//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?  (Read 17179 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #45 on: 13 June 2010, 08:19:48 PM »
Ya sudah kalo emank ada anda praktekkan trus kl uda bebas baru kasi tau kita2 caranya,Sang Buddha sudah praktek baru ajarin ke umatnya, bukan asal berkoar2 kalo ada jalan... Siapa yg mau ikut kalo blm terbukti, weww... gitu aja kog repot...
Sis sudah membuktikannya sendiri ?

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #46 on: 13 June 2010, 08:26:30 PM »
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?
salah, melalui MMD
Saya senang dengan jawaban anda, bro.

Bukan karena jawaban itu benar atau salah, tapi minimal karena anda mampu memberikan pendapat yang tidak berasal dari "kamus referensi" anda !

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #47 on: 13 June 2010, 08:30:22 PM »
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?
salah, melalui MMD
Saya senang dengan jawaban anda, bro.

Bukan karena jawaban itu benar atau salah, tapi minimal karena anda mampu memberikan pendapat yang tidak berasal dari "kamus referensi" anda !


semakin lama anda semakin mirip dengan Buddha. apakah anda membaca pikiran saya?

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #48 on: 13 June 2010, 08:34:46 PM »
JMB8 satu-satu-nya Jalan menuju PEMBEBASAN (baca : NIBBANA)

Bukti-kan jika bukan satu-satunya jalan ?

 _/\_
Anda mampu membuktikan jalan pembebasan Buddha Gautama, Y.A. Mogallana, Y.A. Sariputra, Y.A. Anna Kondana, Y.A. Ananda ?

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #49 on: 13 June 2010, 08:43:15 PM »
Penekanan saya bukan mengenai jalan pembebasan di ajaran lain, bro.

Penekanan saya adalah JMB8 itu salah satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan.

Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?
kalau ADA ! praktek terus ......... keyakinan anda. ^:)^
jika TIDAK ADA, bang Hasan mau ganti Jubah ? =))
kam sia
Btw, Ada hubungan langsung (Bhikkhu2) memakai "Jubah Kuning" dengan realisasi Nibbana ?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #50 on: 13 June 2010, 08:45:37 PM »
Penekanan saya bukan mengenai jalan pembebasan di ajaran lain, bro.

Penekanan saya adalah JMB8 itu salah satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan.

Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?
kalau ADA ! praktek terus ......... keyakinan anda. ^:)^
jika TIDAK ADA, bang Hasan mau ganti Jubah ? =))
kam sia
Btw, Ada hubungan langsung (Bhikkhu2) memakai "Jubah Kuning" dengan realisasi Nibbana ?

yg dimaksudkan bukan "jubah kuning" melainkan jubah MMD vs  JMB8, anda terlalu lugu

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #51 on: 13 June 2010, 08:49:26 PM »
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?
salah, melalui MMD
Saya senang dengan jawaban anda, bro.

Bukan karena jawaban itu benar atau salah, tapi minimal karena anda mampu memberikan pendapat yang tidak berasal dari "kamus referensi" anda !
semakin lama anda semakin mirip dengan Buddha. apakah anda membaca pikiran saya?
Saya hanyalah umat awam. Semoga pikiran anda tidak terbakar oleh pendapat saya.  ;D

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #52 on: 13 June 2010, 08:51:50 PM »
Btw, Ada hubungan langsung (Bhikkhu2) memakai "Jubah Kuning" dengan realisasi Nibbana ?
yg dimaksudkan bukan "jubah kuning" melainkan jubah MMD vs  JMB8, anda terlalu lugu
Anda memang benar2 "pinter".

Tapi perlu dikoreksi kalau saya bukan praktisi MMD dan tidak sedang membenturkan MMD dengan JMB8.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #53 on: 13 June 2010, 09:15:45 PM »
Btw, Ada hubungan langsung (Bhikkhu2) memakai "Jubah Kuning" dengan realisasi Nibbana ?
yg dimaksudkan bukan "jubah kuning" melainkan jubah MMD vs  JMB8, anda terlalu lugu
Anda memang benar2 "pinter".

Tapi perlu dikoreksi kalau saya bukan praktisi MMD dan tidak sedang membenturkan MMD dengan JMB8.

apakah saya mengatakan anda adalah praktisi MMD dan bahwa anda sedang membenturkan MMD dengan JMB8?

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #54 on: 13 June 2010, 11:13:41 PM »
Hmm ... menurut Buddhis yah ... :))
"ada satu jalan ..." dan itu "jalan satu-satunya" bro!
Sebelum bahas lebih jauh, jawab pertanyaan saya ...

Untuk mencapai pembebasan adakah suatu jalan lain diluar JMB 8 yang tidak:
- dipikirkan?
- dilakukan?
- diucapkan?
Tolong di jawab!
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?

Anda sudah menjawab pertanyaan saya belum?! Kalau belum, biar saya jawab dulu pertanyaan anda!

Saya jawab dengan tegas, 'YA', karena apapun yang Pangeran Sidharta pikirkan, usahakan dan ucapkan dalam mencapai pembebasan (walaupun hal itu hanya saya ketahui dari tulisan-tulisan saja), itu sesuai dengan JMB 8 !

Jangan coba-coba bahas apa yang Beliau pikirkan 'setelah' Beliau menjadi seorang Buddha. Saya tidak ingin ngobrolin pepesan kosong dimana saya belum sampai kearah itu !

Sekarang silahkan anda menjawab pertanyaan saya !

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #55 on: 14 June 2010, 07:51:25 AM »

Anda tidak menolak diskusi dan ehipassiko, bukan ?

Seringkali terjadi 'pemahaman salah' yg cukup fatal soal 'ehipassiko' ini.

Ehipassiko seringkali dimaknai: "Lu buktikan dong, baru gue gue bisa percaya...."
dengan kata lain, mengharapkan orang lain membuktikan untuk diri kita.

Padahal sesungguhnya eshipassiko adalah "diri kita sendiri yg berusaha membuktikan kebenaran Ajaran tsb dalam kehidupan kita sehari2 sehingga dapat kita pegang..."

Kalama Sutta: "Jangan semata-mata mempercayai sesuatu hanya karena tertulis begitu... dstnya...."

Inti-nya:
kita menyadari sesuatu, mencari jalannya, membuktikan kebenaran jalan tsb (dgn kemampuan kita masing2) dan menggunakan jalan tsb untuk merealisasi tujuan kita...

Kita yg harus membuktikannya sendiri, jangan berharap orang lain yg akan membuktikannya untuk kita.

::


Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #56 on: 14 June 2010, 07:59:11 AM »
apakah saya mengatakan anda adalah praktisi MMD dan bahwa anda sedang membenturkan MMD dengan JMB8?
Anda kelihatan alergi dengan kata "MMD" !

Maaf, kalau penilaian saya salah.

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #57 on: 14 June 2010, 08:08:59 AM »
apakah saya mengatakan anda adalah praktisi MMD dan bahwa anda sedang membenturkan MMD dengan JMB8?
Anda kelihatan alergi dengan kata "MMD" !

Maaf, kalau penilaian saya salah.

wah kita semua disini mencintai MMD... malam-malam dangdut... bukan MMD yg lain, klo yg itu kita ga terlalu kenal, klo ga salah sih ajaran gado-gado ya ? maaf klo pendapat aa salah... :D

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #58 on: 14 June 2010, 04:39:06 PM »
Hmm ... menurut Buddhis yah ... :))
"ada satu jalan ..." dan itu "jalan satu-satunya" bro!
Sebelum bahas lebih jauh, jawab pertanyaan saya ...

Untuk mencapai pembebasan adakah suatu jalan lain diluar JMB 8 yang tidak:
- dipikirkan?
- dilakukan?
- diucapkan?
Tolong di jawab!
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?

Anda sudah menjawab pertanyaan saya belum?! Kalau belum, biar saya jawab dulu pertanyaan anda!

Saya jawab dengan tegas, 'YA', karena apapun yang Pangeran Sidharta pikirkan, usahakan dan ucapkan dalam mencapai pembebasan (walaupun hal itu hanya saya ketahui dari tulisan-tulisan saja), itu sesuai dengan JMB 8 !

Jangan coba-coba bahas apa yang Beliau pikirkan 'setelah' Beliau menjadi seorang Buddha. Saya tidak ingin ngobrolin pepesan kosong dimana saya belum sampai kearah itu !

Sekarang silahkan anda menjawab pertanyaan saya !
Semua pencerahan berhubungan dengan Pikiran, bro.

Offline sukuhong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 8
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #59 on: 14 June 2010, 06:09:46 PM »
Hmm ... menurut Buddhis yah ... :))
"ada satu jalan ..." dan itu "jalan satu-satunya" bro!
Sebelum bahas lebih jauh, jawab pertanyaan saya ...

Untuk mencapai pembebasan adakah suatu jalan lain diluar JMB 8 yang tidak:
- dipikirkan?
- dilakukan?
- diucapkan?
Tolong di jawab!
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?

Anda sudah menjawab pertanyaan saya belum?! Kalau belum, biar saya jawab dulu pertanyaan anda!

Saya jawab dengan tegas, 'YA', karena apapun yang Pangeran Sidharta pikirkan, usahakan dan ucapkan dalam mencapai pembebasan (walaupun hal itu hanya saya ketahui dari tulisan-tulisan saja), itu sesuai dengan JMB 8 !

Jangan coba-coba bahas apa yang Beliau pikirkan 'setelah' Beliau menjadi seorang Buddha. Saya tidak ingin ngobrolin pepesan kosong dimana saya belum sampai kearah itu !

Sekarang silahkan anda menjawab pertanyaan saya !
Semua pencerahan berhubungan dengan Pikiran, bro.
kok tahu !
anda sudah mencapai 'pencerahan' ! :whistle:
kam sia