//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia  (Read 47037 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #45 on: 13 March 2010, 10:37:07 AM »
http://www.buddhayana.or.id/spirit.php?Lang=Ind

baca ini saja lebih netral

kalau hanya dari sisi Buddhayana, itu tidak netral
info bro Riky boleh juga benar.
ntar info2 yang lain juga bisa benar.
jadi siapa yang benar atau salah tidaklah penting dan juga sudah merupakan cerita masa lalu yaitu 'sejarah'.
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #46 on: 13 March 2010, 11:18:52 PM »
Para Bhikkhu kalau sudah ber- ... organisasi ... kepentingan ... pendapat ... perbedaan ... pertentangan ... kapan 'stop'nya ?

Makanya gak salah kalau Sang Buddha mengkategorikan gaya hidup organisasi termasuk gaya hidup yang 'rendah' bagi para samana ... (brahmajala sutta)

Quote
... Atau ia berkata: "Sementara beberapa pertapa dan brahmana hidup dari makanan yang disediakan oleh umat yang berbakti, namun mereka masih tetap membicarakan hal-hal yang rendah seperti berikut: ceritera tentang kepala negara, menteri, pencuri, peperangan, terror, makanan dan minuman, pakaian, tempat tidur, bunga kalung, wangi-wangian, keluarga, kendaraan, desa, kampung, kota, negara, pertempuran, pahlawan, gosip jalanan, ditempat pengambilah air, setan, yang tidak ada ujung pangkalnya, spekulasi tentang terciptanya daratan dan lautan atau tentang eksistensi dan non eksistensi. Tetapi Samana Gotama tidak membicarakan hal-hal tersebut ...

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #47 on: 14 March 2010, 06:49:20 AM »
Para Bhikkhu kalau sudah ber- ... organisasi ... kepentingan ... pendapat ... perbedaan ... pertentangan ... kapan 'stop'nya ?

Makanya gak salah kalau Sang Buddha mengkategorikan gaya hidup organisasi termasuk gaya hidup yang 'rendah' bagi para samana ... (brahmajala sutta)

Quote
... Atau ia berkata: "Sementara beberapa pertapa dan brahmana hidup dari makanan yang disediakan oleh umat yang berbakti, namun mereka masih tetap membicarakan hal-hal yang rendah seperti berikut: ceritera tentang kepala negara, menteri, pencuri, peperangan, terror, makanan dan minuman, pakaian, tempat tidur, bunga kalung, wangi-wangian, keluarga, kendaraan, desa, kampung, kota, negara, pertempuran, pahlawan, gosip jalanan, ditempat pengambilah air, setan, yang tidak ada ujung pangkalnya, spekulasi tentang terciptanya daratan dan lautan atau tentang eksistensi dan non eksistensi. Tetapi Samana Gotama tidak membicarakan hal-hal tersebut ...


Sangha adalah organisasi yang paling lama didunia (hampir 2600 tahun).
Dan sampai sekarang Sangha masih di puja & di hormati umat Buddhis Theravada sedunia.

Samyutta Nikaya 55.1 menyebutkan tentang 4 kualitas yang ada pada diri seorang Pemasuk Arus yakni:
Keyakinan yang teguh terhadap Buddha
Keyakinan yang teguh terhadap Dhamma
Keyakinan yang teguh terhadap Sangha
Sila yang sempurna, tak ternoda, tak tercela, tak terputus.
Tetapi bila kita membaca lebih jauh lagi, Samyutta Nikaya 55.4.2 menjelaskan tentang 4 arus kebajikan yakni keyakinan yang teguh terhadap Buddha, Dhamma dan Sangha dan Kemurahan hati.
_/\_
« Last Edit: 14 March 2010, 07:00:24 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #48 on: 15 March 2010, 12:08:54 AM »
Sangha adalah organisasi yang paling lama didunia (hampir 2600 tahun).
Dan sampai sekarang Sangha masih di puja & di hormati umat Buddhis Theravada sedunia.

Saya lebih suka sangha diartikan sebagai persamuan atau persaudaraan para bhikkhu, tidak bersifat organisasi yang ada pada saat ini ... Bhikkhu yang berlatih di hutan (dutanga) pun bagian dari sangha walau mungkin mereka tidak ditahbiskan untuk menjabat jabatan khusus pada organisasi yang mentahbiskannya ...

Kalau organisasi, sudah menyangkut posisi, jabatan, pembagian tugas kerja dll yang nantinya akan menimbulkan hal-hal yang saya sebut diatas ...

Lha gimana dong tujuan seseorang menjadi bhikkhu ? Mending jadi seorang pandita aja kali yah ? 'Garis tugasnya' masih terlihat lebih jelas bagi umum (umat awam) ketimbang seorang bhikkhu tapi masih 'berkecimpung' dalam urusan-urusan awam ...

Offline sukuhong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 8
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #49 on: 15 March 2010, 01:13:53 PM »
Sangha adalah organisasi yang paling lama didunia (hampir 2600 tahun).
Dan sampai sekarang Sangha masih di puja & di hormati umat Buddhis Theravada sedunia.

Saya lebih suka sangha diartikan sebagai persamuan atau persaudaraan para bhikkhu, tidak bersifat organisasi yang ada pada saat ini ... Bhikkhu yang berlatih di hutan (dutanga) pun bagian dari sangha walau mungkin mereka tidak ditahbiskan untuk menjabat jabatan khusus pada organisasi yang mentahbiskannya ...

tidak setiap Bhikkhu Sangha harus mendapat jabatan khusus atau lainnya tetapi setiap Bhikkhu adalah bagian dari Sangha. hanya permainan kata2 antara kata organisasi dgn persamuan/persaudaraan, kalau kata persamuaan/persaudaraan keliatan lebih akrab/harmonis antara sesama Bhikkhu.
sebenarnya nama keren adalah organisasi, tidak dipermasalahkan
memang demikian yang ada.
kam sia
« Last Edit: 15 March 2010, 01:15:52 PM by sukuhong »

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #50 on: 15 March 2010, 08:10:14 PM »
tidak setiap Bhikkhu Sangha harus mendapat jabatan khusus atau lainnya tetapi setiap Bhikkhu adalah bagian dari Sangha. hanya permainan kata2 antara kata organisasi dgn persamuan/persaudaraan, kalau kata persamuaan/persaudaraan keliatan lebih akrab/harmonis antara sesama Bhikkhu.
sebenarnya nama keren adalah organisasi, tidak dipermasalahkan
memang demikian yang ada.
kam sia

Lha iyalah ... Kalo semua dapet jabatan, mana 'anggota'nya ? :))

Memang organisasi dan persamuan/persaudaraan mempunyai arti yang mirip, hanya kalau mendengar kedua kata itu disebut, saya lebih 'sreg' kalau para bhikkhu (dalam kelompok tertentu) hanya hidup sebagai kelompok (persaudaraan) tidak membagi-bagi 'tugas kerja' layaknya seperti beberapa organisasi awam yang saya kenal (punya struktur dan aturan) dan kalau ditelusuri, itu dibuat hanya berdasar pada sifat-sifat yang seharusnya 'ingin' mereka tinggalkan saat penahbisan ...

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.869
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #51 on: 08 July 2010, 12:28:31 PM »
Tulisan ini kembali membuka luka lama, dimana para pelaku kadang-kadang terseret arus yang mereka tidak kehendaki, Saya mengenal beberapa pelaku sejarah dalam perkembangan Buddha Dhamma di Indonesia (terutama tahun tujuh puluhan keatas) umpamanya pak Mochtar Rasyid, Bhikkhu Ashin Jinarakkhita (sejak tahun enam puluhan), pak Sosro Utomo, bhante Sombat, bhante Giri dll,

Ko Fabian, bisa cerita sedikit (banyak lebih bagus  ;D ) mengenai alm. Mochtar Rasyid?
Kalau ada foto2 Beliau, sy sangat berterima kasih.

Sy sedang mengumpulkan catatan2 mengenai Bpk. M. Rasyid, karena Beliau cukup unik.
Beliau adalah satu2nya Bikkhu/mantan Bhikkhu yg berdarah Minang asli. Sebagai catatan, Minangkabau terkenal akan adat istiadat dan keislamannya, sehingga cukup mengejutkan ada putra Minang yg menjadi seorang Bhikkhu, apalagi menjadi pentolan STI.

Setelah M. Rasyid, hingga saat ini, sy belum menemukan seorang Minang-pun yg tertarik pada Dhamma, apalagi sampai menjadi Bhikku.

Jadi, biografi seorang Mochtar Rasyid akan menjadi catatan unik tersendiri bagi umat Buddha di Minangkabau.

::

Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline PatriciaT

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 42
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #52 on: 08 July 2010, 03:16:43 PM »
 :no: Bingung sy bacanya. Belum selesai, besok sambung lagi, nich mata sudah capek.   
Baru ngerti serumit ini organisasi Shangha kita sehingga Bhante Kampiro memutuskan lepas jubah.  Apakah perbedaan tersebut tidak dpt disatukan? Tujuan menjadi bhikkhu untuk melatih diri, banyak kuti, vihara kecil di luar kota yg tidak ada bhikkhunya, dr pd ribut perbedaan yg ada, apa ngak lebih baik tinggal di kuti/vihara kecil di luar kota utk melatih diri n mengajarkan dhamma pada rakyat kampung di sono ?  Atau ngak dibolehkan juga ya tinggal disana? 

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #53 on: 08 July 2010, 03:29:07 PM »
:no: Bingung sy bacanya. Belum selesai, besok sambung lagi, nich mata sudah capek.   
Baru ngerti serumit ini organisasi Shangha kita sehingga Bhante Kampiro memutuskan lepas jubah.  Apakah perbedaan tersebut tidak dpt disatukan? Tujuan menjadi bhikkhu untuk melatih diri, banyak kuti, vihara kecil di luar kota yg tidak ada bhikkhunya, dr pd ribut perbedaan yg ada, apa ngak lebih baik tinggal di kuti/vihara kecil di luar kota utk melatih diri n mengajarkan dhamma pada rakyat kampung di sono ?  Atau ngak dibolehkan juga ya tinggal disana? 

ada bhikkhu memutuskan lepas jubah karena organisasi sangha yg rumit? kok keknya gak nyambung.

Offline PatriciaT

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 42
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #54 on: 08 July 2010, 04:23:48 PM »

[/quote]

ada bhikkhu memutuskan lepas jubah karena organisasi sangha yg rumit? kok keknya gak nyambung.
[/quote]

Yg saya dengar memang seperti itu. Ada 2  Bhikhhu yg bersamaan lepas jubah karena masalah yg sama. 

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #55 on: 08 July 2010, 10:26:56 PM »
Yg saya dengar memang seperti itu. Ada 2  Bhikhhu yg bersamaan lepas jubah karena masalah yg sama. 

Sang Buddha mengatakan ada 4 hal penyebab seorang bhikkhu lepas jubah, tapi gak satupun nyambung sama organisasi Sangha yang rumit.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #56 on: 08 July 2010, 11:33:47 PM »


Sy sedang mengumpulkan catatan2 mengenai Bpk. M. Rasyid, karena Beliau cukup unik.
Beliau adalah satu2nya Bikkhu/mantan Bhikkhu yg berdarah Minang asli. Sebagai catatan, Minangkabau terkenal akan adat istiadat dan keislamannya, sehingga cukup mengejutkan ada putra Minang yg menjadi seorang Bhikkhu, apalagi menjadi pentolan STI.

Setelah M. Rasyid, hingga saat ini, sy belum menemukan seorang Minang-pun yg tertarik pada Dhamma, apalagi sampai menjadi Bhikku.

Jadi, biografi seorang Mochtar Rasyid akan menjadi catatan unik tersendiri bagi umat Buddha di Minangkabau.

::



loh yang unik kalo dari minangkabau ya?  kalo dari madura, atau manado unik ngga? :)
madura kental dengan Islam , Manado kental dengan kr****n ... ada juga kan yang jadi Bhikku orang madura & manado asli

oh ya... mengenai minangkabau, adat istiadatnya itu berasal dari kerajaan pagaruyung kerajaan buddhis, sebelum masuknya agama Islam

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #57 on: 09 July 2010, 11:33:23 AM »
Quote
ada bhikkhu memutuskan lepas jubah karena organisasi sangha yg rumit? kok keknya gak nyambung.
Quote
Yg saya dengar memang seperti itu. Ada 2  Bhikhhu yg bersamaan lepas jubah karena masalah yg sama. 
berarti Bhikkhu lepas Jubah itu maunya jadi Bhikkhu independen (tidak dibawah Sangha) atau mau jadi Bhikkhu Partikelir ! =))
 _/\_
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #58 on: 09 July 2010, 11:38:46 AM »
partikelir = Parti-kelir = Party - Kelir

Party = pesta
Kelir = warna

Pesta warna ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sejarah Organisasi Buddhist dan Sangha di Indonesia
« Reply #59 on: 09 July 2010, 11:44:58 AM »
partikelir = Parti-kelir = Party - Kelir

Party = pesta
Kelir = warna

Pesta warna ?

tuhan lagi kesurupan junker????