//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Alucard Lloyd

Pages: 1 ... 6 7 8 9 10 11 12 [13] 14 15 16 17 18 19 20 ... 36
181
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 18 April 2016, 01:49:53 PM »
kosong adalah isi
isi adalah kosong????

ini adalah pemahaman dualisme
kosong ujungnya isi dan begitu juga sebalik nya isi ujung nya kosong ????

182
Definisi samma sankappa yg lain:

11. “Dan apakah, para bhikkhu, kehendak salah? Kehendak keinginan indria, kehendak permusuhan, dan kehendak kekejaman: ini adalah kehendak salah.

12. “Dan apakah, para bhikkhu, kehendak benar? Kehendak benar, Aku katakan, ada dua jenis: ada kehendak benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan dan ada kehendak benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

13. “Dan apakah, para bhikkhu, kehendak benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan? Kehendak meninggalkan keduniawian, kehendak tanpa permusuhan, dan kehendak tanpa kekejaman:[8] ini adalah kehendak benar yang terpengaruh oleh noda-noda ... matang dalam perolehan.

14. “Dan apakah, para bhikkhu, kehendak benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan? Pemikiran, pikiran, kehendak, absorpsi pikiran, ketetapan pikiran, pengarahan pikiran, bentukan ucapan dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, yang pikirannya tanpa noda, yang memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia:[9] ini adalah kehendak benar yang mulia ... sebuah faktor dari sang jalan.

https://dhammacitta.org/dcpedia/MN_117:_Mah%C4%81cattarisaka_Sutta

Mantap makin jelas saja sekarang

183
kalau dari pointnya itu,

beti (beda tipis) sih... tapi kekna sih kalau dipake lepas, lebih tepat kehendak (bodhi) /tekad (thanissaro) dibanding pikiran karena pikiran itu biasa refer ke suatu waktu aja.




Oke tq

184
kenapa kgk cek ke sutta soal detail ini ke SN 45.8?

https://dhammacitta.org/dcpedia/SN_45.8:_Vibhaṅga_Sutta
Nanya dong jadi pikiran benar APA kehendak benar?

185
Bila bicara seperti ini maka penghidupan benar baru bersambung dgn yang lain nya "Penghidupan Benar" menurut wa adalah keseharian  harian kita dari pola hidup, gaya hidup, kebiasaan kebiasaan yang setiap hari kita lakukan baik yang kita sadari maupun yang kita anggap remeh, bila melihat 5 pertapa mereka keseharian nya ada membatasi diri mereka untuk melatih diri mereka, Buddha gautama secara halus mengatakan apa yang mereka lakukan ada yang benar dan ada yang terlalu extreme hingga ada jalan tengah (middle path way).

Wa pikir ini adalah vinaya bagi sangha dan sila (pancasila, atthasila, dasasila) bagi umat awam.

Soalnya ada yang seperti di bawah ini


ya kurang lebih seperti itu

186
Harus di ingat kotbah dhammacakkapavatana sutta ini di baca kepada 5 pertapa (yang sudah menanggalkan keduniawian / gone forth)

(Y.A)Kondana yang pertama kali mampu memahami nya.

Benar menurut tolak ukur dari 5 pertapa ini yang sudah meninggalkan keduniawian untuk mencari pencerahan, yang telah melewati waktu yang cukup panjang, jatuh bangun melatih diri mereka.


Wa juga belum bisa sempurna pemahaman nya semestinya jalan utama berunsur 8 ini merupakan satu kesatuan, tapi kita memahaminya secara satu persatu dan ketika di satukan semua ada bagian bagian yang tiba tiba terasa aneh atau tidak pas padahal Yang Arya Kondana bisa memahaminya.

Seperti right livehood di indonesia penerjemahan ada penghidupan benar ada yang menterjemahkan sebagai mata pencharian benar, bila kita berbicara ttg 5 pertapa ini adakah mereka mempunyai matapencharian sehari hari? Bukannya mereka berlatih tiap hari adakah mereka bertani, berburu, berdagang, dsb?

dalam jalan beruas 8 mata pencaharian benar kurang cocok untuk digunakan lebih baik mengunakan penghidupan benar karena takut salah persepsi dengan kalimat yang seadanya.
dalam pengertian saya penghidupan benar adalah apa yang kita lakukan sehari hari kalau umat awam disini bekerja tapi kita tau tidak semua nya bekerja ada yang hidup nya makan tidur saja ada juga yang masuk sanggah menjadi bikkuh. jadi singkat nya apa yang kita lakukan dan lingkungan kita berada kata kan begini ada seorang anak dia baik suka menolong tapi keluarga nya perampok bapak nya raja rampok bila si anak memperatekan jalan beruas 8 maka disulit untuk di moralitas nya karena hidup dilingkungan tidak baik, pasti disana muncul ucapan kasar, perbuatan tidak baik, bila anak ini berada dilingkungan seperti itu maka normal nya akan terbawa arus. ini maka penghidupan benar dapat dikatakan lingkungan kita dan sosiallitas kita sehari hari bagaimana dan untuk katagori benar disini maka lihat sutta sutta yang ada bagaimana kita harus bersosiallisasi.

187
apa yg lebih penting ? benar atao salah ?

atao HASIL AKHIRNYA ?.....yg menjadi penilaian....


24 melamar di KFC china,.....
23 orang diterima... tetapi Jack Ma DITOLAK...
dan ini hari jack Ma menjadi salah satu orang terkaya di dunia
  (lebih besar dari amazon + eBay)....
   Nahh klo aja di diterima di KFC, apakah kehidupan saat ini akan beda ?

mohon masuknan... ;D

dalam jalan beruas 8 proses menjadi penting karena ini adalah prateknya. sedangkan hasil akhirnya adalah nibbana.
berbeda dengan contoh diatas yang masih berkutak dengan duniawi sebab buddha mengajarkan dahmma bukan mengajarkan orang jadi kaya raya dahmma yang buddha ajarkan adalah melihat dunia sebagaimana adanya dan hidup bebas didalamnya maka dari itu ajaran buddha mengena dari kalang bahwa sampai atas dari manusia sampai dewa ( itu kata buku tekst sutta yang saya baca bahwa buddha guru dari para dewa dan manusia)

kita selalu menganggap mencari sesuatu diluar diri kita padahal yang buddha ajarkan cukup yang ada diri kita mau itu kita pria wanita sakit sehat cacat kaya miskin dan lain sebagainya, lihat sadari dan nikmati dunia kehidupan kita syukur syukur kita bisa berbagi dengan semua mahluk.

lihat manggala sutta berkah itu apa jelas disana tidak di katakan menjadi kaya adalah berkah utama punya harta tahta atau gebetan banyak berkah utama tapi sanggat sederhana siapa pun bisa mendapatkan nya. jadi uang adalah bukan tolak ukur pandangan dia pikiran dia benar secara dahmma tapi bagaimana kita menjalankan kehidupan kita sehari hari yang menjadi tolak ukurnya.

188
bagaimana menilai suatu pikiran itu BENAR ?
bagaimana menilai suatu pandangan itu BENAR ?
apa variables2 pentingnya ?....

BENAR menurut tolak ukura apa ?

kita kadang terkecoh oleh arti sebuah bahasa, benar disini bukan berarti paling benar tapi disini tumpuan nya adalah 4 kebenaran mulia jadi dikatakan benar disini adalah cara pandang kita dan berpikir kita dalam kehidupan sehari hari dan itu pun terbagi lagi tiap moment ( saat saat detik yang terjadi dalam kehidupan kita) bahwa hidup penuh dengan dukha dan cara mengatasinya adalah dengan 8 jalan ini yang menjadi kesatuan.

kita tau bahwa jalan beruas 8 ini terbagi 3 katagori kebijaksanaan, morallitas, dan samadhi ( saya pakai kata samadhi karena tidak menemukan kata yang tepat untuk mengartikan katagori ini)

pandangan benar dan pikiran benar ini adalah kebijaksanaan kita dalam menjalankan hidup
ucapan benar, perbuatan benar dan penghidupan benar adalah morallitas kita dalam menjalankan hidup
daya upaya benar, perhatian benar, dan konsentrasi benar adalah kondisi bahtin kita dalam menjalankan hidup
kalau bahasa keren nya mind body and soul.

buddha mengajarkan dhamma bukan untuk dianggap paling benar tetapi menjelaskan membabarkan dhamma sebagai mana ada nya. jadi kata benar disini ada acuan yang digunakan yaitu 4 kebenaran mulia.

189
teori yang menarik, tapi sebelum ada pikiran benar harus ada pandangan benar disini titik awal pikiran benar muncul, atau mau dibalik dari konsentrasi benar, perhatian benar, daya upaya benar, penghidupan benar, perbuatan benar, ucapan benar, pikiran benar, dan pandangan benar. ini menjadi satu paket kesatuan untuk mencapai 2 buah nya yaitu pengetahuan benar dan kebebasan benar.

kadang pikiran kita suka mencari kebenaranya sendiri sehingga kita merasa benar atau kebelinger karena nya.
sebenar nya simple atau sederhana bagaimana kita mengetahui pikiran kita benar atau tidak? dimulai dari pandangan benar, terus sampai konsentrasi benar bila hasil dari 8 ruas ini benar semua maka itu benar ada nya tapi bila dari 8 ruas ini ada yang salah 1 saja maka ini tidak benar.


190
Perkenalan / Re: Ingin belajar ajaran Buddha. Mohon bantuannya.
« on: 30 September 2015, 01:58:31 PM »
ajaran buddha lebih cocok tidak dikotakkan menjadi sebuah agama.
belajar ajaran buddha juga harus bisa membedakan mana yang buddha ajarakan atau tradisi budhist.
pembimbing kita sudah jelas buddha,dhamma dan sanggah.
aliran buddhist terletak pada sanggah yang kita pilih sebab ini lah yang berbau tradisi budhist.

191
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Re: Karma
« on: 30 September 2015, 01:42:57 PM »
dalam karma yang kita lakukan 1 kali akan menghasilkan buah 7 kali jadi hendak nya berhati hati dalam melakukan nya jangan pernah berpikir bisa di ahosi atau di hilangkan hasil dari perbuatan karma kita.

karma bisa baik dan bisa juga buruk ini semua adalah hukum dari lingkaran samsara.
jangan pernah berpikir bisa mengakali karma dalam kehidupan ini.

karma kita pelajari untuk mendapat pengetahuan benar buah dari pandangan benar,pikiran benar,ucapan benar,perbuatan benar,penghidupan benar,daya upaya benar,perhatian benar, dan konsentrasi benar.


192
 _/\_

Salam semua nya singkat cerita saya banyak makan an sisa dari penjualan stand makan an saya
Saya sebenar nya ingin memberikan kepada panti asuhan yang ada disekitar rumah saya tapi saya tidak tau karena saya baru saja pindah didaerah ini
sekarang ini sisa makan an sering saya bagikan kepada orang di sekitar saha seperti karyawan, tukang sapu di daerah rumah, satpam, teman bahkan dimakan sendiri

Info makan.an yg sisa ayam goreng tepung dan kentang goreng spiral

Daerah rumah saya di.cengkareng

Mohon kira nya pendapat teman teman disini terima kasih

193
jasa orang tua kepada anak nya bagaikan hutang piutang dimasa hidup sekarang dan masa lalu
kita bisa lahir didunia ini karena orang tua kita setelah kita lahir banyak hutang yang dibayarkan kepada kita dari orang tua kita baik kandung maupun bukan ( bila kita di rawat oleh orang lain ) seperti mengasih makan, memberi baju, perlindungan, sekolah dan lain lain yang bisa kita kenang sampai saat ini.
jasa ini bila kita ingin membayar dapat di andaikan kita mengendong orang tua kita sampai akhir hayatnya dan memberikan yang terbaik yang kita punya sampai akhir hayat belum tentu kita lunas hutang kita kepada orang tua kita.

hutang orang tua kita jangan lah dijadikan beban hidup kita karena orang tua kita merawat kita pun tanpa pamrih terlebih orang tua wanita kita yaitu ibu kita. kita selalu pesta porah saat kita berulang tahun kita selalu mengudang teman kita untuk merayakan jarang sekali kita merayakan bersama orang tua kita. padahalan saat hari ulang tahun kita adalah hari yang sangat menyakitan bagi ibu kita karena pada saat itu adalah detik detik perjuangan hidup dan mati nya. dapat kah kita bayang kan beban ekonomi orang tua kita kalau saja dibawah garis kemiskinan pada saat kita lahir berapa beban uang yang harus di cari olah orang tua kita bahkan sampai harus meminjam uang untuk biaya lahiran anak mereka.

kadang terjadi konflik sampai kadang berkata tidak berharap terlahir sebagai anak kita atau juga kita tak berharap punya anak seperti dia. ini hanyalah ungkapan dari kebencian kebodohan kita terhadap konflik yang terjadi. kita bisa terlahir di keluarga orang tua kita bukan pilihan dan dipilihnya kita. tetapi karena kecenderungan karma yang sama untuk kita petik dalam kehidupan kita didunia ini. dan itu sangat rumit dan komplex untuk di jelas kan dalam tulisan yang sangat ringkas ini.

kesimpulan dapat kah hutang jasa orang tua kita bayar? jawaban nya bisa
berapa bunga nya? tentu saja ada dan tak dapat kamu bayar lunas
bagaimana membayar nya? dengan berbuat baik secara ucapan pikiran dan prilaku dan dilimpahkan jasa nya atas nama orang tua kita.
berapa lama kita melakukan nya? jawaban nya seumur hidup kita.

194
Buddhisme untuk Pemula / Re: help tentang KARMA dikehidupan nyata
« on: 03 May 2015, 10:31:43 PM »
sebaik nya direnungkan  _/\_

untuk kasus no 1 dan 2
bila kita mengetahui sesuatu yang buruk sebaik nya dikatakan dengan jujur dan bijak dengan perasaan suka citta dan lembut katakan ini tidak baik dan akan berakibat buruk dikemudian hari. bila kita tau sesuatu yang buruk dan kita tidak mengatakan nya apakah kita salah? apakah kita jahat? apakah kita terkena dampak buruk dikemudian hari? ini semua dapat kita pikirkan sebagaimana mana yang baik dan mana yang buruk renungkan lah. baik dan buruk semua itu ada didalam pikiran ucapan dan perbuatan kita semua bagaimana kita mengunakan nya sesuatu yang baik akan menghasilkan yang baik begitu juga sesuatu yang buruk akan menghasilkan sesuatu yang buruk dikemudian hari semua tergantung situasi dan kondisi dimasa yang akan datang.
pendapat orang tentang kita baik itu sombong angkuh egois baik hati dermawan itu semua adalah pendapat yang terjadi akibat dari semua tindak tanduk kita melalui pikiran ucapan dan perbuatan dimasa lalu dan masa sekarang maka renungkan lah bila kita tidak seperti itu kata kan itu tidak benar dan renungkan lah bila itu benar maka katakan itu benar. bila sesuatu yang benar mengarah pada keadaan yang buruk maka ubah lah pikiran ucapan fan perbuatan yang melekat pada situasi dan kondisi buruk itu. bila keadaan itu benar dan mengarah pada situasi dan kondisi yang baik maka pertahankan dan kembangkan lah pikiran ucapan dan perbuatan yang mengarah pada situsi dan kondisi baik itu.

karma terletak dekat disebelah kita baik dan buruk semua dilakukan olah pikiran ucapan dan prilaku kita dan hasil nya dapat dilihat oleh kita pada saat itu atau kemudian hari. apakah yang digolongkan sebagai karma baik dan buruk ?
karma baik adalah sesuatu perbuatan yang dilakukan dengan pikiran ucapan dan perbuatan dengan rasa suka citta menghasilkan ketenangan kesimbangan dan bahagia saat melakukan nya.
karma buruk adalah sesuatu perbuatan yang dilakukan dengan pikiran ucapan dan perbuatan dengan rasa benci, serakah, bodoh dan menghasilkan ketidak seimbangan bahtin gelisah tidak bahagia.

195
Meditasi / Re: Latihan meditasi di jakarta (samantha)
« on: 19 December 2014, 06:00:10 PM »
Kalo ke cibodas mau ga ?

Info dr hadayavatthu :

Pembukaan tanggal 28 des. - Peserta telah berkumpul di Cibodas maksimum jam 4 sore.
- Briefing dan kelas pembukaan jam 18.30 wib.
- Kelas berakhir jam 21.00 wib.

Retreat tanggal 29 des - 3 jan
05.00                 : Bangun Pagi
05.30 - 06.30    : Meditasi duduk I
06.30 - 08.00    : Makan pagi - Bersih-bersih
08.00 - 08.30    : Meditasi Jalan I
08.30 - 11.00    : Kelas Abhidhamma I
11.00 - 12.00    : Makan siang
12.00 - 13.30    : Istirahat
13.30 - 16.30    : Kelas Abhidhamma II
16.30 - 17.00    : Tea time / Meditasi jalan
17.00 - 18.00    : Meditasi Duduk II
18.00 - 19.00    : Istirahat
19.00 - 19.30    : Puja
19.00 - 21.00    : Kelas Abhidhamma III
21.00                 : Istirahat - Tidur

Penutupan tanggal 4 Jan
05.00                 : Bangun Pagi
05.30 - 06.30    : Meditasi duduk I
06.30 - 08.00    : Makan pagi - Bersih-bersih
08.00 - 08.30    : Meditasi Jalan I
08.30 - 11.00    : Kelas Abhidhamma I
11.00 - 12.00    : Makan siang
12.00 - 13.30    : Pulang.

Selama kegiatan peserta akan atthasila.
Noble Silence tidak diterapkan namun diharapkan peserta mendiskusikan dhamma/materi abhidhamma.

untuk pendaftaran ke : www.hadayavatthu.org/register atau email : daftarhadaya [at] gmail.com bisa juga email ke : register [at] hadayavatthu.org


saya ga bisa ikut karena saya ada anak masih kecil kecil kasihan istri saya ngurus sendirian

Pages: 1 ... 6 7 8 9 10 11 12 [13] 14 15 16 17 18 19 20 ... 36
anything