nah, debat ini merupakan debat klasik. ada yang bilang harus mencapai jhana dulu, ada juga yang bilang tidak harus, melainkan ... samadhi sudah cukup (kalo gak salah khanika). sedangkan khanika samadhi definisinya ada di kitab2 komentar, yang lebih mendekati definisi upacara samadhi. kalau di tipitaka (abhidhamma), khanika samadhi = ekagatta cetasika. ini merupakan salah satu bentuk pikiran yang alami, seperti vedana, muncul sendiri.
ada yang bilang harus jhana = Jhānapubbaṅgamāvāda, ada pula yang bilang Vipassanāparāmāsāvāda = vipassana lebih penting dari sila, samadhi, dan panna
setahu saya para murid perbandingannya gini = dari 1000 orang, 999 mencapai jhana pada suatu titik. ada perdebatan di sini, apakah ada murid yang mencapai pencerahan tanpa mencapai jhana (Sukha vipassaka). saya malah gak tahu ada catatan di Sutta kalau ada murid yang mencapai pencerahan tanpa mencapai jhana terlebih dahulu.
dry vipassana, atau dry insight, vipassana tanpa perlu mencapai jhana terlebih dahulu terkenal di burma. dry insight ini didukung oleh komentar, dan salah satu sutta yang bilang, samadhi baru vipassana, vipassana baru samadhi, menjalankan vipassana dan samadhi barengan, dan yang satu lagi.
karena board ini board meditasi Mahasi Sayadaw, maka abhidhamma dan komentar dianggap valid dalam diskusi ini.
ada yang tahu sumber-sumbernya? kita cari sama-sama deh bahasa inggris atau pali di cscd, kita bahas sama-sama.