//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - dilbert

Pages: 1 ... 245 246 247 248 249 250 251 [252] 253 254 255 256
3766
Theravada / Re: Pencerahan Langsung/Instan
« on: 20 July 2008, 12:26:13 PM »


Teman-teman Muslim, Keristen, Katholik, Hindu yang belajar MMD banyak yang berhasil masuk ke dalam khanika-samadhi ... tanpa tahu apa-apa tentang 4 Kebenaran Mulia dan Jalan Mulia 8 Faktor ...

Salam,
hudoyo

Ketika mempraktekkan MMD / (semacam vipasanna lainnya), tanpa sadar mereka telah mempraktekkan AJARAN BUDDHA... karena INTI AJARAN SEMUA BUDDHA adalah


janganlah berbuat kejahatan,
tambahkanlah kebajikan,
sucikan hati dan pikiran,
inilah inti ajaran para Buddha.

Kegiatan meditasi semacam MMD / vipasana adalah salah satu metode untuk terus menjaga kondisi hati dan pikiran suci.

kalau agama mah semacam status saja, saya lebih afdol dengan istilah ajaran BUDDHA dibandingkan dengan AGAMA BUDDHA, Karena terlepas dari status sosial AGAMA yang dianut, seseorang itu bisa mengamalkan ajaran BUDDHA secara pribadi dan internal.

3767
Theravada / Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« on: 20 July 2008, 12:13:47 PM »
Kutipan dari Milinda Panha

BAB EMPAT BELAS

Arahat Awam


"Anda mengatakan bahwa jika seorang umat awam mencapai tingkat Arahat dia harus memasuki Sangha pada hari itu juga, atau kalau tidak, dia akan mati dan mencapai parinibbana.(2) Tetapi jika dia tidak bisa mendapat jubah, mangkok dan penahbis pada saat itu, maka kondisi kearahatan yang mulia itu akan sia-sia karena melibatkan hancurnya suatu kehidupan."
"Kesalahan itu bukan terletak pada kearahatannya, melainkan pada keadaan si umat awam yang terlalu lemah untuk menopang kearahatan itu. Seperti halnya, O baginda, meskipun makanan melindungi kehidupan makhluk, dia juga akan mengambil nyawa orang yang pencernaannya lemah. Demikian juga, jika seorang umat awam mencapai tingkat Arahat, maka karena kelemahan kondisi itulah dia harus memasuki Sangha pada hari itu juga. Kalau tidak, dia akan mati."

3768
Chan atau Zen / Re: Numpang tanya
« on: 18 July 2008, 11:55:18 PM »

Jika bicara Zen, seperti membicarakan Dharma dan dharma (Dharma dengan huruf D besar, dan dharma dengan huruf d kecil... Dharma adalah keseluruhan fenomena alam / hukum kesunyataan, dharma adalah ajaran Sang Buddha).

Gak terbalik pak? biasanya Dharma (D besar) adalah Ajaran Buddha, dan dharma (d kecil) adalah seluruh fenomena alam. _/\_

hmm... bisa juga...  hehehe... tapi get the point nya ??

3769
Chan atau Zen / Re: Numpang tanya
« on: 18 July 2008, 11:32:20 PM »
Rekan2 sekalian, ada yang bisa beritahu saya apa yg dimaksud dengan zen scr mendetail? Yang saya tau zen itu merupakan salah satu sekte dr Mahayana. Apakah zen sudah ada sejak jaman Sang Buddha atau zen muncul setelah Sang Buddha parinibbana?  _/\_

Jika bicara Zen, seperti membicarakan Dharma dan dharma (Dharma dengan huruf D besar, dan dharma dengan huruf d kecil... Dharma adalah keseluruhan fenomena alam / hukum kesunyataan, dharma adalah ajaran Sang Buddha).
Dharma tetap ada dan berlaku di seluruh alam semesta baik dengan hadirnya seorang sammasambuddha atau tidak, sedangkan dharma adalah ajaran seorang sammasambuddha yang berhasil menemukan kembali hukum hukum kesunyataan dan mengajarkan kepada makhluk untuk mencapai pembebasan.

Jadi ZEN itu alaminya adalah seperti Dharma, ada seiring dengan adanya alam semesta ini, sedangkan kalau membicarakan pemegang silsilah ZEN yang diwariskan sebagai suatu ajaran, tentunya harus kembali kepada kisah pewarisan/transmisi Zen dari Buddha Sakyamuni kepada Maha Kassapa.

3770
Chan atau Zen / Re: Numpang tanya
« on: 18 July 2008, 11:26:29 PM »
Zen is the root of all forms of Buddhism can be seen in the following basic expressions:

    Not relying on words or letters.
    An independent transmission outside the teaching of the scriptures.
    Directly pointing to man's Mind.
    Awakening of one's (Original-) Nature, thereby actualizing one's own Buddhahood


Zen sebagai dasar dari semua bentuk buddhisme dapat dijelaskan sebagai :

    Tidak tergantung kepada Kata kata
    Transmisi bebas diluar pengajaran berdasarkan kitab   
    Menunjuk langsung ke dalam pikiran seseorang
    Membangkitkan Sifat Alamiah dan mencapai ke-buddha-an.

 

3771
Chan atau Zen / Re: APAKAH ZEN SEPENUHNYA MENOLAK INTELEGENSI?
« on: 18 July 2008, 11:10:32 PM »
Quote
udah baca2 dikit tentang zen (koannya), rasanya kayak tao. "tao tak dapat dicapai dengan pikiran, tao tak dapat dicapai tanpa pikiran." dan zen pun begitu....



Kalau bicara tentang TAO, yang saya "pegang" hanya kitab TAO TE CHING. Di kitab TAO TE CHING inilah sebenarnya inti sari dari ajaran TAO. Sedangkan aliran "TAO" yang beredar sekarang lebih mengedepankan kitab kitab turunan dari Zhang Dao Ling (yang mengangkat TAO sebagai suatu agama) dengan kitab utama THAI SANG LAO CEN CING.

Membaca TAO TE CHING, kita tidak akan ragu bahwa penulis TAO TE CHING adalah seseorang sekaliber orang yang sudah mencapai pencerahan. SAYA TIDAK MERAGUKAN HAL TERSEBUT. Bagaimanapun orang yang sudah cerah tidak hanya ditemukan dalam umat BUDDHIS SAJA. Ketika seseorang itu mencapai syarat dan kondisi pencerahan, maka CERAH-lah dia. Tidak perlu status apakah agamanya BUDDHIS atau tidak. YAng penting kondisi bathinnya.

3772
Chan atau Zen / Re: APAKAH ZEN SEPENUHNYA MENOLAK INTELEGENSI?
« on: 18 July 2008, 11:05:56 PM »
Zen itu begitu "Yathabhutam Nyanadassanam"... Tidak diperlukan intelegensi JENIUS, cukup dengan intelegensi yang rata rata seorang manusia tentunya.

3773
Theravada / Re: [ASK]Sotapanna
« on: 18 July 2008, 10:59:09 PM »
Menurut hemat saya, tingkat-tingkat ariya tidak ada hubungannya sama sekali dengan menjadi bhikkhu atau tidak. Tingkat ariya adalah keadaan batin. Sedangkan kebhikkhuan adalah sekadar status lahiriah, sedangkan secara batiniah cuma menyangkut sila yang berbeda dari non-bhikkhu, tidak ada kaitannya dengan tingkat ariya.

Salam,
Hudoyo

setuju... kalau tidak darimana jalur pacceka buddha ?? bhikkhu bhikkhuni dikenal ketika adanya sammasambuddha di suatu dunia. Jikalau tidak ada, maka jalur pacceka buddha yang dijalani.

3774
Sekumpulan pedagang pergi melaut dengan sebuah kapal, kapal tersebut hancur di tengah laut. Penumpang yang selamat hanya 1 orang. Karena pakaiannya hilang, ia mengikatkan sepotong kulita kayu di tubuhnya dan ia memegang mangkok untuk meminta makanan pada orang yang lewat. Beberapa orang membawakan pakaian tapi ia menolaknya dan beberapa mengatakan bahwa ia seorang Arahat, maka dengan pikiran yang salah ia menganggap dirinya seorang Arahat. Oleh karena ia berpandangan salah dan menggunakan sepotong kulit kayu untuk pakaiannya, maka ia dikenal dengan nama Bahiyadaruciriya. Mahabrahma adalah teman
Bahiyadaruciriya dalam kehidupan lampau dan ia ingin mengembalikan kekeliruan Bahiyadaruciriya ke jalan yang benar. Mahabrahma datang menemuinya pada malam hari, ia berkata padanya bahwa dia bukan seorang Arahat dan belum memiliki kwalitas seorang Arahat. Bahiya menjawab memang dia bukan seorang Arahat dan dia bertanya pada temannya, apakah sekarang ini ada seorang Arahat. Mahabrahma berkata bahwa sekarang ini di Savatthi ada seorang Arahat. Buddha Gotama, yang telah mencapai Penerangan Sempurna dengan kemapuanNya sendiri. Bahiya menyadari kesalahannya, kemudian berlari di sepanjang jalan
menuju Savatthi. Karena mahabrahma menolongnya, sehingga jarak yang ditempuh dalam 120 yojana hanya satu malam. Bahiya bertemu Sang Buddha, kemudian ia memohon kepada Sang Buddha untuk membabarkan Dhamma. Sang Buddha menjawab bahwa saat menerima dana makanan bukan waktu yang tepat untuk berkhotbah. Sekali lagi Bahiya memohon agar Sang Buddha membabarkan Dhamma kepadanya. Bahiya terus menerus memohon, sehingga ketika di tepi jalan, Sang Buddha berkata, "Bahiya, ketika kamu melihat suatu obyek, hendaknya sadarlah bahwa hal itu hanyalah obyek yang dilihat, ketika kamu mendengar suatu
suara, sadarlah bahwa hal itu hanyalah suara, ketika kamu mencium, merasa, atau menyentuh sesuatu, sadarlah bahwa hal itu hanya bau, rasa, sentuhan, dan ketika kamu berpikir tentang sesuatu, sadarlah bahwa hal itu hanya obyek pikiran." Setelah mendengar khotbah di atas, Bahiya mencapai tingkat kesucian Arahat dan memohon ijin Sang Buddha untuk menjadi bhikkhu. Sang Buddha berkata kepadanya untuk membawa jubah, mangkuk dan kebutuhan bhikkhu lainnya. Dalam perjalanan untuk mendapatkan barang-barang tersebut, ia diseruduk oleh seekor sapi sehingga meninggal dunia. Ketika Sang Buddha dan para bhikkhu berjalan keluar, mereka menemukan Bahiya telah tergeletak meninggal dunia pada tumpukan sampah. Atas perintah Sang Budddha, para bhikkhu mengkremasikan tubuh Bahiya dan sisa jasmaninya disimpan di dalam sebuah stupa.
Pada kejadian ini Sang Buddha membabarkan syair :
Daripada seribu bait syair yang tak berguna, adalah lebih baik sebait syair yang berguna, yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

( Dhammapada VIII . 2 )

3775
biasa aja

mungkin yg biasa-biasa saja ada yg bahkan tidak dipahami...

mungkin saya yang bodoh atau ada yang terlalu suka bermain kebenaran.

Atau ada yang tidak tulus dan suka mempermainkan "kata-kata" hanya untuk menonjolkan diri sendiri

 :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) asik terjebak...

ada yang gembira...

3776
biasa aja

mungkin yg biasa-biasa saja ada yg bahkan tidak dipahami...

mungkin saya yang bodoh atau ada yang terlalu suka bermain kebenaran.

Atau ada yang tidak tulus dan suka mempermainkan "kata-kata" hanya untuk menonjolkan diri sendiri

3777
Studi Sutta/Sutra / Re: prajna paramitta hdrya sutra
« on: 12 July 2008, 03:58:41 AM »
Analisis yang bagus,

Teks awal mandarin menyebutkan Guan Zi Zai bukan Guan Yin, Guan Zi Zai adalah melihat sekeliling, sama seperti meditasi sedang melakukan introspeksi terhadap batin. jadi kalo menunjuk Guna yin saya pikir ada miskomunikasi.

Guan Zi Zai lebih cocok pada keadaan bodhisatta yang sedang menempuh penerangan, dilihat dari link ceritanya dengan Sariputta,kita tahu bodhisatta itu tak lain tak bukan adalah Buddha Gotama sebelum Pencerahan.

guan zi zai lebih mantap kalau diterjemahkan perenungan...

3778
biasa aja

mungkin yg biasa-biasa saja ada yg bahkan tidak dipahami...

3779
Buddhisme untuk Pemula / Re: relik seorang bhikkhu
« on: 08 July 2008, 05:37:42 PM »
Perlu gak kita punya relik ??

3780
JALUR TUA AWAN PUTIH karya Thicht Nhat Hanh

Saya selalu menganggap ini sebuah buku novel sama seperti buku Deepak Chopra soal novel Buddha. Relevansinya kadang ga bisa dipertanggung jawabkan dan kemungkinan besar rekaan Thict Nhat Hanh sendiri. Hal ini dikonfirmasi oleh beberapa bhante dan bhiksu yang telah melihat karya ini.  _/\_

Terlepas dari apakah "karya" Thicht Nhat Hanh tersebut rekaan atau tidak, cerita di atas menampilkan JAWABAN BRILIAN atas pertanyaan mengenai ATTA. Itu point yang paling penting. Diperlukan KEBIJAKSANAAN TINGGI untuk dapat memberikan jawaban seperti ini.
 

Pages: 1 ... 245 246 247 248 249 250 251 [252] 253 254 255 256