//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah menentang/menjelekkan aliran maitreya sama saja melakukan tindakan buruk trhdp hewan ternak??  (Read 60582 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
harap 2 yg di catat.
1.Anda tidak boleh melekat.
2.Dan bagaimana pun hidup anda, anda pasti membunuh.
thanx, aku suka yg nmr 1. mungkin maksud andry tak boleh melekat pd sukha dan dukha, atau melekat pada nafsu dan tanha, aku suka ini, kita tak boleh melekat pd sukha dan dukha, atau melekat pada nafsu dan tanha, aku suka ini.
Nmr 2, waduh aku mgkn saja ada membunuh tapi setidaknya bukan disengaja dan tidak disertai niat membunuh...thx...
« Last Edit: 16 September 2010, 10:28:58 PM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
senada dengan bro andry..

sebenarnya itu yang hendak saya sampaikan ke bro johsun..

finally statement.. sorry.. saya sedikit bermain pada bro johsun malam ini

intinya :
1. vegetarian memang baik.. namun jika dikatakan sebagai bukti empati.. itu perlu dikaji ulang.. karena secara matematis jelas pertanian jelas juga penyumbang pembunuhan hewan terbesar dibanding peternakan
2. vegetarian mengajarkan kita berlatih diri.. itu baik, kita melatih diri untuk mengurangi kesenangan mengkonsumsi daging.. namun bukan berarti dengan bervegetarian kita PASTI menjadi suci..
3. tidak ada korelasi mengkonsumsi daging dengan kekejian pada hewan ternak.. jika kita tidak konsumsi daging, peternakan juga tetap ada. demand juga tetap banyak.. sama halnya jika kita tidak bervegetarian, pertanian juga tetap ada dan dengan pestisida membunuh hewan yang dikategorikan sebagai hama.
4. ketika mengkonsumsi makanan, baik itu sayur / daging, sadarilah bahwa ada pembunuhan yang terjadi di dalamnya, baik secara langsung maupun tak langsung.. jadi makanlah secukupnya.. dan jangan menyisakan makanan..

akhir kata ini yang hendak saya sampaikan.. semoga bermanfaat.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
berarti sudah jelas bukan ?

anda vegetarian bukan bukti empati ? buktinya anda melempar kesalahan terjadinya pengusiran dan pembunuhan hama pada petani

jadi jawaban dari pertanyaan anda sesuai dengan judul thread sudah dijawab dengan sendirinya
saya rasa empati susah mutlak bro, kalau bisa empati ,ya empati, tapi kan diluar kemauan kita, diluar batas kemampuan kita...
Kita bs tidak makan dging tapi tidak bs tidak makan berbgai jenis tumbuhan...
Kalau bs berempati trhdp pendritaan binatang/hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan, ya lakukan empati dgn sila vegetarian...sebab bila tetap selalu makan daging hewan kategori itu, tentu sebab ini menjadi penyebab berikutnya (hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan dagingnya) tetap akan dibunuh dan selalu berlanjut tanpa akhir, dan mengajak orang2 atau menanamkan prinsip vegetarian dapat mengakhiri sebab yg berkelanjutan ini...
sebaliknya jika anda berpandangan non vege.. semakin sedikit pertanian untuk membasmi hama.. semakin sedikit hama yang diusir..
mengorbankan sedikit hewan untuk dimakan, untuk melindungi hama dari pengusiran dan pembunuhan dalam jumlah yang lebih besar bukannya lebih baik ?

namo buddhaya, sy sich kurang setuju hehehe, kalau semakin sedikit pertanian berarti manusia yg kelaparan...sebab kebutuhan pokok yg utama adalah aneka bijian, buahan, sayuran, umbian, dn aneka tumbuhan, bukan daging..jd daging tidak dibutuhkan...
yang menetapkan kebutuhan pokok manusia itu siapa ? manusia sendiri bukan ?
manusia memiliki gigi taring.. bisa koq mengganti menjadi carnivore.. untuk menyelamatkan hewan yang disebut hama yang malang bukan?

namo buddhaya, hmm, stelah dipikir2, hama memang malang juga, tapi TAPI kita sbgai pihak manusia juga terpaksa menurut gw.....krn diluar khndak kita mau merugikannya, sbb lebih banyak manusia yg harus diutamakan dripda manusia kelaparan nah loh?
gigi kita lebih mendekati gigi kuda yg herbivora, hhehe mnrt gw..
kenapa kita tidak menggunakan prinsip TERPAKSA BRO untuk memakan hewan saja..
setidaknya lebih banyak MENYELAMATKAN makhluk lain..

sebab kita tidk butuh daging, yg kita butuh adalah makanan jenis tumbuhan...
Menyelamatkan makhluk lain bs sj dilakukan terutama fangsheng, pd saat yg tepat, tidak makan daging juga termasuk menyelamatkan makhluk lain...
Kalau soal hama lagi, kita mau menyelamatkan, tpi kita butuh sumber makanan, kalau bs selamatkan ya selamatkan saja dgn usir mreka...hehehe...
CMIIW.FMIIW.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
ada berbelit2 bro johsun.. :)
sudah saya katakan pada awal, mengusir itu juga bisa menyebabkan pembunuhan tidak langsung...

dan konklusi dari yang ingin saya sampaikan sudah saya berikan di post sebelumnya..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Intinya, makan daging atau makan sayuran itu tetap saja melibatkan pembunuhan hewan-hewan; baik langsung maupun tidak langsung. Jadi teman-teman yang bervegetarian tetap saja tidak bisa menghindari dari pembunuhan hama-hama, meskipun secara tidak langsung.

End of conclusion.

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
 [at] johsun
lagian gmn cara ngusirnya?? huss huss? gitu??  ::)
klo diusir mrk mkan apa donk? klo ga ada mkanan kan mati jg  ::)
trus klo pun ga mati misalnya ke hutan, ntar dimakan burung juga  ::)
trus klo yg tinggal di kutub gimana donk gak ada tumbuhan?  ::)
apa hrs bikin rumah kaca aja disana?  ::)

biar hamanya ga mati kmu kumpulin aja trus dipelihara, dikasi makan...dikasi nama  :P

uhm dg berpikir seperti itu seperti nya blm paham mengenai anicca ya...
lagian keseimbangan alam tidak selalu seperti sekarang ini
pasti mengalami evolusi, yang tidak bisa bertahan ya pasti punah
percuma mati2an berusaha agar semua spesies ga punah
coz ada juga yang pada dasarnya alami harus punah, tapi karena dipaksakan tidak punah akhirnya malah tidak terjadi secara alami, malah bisa mengganggu keseimbangan alam lho
nah lho gmn tuh???

bayangin aja klo suatu kawasan savanah/padang rumput, ternyata tb2 org2 n singa2
dan berbagai predator pemakan dagingnya nya jadi vege
trus kijang2, zebra2, dan hewan2 yg harusnya dimangsa jdi bertambah bnyak populasinya
nah dg banyaknya populasi hewan2 pemamah tsb
jumlah rumput/padang rumput makin tidak cukup, akibatnya bumi bs penuh dg hwan2 pemamah biak
yg akhirnya mrk ttp akan mati, bahkan mati massal karena kurangnya savanah/rumput2 untuk dimakan
nah lho gmn lagi tuh??

apa krn manusianya yg trll bnyak jdi savanahnya berkurang? apa seluruh umat manusia harus menjalani program KB 1 anak cukup? ttp akan bnyak, klo msih kurang jg apa kita harus pindah ke planet lain aja?
biar bumi ini penuh dg hewan2 pemamah biak O_o howooooooooooooow
« Last Edit: 16 September 2010, 11:06:54 PM by Reenzia »

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Inilah yang terjadi ketika logika sudah dibutakan oleh perasaan...

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
mnurut sy memang non vege dan vege tetap menyebbkan pembunuhan, tapi pakai proporsi dong.
 krn setidaknya, orang vege dan non vege msh tetap buttuh bijian,buahan, sayuran,dan aneka tmbuhan, bedanya yg vege udah tidak berkaitan dgn daging makhluk lain, sdgkan non vege malah berkaitan dgn daging makhluk lain, yg berasal dr kesengsaraan makhluk hdup, krn daging hewan diperoleh harus dibunuh trblhdulu..
Ada Pembunuhan yg terjdi adlh tdk bs dielakkan, kasus vege, sdgkn daging kan bs dihindari?

renzia, hewan ternak itu sengaja dikembgbiakkan jd bnyk.
Coba lihat aja hewan2 yg jarang/gak dikonsumsi spti musang,kucing,dsb, apakah terjadi lonjakan penghuni??
« Last Edit: 17 September 2010, 06:10:29 AM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Inilah yang terjadi ketika logika sudah dibutakan oleh perasaan...
maksd gw, apakah daging hewan sbaiknya ditinggalkan saja, yg kedudukannya sejajar dngn minum2an keras...
« Last Edit: 17 September 2010, 06:11:29 AM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
sebelum cape2 debat baca dulu pandangan maitreya sendiri nih :


Kehidupan Maitreya adalah kehidupan bervegetarian. Maitreya mengajarkan kepada kita untuk menghormati semua jiwa makhluk hidup karena berasal dari Laou dan memilik nilai tersendiri yang sangat mulia. Kita tidak memilik kuasa untuk memutusakn kehidupan makhkuk hidup, jadi kita tidak berhak mengambilnya dari mereka. Hidup bervegetarian maitreya adalah memancarkan cinta kasih dalam diri kita dan menghormati setiap benih benih kehidupan di dunia ini.

Dalam pengertian umum, kata vegetarian mengacu pada seseorang yang tidak memakan daging, baik daging merah, ikan, maupun unggas atau produk hewani lainnya.Namun, vegetarianisme Maitreya memiliki makna yang lebih mendalam:

   1.      Ungkapan dalam menghargai segala mahluk dengan tidak melukai atau membunuh.

   2. Ungkapan kasih dengan tidak melukai mereka dalam bentuk pikiran, ucapan dan tindakan. Kemurnian dalam ketiga hal ini merupakan semangat dari kasih universal.

   3.      Vegetarianisme memberi kita kedamaian dan semakin mendekatkan kita dengan ciptaan Laomu.

   4. Kehidupan dari semua hewan adalah sama berharganya dengan kehidupan kita sendiri, maka itu kita perlu menghargai mereka. Mengasihi dan menghargai segala adalah alasan vegetarianisme yang paling mendasar.

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
sebelum cape2 debat baca dulu pandangan maitreya sendiri nih :


Kehidupan Maitreya adalah kehidupan bervegetarian. Maitreya mengajarkan kepada kita untuk menghormati semua jiwa makhluk hidup karena berasal dari Laou dan memilik nilai tersendiri yang sangat mulia. Kita tidak memilik kuasa untuk memutusakn kehidupan makhkuk hidup, jadi kita tidak berhak mengambilnya dari mereka. Hidup bervegetarian maitreya adalah memancarkan cinta kasih dalam diri kita dan menghormati setiap benih benih kehidupan di dunia ini.

Dalam pengertian umum, kata vegetarian mengacu pada seseorang yang tidak memakan daging, baik daging merah, ikan, maupun unggas atau produk hewani lainnya.Namun, vegetarianisme Maitreya memiliki makna yang lebih mendalam:

   1.      Ungkapan dalam menghargai segala mahluk dengan tidak melukai atau membunuh.

   2. Ungkapan kasih dengan tidak melukai mereka dalam bentuk pikiran, ucapan dan tindakan. Kemurnian dalam ketiga hal ini merupakan semangat dari kasih universal.

   3.      Vegetarianisme memberi kita kedamaian dan semakin mendekatkan kita dengan ciptaan Laomu.

   4. Kehidupan dari semua hewan adalah sama berharganya dengan kehidupan kita sendiri, maka itu kita perlu menghargai mereka. Mengasihi dan menghargai segala adalah alasan vegetarianisme yang paling mendasar.



sebenarnya ada banyak sekali alasan benar untuk vegetarian, tapi aliran Maitreya malah milih alasan dengan pandangan salah, apapun yg dilakukan atas dasar pandangan salah tidak mungkin benar dan bermanfaat (kusala)

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Inilah yang terjadi ketika logika sudah dibutakan oleh perasaan...
maksd gw, apakah daging hewan sbaiknya ditinggalkan saja, yg kedudukannya sejajar dngn minum2an keras...

referensi dari manakah yg mengatakan bahwa daging sejajar dengan minuman keras?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
dan ternyata umat maitreya ketika setelah di ciu tao di ambil sumpah harus vegie, kalo dilanggar bakal hukumannya avici nih =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
sebelum cape2 debat baca dulu pandangan maitreya sendiri nih :


Kehidupan Maitreya adalah kehidupan bervegetarian. Maitreya mengajarkan kepada kita untuk menghormati semua jiwa makhluk hidup karena berasal dari Laou dan memilik nilai tersendiri yang sangat mulia. Kita tidak memilik kuasa untuk memutusakn kehidupan makhkuk hidup, jadi kita tidak berhak mengambilnya dari mereka. Hidup bervegetarian maitreya adalah memancarkan cinta kasih dalam diri kita dan menghormati setiap benih benih kehidupan di dunia ini.

Dalam pengertian umum, kata vegetarian mengacu pada seseorang yang tidak memakan daging, baik daging merah, ikan, maupun unggas atau produk hewani lainnya.Namun, vegetarianisme Maitreya memiliki makna yang lebih mendalam:

   1.      Ungkapan dalam menghargai segala mahluk dengan tidak melukai atau membunuh.

   2. Ungkapan kasih dengan tidak melukai mereka dalam bentuk pikiran, ucapan dan tindakan. Kemurnian dalam ketiga hal ini merupakan semangat dari kasih universal.

   3.      Vegetarianisme memberi kita kedamaian dan semakin mendekatkan kita dengan ciptaan Laomu.

   4. Kehidupan dari semua hewan adalah sama berharganya dengan kehidupan kita sendiri, maka itu kita perlu menghargai mereka. Mengasihi dan menghargai segala adalah alasan vegetarianisme yang paling mendasar.



sebenarnya ada banyak sekali alasan benar untuk vegetarian, tapi aliran Maitreya malah milih alasan dengan pandangan salah, apapun yg dilakukan atas dasar pandangan salah tidak mungkin benar dan bermanfaat (kusala)
juga ada ancamannya neraka, mirip ajaran lain nih =))

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
dan ternyata umat maitreya ketika setelah di ciu tao di ambil sumpah harus vegie, kalo dilanggar bakal hukumannya avici nih =))

dan menurut Buddha Gotama, seseorang yg berpandangan salah hanya memiliki dua alam tujuan kelahiran, alam binatang atau neraka. baiklah kita anggap yg terbaik untuk mereka, yaitu alam binatang.

kesimpulan: melanggar sumpah -> avici, tidak melanggar sumpah (tapi dengan pandangan salah) -> binatang, ayo dipilih ...