Eh, salah lagi, cuma ada tiga macam :
Ahetu-patisandhika : kesadaran kelahiran tidak disertai 3 akar kebajikan, kalau jadi manusia biasanya cacat : buta, tuli, cacat mental, dll.
Dvihetu-patisandhika : alobha dan adosa
Tihetu-patisandhika : cuma ditemui pada manusia dan makhluk2 surgawi
Terus, ada klasifikasi makhluk yang bertemu dengan sasana :
Ugghatitannu : yang bertemu langsung dengan Buddha, dan mampu mencapai ariya setelah diberitahu secara singkat
Vipancitannu : yang bertemu langsung dengan Buddha, dan mampu mencapai ariya setelah dibabarkan agak panjang
Neyya : yang perlu mempelajari ceramah dan pembabaran, dan berlatih 7 hari sampai 60 tahun secara giat dibawah bimbingan guru yang sesuai agar mencapai ariya
Padaparama : yang tidak bisa mencapai ariya dalam kehidupan ini, tapi bisa mencapai ariya pada kehidupan selanjutnya, dengan syarat mati pada saat meditasi samatha atau vipassana, dan terlahir kembali sebagai manusia atau dewa, asal sasana masih ada.
Nah, kalau padaparama ini karena ada karma yang menghalangi maka ia tidak bisa menjadi ariya dalam kehidupan sekarang.
Jaman sekarang cuma ada Neyya dan Padaparama, kalau mau jadi sottapana harus berlatih secara tekun bodhipakkhiya, yang meliputi satipatthana, usaha benar, dll. Padaparama bisa jadi sottapanna dalam kehidupan berikutnya.