkhus thought: 'When are we to enter upon Vassa?'

   They told this thing to the Blessed One.

   'I prescribe, O Bhikkhus, that you enter upon Vassa in the rainy season.'

   2. Then the Bhikkhus thought: 'How many periods are there for entering upon Vassa?'

   They told this thing to the Blessed One.

   'There are two periods, O Bhikkhus, for entering upon Vassa, the earlier and the later. The earlier time for entering (upon Vassa) is the day after the p. 300 full moon of Âsâlha (June-July); the later, a month after the full moon of Âsâlha1. These, O Bhikkhus, are the two periods for entering upon Vassa..'

3.

   1. At that time the Khabbaggiya Bhikkhus, having entered upon Vassa, went on their travels during the period of Vassa. People were annoyed, murmured, and became angry (saying), 'How can the Sakyaputtiya Samanas go on their travels alike during winter, summer, and the rainy season, . . . (&c., as in chap. 1. 2, down to:) and destroy the life of many small living things?'

   2. Now some Bhikkhus heard those people that were annoyed, murmured, and had become angry. The moderate Bhikkhus were annoyed, murmured, and became angry (saying), 'How can the Khabbaggiya Bhikkhus, having entered upon Vassa, go on their travels during the period of Vassa?'

   These Bhikkhus told this thing to the Blessed One.

p. 301

   In consequence of that and on this occasion the Blessed One, after having delivered a religious discourse, thus addressed the Bhikkhus:

   'Let no one, O Bhikkhus, who has entered upon Vassa, go on his travels before he has kept Vassa during the earlier or during the later three months. He who does so, commits a dukkata offence.'


jadi vassa telah ditetapkan sebelum kritik dari para perumah tangga. Kritik para perumah tangga itu menjadi penyebab ditetapkannya aturan "tidak boleh keluyuran salam masa vassa"

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #9 on: 15 October 2012, 10:58:42 AM »
jadi vassa telah ditetapkan sebelum kritik dari para perumah tangga. Kritik para perumah tangga itu menjadi penyebab ditetapkannya aturan "tidak boleh keluyuran salam masa vassa"
Ya, berarti lebih menguatkan lagi bahwa 'vassa' ini adalah semacam masa pelatihan intens yang sudah seharusnya dilakukan.

Jadi tinggal pada masalah sekundernya, apakah tanggalnya mutlak persis, ataukah relatif terhadap kondisi? 

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #10 on: 15 October 2012, 11:02:50 AM »
Ya, berarti lebih menguatkan lagi bahwa 'vassa' ini adalah semacam masa pelatihan intens yang sudah seharusnya dilakukan.

Jadi tinggal pada masalah sekundernya, apakah tanggalnya mutlak persis, ataukah relatif terhadap kondisi? 

menurut saya, soal tanggal sptnya hanyalah kesepakatan bersama oleh Sangha, faktanya masa vassa di Indonesia juga tidak jatuh pada musim hujan. Dan jika mengikuti musim hujan di India, di sana musim hujan berlangsung selama 4 bulan sedangkan vassa hanya 3 bulan, jadi memang tidak tergantung pada musim. Namun demikian, suatu tanggal yg telah disepakati memang diperlukan agar umat tidak kebingungan.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #11 on: 15 October 2012, 12:13:00 PM »
menurut saya, soal tanggal sptnya hanyalah kesepakatan bersama oleh Sangha, faktanya masa vassa di Indonesia juga tidak jatuh pada musim hujan. Dan jika mengikuti musim hujan di India, di sana musim hujan berlangsung selama 4 bulan sedangkan vassa hanya 3 bulan, jadi memang tidak tergantung pada musim. Namun demikian, suatu tanggal yg telah disepakati memang diperlukan agar umat tidak kebingungan.

Gw pikir, yg ditulis ini sudah menguatkan soal tanggal / kapan dilakukannya vassa :

'There are two periods, O Bhikkhus, for entering upon Vassa, the earlier and the later. The earlier time for entering (upon Vassa) is the day after the p. 300 full moon of Âsâlha (June-July); the later, a month after the full moon of Âsâlha1. These, O Bhikkhus, are the two periods for entering upon Vassa..'
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #12 on: 15 October 2012, 12:17:34 PM »
Gw pikir, yg ditulis ini sudah menguatkan soal tanggal / kapan dilakukannya vassa :

'There are two periods, O Bhikkhus, for entering upon Vassa, the earlier and the later. The earlier time for entering (upon Vassa) is the day after the p. 300 full moon of Âsâlha (June-July); the later, a month after the full moon of Âsâlha1. These, O Bhikkhus, are the two periods for entering upon Vassa..'

benar, tapi kenyataannya vassa tahun ini di Indonesia dimulai bulan Agustus, jadi memang ada perbedaan. maka muncullah pertanyaan apakah berlaku mutlak atau tidak.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #13 on: 15 October 2012, 12:43:19 PM »
benar, tapi kenyataannya vassa tahun ini di Indonesia dimulai bulan Agustus, jadi memang ada perbedaan. maka muncullah pertanyaan apakah berlaku mutlak atau tidak.

Kalau gw bandingkan dengan yg di kalender Dhammacakka (VJDJ), tidak ada yg salah.

Di kalender tertulis :
- 2 Agustus : hari suci Asalha
- 3 Agustus : masuk vassa (entering Rains retreat).

Sudah sesuai dengan yg dikatakan Sang Buddha di atas.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Vassa Berlaku Mutlak?
« Reply #14 on: 15 October 2012, 02:11:10 PM »
Kalau gw bandingkan dengan yg di kalender Dhammacakka (VJDJ), tidak ada yg salah.

Di kalender tertulis :
- 2 Agustus : hari suci Asalha
- 3 Agustus : masuk vassa (entering Rains retreat).

Sudah sesuai dengan yg dikatakan Sang Buddha di atas.

Âsâlha (June-July)

 

anything