//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets  (Read 34970 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« on: 16 May 2010, 05:59:10 PM »
di Thai banyak sekali kita menjumpai bhikkhu2 theravada menjual amulets yg dipercaya bisa memberikan rejeki, jodoh, keselamatan dan lainnya, di jual dengan harga $20 sampai ratusan dolar... yg sy garisbawahi adalah

1. Bhikkhu koq jualan/mencari duit dengan menjual amulets ? Apakah untuk kepentingan Vihara atau pribadi ?

2. Koq buddhist menggunakan benda2 seperti itu (amulets), bukankah itu bs menimbulkan pandangan negatif terhadap buddhism, bahwa buddhism sarat dengan hal2 mistik...

3. Buddhist terkenal dengan sistem sebab-akibat/kamma/karma, koq masih percaya keselamatan dan peruntungan diluar diri mereka, walau benda2 seperti itu "mungkin" bs menjadi kondisi mateng nya kamma...

4. Apakah ada ajaran seperti itu didalam transkrip buddhism ? Sy smpat berpikir, apakah buddhism di jaman kerajaan majapahit/jawa dulu runtuh karena bhikkhu2 nya lebih tertarik mendalami pencapaian kemampuan bathin dari pada dhamma tuk pembebasan tertinggi ? karena terlihat hal seperti ini masih terlihat di kultur suku jawa yg banyak dipengaruhi budaya hindu-buddha

bagaimana menurut anda ?

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #1 on: 16 May 2010, 07:12:01 PM »
di Thai banyak sekali kita menjumpai bhikkhu2 theravada menjual amulets yg dipercaya bisa memberikan rejeki, jodoh, keselamatan dan lainnya, di jual dengan harga $20 sampai ratusan dolar... yg sy garisbawahi adalah

1. Bhikkhu koq jualan/mencari duit dengan menjual amulets ? Apakah untuk kepentingan Vihara atau pribadi ?

2. Koq buddhist menggunakan benda2 seperti itu (amulets), bukankah itu bs menimbulkan pandangan negatif terhadap buddhism, bahwa buddhism sarat dengan hal2 mistik...

3. Buddhist terkenal dengan sistem sebab-akibat/kamma/karma, koq masih percaya keselamatan dan peruntungan diluar diri mereka, walau benda2 seperti itu "mungkin" bs menjadi kondisi mateng nya kamma...

4. Apakah ada ajaran seperti itu didalam transkrip buddhism ? Sy smpat berpikir, apakah buddhism di jaman kerajaan majapahit/jawa dulu runtuh karena bhikkhu2 nya lebih tertarik mendalami pencapaian kemampuan bathin dari pada dhamma tuk pembebasan tertinggi ? karena terlihat hal seperti ini masih terlihat di kultur suku jawa yg banyak dipengaruhi budaya hindu-buddha

bagaimana menurut anda ?

1. urusan pribadi bhikkhu siapa yang tahu,namun lebih banyak terlihat untuk pembangunan vihara dan menolong makhluk hidup.kalo anda ke thai,vihara bukan saja tempat ritual keagamaan,masyarakat dan bhikkhu juga bekerja sama melestarikan lingkungan setempat.kalo di indo mirip pesantren.

2. terkadang amulet bisa membantu anda dalam banyak hal positif.

3. kondisi matangnya kamma berasal dari dana yang kamu sumbangkan melalui amulet tersebut.beberapa pihak memang membuat harga amulet mahal,namun kalao anda ke thailand,anda berdana saja seberapa kecil ,seorang bhikkhu akan memberikan anda kenang2an.
amulet thai bukan benda mistik,anda harus bisa membedakan amulet buatan dukun thailand yang juga mirip bhikkhu dengan amulet bhikkhu yang biasa hanya figur Buddha.
saya masih ingat ketika diberi amulet Luangta Maha Boowa. energi yang terkandung di dalam sangat membantu batin anda dalam meditasi.
jadi jgn pandang amulet sebagai ilmu sakti.

4. itu adalah adat Thailand ketika zaman perang kerajaan dulu yang dilestarikan sampai sekarang.amulet diberikan kepada ksatria untuk melindungi diri mereka.

Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #2 on: 16 May 2010, 10:58:09 PM »
amulet gak ada di tipitaka, yang ada terlindung oleh karma sendiri.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline sukuhong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 8
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #3 on: 17 May 2010, 05:40:38 AM »
amulet gak ada di tipitaka, yang ada terlindung oleh karma sendiri.

cerita Jataka termasuk Tipitaka ?
saya pernah baca cerita Jataka ketika Boddhisatta diberi 'sesuatu' oleh Pacceka Buddha untuk 'perlindungan' gangguan dari makhluk lainnya.

IMO, 'perlindungan' seperti itu juga bagian dari Kamma Baik berbuah juga.
artinya Bodhisatta sendiri berbuat kebajikan yang banyak, makanya diberi 'sesuatu' utk perlindungan dari perbuatan makhluk lainnya.
tapi tidak semua makhluk bisa mendapat 'perlindungan' tersebut.
yang pasti perlindungan dengan sesuatu/amulet tidak bisa membuat 'kesucian' seseorang, pencapaian Jhana atau Nibbana, tapi perlindungan demikian hanya bisa membuat seseorang mendapat kebahagiaan duniawi (walaupun sebentar) misalnya bebas dari bahaya, ancaman2 lainnya.
Tapi perlindungan demikian tidak akan membawa Kemajuan Batin.

Perlindungan yang TERBAIK adalah 'Perbuatan itu sendiri' dan pasti akan membawa kemajuan Batin dan sesuai Buddha Dhamma.

kam sia
« Last Edit: 17 May 2010, 06:02:49 AM by sukuhong »

Offline Welimin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 7
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #4 on: 17 May 2010, 11:00:16 AM »
mnrt saya, di thai ada 2 aliran vinaya dlm praktek kebikkhuan. vinaya yg bole pegang uang dan yg tidak bole.
tinggal lihat saja bnate nya ikut vinaya mana???
klo bantenya ikut vinaya bole pegang uang sah2 aza jual amulet tapi klo vinaya tdk pegang uang melanggar deh...

thx u
If u can see invisible, then u can do impossible.

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #5 on: 17 May 2010, 11:53:36 AM »
Quote
1. urusan pribadi bhikkhu siapa yang tahu,namun lebih banyak terlihat untuk pembangunan vihara dan menolong makhluk hidup.kalo anda ke thai,vihara bukan saja tempat ritual keagamaan,masyarakat dan bhikkhu juga bekerja sama melestarikan lingkungan setempat.kalo di indo mirip pesantren.

2. terkadang amulet bisa membantu anda dalam banyak hal positif.

3. kondisi matangnya kamma berasal dari dana yang kamu sumbangkan melalui amulet tersebut.beberapa pihak memang membuat harga amulet mahal,namun kalao anda ke thailand,anda berdana saja seberapa kecil ,seorang bhikkhu akan memberikan anda kenang2an.
amulet thai bukan benda mistik,anda harus bisa membedakan amulet buatan dukun thailand yang juga mirip bhikkhu dengan amulet bhikkhu yang biasa hanya figur Buddha.
saya masih ingat ketika diberi amulet Luangta Maha Boowa. energi yang terkandung di dalam sangat membantu batin anda dalam meditasi.
jadi jgn pandang amulet sebagai ilmu sakti.

4. itu adalah adat Thailand ketika zaman perang kerajaan dulu yang dilestarikan sampai sekarang.amulet diberikan kepada ksatria untuk melindungi diri mereka.

1. saya pernah pergi ke salah satu wat yg terkenal di thai, ada seorang bhikkhu duduk di kursi santai (mirip kursi di pantai/kolam) dihalaman wat, sambil menjaga altar dan aksesoris buddhist/buku2 serta kotak dana, jd kesan nya sperti nunggu jualan.

2. membantu dalam hal positif, contoh nya seperti apa ? apakah bantuan yg datang itu karena amulet yg digunakan ? kenapa benda mati bisa mendatangkan hal positif ?

3. sampai saat ini sy masih berpikir amulet berhubungan dengan ilmu2 tertentu, di thai sendiri sy menemukan 2 jenis amulet (ini yg sy ketahui, yg tdk sy ketahui mungkin lebih byk).

a. amulet dengan motif buddha dalam berbagai posisi/bentuk.

b. amulet dengan figur bhikkhu/gambar sosok tertentu (misal garuda/bayi nungging/orang menutup kedua mata dengan tanggan nya)/tulisan2 thai (mirip seperti jimat arab)/berbentuk tali (seperti postingan di DC bhikkhu main debus)/selongsong peluru dan lainnya...

ke-2 tipe amulet ini dibuat/dikeluarkan oleh wat/bhikkhu, bahkan sampai di perbanyak dengan menggunakan penomoran/validasi dan kartu autentikasi.

4. jika amulet ini berasal sejak jaman perang kerajaan, berarti amulet ini murni tradisi yg muncul belakangan dan bs dikatakan tidak ada hubungan nya secara langsung dengan buddhism. klo emang amulets itu begitu berguna dan bermanfaat, tentu nya sejak jaman buddha dulu telah digunakan oleh para bhikkhu.

salam aa'tono
« Last Edit: 17 May 2010, 12:12:21 PM by dhanuttono »

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #6 on: 17 May 2010, 12:29:47 PM »
Bagi yang "merasa perlu", amulet berguna karena orang tersebut "merasa perlu".
Bagi yang tidak perlu, tidak perlu amulet karena memang "tidak perlu".
yaa... gitu deh

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #7 on: 17 May 2010, 01:23:16 PM »
amulet gak ada di tipitaka, yang ada terlindung oleh karma sendiri.
Helm juga tidak ada di tipitaka. Apa berarti sebagai umat Buddha tidak perlu pakai helm (karena semua dilindungi karma), atau bagaimana?

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #8 on: 17 May 2010, 02:05:44 PM »
^ :)) ... saya tambahin yah,

Dari apa yang tertulis di tipitaka, emangnya HARUS diikuti semuanya oleh semua umat Buddha ? :))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #9 on: 17 May 2010, 02:12:26 PM »
bahkan tidak ada satupun yang HARUS diikuti

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #10 on: 17 May 2010, 02:19:39 PM »
amulet gak ada di tipitaka, yang ada terlindung oleh karma sendiri.
Helm juga tidak ada di tipitaka. Apa berarti sebagai umat Buddha tidak perlu pakai helm (karena semua dilindungi karma), atau bagaimana?

kalau naik sepeda motor (terutama yg berkecepatan tinggi) yg harus lah pakai helm utk mengurangin resiko terluka. Bila ada yg ingin lebih aman ya selalu memakai helm. jadi kepala selalu terlindung. memang sih kurang nyaman...........

apakah karma jelek yg berbuah itu spt film the final destination ?
« Last Edit: 17 May 2010, 02:54:27 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #11 on: 17 May 2010, 02:21:17 PM »
Penggunaan amulet sebagai pelindung sudah ada jauh sebelum jaman Buddha Gotama. Pada kebudayaan India kuno, Mohenyodaro dan Harappa, amulet (yg terbuat dari tanah liat) digunakan sebagai pelindung, beberapa ada yang bergambar orang yang sedang meditasi, pohon bodhi dan gajah.

« Last Edit: 17 May 2010, 02:26:58 PM by hendrako »
yaa... gitu deh

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #12 on: 17 May 2010, 03:39:57 PM »
kalau naik sepeda motor (terutama yg berkecepatan tinggi) yg harus lah pakai helm utk mengurangin resiko terluka. Bila ada yg ingin lebih aman ya selalu memakai helm. jadi kepala selalu terlindung. memang sih kurang nyaman...........
Berarti helm juga bermanfaat, bukan?
Saya setuju memang makhluk dilindungi oleh karmanya sendiri, tetapi karma juga berbuah lewat cara-cara yang tidak bisa kita ketahui. Bisa selamat lewat helm, bisa juga mungkin lewat amulet. Oleh karena itu, yang terpenting adalah pengertian tentang objek itu sendiri. Kalau dibilang amulet pasti manjur mengubah nasib, berarti sama saja kita bilang kalau pakai helm jadi immortal. Tapi kalau juga dibilang amulet itu ga ada guna karena semua hanya karma, berarti helm juga ga ada gunanya.
(Bukan menyamakan amulet & helm secara langsung, hanya sebagai perbandingan saja.)


Quote
apakah karma jelek yg berbuah itu spt film the final destination ?
Bagaimana kerjanya karma kita tidak tahu, tetapi sepertinya memang bisa saja seperti di film itu, di mana kalau memang waktunya berbuah, dapat berbuah lewat berbagai macam cara.

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #13 on: 17 May 2010, 04:58:43 PM »
saya pernah baca cerita Jataka ketika Boddhisatta diberi 'sesuatu' oleh Pacceka Buddha untuk 'perlindungan' gangguan dari makhluk lainnya.

'sesuatu' itu apa ya? ada cerita yang lebih rinci?

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: Bagaimana menurut anda tentang Buddhist Amulets
« Reply #14 on: 17 May 2010, 05:03:53 PM »
1. ada kalimat bhikkhu jualan juga bisa bikin salah kaprah. Ga usah dari umat tetangga yang sengaja2 nyari kesalahan dengan nuduh mistik, dll, cara penyampaian yang salah dari umat Buddhist juga bisa bikin kesalah pahaman.

benarkah bhikkhu jualan? sejauh yang sy tau dari membaca riwayat2 para Luang Phor ternama, malahan mereka jangankan duit, umat berdana jubah pun, sama beliau dioper/ dikasihkan lagi kepada bhikkhu yang lebih junior. Mereka lebih pilih pake jubah yang ada, meskipun udah butut.

mereka memblessing amulet yang tujuannya untuk menghimpun dana buat pembangunan Vihara, rumah sakit dan lain2.

kenapa sampe perlu ada amulet demi tujuan penghimpunan dana?? kembali lagi kepada perilaku dan sifat manusia jaman sekarang, yang pada umumnya baru mau berbuat baik kalo ada imbalan.

jaman sekarang ga kaya jaman dulu, yang orang2nya lebih tulus ikhlas membantu/ berdana tanpa pamrih. Jaman sekarang susah ngandelin hanya dari orang berdana secara tulus TANPA IMBALAN.

Kadang jangankan berdana, baru aja baca pengumuman pengumpulan dana buat tujuan tertentu, belum2 udah dicurigai aneh2 dulu, bener ga nanti duitnya dipake buat bangun Vihara dan lain2, padahal berdana juga ga mau, tapi sok2 curiga. Teliti boleh tapi over kritis sembari ga ada sumbang sih apapun, mending ke laut aje.

2. ngapain mesti peduli sama pendapat umat agama lain soal mistik, dll.

Tanpa memakai amulet pun, umat Buddhist udah dituding nyembah berhala dan lain sebagainya. Kenapa mesti sebegtu pedulinya dengan pendapat mereka, dan apakah tiap ada tudingan mistik, nyembah berhala dan lain sebagainya, kita sebagai umat Buddhist mesti menyesuaikan diri demi mendapat kata setuju dari mereka??? yang udah jelas2 menganut pandangan salah/ luar biasa picik hanya dari melihat kulit luar (misalnya menghormat Sang Buddha dengan bantuan visualisasi rupang/gambar). Cuma dari kulit luar saja, mereka dengan begitu keji menuduh sembah berhala, buat apa kita sampai tunduk2 rendah diri terpengaruh omongan mereka??
« Last Edit: 17 May 2010, 05:06:23 PM by Wolvie »