//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.  (Read 10710 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« on: 15 February 2009, 12:12:36 AM »
Tidak banyak yang tahu Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw sebenarnya bukan penemu metode yang kita sebut sesuai namanya, sebenarnya mereka hanya penerus metode, tetapi mereka selain penerus metode juga sebagai orang yang mempromosikan dan mempopulerkan kembali metode tersebut. Sehingga orang mengenal metode tersebut sesuai dengan namanya.

Sehubungan dengan Vipassana metode Mahasi Sayadaw, metode ini lebih tepat disebut direct Vipassana.

Sedangkan metode Pa Auk Sayadaw tidak langsung ke Vipassana tetapi lebih dahulu para meditator diharuskan untuk berlatih samatha (anapanasati) lebih dahulu hingga mencapai Jhana, baru kemudian diarahkan untuk melihat tubuh bagian dalam, yaitu melihat tulang karena tujuannya adalah untuk mengalihkan Jhana pertama yang didapat dari objek tulang yang termasuk 32 bagian tubuh, ke kasina warna putih, karena cahaya yang didapat dari kasina warna putih lebih terang daripada cahaya yang didapat dari objek anapanasati.

Setelah meditasi berdasarkan objek kasina telah komplit dilatih hingga jhana ke 8, maka baru kemudian nimitta (cahaya) yang didapat diarahkan untuk Vipassana.

Semua ini juga ada tertulis di Visuddhi Magga (jalan kesucian).

Ini adalah gambaran umum dari metode meditasi yang diajarkan oleh Pa Auk Sayadaw.
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #1 on: 15 February 2009, 01:34:38 AM »
maaf bro fabian, kalau harus lewat samatha dulu, mana pantas dikasih nama direct vipassana? ???

lebih tepatnya diberi nama in-direct
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #2 on: 15 February 2009, 07:13:29 AM »
maksudnya yg Mahasi Sayadaw yang direct, yg Pa Auk Saydaw yg tidak langsung. gitu sih yg aye tangkep dari tulisannya.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #3 on: 15 February 2009, 07:25:53 AM »
^ Ya.... saya juga tangkap begitu... :D

Tidak banyak yang tahu Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw sebenarnya bukan penemu metode yang kita sebut sesuai namanya, sebenarnya mereka hanya penerus metode, tetapi mereka selain penerus metode juga sebagai orang yang mempromosikan dan mempopulerkan kembali metode tersebut. Sehingga orang mengenal metode tersebut sesuai dengan namanya.

Sehubungan dengan Vipassana metode Mahasi Sayadaw, metode ini lebih tepat disebut direct Vipassana.

Sedangkan metode Pa Auk Sayadaw tidak langsung ke Vipassana tetapi lebih dahulu para meditator diharuskan untuk berlatih samatha (anapanasati) lebih dahulu hingga mencapai Jhana, baru kemudian diarahkan untuk melihat tubuh bagian dalam, yaitu melihat tulang karena tujuannya adalah untuk mengalihkan Jhana pertama yang didapat dari objek tulang yang termasuk 32 bagian tubuh, ke kasina warna putih, karena cahaya yang didapat dari kasina warna putih lebih terang daripada cahaya yang didapat dari objek anapanasati.

Setelah meditasi berdasarkan objek kasina telah komplit dilatih hingga jhana ke 8, maka baru kemudian nimitta (cahaya) yang didapat diarahkan untuk Vipassana.

Semua ini juga ada tertulis di Visuddhi Magga (jalan kesucian).

Ini adalah gambaran umum dari metode meditasi yang diajarkan oleh Pa Auk Sayadaw.

Ko Fabian.... anumodana atas sharingnya..._/\_

:lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #4 on: 15 February 2009, 09:20:45 AM »
i see
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #5 on: 15 February 2009, 09:23:40 AM »
Wah uda turun gunung nih  ;D  Sekalian mo nanya ko Fabian,



1. Mengapa melatih objek kasina warna putih harus melalui tulang. Apakah tidak bisa langsung ke kasina warna putih langsung sejak awal meditasi ? (jadi lebih menghemat waktu atau mungkin ada alasan lainnya?)

2. Jika vipasanna baru dilakukan setelah  kasina komplit sampai jhana 8, bukankah lebih baik kita meditasi langsung dengan objek kasina tanpa melewati anapanasati?

sekalian cerita2 pengalaman retreatnya ko...;D

 _/\_

 





« Last Edit: 15 February 2009, 11:13:30 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #6 on: 16 February 2009, 07:14:34 PM »
Wah uda turun gunung nih  ;D  Sekalian mo nanya ko Fabian,

1. Mengapa melatih objek kasina warna putih harus melalui tulang. Apakah tidak bisa langsung ke kasina warna putih langsung sejak awal meditasi ? (jadi lebih menghemat waktu atau mungkin ada alasan lainnya?)

2. Jika vipasanna baru dilakukan setelah  kasina komplit sampai jhana 8, bukankah lebih baik kita meditasi langsung dengan objek kasina tanpa melewati anapanasati?

sekalian cerita2 pengalaman retreatnya ko...;D

 _/\_

Iya nih saudara Bond, gara-gara ayal-ayalan sama ambeiennya terpaksa berhenti sebelum waktunya, tapi nggak apa-apa, masih ada tahun depan.

1. mengenai mengapa sesudah mencapai Jhana dengan Anapanasati baru diarahkan kasina putih dengan memperhatikan tulang (kayagatasati dengan objek tulang lebih dahulu hingga mencapai jhana baru diarahkan untuk memperhatikan karakteristik warna dari tulang), ini disebabkan oleh karena ada orang yang tidak cocok melatih kasina dengan objek luar bahkan Visuddhi Magga mengatakan melatih kasina langsung sulit (kalau tidak salah dikatakan bahwa hanya satu diantara seratus yang berhasil mencapai upacara samadhi, buku Visuddhi Magga saya sedang dipinjam jadi tak dapat mengkonfirmasi) lalu dikatakan bahwa untuk mencapai Jhana lebih sulit hanya satu diantara seratus yang dapat mencapai Jhana, lalu hanya satu diantara seratus yang mampu menguasai kemahiran kasina Jhana (vasi) dan satu diantara seratus yang berhasil menerapkan cepat tanggap (rapid response) seperti yang dimiliki oleh para Arahat-Arahat tangguh.

Sang Buddha memiliki rapid response luar biasa, yaitu berpindah dari kasina air ke kasina api dengan cepat sehingga nampaknya air dan api keluar bersamaan seperti yang terlihat dalam Yamaka Patihariya (keajaiban kembar yaitu air dan api keluar sekaligus dari tubuh Beliau)  OOT hehehe...

Dalam salah satu ceramah beliau di Cibodas Pa Auk Sayadaw mengatakan bahwa dari sekian banyak siswa meditasi yang belajar dengan beliau hanya satu orang yang berhasil mencapai Jhana dengan berlatih meditasi kasina langsung.

Mengenai pengalaman retretnya biasa saja, pengalaman paling menarik adalah pengalaman manunggal dengan objek, inilah yang menurut pandangan Kejawen disebut manunggaling kawula gusti, sebenarnya di dalam Visuddhi Magga pengalaman manunggal ini disebut absorption.

Semoga keterangan ini dapat membantu saudara Bond

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #7 on: 17 February 2009, 01:15:14 PM »
Wah uda turun gunung nih  ;D  Sekalian mo nanya ko Fabian,

1. Mengapa melatih objek kasina warna putih harus melalui tulang. Apakah tidak bisa langsung ke kasina warna putih langsung sejak awal meditasi ? (jadi lebih menghemat waktu atau mungkin ada alasan lainnya?)

2. Jika vipasanna baru dilakukan setelah  kasina komplit sampai jhana 8, bukankah lebih baik kita meditasi langsung dengan objek kasina tanpa melewati anapanasati?

sekalian cerita2 pengalaman retreatnya ko...;D

 _/\_

Iya nih saudara Bond, gara-gara ayal-ayalan sama ambeiennya terpaksa berhenti sebelum waktunya, tapi nggak apa-apa, masih ada tahun depan.

1. mengenai mengapa sesudah mencapai Jhana dengan Anapanasati baru diarahkan kasina putih dengan memperhatikan tulang (kayagatasati dengan objek tulang lebih dahulu hingga mencapai jhana baru diarahkan untuk memperhatikan karakteristik warna dari tulang), ini disebabkan oleh karena ada orang yang tidak cocok melatih kasina dengan objek luar bahkan Visuddhi Magga mengatakan melatih kasina langsung sulit (kalau tidak salah dikatakan bahwa hanya satu diantara seratus yang berhasil mencapai upacara samadhi, buku Visuddhi Magga saya sedang dipinjam jadi tak dapat mengkonfirmasi) lalu dikatakan bahwa untuk mencapai Jhana lebih sulit hanya satu diantara seratus yang dapat mencapai Jhana, lalu hanya satu diantara seratus yang mampu menguasai kemahiran kasina Jhana (vasi) dan satu diantara seratus yang berhasil menerapkan cepat tanggap (rapid response) seperti yang dimiliki oleh para Arahat-Arahat tangguh.

Sang Buddha memiliki rapid response luar biasa, yaitu berpindah dari kasina air ke kasina api dengan cepat sehingga nampaknya air dan api keluar bersamaan seperti yang terlihat dalam Yamaka Patihariya (keajaiban kembar yaitu air dan api keluar sekaligus dari tubuh Beliau)  OOT hehehe...

Dalam salah satu ceramah beliau di Cibodas Pa Auk Sayadaw mengatakan bahwa dari sekian banyak siswa meditasi yang belajar dengan beliau hanya satu orang yang berhasil mencapai Jhana dengan berlatih meditasi kasina langsung.

Mengenai pengalaman retretnya biasa saja, pengalaman paling menarik adalah pengalaman manunggal dengan objek, inilah yang menurut pandangan Kejawen disebut manunggaling kawula gusti, sebenarnya di dalam Visuddhi Magga pengalaman manunggal ini disebut absorption.

Semoga keterangan ini dapat membantu saudara Bond

 _/\_


Terima kasih ko fabian atas penjelasannya dan sangat membantu. _/\_ oh ya..memangnya tahun depan Paauk datang lagi ko?
« Last Edit: 17 February 2009, 01:18:23 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #8 on: 17 February 2009, 03:24:28 PM »
saudara fabian sekalian info retreat nya donk.....
kalau ada kamma baik saya juga mau ikut.... _/\_
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #9 on: 17 February 2009, 03:31:29 PM »
Quote
Mengenai pengalaman retretnya biasa saja, pengalaman paling menarik adalah pengalaman manunggal dengan objek, inilah yang menurut pandangan Kejawen disebut manunggaling kawula gusti, sebenarnya di dalam Visuddhi Magga pengalaman manunggal ini disebut absorption.

jhana
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #10 on: 17 February 2009, 05:05:27 PM »
Wah uda turun gunung nih  ;D  Sekalian mo nanya ko Fabian,

1. Mengapa melatih objek kasina warna putih harus melalui tulang. Apakah tidak bisa langsung ke kasina warna putih langsung sejak awal meditasi ? (jadi lebih menghemat waktu atau mungkin ada alasan lainnya?)

2. Jika vipasanna baru dilakukan setelah  kasina komplit sampai jhana 8, bukankah lebih baik kita meditasi langsung dengan objek kasina tanpa melewati anapanasati?

sekalian cerita2 pengalaman retreatnya ko...;D

 _/\_

Iya nih saudara Bond, gara-gara ayal-ayalan sama ambeiennya terpaksa berhenti sebelum waktunya, tapi nggak apa-apa, masih ada tahun depan.

1. mengenai mengapa sesudah mencapai Jhana dengan Anapanasati baru diarahkan kasina putih dengan memperhatikan tulang (kayagatasati dengan objek tulang lebih dahulu hingga mencapai jhana baru diarahkan untuk memperhatikan karakteristik warna dari tulang), ini disebabkan oleh karena ada orang yang tidak cocok melatih kasina dengan objek luar bahkan Visuddhi Magga mengatakan melatih kasina langsung sulit (kalau tidak salah dikatakan bahwa hanya satu diantara seratus yang berhasil mencapai upacara samadhi, buku Visuddhi Magga saya sedang dipinjam jadi tak dapat mengkonfirmasi) lalu dikatakan bahwa untuk mencapai Jhana lebih sulit hanya satu diantara seratus yang dapat mencapai Jhana, lalu hanya satu diantara seratus yang mampu menguasai kemahiran kasina Jhana (vasi) dan satu diantara seratus yang berhasil menerapkan cepat tanggap (rapid response) seperti yang dimiliki oleh para Arahat-Arahat tangguh.

Sang Buddha memiliki rapid response luar biasa, yaitu berpindah dari kasina air ke kasina api dengan cepat sehingga nampaknya air dan api keluar bersamaan seperti yang terlihat dalam Yamaka Patihariya (keajaiban kembar yaitu air dan api keluar sekaligus dari tubuh Beliau)  OOT hehehe...

Dalam salah satu ceramah beliau di Cibodas Pa Auk Sayadaw mengatakan bahwa dari sekian banyak siswa meditasi yang belajar dengan beliau hanya satu orang yang berhasil mencapai Jhana dengan berlatih meditasi kasina langsung.

Mengenai pengalaman retretnya biasa saja, pengalaman paling menarik adalah pengalaman manunggal dengan objek, inilah yang menurut pandangan Kejawen disebut manunggaling kawula gusti, sebenarnya di dalam Visuddhi Magga pengalaman manunggal ini disebut absorption.

Semoga keterangan ini dapat membantu saudara Bond

 _/\_


Terima kasih ko fabian atas penjelasannya dan sangat membantu. _/\_ oh ya..memangnya tahun depan Paauk datang lagi ko?


Saudara Bond yang baik,

Beliau bilang sih begitu, kalau Beliau nggak sempat ya kita saja yang pergi ke Myanmar.

sukhi hotu

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #11 on: 17 February 2009, 05:07:11 PM »
Quote
Mengenai pengalaman retretnya biasa saja, pengalaman paling menarik adalah pengalaman manunggal dengan objek, inilah yang menurut pandangan Kejawen disebut manunggaling kawula gusti, sebenarnya di dalam Visuddhi Magga pengalaman manunggal ini disebut absorption.

jhana

Saudara Tesla yang baik,

Saya rasa ini belum bisa disebut Jhana, hanya appana samadhi atau mungkin Jhana minor, karena Jhana hanya tinggal memperpanjang lamanya manunggal tersebut.

Perbedaan antara Jhana dan absorption hanya pada faktor Jhana itu sendiri, pada Jhana,  faktor Jhana (vitakka, vicara, piti, sukha dan ekaggata) kuat sedangkan pada absorpttion faktor Jhananya masih lemah.

sukhi hotu

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #12 on: 17 February 2009, 05:13:58 PM »
saudara fabian sekalian info retreat nya donk.....
kalau ada kamma baik saya juga mau ikut.... _/\_

Saudara Marcedes yang baik,

Maaf saya kurang tahu mengenai jadwalnya, tetapi untuk lebih jelas bisa hubungi sdr. Charles Hardono (0812)1050996 dia penyelenggaranya.

sukhi hotu

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #13 on: 17 February 2009, 05:24:21 PM »
taon depan semoga ada lagi yg 3 bulan  [-o< [-o< ke myanmar jauhhhhh...

Offline komet

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #14 on: 17 January 2015, 08:46:16 PM »
Tidak banyak yang tahu Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw sebenarnya bukan penemu metode yang kita sebut sesuai namanya, sebenarnya mereka hanya penerus metode, tetapi mereka selain penerus metode juga sebagai orang yang mempromosikan dan mempopulerkan kembali metode tersebut. Sehingga orang mengenal metode tersebut sesuai dengan namanya.

Sehubungan dengan Vipassana metode Mahasi Sayadaw, metode ini lebih tepat disebut direct Vipassana.

Sedangkan metode Pa Auk Sayadaw tidak langsung ke Vipassana tetapi lebih dahulu para meditator diharuskan untuk berlatih samatha (anapanasati) lebih dahulu hingga mencapai Jhana, baru kemudian diarahkan untuk melihat tubuh bagian dalam, yaitu melihat tulang karena tujuannya adalah untuk mengalihkan Jhana pertama yang didapat dari objek tulang yang termasuk 32 bagian tubuh, ke kasina warna putih, karena cahaya yang didapat dari kasina warna putih lebih terang daripada cahaya yang didapat dari objek anapanasati.

Setelah meditasi berdasarkan objek kasina telah komplit dilatih hingga jhana ke 8, maka baru kemudian nimitta (cahaya) yang didapat diarahkan untuk Vipassana.

Semua ini juga ada tertulis di Visuddhi Magga (jalan kesucian).

Ini adalah gambaran umum dari metode meditasi yang diajarkan oleh Pa Auk Sayadaw.

Metode pa auk "berbahaya" karena anapanasati tidak bisa digunakan untuk
mencapai jana dalam 10 hari retreat. Selain itu para pemula yg masih berkutat sekitar urusan niwarana
Akan tersesat dalam pusaran sankara yg tiada habisnya.

Tujuannya jana, tapi saat sesi tanya jawab yg ditanyakan mesti niwarana yg berkembang.
ada baiknya peserta yg mengikuti retreat spt ini sudah memiliki persiapan dirumah, dan
Tolong pendapat anda dikoreksi. Tidak mesti kekuatan anapanasati kalah dengan nimitta putih
dari merenungkan tulang. Belum tentu, tergantung siapa yg melakukan anapanasati.
Jangan karena kurang mampu, anapanasatinya yg dianggap loyo.sembarangan.
teori seenaknya sendiri.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #15 on: 17 January 2015, 11:08:10 PM »
Wah berkat bro Komet jadi bisa ketemu postingan lama2 mengenai metode Pak Auk dan Mahasi, keren... :jempol:


Jangan karena kurang mampu, anapanasatinya yg dianggap loyo.sembarangan.
teori seenaknya sendiri.
Anda bilang "teori seenaknya sendiri" ?
Terus teori yang enak menurut anda bagaimana ?
I'm an ordinary human only

Offline komet

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #16 on: 18 January 2015, 01:23:25 AM »
Wah berkat bro Komet jadi bisa ketemu postingan lama2 mengenai metode Pak Auk dan Mahasi, keren... :jempol:

Anda bilang "teori seenaknya sendiri" ?
Terus teori yang enak menurut anda bagaimana ?

Pantas superserius
Begini
Jika memodifikasi anapanasati seperti itu
Agar lebih praktis dan pintas
Itu tidak dilarang.
Tapi janganlah mengatakan hasil dari anapanasati
Lebih ringan daripada kasina pth melalui jhana1.
Tergantung siapa dulu yg mengerjakan anapanasati.
jangan karena usaha kurang, anapanasatinya yg dianggap kurang bermutu.

apa hebatnya kasina putih, jika subyek yg meditasi
cenderung memiliki nafsu seks melewati batas normal.
pasti meditasinya amburadul.
tapi kalau anapanasati nya baik, tekun dan tidak main jalan pintas spt ini
Perenungan tulang itu sama saja dengan yg lainnya.Tidak istimewa. Bia


Offline pengelana_abadi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 653
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • walking on the path of Dhamma
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #17 on: 18 January 2015, 09:44:16 PM »
Wah berkat bro Komet jadi bisa ketemu postingan lama2 mengenai metode Pak Auk dan Mahasi, keren... :jempol:

Anda bilang "teori seenaknya sendiri" ?
Terus teori yang enak menurut anda bagaimana ?

oma,
bila ada orang sakit jiwa yang penuh delusi
yang bersikeras mengatakan
bahwa bumi ini bulat,
orang lain yang bilang bahwa bumi ini adalah bulat,
adalah orang yang membuat teori seenaknya sendiri.

apa yang akan oma lakukan?
tentu saja oma akan mencuekin dia..
betul ga ?
^o^**May All living beings be always happy and kind**^o^

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pa Auk Sayadaw maupun Mahasi Sayadaw adalah penerus metode.
« Reply #18 on: 20 January 2015, 09:40:29 PM »
oma,
bila ada orang sakit jiwa yang penuh delusi
yang bersikeras mengatakan
bahwa bumi ini bulat,
orang lain yang bilang bahwa bumi ini adalah bulat,
adalah orang yang membuat teori seenaknya sendiri.

apa yang akan oma lakukan?
tentu saja oma akan mencuekin dia..
betul ga ?
:hammer: :)) :))


Pantas superserius
Begini
Jika memodifikasi anapanasati seperti itu
Agar lebih praktis dan pintas
Itu tidak dilarang.
Tapi janganlah mengatakan hasil dari anapanasati
Lebih ringan daripada kasina pth melalui jhana1.
Tergantung siapa dulu yg mengerjakan anapanasati.
jangan karena usaha kurang, anapanasatinya yg dianggap kurang bermutu.

apa hebatnya kasina putih, jika subyek yg meditasi
cenderung memiliki nafsu seks melewati batas normal.
pasti meditasinya amburadul.
tapi kalau anapanasati nya baik, tekun dan tidak main jalan pintas spt ini
Perenungan tulang itu sama saja dengan yg lainnya.Tidak istimewa. Bia
Pengalaman pribadi yak... ;D
I'm an ordinary human only