//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme  (Read 39557 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #15 on: 13 September 2010, 06:41:16 AM »
_/\_  kenapa ya walau udh di cerca di forum2(kebaykn forum buddhis) tp kalau kita liat di kehidupan real sebenarya lebih maju aliran maitreya loh.kita bicara di indonesia dulu, cnth di tmpt aq yg ad sekolah maitreyawira tidak ad sekolah buddhis, dan biasanya acara / kegiatan di maitreya lbh menarik , kecenderungan org lbh minat ke maitreya, sekarang org pikir buddhisme = maitreya atau sebaliknya , jd kemungkinan maitreya keluar / jd agama resmi br di indonesia semakin kecil, lagian skrg umat maitreya di tmpt aq malah lebih aktif , yg di buddhaya cuman duduk berdoa bercerita cuek aja kalau guru ceramah dll minat bljr dhamma sgt sdkt, mungkin saja buddhisme di forum menang tp tidak di dunia real kalau di dunia real lgs K.O ama aliran maitreya sekian... ya ;D ^:)^ ^:)^

ya KO dgn masakan, hiburan, ramah tamah... dan services (Maeitreya) yg baik....
tapi apakah disana boleh tanya terus menerus gak ? =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #16 on: 13 September 2010, 06:41:34 AM »
Namobuddhaya, sedikit info yg saya tahu
setahu w buddhisme khususnya theravada dan mahayana lebih maju dari aliran maitreya
cuma aliran maitreya lebih banyak acara
aliran maitreya, umat2nya lebih punya rasa kebersamaan
setahu w, chiu tao tidak serta merta masuk surga
karena harus ada siu tao atau membina diri
mereka juga wajib pan tao (membantu aliran maitreya seperti sumbang uang, tenaga, dan pengajaran) termasuk ajak orang chiu tao
misalnya kalau sudah chiu tao tapi membunuh berzina,dll
hukumannya tetap ada, tidak bisa serta merta ke surga
tapi harus proses (dalam hal ini arwah ybs)
yaitu ada penjara alam langit
ruang bertobat
lembaga pelatihan


Sebenarnya aliran maitreya terutama mi le ta tao ada mengadakan pengajaran sekolah minggu buddhis disingkat smb dari tingkat sekolah dasar sampai anak smu
anak2 sudah diajarkan pendidikan agama buddha yg berkurikulum departemen agama buddha, jadi mungkin disana sudah ada penyesuaian
jadi sudah sejak dini mereka sudah tahu apa itu catur arya sacca, hasta arya magga, tilakhana, dll

tapi ada korda lain di aliran maitreya yg belum mengajarkan pendidikan agama buddha, sehingga ada umat yg dari kecil chiu tao, tak pernah dgar ajaran agama buddha, setelah dewasa ia baru dengar agama buddha dan terkagum kagum sama ajaran buddha, maka dia lebih mudah pindah ke agama buddha dri aliran maitreya DARIPADA mereka yg sudah belajar pendidikan agama buddha di aliran maitreya sejak kecil...itulah bedanya. Justru mereka, yg belajar pendidikan agama buddha di aliran maitreya, dri SD Hingga  SMU, SAMPAI kuliah STAB MAITREYAWIRA, lebih sulit KELUAR dri aliran maitreya, kenapa? Karena mereka tidak BAKAL kaget kalau anda berusaha menjelaskan perbedaan aliran maitreya dngn agama buddha)...golongan ini lebih sulit dikeluarkan dari aliran maitreya untk pindah ke buddhisme..
Sekian dahulu info w, namobuddhaya..
« Last Edit: 13 September 2010, 07:09:50 AM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #17 on: 13 September 2010, 07:10:01 AM »
Mungkin maksud TS umat buddha yg di daerah kaleee..
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #18 on: 13 September 2010, 07:11:42 AM »
maju apanya ? kegiatan umat ! kegiatan organisasi !
kegiatan demikian itu bukanlah patokan utk praktek ajaran Buddha Gotama ! ^-^
apalagi ajaran maitreya yg penuh kontroversi
sejarah muncul ajaran maitreya dari jaman di China sampai sekarang ini :'(

silahkan ^:)^

 _/\_



Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #19 on: 13 September 2010, 07:24:24 AM »
tapi memang aliran maitreya tidak diakui sebagai aliran mainstream buddhist (theravada, mahayana(include tantra))
dikatakan ajaran maitreya baru ada setelah ajaran gotama lenyap..
saat ini ajaran gotama masih ada, jadi mustahil ada ajaran maitreya. Dan dikatakan juga Maitreya (lebih tepatnya Bodhisattva Natha) masih berada di surga Tusita, yang nantinya akan menjadi Buddha Metteya (Maitreya). CMIIW
 
Dan penulisan yang benar bukanlah buddist, melainkan buddhist.

Bro Forte,

kalau harus nunggu begitu lama... apakah mereka bisa "siap2" dulu gitu....
menyiapakn lahan2 (wihara), dan perlengkapan lain.... jadi begitu saatnya
langsung melejit... lejit....

kata Maitreya diucapkan oleh Buddha Gautama....
apakah Buddha yg baru akan berbeda ajarannya dgn Buddha Gautama ?

mohon masukan dari Maitreya !
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #20 on: 13 September 2010, 07:32:33 AM »
Mungkin maksud TS umat buddha yg di daerah kaleee..
Kalau di daerah daerah, lebih dominan kelenteng dan buddhayana lebih maju, cuma perlu dicatat kegiatannya tidak banyak seperti aliran maitreya, karena aliran maitreya ada sembahyang tiga kali sehari dan acara kelas ceramah, acara tarian, makan makan, acara latihan etika, mandarin, latihan jalan persembahan, dll.
Kalau buddhayana bersifat umum, umumnya orang tionghoa adalah pro buddhayana dan buddhayana adalah wadah yg digunakan untk persatuan orang tionghoa di daerah2 (selain tentu ada acara2 keagamaan, pendidikan buddhisme, ritual kematian, dll).. Sdgkan aliran maitreya bersifat khusus, aliran nichiren syoshu juga bersifat khusus..cmiiw.....
CMIIW.FMIIW.

Offline songwol

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 35
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Semoga aku, kau, dia,dan mereka selalu berbahagia
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #21 on: 13 September 2010, 09:29:57 AM »
tapi apakah disana boleh tanya terus menerus gak ? =))

Nah ini, dulu saya cukup aktif disana, waktu sudah paham bahwa aliran ini agak mereng, saya tanya2 ttg aliran ini (agak menyakitkan sih), saya malah dikatain oleh senior disana (gelarnya tan chu atau hancu lupa saya haha), katanya "jadi orang harus tau diri, jangan kepot, tahu malu"
Beehhhhhhh... Sakiittttt.....
........
Penutur Dhamma, Yang Mulia Kumara Kassapa,
Ladang segala Kebajikan, berdiam di mulutku.

Di dahiku ada lima Thera:
Punna, Angulimala, Upali, Nanda, dan Sivali.
....

<Jinapanjara  Gatha>

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #22 on: 13 September 2010, 09:32:23 AM »
Buddhisme emang tidak menarik kok..  ;D :whistle:
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #23 on: 13 September 2010, 10:16:53 AM »
kowe2 jangan ngomomgin makanan dong

kalo mau makan enak

vihara owe juga enak

belum lagi men judge seenaknya

pake dong kebijaksanaan

emang kowe2 uda punya mata dharma hah ?

jangan sotoy


"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #24 on: 13 September 2010, 12:43:51 PM »
Wah, kl baca user yg sok tau coy kayak gini mah tangan gw gatel pengen nulis, berarti anda menyimpulkan bahwa maitreya bukan aliran buddist? Lantas sekte apakah itu? pengetahuan situ tentang buddisme  juga cetek, silahkan datang ke 2 vihara theravada terbesar di jakarta, Ekayana buddist center di tanjung duren& Dhammacakka sunter, kegiatan di sana sangat menarik, dgn sering datang ny pembicara2 besar seperti mr Po, andre wongso, Marcel, Dewi Lestari & Bhante2 dari thailand ., buktikan sendiri apakah memang buddisme yang MENURUT ANDA TIDAK menarik, memang benar2 tidak menarik ., jangan sotoy dulu apakah sebelum tau selak beluk buddisme yang ada di Indonesia & mengklaim sepihak !!

Namo Buddhaya,
pedas ......
Samma Vayama

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #25 on: 13 September 2010, 01:04:51 PM »
yah mnurut saia, tu tergantung ama kebutuhan umat nya juga lah
n jg tergantung ama tingkat intelegensi masing2

yg uda punya n paham akan ke nibbana apa masih butuh di perlakukan ramah tamah seperti itu
[ya bkn berarti hrs diperlakukan secara kasar juga...]
mrk psti lbh banyak meluangkan wktu melatih diri, meditasi, ato mendengar ceramah dhamma
dr pda dipake buat nari2, nyanyi2...ato nyapu2....

dimata saia, aliran itu tidak terlalu berbeda dengan organisasi entertainment saja
mirip sekolah untuk anak TK...disamping belajar biar jadi anak baik
juga diajari berbagai keterampilan, berteman dengan anak2 lain...so happy...
ayo mari bermain.... hore horeee senangnyaaa....

menarik bagi mereka yang suka sama hal2 seperti itu
tapi mungkin tidak bagi umat yg lain....
saia sih lebih suka ikut mendengar ceramah dhamma ato meditasi
dr pda nyanyi2 n nari2...so semua kembali ke tujuan org nya masing2 kan?
« Last Edit: 13 September 2010, 01:06:30 PM by Reenzia »

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #26 on: 13 September 2010, 01:11:27 PM »
yg agak sedikit bikin saia malu sih...ada tmn2 saia juga yang sudah bisa dikatakan 'berumur'...cwo pula....
masih juga ikut kegiatan seperti itu  ::) kyk jadi anak TK yang berukuran huge  ::)
pake baju lucu2...pake blush on pula....menari2 dan bernyanyi2  :o
kdg2 gak habis pikir...knp ya mau? saia pribadi malu loh klo disuru kyk gt  :'(

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #27 on: 13 September 2010, 01:16:15 PM »
Saya pernah menduga kalau jangan-jangan aliran maitreya adalah agama Buddhi (hatinurani dan budi pekerti) yang disabdakan oleh Sabdo palon...hanya sebatas menduga...cmiiw..
CMIIW.FMIIW.

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #28 on: 13 September 2010, 01:25:43 PM »
yg agak sedikit bikin saia malu sih...ada tmn2 saia juga yang sudah bisa dikatakan 'berumur'...cwo pula....
masih juga ikut kegiatan seperti itu  ::) kyk jadi anak TK yang berukuran huge  ::)
pake baju lucu2...pake blush on pula....menari2 dan bernyanyi2  :o
kdg2 gak habis pikir...knp ya mau? saia pribadi malu loh klo disuru kyk gt  :'(

Pendapat saya, hal tersebut berhubungan dengan sikap batin. Dan orang yang batinnya merasa ingin diayomi terus oleh orang lain, ingin diselamatkan oleh orang lain, mudah mengeluh, tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya, selalu meminta ini dan itu, ini semua adalah kondisi batin seorang anak kecil. Ajaran Buddha sejati tidak menjadikan orang memiliki batin atau bermental seperti ini.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Dhammapada

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semangat Dalam Dhamma
Re: Aliran Maitreya Lebih Maju Dari Pada Buddhisme
« Reply #29 on: 13 September 2010, 06:08:06 PM »
Wah, kl baca user yg sok tau coy kayak gini mah tangan gw gatel pengen nulis, berarti anda menyimpulkan bahwa maitreya bukan aliran buddist? Lantas sekte apakah itu? pengetahuan situ tentang buddisme  juga cetek, silahkan datang ke 2 vihara theravada terbesar di jakarta, Ekayana buddist center di tanjung duren& Dhammacakka sunter, kegiatan di sana sangat menarik, dgn sering datang ny pembicara2 besar seperti mr Po, andre wongso, Marcel, Dewi Lestari & Bhante2 dari thailand ., buktikan sendiri apakah memang buddisme yang MENURUT ANDA TIDAK menarik, memang benar2 tidak menarik ., jangan sotoy dulu apakah sebelum tau selak beluk buddisme yang ada di Indonesia & mengklaim sepihak !!

Namo Buddhaya,

 _/\_ok sy mengerti,karena anda beda pandagan dgn sy(yg bold)
dan lagipun ga perlu pake(yg sy grs miring) karena apakah anda tau sy ada di mana?(sy melihat anda berassumsi sy ada di tempat/daerah yg anda katakan), apalagi di buktikan? (jelas2 bagaimana buktikan udh beda tmpt, tp sy mengerti maksud andA), DAN yg sy buktikan dan bicarakan itu keadaan di tmpt sy(entah bagaimana tmpt anda dan sy jg ga perna tny tp anda sdh menjwb) ok... , sy ga mau bny2 koment apalgi post anda " Pedas" :)
note:sy katakan tdk menarik yg ad ditmpt sy karena sy bcr dalam kontek ditmpt sy dulu
thx
« Last Edit: 13 September 2010, 06:24:08 PM by Dhammapada »
“Jikalau Tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia?”

[Asvaghosa, Buddha-carita 9, 53]

 

anything