//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Diwisuda untuk menjadi upasakha/upasikha?  (Read 13293 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline junxiong

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 940
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Diwisuda untuk menjadi upasakha/upasikha?
« Reply #15 on: 18 November 2010, 08:30:04 PM »
Tisarana sih sebetulnya,
baru nyadar salah ketik :p

itu pernyataan bahwa berlindung pada Buddha, Dhamma dan Sangha.
isinya seperti ini :

Buddham saranam gacchami
Dhammam saranam gacchami
Sangham saranam gacchami

Dutiyampi Buddham saranam gacchami
Dutiyampi Dhammam saranam gacchami
Dutiyampi Sangham saranam gacchami

Tatiyampi Buddham saranam gacchami
Tatiyampi Dhammam saranam gacchami
Tatiyampi Sangham saranam gacchami
"The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents." - Nathaniel Borenstein

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Diwisuda untuk menjadi upasakha/upasikha?
« Reply #16 on: 20 November 2010, 07:16:24 AM »
Bagaimanakah Yang Di Sebut Upasaka Upasika Itu
Oleh Yang Mulia Bhikkhu Shanti Bhadra Mahathera


Dalam bahasa Pali umat Buddha laki-laki disebut Upasaka, sedangkan wanita disebut Upasika. Kata "upasaka" berarti seseorang yang mengenal dekat dan akrab Tiratana (Tiga Permata) —Buddha (orang yang telah mencapai Penerangan Sempurna), Dhamma (ajaran), dan Sangha (persaudaraan dari orang yang meninggalkan keduniawian). Ketika seseorang menerima Tiga Perlindungan atau menganggapnya sebagai pedoman hidup, umumnya dapat dikatakan sebagai seorang umat Buddha.
 
Saat menerima ajaran Sang Buddha sebagai pedoman hidup, dia harus menjalani suatu bentuk latihan, yaitu kemoralan (Sila). Lima bentuk latihan sebagai dasar dari kemoralan (Sila). Kelima Sila itu dilaksanakan dengan pengendalian diri, bukan dengan diperintah. Dan melakukan Sila itu berdasarkan pengertian untuk mengurangi kadar dari tiga akar kejahatan yakni lobha (keserakahan), dosa (kebencian), dan moha (kebodohan).

Dengan melatih diri menghindari diri dari pembunuhan, pencurian, perzinahan, kebohongan, dan mabuk-mabukan; dan berdasarkan ini memupuk diri dengan kemurahan hati (alobha), cinta kasih (adosa), dan pengertian benar (amoha).

Lima Pencapaian
Sang Buddha telah menunjukkan bahwa seorang upasaka yang mempunyai lima hal berikut ini dengan baik dapat diumpamakan seperti bunga teratai merah (paduma), teratai putih (pundarika), dan permata (ratana). Kelima hal tersebut adalah:

   1. Saddha (keyakinan pada Buddha, Dhamma, dan Sangha
   2.      Sila (kemoralan, etika).
   3.      Tidak yakin pada Kotuhala Mangalika (menerima sesuatu yang baik dan buruk yang ia anggap sebagai pertanda keberuntungan dan kemalangan).
   4.      Yakin pada Hukum Kamma (Hukum sebab dan akibat).
   5.      Nabahida dakkhinineyyan gaveseti (pencarian di manapun, di luar ajaran Sang Buddha, untuk berdana baik segi materi maupun non materi; dan mengulurkan tangan pertama-tama pada kebenaran, sebagai pengamalan ajaran Sang Buddha).

Melalaikan hal-hal tersebut berarti menodai upasaka yang dapat diumpamakan seperti orang buangan (chandala), noda (malan), dan orang dari keturunan rendah (patikuttha).

Sepuluh Pengertian
Dalam Milinda Panha (pertanyaan Raja Milinda), Bhikkhu Nagasena dalam percakapannya dengan Raja Yunani, menjelaskan garis besar sepuluh kualitas seorang upasaka.

   1.      Dia selalu menginginkan kesejahteraan Sangha. Dhamma menempati kedudukan yang utama dalam kehidupannya.
   2.      Dia selalu memberi dengan kemurahan hati.
   3.      Bila dia melihat tanda kemunduran dari ajaran Sang Buddha (sasana), dia berbuat dengan sekuat tenaga untuk menolong dan menegakkan kembali.
   4.      Dia terbebas dari takhyul tentang pertanda dan tanda-tanda yang memberikan keberuntungan atau kemalangan. Dan ia memiliki pengertian yang benar.
   5.     Kalaupun ada kejadian dalam kehidupannya, ia tidak memikirkan orang lain selain Sang Buddha sebagai Gurunya.
   6.     Dia tertib, dalam ucapan dan perbuatannya.
   7.      Dia rukun dan harmonis dalam hubungan antar manusia.
   8.      Dia tidak bersifat iri hati.
   9.      Dia tidak menggunakan agama Buddha untuk menipu orang lain atau untuk memperoleh nama dan kemashyuran.
  10.      Dia menerima Perlindungan (berpedoman pada) Buddha, Dhamma, Sangha.

Manfaat dan Bantuan
Dalam percakapan dengan Mahanama, salah seorang saudara sepupu Sang Buddha, Beliau menguji delapan tanda seorang upasaka yang melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan memberikan berkah serta bantuan kepada orang lain. Delapan ciri tersebut adalah:

   1.      Dia memiliki kepercayaan dan menanamkannya pada orang lain.
   2.      Dia memiliki kebajikan dan disiplin serta mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.
   3.      Dia memiliki kemurahan hati dan menjelaskan perbuatan baik tersebut kepada orang lain.
   4.     Dia senang bertemu dengan bhikkhu dan juga mengajak orang lain untuk bergabung bersama-sama.
   5.     Dia gemar mendengarkan diskusi Dhamma dan mendorong ketertarikannya pada Dhamma itu kepada orang lain; dan dia memulainya untuk berbuat demikian.
   6.      Dia menunjang Dhamma yang telah ia dengarkan dan merenungkan dalam batin pada waktu senggang untuk memperdalam pengertiannya. Dia menganjurkan orang lain berbuat demikian.
   7.      Dia mengkaji dan menerapkan Dhamma secara terus menerus dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.
   8.      Dia mempraktikkan Dhamma dalam kehidupannya sehari-hari, mendorong dan membangkitkan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Seorang Upasaka seharusnya tidak melakukan sejumlah pekerjaan yang merugikan orang lain. Yaitu menghindari lima jenis perdagangan:

    berdagang peralatan perang, budak, daging/binatang, makanan yang dapat memabukkan, dan racun.


Dua Upasaka Pertama
Tapussa dan Bhallika adalah dua pedagang bersaudara yang pertama kali mempersembahkan makanan sejenis gandum dan madu kepada Sang Buddha setelah Beliau mencapai Penerangan Sempurna. Mereka juga menjadi upasaka pertama yang menerima Dua Perlindungan pada Buddha dan Dhamma. Saat itu belum ada Sangha.

Tercatat, mereka bertemu Sang Buddha lagi setelah empat atau lima bulan di Rajagaha. Mereka mendengarkan ajaran Sang Buddha. Dan Tapussa mencapai tingkat kesucian yang pertama (Sotapana) dan tetap sebagai upasaka. Sedang Bhallika mencapai Arahat dan kemudian menjadi anggota Sangha.

Perubahan Besar
Kisah tentang upasaka pertama yang menerima Tiga Perlindungan sangat menarik. Di kota kuno Benares, tinggal seorang pedagang kaya yang mempunyai seorang putra bernama Yasa. Dia dibesarkan di lingkungan yang mewah. Bosan dengan hidupnya dalam sangkar kemewahan, dia menempuh hidup dengan kesenangan indera yang melemahkan dan dangkal. Dia mengungkapkan dirinya demikian,

    Aduh, letih aku dalam kesibukan duniawi, apakah gunanya semua nafsu dan kesakitan ini, datang, datanglah kedamaian, kedamaian yang indah, ke dalam dadaku(Goethe)

Pada suatu pagi, dia meninggalkan rumahnya dengan sembunyi-sembunyi dan berangkat menuju Sarnath (Taman Rusa), mencari kedamaian dan ketenangan batin.

Ketika itu Sang Buddha tinggal di Sarnath bangun di pagi hari dan berjalan mondar-mandir di suatu ruangan terbuka. Saat Beliau melihat seorang pemuda —Yasa datang mendekatinya, Beliau duduk dan menunggunya. Yasa datang kepada Sang Buddha, memberikan hormat, dan duduk di dekatnya. Sang Buddha tahu bahwa pikiran Yasa sedang tak menentu. Diawali dengan uraian tentang kehidupan sehari-hari, perlahan-lahan Sang Buddha mengantarkannya menuju khotbah yang lebih berkembang dan mendasar tentang Empat Kesunyataan Mulia.

Seperti halnya kain yang masih bersih tanpa noda hitam atau kotoran, akan mudah dicelup warna, demikian juga dengan setiap rangkaian, kesucian dan kemurnian pandangan Dhamma —bangkit dalam pikiran Yasa. Dan dia mencapai tingkat kesucian pertama, Sotapana.

Tidak lama kemudian, Ayah Yasa datang mencarinya. Sang Buddha menjumpainya dengan senyum yang memancarkan cinta kasih, menghibur dan membuatnya gembira dengan sebuah khotbah yang dalam maknanya. Pada akhir khotbah ayah Yasa berkata, Luar biasa, luar biasa, Sang Bhagava.


http://artikelbuddhis.blogspot.com/2010/06/bagaimanakah-yang-di-sebut-upasaka.html

semoga bermanfaat
metta
« Last Edit: 20 November 2010, 07:18:30 AM by marcedes »
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Terasi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 111
  • Reputasi: 12
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Diwisuda untuk menjadi upasakha/upasikha?
« Reply #17 on: 21 November 2010, 04:08:05 PM »
biasa nya menerima latihan/pengajaran buddhis dulu (dasar dasar agama buddhis) dulu sebelum di wisudi dan menerima pancasila untuk di jalan kan sehari hari dan menjalankan atthasila pada hari  uposatha. dapet nama Buddhis dari bhantenya gitu loh sebatas pengetahuan wa.

ada yang mau menambahkan?

Lo, ini harus kah?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Diwisuda untuk menjadi upasakha/upasikha?
« Reply #18 on: 21 November 2010, 08:42:19 PM »
pertanyaan menarik. tapi kekna itu semua adalah pengembangan lebih lanjut belakangan.

Setahu saya itu adalah kebudayaan/kebiasaan. Saya bahkan belum ketemu rujukan bahwa siswa sang Buddha harus menjalankan Pancasila, hanya ketemu soal ada 8 hadiah yg bisa dicapai dalam AN 8.39: Abhisanda Sutta. 3 rewards of merits nya itu adalah taking refuge to Buddha,Dhamma,Sangha, lalu 5 sisanya adalah pancasila itu. Mungkin itu dipaketkanlah jadi setelah taking refuge/tisarana, dipaketin lengkap sama pancasila, lengkaplah 8 rewardsnya itu yg bisa dicapai. CMIIW

Lalu soal uposatha, kekna uposatha itu bukan hanya ada dalam Buddhism, dalam AN 3.70: Muluposatha Sutta dikatakan ada 3 jenis uposatha, yaitu
1. Uposatha pengembala sapi
2. Uposatha Jainisme
3. Uposatha dari Yang Mulia (Buddhisme)

Quote
"And what is the Uposatha of the Noble Ones? It is the cleansing of the defiled mind through the proper technique.

Quote
One should not kill a being
   or take what is not given;
should not tell a lie
   or be a drinker of strong drink;
should abstain from uncelibacy, the sexual act;
should not eat at night, the wrong time of day;
should not wear a garland or use a scent;
should sleep on a pallet, a mat spread on the ground —
for this eight-factored Uposatha
has been proclaimed by the Awakened One
to lead to the end
   of suffering & stress.

Lalu kembali lagi, tentu sebagai seorang murid dari seorang guru, kita jika ingin mendapatkan hasil seperti yg diharapkan, tentu menjalankan instruksi sang guru. Instruksi Sang Guru kita yah kalau mau ambil yg tertinggi, masuk monastik yg dengan vinaya akan menguide kita lebih cepat ke "tujuan"

Wajib atau tidak, jawabannya kembali ke masing2. Mau sehat, dikasih obat, tapi bertanya wajib makan atau tidak yah...

note:
Pasien = murid sang buddha
obat = dhamma
dokter = Buddha

note2: tidak semua pasien mau sembuh. Terkadang ada jg yg masih belum mampu (baca: mau) menelan obat pahit.

note3: secara pembakuan, tentu perlu dibuat terstruktur seperti yg dikatakan bro daimond, tapi tentu tidak semua menjalankan.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Terasi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 111
  • Reputasi: 12
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Diwisuda untuk menjadi upasakha/upasikha?
« Reply #19 on: 27 November 2010, 06:02:14 PM »
Hmm iya sih bener soal perumpamaan obat itu, makasih ya.

Tapi sebenarnya saya hanya ingin tahu apakah kalau tidak pernah menjalankan atthasila waktu hari Uposatha lalu tidak boleh merasa dirinya Buddhist  ;D. Kan emang idealnya kita semua lewat jalan tol alias jadi bhikkhu/ni, tapi kan nggak semua orang bisa.

Oh itu sebabnya di cerita Jataka ada soal kelinci, rubah, dan monyet (agak lupa apa memang binatang2 itu) yang observe Uposatha, tapi karena si kelincinya nggak punya apa2 untuk diberikan pada orang lain, dia lompat ke api untuk memberikan diri sendiri sebagai santapan seorang Brahmin. Trus ada lagi ceritanya buruh miskin di rumah orang kaya yang observe Uposatha, karena ngotot tetap mau ikut si buruh meninggal kelaparan lalu terlahir jadi raja. Waktu baca cerita-cerita itu saya bingung. Kan ceritanya Jataka sebelum sang Buddha, kenapa ada Uposatha ya... sekarang sudah mengerti. Tapi kok penggembala sapi ada Uposathanya ya.