//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Japanese Management...  (Read 17735 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Japanese Management...
« on: 14 January 2009, 02:12:57 PM »
Best Global Brand yg dipublis oleh Businessweek 2008
Ranking Brand perusahaan2 Jepang... sbb:

6. Toyota,   20. Honda,  25. SONY  37. Canon, 
40. Nintendo, 78. Panasonic, 90. Lexus

http://bwnt.businessweek.com/interactive_reports/global_brand_2008/


1945 Nagasaki kena bom Atom, dan negara Jepang yg dengan lahan kecil tanpa
banyak hasil bumi... kenapa dapat menjadi negara yg begitu maju?
Hari ini, TOYOTA pun menjadi pabrik no.1 di dunia melebihin GM, Ford dan Chrysler..

Quote
setelah PM bro Kainyn_Kutho, sarannya...
Coba buka aja, bikin topik. Kali2 aja ada yang beneran ahli, nimbrung bagi2 ilmu.

Management2 maupun culture spt apakah yg diterapkan orang Jepang sehingga mencapai
hari ini ? Teknology, seni, dll mengenai Jepang juga boleh ditampilkan disini... with less junk!...




« Last Edit: 14 January 2009, 02:29:30 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline N1AR

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 930
  • Reputasi: 22
  • Yui
Re: Japanese Management...
« Reply #1 on: 14 January 2009, 02:21:03 PM »
jepang bisa maju karena tradisi nya tapi tidak lepas dari bantuan bos/ idola amerikanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #2 on: 14 January 2009, 02:25:12 PM »
5S
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #3 on: 14 January 2009, 02:31:29 PM »
KAIZEN 改善 (continuous improvement) yg diterapkan di Toyota, Honda, dll
« Last Edit: 14 January 2009, 02:42:30 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #4 on: 14 January 2009, 03:55:38 PM »
jepang bisa maju karena tradisi nya tapi tidak lepas dari bantuan bos/ idola amerikanya
maksudnya bantuan dari amerika? ???
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #5 on: 15 January 2009, 02:01:23 PM »
Kaizen Strategic Management (mari kita lihat2 sedikit defenisinya dulu)

Kaizen
   Kaizen berarti kemajuan. perbaikan terus menuerus dlm
   dlm management/pekerja...(bisa juga rumah tangga, dll)

Otomatisasi
(Jidohka)
    Mesin (produksi) dirancang utk mati otomatis sewaktu terjadi kerusakan

Point pengawasan
   Point yg pengawasan di tingkat managerial yg beroientasi hasil

Lingkaran Deming
   lingkaran/interaksi penelitian, rancangan, produksi dan penjualan..
   sehingga lebih memuaskan pelanggan

Kamban

   sebuah penglengkapan komunikasi dlm sistem pengawasan produksi

Lingkaran PDCA

   lingkaran Pland, Do, Check, Acion

Kebijakan
   kebijakan perusahaan jangka menegah/panjang... sasaran/target

Management yg berorientasi pd proses

   Bukan hanya pada hasil/output, management akan membantu
   dan mendukung upaya2 utk memperbaik cara2 pekerja menjalankan
   tugasnya.

QC Quality Control
   pengendalian mutu

Mutu
   apapun yg dpt ditingkatkan (product, services, etc)

Standar

   serangkaian kebijakan, atura, petujuk dan procedure yg
   dibuat oleh managemen utk semua operasi

Sistem usulan

  Sebagaimana di rencanakan, diterapkan, dikomunikasikan sebagai
   rencana strategis perussahaan

TQC total quality control
   melibatkan setiap org dlm perusahaan utk peningkatan quality

Manajement yg tampak
    menyediakan info dan instruksi tentang unsur2 pekerjaan dan
   cara yg betul2 jelas bagi pekerja.

Warusa kagen
   pengawasan tentang sesuatu yg belum menjadi masalah, tapi
   dpt menimbulkan masalah (contoh perawatan mesin)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #6 on: 15 January 2009, 02:38:17 PM »
BerOrientasi pada HASIL atau PROCESS:-[

Kaizen Jepang berpikir/berorientasi pada PROCESS,
sedangkan
inovasi Barat dan pemikirannya lebih pada HASIL

Kaizen merupakan salah satu strategic management tool yg
paling penting di management Jepang..

Kaizen... perbaikan diri pada setiap orang....

Kaizen mengatasi masalah2 dgn membuat sebuah
corporate culture... sehingga SETIAP ORANG bisa
dgn mudah/leluasa mengenali masalah2...
(termasuk masalah di department lain...pemasaran,
promosi, produksi, dll)

Quote
Menurut Soichiro Honda...
Peran management adalah melakukan upaya berkelanjutan
yg bertujuan menyediakan produk yg lebih baik dgn
harga yg lebih rendah.

Mayoritas perusahaan Jepang menerapkan Kaizen spt
Toyota, Honda, Nisan, Canon, Sony, Panasonic, dll  ;D
« Last Edit: 15 January 2009, 03:01:02 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #7 on: 15 January 2009, 02:42:50 PM »
karena berorientasi pada proses, maka terjadi efisiensi.

walau begitu efektifitas juga dijaga. namun sayangnya dalam metode Kaizen ini mempunyai kekurangan dalam forecasting.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline N1AR

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 930
  • Reputasi: 22
  • Yui
Re: Japanese Management...
« Reply #8 on: 15 January 2009, 02:46:45 PM »
gak dong red kan banyak suku cadangnya yg original jadi mutu tetep bagus dong

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #9 on: 15 January 2009, 02:50:08 PM »
karena berorientasi pada proses, maka terjadi efisiensi.

walau begitu efektifitas juga dijaga. namun sayangnya dalam metode Kaizen ini mempunyai kekurangan dalam forecasting.

Utk masalah forecasting... kami menunggu PERBAIKAN dari bro hatRed...

(Rasanya forecasting... termasuk di yg lain ya...)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #10 on: 17 January 2009, 01:02:25 PM »
Kaizen yg berarti perbaikan terus menerus... merupakan salah satu konsep terpenting dalam management Jepang. Ini merupakan kunci keberhasilan perusahaan Jepang.
Perbaikan terjadi disemua bagian orang... manajemen paling atas, manager maupun pekerja. Semua orang dlm perusahaan dibuat sadar akan Kaizen.

coba pikiran :
Bagaimana setiap orang diberi kesempatan utk menyuarakan ide2 (perbaikan2) ?
bagaimana ide2 tsb dpt dijalankan, dan dihargain (reward) ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #11 on: 17 January 2009, 01:14:25 PM »
karena berorientasi pada proses, maka terjadi efisiensi.

walau begitu efektifitas juga dijaga. namun sayangnya dalam metode Kaizen ini mempunyai kekurangan dalam forecasting.

Utk masalah forecasting... kami menunggu PERBAIKAN dari bro hatRed...

(Rasanya forecasting... termasuk di yg lain ya...)

i cuma menilai dari perusahaan yg menerapkan Kaizen bro.

dari toyota, dan Sony, serta Nintendo. semuanya memang selalu menuju ke arah perbaikan, tetapi dalam market global, mereka seperti tidak punya antisipasi dalam menilai diri dan yg akan datang. memang semuanya berhasil, dan melakukan antisipasi yg cepat, namun antisipasi itu berupa "obat". (maksudnya kalo dah berpenyakit baru deh mengobati).

tapi so far tidak terlalu berpengaruh tampaknya (penyakitny gak ganas kali :hammer:)
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #12 on: 19 January 2009, 12:50:59 PM »
Tahun 1950 sekelompok businessman dari Jepang mengunjungin perusahaan2 Amerika/Eropah utk mempelajarin produktivitas produksi mereka..Yamada yg ikut mengunjungin tsb berkata …”ada perusahaan yg 25 tahun tetap sama (TIDAK BERUBAH)..

Setelah perang duinia 2, perusahaan Jepang hrs memulai dari dasar. Supaya eksis, perusahaan memerlukan perbaikan yg tidak beakhir.. kaizen telah menjadi gaya hidup.

Awal tahun 1960, WE Deming dan JM Juran dari Ahli dari Amerika lah yg memperkenalan konsep2 pengendalian mutu ke Jepang.

Management Kaizen
Management memiliki 2 funsi : memelihara dan memperbaiki.

Funsi memelihara dgn menetapkan SOP (Standar Operating Procedure).
Dimana management membuat kebijakan, aturan, petunjuk dan procedure agar semua yg terlibat dlm organisasi dpt mengikutin SOP.

Supaya SOP berhasil…
KEDISIPLINAN – jika staff/pekerja dpt mengikutin  tapi tidak melaksanakan
PELATIHAN – jika staff/pekerja tidak dpt mengikutin
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #13 on: 19 January 2009, 12:54:21 PM »
mo tanya bro

SOP buat divisi IT contohnya kek apa aja?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #14 on: 19 January 2009, 01:18:22 PM »
mo tanya bro

SOP buat divisi IT contohnya kek apa aja?

Salah satu contoh SOP...

kalau utk programmer... ya sejenis
CODING GUIDELINE .. yg harus dijalankan semua programmer...

contoh :
   Naming (variable), Statment, Spaces (indentation), Braces, Block, Comment, etc..
   
atau dlm arti lebih luas :
http://www.codingthearchitecture.com/files/software-architecture-document-guidelines-v0.1.pdf
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya