//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?  (Read 17253 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #30 on: 12 June 2010, 11:22:16 AM »
Menurut Anda, Buddha menyatakan :
1. ada satu jalan menuju pembebasan, yaitu JMB8 ?
atau
2. JMB8 adalah satu2nya jalan menuju pembebasan ?

Menurut anda ada jalan lain menuju pembebasan ? Tolong dipaparkan!
Yang kita bicarakan disini bernuansa Buddhisme dulu.

Anda belum memilih jawaban atau komentar untuk pertanyaan di atas ?

Oke, saya duluan ...
Menurut saya, saya pilih keduanya, karena jalan apapun yang ditempuh manusia di muka bumi untuk mencapai pembebasan tak luput dari JMB 8 (apalagi kalau dipandang secara Buddhisme).

Apakah menurut anda ada jalan lain menuju pembebasan yang sama sekali tidak terdapat di JMB 8 bro ? Tolong dijelaskan!
bro g citra, tidak usah lagi ditunggu jawaban hasan teguh. karena dia tidak mampu menjawab.
 _/\_
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #31 on: 12 June 2010, 12:04:27 PM »
Oke, saya duluan ...
Menurut saya, saya pilih keduanya, karena jalan apapun yang ditempuh manusia di muka bumi untuk mencapai pembebasan tak luput dari JMB 8 (apalagi kalau dipandang secara Buddhisme).

Apakah menurut anda ada jalan lain menuju pembebasan yang sama sekali tidak terdapat di JMB 8 bro ? Tolong dijelaskan!
bro g citra, tidak usah lagi ditunggu jawaban hasan teguh. karena dia tidak mampu menjawab.
 _/\_
Penekanan saya bukan mengenai jalan pembebasan di ajaran lain, bro.

Penekanan saya adalah JMB8 itu salah satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan.

Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #32 on: 12 June 2010, 12:18:53 PM »
wakakakak, itu tandanya elo pengen jawaban yg sesuai dengan elo/elo memang punya jawaban sendiri dan ngapain lagi nanya2 =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #33 on: 12 June 2010, 12:30:49 PM »
Oke, saya duluan ...
Menurut saya, saya pilih keduanya, karena jalan apapun yang ditempuh manusia di muka bumi untuk mencapai pembebasan tak luput dari JMB 8 (apalagi kalau dipandang secara Buddhisme).

Apakah menurut anda ada jalan lain menuju pembebasan yang sama sekali tidak terdapat di JMB 8 bro ? Tolong dijelaskan!
bro g citra, tidak usah lagi ditunggu jawaban hasan teguh. karena dia tidak mampu menjawab.
 _/\_
Penekanan saya bukan mengenai jalan pembebasan di ajaran lain, bro.

Penekanan saya adalah JMB8 itu salah satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan.

Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?

Dari tanggapan anda di atas, apakah berarti bahwa anda yaitu bro Hasan mengakui bahwa JM8 adalah jalan menuju pembebasan? (terlepas dari satu2nya atau salah satu)

Mohon dijawab.  _/\_
yaa... gitu deh

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #34 on: 12 June 2010, 02:56:15 PM »
JMB8 satu-satu-nya Jalan menuju PEMBEBASAN (baca : NIBBANA)

Bukti-kan jika bukan satu-satunya jalan ?

 _/\_
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #35 on: 12 June 2010, 09:02:48 PM »
wakakakak, itu tandanya elo pengen jawaban yg sesuai dengan elo/elo memang punya jawaban sendiri dan ngapain lagi nanya2 =))

hush... ga baik ngomong gtu bro... menyenangkan hati orang itu pahala di surga nya besar loh... [pepatah by aa'tono]

jd klo bro hasan main petak umpet agar rekan2 disini punya jawaban yg sama ma dia, maka biarkan aja, ikuti aja... nti daripada bro hasan nangis loh... bisa2 bathin bro ryuana dibilang liar...

Quote
Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?

ya deh, ada jalan lain... meneladani tuhan, menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya... klo tersesat, maka harus inget, jalan tuhan ga pernah salah... klo tuhan salah, maka harus sadar, jalan tuhan ga pernah salah... tinggal ngomong gtu aja koq repot main petak umpet...

10 x 10 cepe deh...

salamm dari aa'tono

Offline sukuhong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 8
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #36 on: 12 June 2010, 09:03:26 PM »
Oke, saya duluan ...
Menurut saya, saya pilih keduanya, karena jalan apapun yang ditempuh manusia di muka bumi untuk mencapai pembebasan tak luput dari JMB 8 (apalagi kalau dipandang secara Buddhisme).

Apakah menurut anda ada jalan lain menuju pembebasan yang sama sekali tidak terdapat di JMB 8 bro ? Tolong dijelaskan!
bro g citra, tidak usah lagi ditunggu jawaban hasan teguh. karena dia tidak mampu menjawab.
 _/\_
Penekanan saya bukan mengenai jalan pembebasan di ajaran lain, bro.

Penekanan saya adalah JMB8 itu salah satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan.

Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?

kalau ADA ! praktek terus ......... keyakinan anda. ^:)^
jika TIDAK ADA, bang Hasan mau ganti Jubah ? =))
kam sia
« Last Edit: 12 June 2010, 09:07:22 PM by sukuhong »

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #37 on: 12 June 2010, 11:01:03 PM »
Oke, saya duluan ...
Menurut saya, saya pilih keduanya, karena jalan apapun yang ditempuh manusia di muka bumi untuk mencapai pembebasan tak luput dari JMB 8 (apalagi kalau dipandang secara Buddhisme).

Apakah menurut anda ada jalan lain menuju pembebasan yang sama sekali tidak terdapat di JMB 8 bro ? Tolong dijelaskan!
bro g citra, tidak usah lagi ditunggu jawaban hasan teguh. karena dia tidak mampu menjawab.
 _/\_
Penekanan saya bukan mengenai jalan pembebasan di ajaran lain, bro.

Penekanan saya adalah JMB8 itu salah satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan.

Di dalam sutta ditulis "ada satu jalan ... ", artinya kemungkinan ada jalan lain juga bukan ?

Hmm ... menurut Buddhis yah ... :))
"ada satu jalan ..." dan itu "jalan satu-satunya" bro!
Sebelum bahas lebih jauh, jawab pertanyaan saya ...

Untuk mencapai pembebasan adakah suatu jalan lain diluar JMB 8 yang tidak:
- dipikirkan?
- dilakukan?
- diucapkan?
Tolong di jawab!

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #38 on: 13 June 2010, 08:04:56 AM »
Hmm ... menurut Buddhis yah ... :))
"ada satu jalan ..." dan itu "jalan satu-satunya" bro!
Sebelum bahas lebih jauh, jawab pertanyaan saya ...

Untuk mencapai pembebasan adakah suatu jalan lain diluar JMB 8 yang tidak:
- dipikirkan?
- dilakukan?
- diucapkan?
Tolong di jawab!
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #39 on: 13 June 2010, 08:07:36 AM »
wakakakak, itu tandanya elo pengen jawaban yg sesuai dengan elo/elo memang punya jawaban sendiri dan ngapain lagi nanya2 =))
Untuk menuju penggelapan sempurna bukan ?  ;D

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #40 on: 13 June 2010, 08:10:45 AM »
Hmm ... menurut Buddhis yah ... :))
"ada satu jalan ..." dan itu "jalan satu-satunya" bro!
Sebelum bahas lebih jauh, jawab pertanyaan saya ...

Untuk mencapai pembebasan adakah suatu jalan lain diluar JMB 8 yang tidak:
- dipikirkan?
- dilakukan?
- diucapkan?
Tolong di jawab!
Buddha mencapai pembebasan melalui JMB8 ?

salah, melalui MMD

Offline Hasan Teguh

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 199
  • Reputasi: -3
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #41 on: 13 June 2010, 08:17:14 AM »
Dari tanggapan anda di atas, apakah berarti bahwa anda yaitu bro Hasan mengakui bahwa JM8 adalah jalan menuju pembebasan? (terlepas dari satu2nya atau salah satu)

Mohon dijawab.  _/\_

Jalan itu memang jalan terbaik sebagai pedoman kita.

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #42 on: 13 June 2010, 10:18:42 AM »
Ya sudah kalo emank ada anda praktekkan trus kl uda bebas baru kasi tau kita2 caranya,Sang Buddha sudah praktek baru ajarin ke umatnya, bukan asal berkoar2 kalo ada jalan... Siapa yg mau ikut kalo blm terbukti, weww... gitu aja kog repot...
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #43 on: 13 June 2010, 10:23:36 AM »
sis rin, aa suka gaya loe... hare gene masih layani tuh HT, boneka/robot diladeni... yg ada cm musing-musing aje n praktek jurus mabok... cepe deh...

mending kita semua malam-malam dangdut aje...

salam dari aa'tono

Offline sukuhong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 8
Re: JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan ?
« Reply #44 on: 13 June 2010, 04:53:11 PM »
Dari tanggapan anda di atas, apakah berarti bahwa anda yaitu bro Hasan mengakui bahwa JM8 adalah jalan menuju pembebasan? (terlepas dari satu2nya atau salah satu)

Mohon dijawab.  _/\_

Jalan itu memang jalan terbaik sebagai pedoman kita.
udah mulai ngerti nih ! ^-^
semoga bertahan terus, tidak surut lagi  =)) =))
kam si

 

anything