Halo Om Mokau, minta saran donk mengenai asuransi kesehatan utk kantor perwakilan..
Jumlah karyawan kan sedikit, kalo tempatku saat ini baru 2 karyawan, jd kalo mau beli asuransi kesehatan itu gak bisa beli yg Group/Corporate/Employee Benefit (tdk memenuhi syarat minimum kepesertaan), jadinya hanya bisa beli polis individu.
Yg sudah berjalan.. askes punyaku adalah Polis Individu, budget dari company utk askesku adalah Rp. 2.9 juta.
Tahun lalu saat saya baru mulai kerja, saya tdk begitu paham ttg ini dan hanya menerima saja polis yg sudah dideal antara HR & agent asuransi, trs saya hanya proses pembayarannya. Yg dikasih inpatient Plan B, outpatient Plan A, Dental Plan A, dgn total saat itu hampir sekitar 2.9 juta.
Tapi seiring berjalannya waktu, kebetulan saya sering sakit dan outpatient nya itu sangat terpakai, utk Outpatient Plan A sendiri per visit per hari, GP = Rp. 25.000, SP = Rp. 75.000, dan Test diagnosa / tahun = Rp. 600.000.
Terus terang sulit utk menyesuaikan dgn budget, krn biaya dokter utk saat ini jarang yg ada segitu, terkecuali RS pemerintah. So far sih ga bermasalah krn masih bisa ke RS pemerintah, tapi ketika sakitnya ga bisa sembuh2 dan butuh cari dokter lain utk second opinion, mau di RS lain, fee nya kan susah ketemu yg segitu, dan terlebih lagi tes diagnosa saya uda melebihi limit.
Nah, skrg baru sadar kalo benefit asuransi dari company saya gak efektif, berusaha cari apakah ada solusi utk ini..
Yg terpikir oleh saya, mungkin ga company kasih benefit kesehatannya dgn cara lain:
1. Rawat Inap => Klaim asuransi
Rawat Jalan => Klaim ke kantor
2. Rawat Inap => Klaim asuransi
Rawat Jalan => Tunjangan kesehatan/ tahun
Skrg ini kan semuanya klaim ke asuransi, tapi krn plan OP amat kecil, apakah gak bagusan asuransi cuma cover rawat inap aja, trs sisa budget nya dijadikan tunjangan kesehatan/karyawan bisa klaim kantor, drpd budgetnya kasih ke perusahaan asuransi tapi karyawan sendiri terima benefitnya kecil.. Gimana menurut pendapat Om Mokau?
Krn kan kebetulan 1 karyawannya lagi itu baru, dan baru mau dibeliin asuransi, jadi ini saat yg tepat utk ngomongin ke perusahaan.
Selanjutnya, saya pun coba minta penawaran dari beberapa perusahaan asuransi lain, sbg perbandingan premi dan benefit. Begitu jg utk asuransi saya yg skrg, saya coba mintain tapi kali ini dgn agent lain, bukan dgn agent yg selama ini saya dan HR tau.
Terakhir baru ketauan oleh saya.. kalo ternyata polis saya yg tahun lalu itu sbtlnya harga premi standardnya 2.4 jt aja, tapi dimark-up sama agent-nya jadi 2.9 jt sehingga wkt di approve dapatlah dgn plan segitu IP: B, OP:A, DE: A, padahal sebetulnya budget 2.9jt utk beli asuransi saya itu bisa dpt Plan B semua (utk OP dan DE juga), dgn GP 37.500, SP 100.000 dan test diagnostik 850.000,-
Masalahnya HR saya di kantor pusat luar sana kan gak tau soal ini, mgkn krn dia blg ke agent, coba bikinin asuransi kesehatan utk karyawan kita dgn budget 2.9 juta makanya dikasih gitu. Dan mungkin krn si agent berpikir mrk kan org luar ga gitu ngerti, jadi kesempatan utk mark-up.
Skrg utk karyawan baru, HR maunya bikinin punya dia ikut sama spt punyaku. jd IP: B, OP: A, DE: A. mereka pake punya saya jadi acuan utk karyawan selanjutnya. Sementara saya sendiri kan uda tau sekarang kalo semestinya gak gitu..
Saya bingung selanjutnya saya harus bagaimana...
di satu sisi saya ingin blg ke HR bahwa bisa ga biar Outpatient ga gitu rendah, kita pake cara lain, mgkn klaim ke kantor aja ato jd tunjangan kesehatan --> (yg ini mgkn agak susah diapprove, krn mengubah kebijakan perusahaan)
atau kalo ketemu asuransi lain yg lbh okay, mgkn bisa disuggest utk ganti insurance company.--> (ini sudah coba kumpulin bbrp penawaran, tp blm selesai buat kesimpulannya)
di sisi lain, saya sendiri baru tau kalo seharusnya plan saya itu ga IP:B, OP:A, DE:A melainkan B semua bisa.. --> (kalo saya kasih tau ini ke HR utk dipertimbangkan kembali, trus rencana awal mau coba cari asuransi lain, ga jadi donk?) di samping itu juga, atasan saya udah sempat bilang kalo mrk ga mungkin naikin plan lagi, padahal kan gara2 si agent gak jujur itu yg bikin diapprove-nya jd rendah. saya ragu mana yg hrs saya sampaikan ke HR skrg..
Tujuan saya cuma 1, dgn budget yg dikasih ama company, karyawan bs dpt manfaat yg lbh maksimal, entah itu pindah asuransi lain, atau tetap dgn asuransi skrg tapi plan dinaikin, atau kalo susah utk membeli yg murah tapi benefit bagus, belinya inpatient aja, outpatient-nya dari sisa budget setelah dibeliin inpatient, meskipun tetap kecil sih, krn budget emang baru cuma 2.9 juta.
jadi mandek nih skrg, saya ga tau selanjutnya mau gimana..
Can u or anybody else give me some advice? Please...