//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..  (Read 36162 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« on: 22 July 2011, 10:09:09 AM »
pagi teman2 DC semuanya..

mau minta tolong nih,, begini ceritanya kira2
pagi jem 9++ saya lewat di depan jalan hayam wuruk, jakarta.. eh kena tilang polisi yg lagi operasi patuh jaya sptnya ( ada hampir 100 polisi dan gabungan bbrp dilantas juga) trus gak seperti biasanya yg bisa saya minta damai atau titip sidang.. polisi nya lsg kasi surat tilang tanpa babibu.. pdhl saya uda minta tolong damai aja dunk., eh polisinya malah bisik2 " ada wartawan n byk yg lihat, kl bisa damai dari tadi uda dapet byk kita mah" :hammer:

anyway yg mau saya minta tolong itu, sebelumnya saya gak pernah ngurus2 persidangan untuk kasus tilang n sim ditahan begini, ada tips2 atau ada yg sudah pengalaman pernah kena kek gituan juga gak? tolong sharing2 info yah  ^:)^ , terus di suruh ke pengadilan nya di daerah tomang katanya, nah di surat tilang di tulis jl. S parma.. wah bingung deh saya tanya dateng jam brp di bilang jem 9-10 pagi tgl 29 juli 2011 sidangnya..

ada suggestion gak?  :( :(


Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #1 on: 22 July 2011, 10:14:13 AM »
singkat kata, datang ke tempat pada waktu janjian/appointment :P, bisa model
1. langsung bayar diloket lalu ambil sim nya
2. ketemu muka sama hakim, dibacakan salahnya, lalu bayar dan ambil

itu di deket tomang yang deket sebrang slipi plaza bukan?
There is no place like 127.0.0.1

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #2 on: 22 July 2011, 10:18:32 AM »
singkat kata, datang ke tempat pada waktu janjian/appointment :P, bisa model
1. langsung bayar diloket lalu ambil sim nya
2. ketemu muka sama hakim, dibacakan salahnya, lalu bayar dan ambil

itu di deket tomang yang deket sebrang slipi plaza bukan?

wah segampang itu kah, apalagi model no.1... saya kira mah bisa lama kek ngurus sim lagi, yg bisa seharian ngantrinya grrrr hahhaha,
untuk lokasi gak tahu juga, cuma dibilang pengadilan negri jakarta barat, di surat tilang ada di tulis jl S parman itu doank..

thx infonya Hyang kuasa DC  ;D ;D

ada masukan lain dr teman2?

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #3 on: 22 July 2011, 10:24:04 AM »
kok bs kena tilang kK?

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #4 on: 22 July 2011, 10:28:58 AM »
kok bs kena tilang kK?

gak nyalain lampu :hammer: pdhl kl bukan operasi gede2an gitu, gak pernah kena untuk kasus lampu gak dinyalain.

nanti jem 14.00 lihat di metro tv ah., di program jakarta2. tadi lihat ada wartawan yg liput2 mana tahu eke masuk TV wahahahhahah  ;D

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #5 on: 22 July 2011, 10:30:57 AM »
gak nyalain lampu :hammer: pdhl kl bukan operasi gede2an gitu, gak pernah kena untuk kasus lampu gak dinyalain.

nanti jem 14.00 lihat di metro tv ah., di program jakarta2. tadi lihat ada wartawan yg liput2 mana tahu eke masuk TV wahahahhahah  ;D
wkwkwkk..... mank ga kerja kk?

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #6 on: 22 July 2011, 10:37:00 AM »
wkwkwkk..... mank ga kerja kk?

kerja nya kan jaga toko, ada tv di toko jadi lihat2 aj nanti wakakakak..


Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #7 on: 22 July 2011, 10:38:27 AM »
wah segampang itu kah, apalagi model no.1... saya kira mah bisa lama kek ngurus sim lagi, yg bisa seharian ngantrinya grrrr hahhaha,
untuk lokasi gak tahu juga, cuma dibilang pengadilan negri jakarta barat, di surat tilang ada di tulis jl S parman itu doank..

thx infonya Hyang kuasa DC  ;D ;D

ada masukan lain dr teman2?
tu kalo dari taman anggrek ke semanggi lwt slipi pst lwt pengadilan negri jakarta barat...dekat2 slipi jaya....

Offline aipiman

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • vayadhamma sankhara appamadena sampadetha ti
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #8 on: 22 July 2011, 10:42:48 AM »
saya baru-baru ini juga ngalamin kena tilang, memang sekarang lagi banyak razia, lampu motor aja harus nyala kalo siang.

kalo saya sidangnya di pengadilan negeri jakarta pusat (dekat gajahmada plaza), tapi saya ngga datang pas sidang karena dengar-dengar antrinya bakal panjang. sidang harusnya jumat 15 juli 2011, saya datangnya senin 18 juli 2011 jam 9 pagi, eh ternyata simnya sudah dipindahin di kejaksaan di jl. merpati, kemayoran, saya datang deh di kejaksaan, pas didepan kejaksaan udah keliatan banyak yang ngantri (kira2 20 orang) di loket pas dekat gerbang masuk, saya serahin aja slip tilangnya ke loket trus tunggu dipanggil, sekitar setengah jam kurang sudah dipanggil dan tebus sim sebesar 70rb.

jadi saran saya sih kalo ngga mau lama ngantri datangnya jangan pas hari H, ngurus di kejaksaannya gampang kok. cuma ngga tau ya apa biaya dendanya sama klo ambil di kejaksaan dan di pengadilan. intinya sih ga usah kuatir kalo ditilang, ngurusnya ga repot2 amat.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #9 on: 22 July 2011, 10:43:03 AM »
pagi teman2 DC semuanya..

mau minta tolong nih,, begini ceritanya kira2
pagi jem 9++ saya lewat di depan jalan hayam wuruk, jakarta.. eh kena tilang polisi yg lagi operasi patuh jaya sptnya ( ada hampir 100 polisi dan gabungan bbrp dilantas juga) trus gak seperti biasanya yg bisa saya minta damai atau titip sidang.. polisi nya lsg kasi surat tilang tanpa babibu.. pdhl saya uda minta tolong damai aja dunk., eh polisinya malah bisik2 " ada wartawan n byk yg lihat, kl bisa damai dari tadi uda dapet byk kita mah" :hammer:

anyway yg mau saya minta tolong itu, sebelumnya saya gak pernah ngurus2 persidangan untuk kasus tilang n sim ditahan begini, ada tips2 atau ada yg sudah pengalaman pernah kena kek gituan juga gak? tolong sharing2 info yah  ^:)^ , terus di suruh ke pengadilan nya di daerah tomang katanya, nah di surat tilang di tulis jl. S parma.. wah bingung deh saya tanya dateng jam brp di bilang jem 9-10 pagi tgl 29 juli 2011 sidangnya..

ada suggestion gak?  :( :(

Pengalaman saya kalau ngambil TILANG di pengadilan (di kota Medan), saya datangi pengadilan pada tanggal yang ditentukan pada jam 14.00 / sesudah jadwal sidang, biasanya kalau kita sebagai "pesakitan" sidang itu tidak hadir, berarti kita sudah mengakui kesalahan yang tertulis di dalam surat TiLANG, jadi begitu kita tidak hadir setelah dipanggil hakim, berarti di adili in-absentia dan kita menerima semua keputusan HAKIM tentang pelanggaran itu dan biasanya vonis-nya adalah DENDA UANG.

Jadi saya tinggal datangi saja ke bagian sidang, nanti biasanya ada panitera yang sudah mengumpulkan semua berkas-berkas sidang hari itu. Tinggal bayar saja ke panitera, ambil SIM / STNK yang dititipkan di pengadilan, trus PULANG...

Dulu sih kalau ditilang, pasti minta biro jasa yang ngambilkan SIM / STNK-nya, sekarang setelah diberitahu salah satu biro jasa gimana ngambil tilang-nya, saya pergi sendiri ke pengadilan (lewat jalan belakang lagi), saya bayar seperti yang tertera di denda dan biasanya malah tidak ada tambah-tambahan biaya lagi. dan lebih murah daripada lewat biro jasa
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Pikochan_chan

  • Sebelumnya: Good Listener
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 232
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Welcome at Jungle
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #10 on: 22 July 2011, 11:11:52 AM »
pagi teman2 DC semuanya..

mau minta tolong nih,, begini ceritanya kira2
pagi jem 9++ saya lewat di depan jalan hayam wuruk, jakarta.. eh kena tilang polisi yg lagi operasi patuh jaya sptnya ( ada hampir 100 polisi dan gabungan bbrp dilantas juga) trus gak seperti biasanya yg bisa saya minta damai atau titip sidang.. polisi nya lsg kasi surat tilang tanpa babibu.. pdhl saya uda minta tolong damai aja dunk., eh polisinya malah bisik2 " ada wartawan n byk yg lihat, kl bisa damai dari tadi uda dapet byk kita mah" :hammer:

anyway yg mau saya minta tolong itu, sebelumnya saya gak pernah ngurus2 persidangan untuk kasus tilang n sim ditahan begini, ada tips2 atau ada yg sudah pengalaman pernah kena kek gituan juga gak? tolong sharing2 info yah  ^:)^ , terus di suruh ke pengadilan nya di daerah tomang katanya, nah di surat tilang di tulis jl. S parma.. wah bingung deh saya tanya dateng jam brp di bilang jem 9-10 pagi tgl 29 juli 2011 sidangnya..

ada suggestion gak?  :( :(

 :) Semoga tips ini dpt membantu:

Trik-Trik Menghadapi Polisi Agar Lolos Saat Ditilang:

Bagi pengendara kenderaan bermotor hal yang paling menyebalkan selain kemacetan yang berjam-jam di jalan adalah ditangkap polisi. Apalagi para polisi banyak yang suka mengada-ada peraturan. Ada yang lagi jual rumah dan sudah pengen cepat nyampe tujuan karena sudah ditunggu oleh calon pembeli untuk rumah dijual nya, eh malah ditangkap polisi! Pasti bikin BT banget dech.

Berbagai jurus akan dikeluarkan polisi dari alasan:"jalan ini one way dari pagi sampai jam 10.00 padahal tidak ada rambunya" atau kalau bapak mau lurus, tidak boleh ambil paling kiri, padahal tidak ada rambu yang menandakan bahwa kiri harus belok kiri". Dua alasan tersebut paling sering terjadi. Contoh untuk yang pertama: banyak polisi yang mangkal persis di seberang jalan di depan bakmi Jakpos Jakarta Selatan dan banyak sekali yang ditangkap dengan alasan kalau jalan tersebut adalah one way dipagi hari. Padahal disana tidak ada rambu one way kalau dipagi hari. Tapi polisi tidak mau tau dan akan mengeluarkan berbagai gertakan nya supaya anda takut untuk ke persidangan.
Untuk contoh kedua adalah di sepanjang gunung sahari dari Harmoni sampai ke Mangga Dua. Banyak sekali polisi yang mangkal disana. Coba saja anda mengambil jalur paling kiri atau paling kanan tetapi ternyata anda tidak membelok (lurus kedepan). Dijamin pasti anda akan di stop polisi.
Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak dari kita yang memilih jalur 'damai' daripada ditilang dan ke pengadilan. Sebenarnya bukan karena kita cinta 'damai', tetapi ga mau ribet atau ga ada waktu ke pengadilan. Bagi yang tidak mau mengeluarkan duit, bisa dicoba tip-tip anti tilang dibawah ini dan trik-trik ini TIDAK PERNAH GAGAL!

RAHASIA ANTI TILANG #1: Saya anak jendral!
















Trik ni merupakan trik yang paling umum. Saya anak jendral bisa juga di ganti dengan saya saudara Pak xxx dan disertai dengan penyelipan kartu nama pejabat kepolisian. Dalam menjalani trik ini, anda harus bisa memasang tampang sok yakin dan percaya diri, disertai dengan berbicara dengan suara lantang, agak sok, dan yang pasti penuh keyakinan.

Contoh Skenario:
Polisi: "Selamat pagi, ibu telah melanggar pasal sekian karena sekian-sekian"
Anda: "YA SUDAH! YA SUDAH! TILANG SAJA SAYA SEKARANG! AYO CEPAT! TILANG SAJA!"
Polisi: "HMMMM�maaf bu, memangnya ibu..siapa ya?"
Anda: "NGAPAIN TANYA-TANYA SIAPA AKU! KALAU KAU MAU TILANG, YA TILANGLAH SANA!"
Polisi: "Maaf bu, ibu kenal siapa?"
Anda: "MEMANGNYA KALAU AKU KENAL SIAPA-SIAPA KENAPA? HAH? MAU KAU TILANG LEBIH BESAR LAGI? HAH?"
Polisi: "Engga bu, lain kali hati-hati ya"

Mengapa trik ini tidak pernah gagal? Sebenarnya trik ini merupakan teknik yang dalam ilmu psikologi disebut dengan reverse psychology, dimana seseorang melakukan persuasi dalam mengarahkan lawan bicara dengan melakukan hal yang justru tidak diinginkan oleh lawan bicara. Menyuruh pak polisi untuk menilang dengan lantang akan memicu reaksi tersendiri dalam diri Pak Polisi, yaitu respon negatif saat menanggapi sebuah persuasi, sehingga bertindak justru kebalikan persuasi yang diberikan (melepaskan dan tidak menilang).

Teori psikologi ini berasal dari abad kuno Indonesia, dan dalam masyarakat dulu lebih dikenal dengan sebutan gertak sambal yang artinya sebenarnya kita hanya menggertak. Jadi seseorang sebenarnya tidak mempunyai kekuatan atau kekuasaan yang dia miliki tetapi dia hanya membual. Semakin yakin dan percaya tindakan anda, lawan bicara semakin ragu akan kemampuan nya sendiri dan tidak berani mengambil risiko untuk melawan kita.

Karena seringnya digunakan, diperlukan kehati-hatian dalam melaksanakan trik ini. JANGAN BERBOHONG adalah kunci sukses keberhasilan. Itu termasuk: jangan mengaku saudara jika bukan saudara dan jangan memberi nomor telpon yang tidak bisa dihubungi. Ingat, kegagalan dan gerak-gerik kurang meyakinkan akan menimbulakn kecurigaan dan bisa berbuah tilang yang lebih berat!

RAHASIA ANTI TILANG #2: Saya lagi banyak masalah, Pak!
ditilang polisi















HATI-HATI! TRIK INI MEMBUTUHKAN LATIHAN AKTING! Sebenarnya trik ini lebih cocok untuk orang yang mempunyai kemampuan berakting. Begitu diberhentikan polisi, anda sudah harus mulai penjiwaan. Segera telengkupkan tangan, basahi mata dengan air mata buaya supaya kelihatan habis menangis dan tarik ulur ingus untuk lebih meyakinkan lagi kalau anda menangis. Sepanjang interogasi, usahakan kontak mata sesedikit mungkin dengan Pak Polisi, gerakkan tangan menutup muka seperti sedang depresi akan lebih meyakinkan lagi.

Skenario
"Maaf bu, ibu melanggar pasal sekian karena sekian-sekian"
"Aduh, teserah deh, pak, bapak mau nilang saya apa gimana teserah deh,"
"Memangnya ibu kenapa?"
"Aduh, ga usah nanya-nanya deh Pak, saya lagi pusing banyak masalah nih!"
"Emang Masalah ibu apa?"
"Pokoknya saya lagi pusing banyak masalah! Makanya saya ga lihat tadi tuh lampu merah di depan soalnya pikiran saya kusut! Jadi teserah deh kalau bapak mau nilang saya�" Diucapkan dengan nada frustasi dan diakhiri dengan suara lirih dan nada gantung.
"Duh, ada yang bisa saya bantu kalau lagi ada masalah?"
"Ga bisa! Bapak ga bisa bantu saya!" terkesan mau nangis, "Ga ada yang bisa bantu SAAYAA!" menangis histeris.
"Ya uda lha kalau ibu lagi banyak masalah, lain kali hati-hati ya"

Mengapa tak pernah gagal? Karena orang jahat selalu menang, dan ini adalah teknik yang sangat jahat. Trik ini memanfaatkan sisi baik dari seorang Polisi. Manusia pada dasarnya mempunyai hati nurani yang bisa merasa kasihan terhadap orang lain. Tidak ada manusia yang lahir tanpa empati akan kesusahan manusia lain walapun hanya setitik tetap saja ada rasa ibanya. Apalagi seorang Polisi yang diharapkan menjadi pamong masyarakat.

Taktik ini memang masih jarang digunakan karena membutuhkan penghayatan yang mendalam dan susah meyakinkan si polisi, salah-salah malah ditilang lebih berat. Ditambah juga orang-orang banyak yang berpikiran bahwa polisi pasti akan lebih memilih duit daripada rasa iba, apalagi polisi jaman sekarang. Sekali dipakai, tentunya para polisi akan selalu terkenang-kenang. Ibaratnya sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya. Bisa-bisa bagian skenario tadi dipotong menjadi:
"Ahhh!! Udah! Udah! Ga usah pura-pura! Kemarin uda ada yang pake tuh! Ibu-ibu!"

RAHASIA ANTI TILANG #3: Saya mahasiswa hukum, lho!
tilang-dl1















Walaupun anda bukanlah seorang mahasiswa hukum, tidak perlu ragu-ragu dalam memakai trik ini hanya karena judulnya. Siapa saja bisa memakai trik ini bahkan yang bukan mahasiswa hukum benaran. Cukup kemampuan persuasi dan kegigihan mempertahankan kasus macamnya pengacara artis.

Skenario:
"Mbak melanggar pasal sekian karena sekian-sekian"
"Aduh, maaf, Pak, soalnya rambu-nya nggak kelihatan, ketutupan pohon tuch lagian saya itu baru pertama kali lewat sini, jadi saya kurang paham sama jalanannya"
"Ya tapi nggak bisa gitu dong, Mbak tetap melanggar dan harus ditilang"
"Wah, nggak bisa langsung ditilang gitu, pak! Kan saya sudah bilang tadi alasannya, rambunya tidak kelihatan karena ketutupan pohon, jadi sebenarnya kesalahan bukan di pihak saya. Saya ini mahasiswa hukum lho, pak! Masyarakat sadar hukum! Saya tahu benar pasal-pasal dan penerapannya, bahwa kalau pelanggaran karena rambu yang tidak jelas, tidak bisa dikenakan sanksi!"
"Memang aturannya seperti itu kok, melanggar ya kena sanksi!"
"Nahh, itu dia, apalagi saya tadi sudah minta maaf karena pertama kali lewat. Saya ini mahasiswa hukum, Pak, jadi saya tahu aturan persidangan. Saya jelas tidak bersalah karena saya tidak diinformasikan sebelumnya bahwa apa yang saya lakukan itu salah. Rambu tidak jelas. Saya pertama lewat. Siapa yang bisa memberi tahu saya?"
"Justru ini saya stop dan saya beritahu, Mbak melanggar!"
"Benar sekali, terimakasih, Pak, tugas seorang polisi memang untuk membimbing anggota masyarakatnya agar patuh peraturan. Karena itu sekarang saya jadi tahu disini ga boleh belok, dan lain kali tidak melanggar."
"Tapi yang ini tetap ditilang!"
"Wah, saya yakin bapakpun sebagai penegak hukum juga belajar hukum seperti saya di fakultas hukum. Pelanggaran kali ini tidak kena tilang, pak, tapi berikutnya jika saya melanggar lagi, saya harus ditilang. "
"Ya sudah ngomong sana di sidang tilang!"

"Sekali lagi pak, saya ini sudah hampir lulus dari fakultas hukum, berarti saya menguasai materi hukum! Coba bapak liat klo ga percaya, ini kartu mahasiswa saya, FAKULTAS HUKUM angkatan tahun ini lulus. Menurut yang saya pelajari, tidak semua pelanggaran harus masuk tahap persidangan, jika sudah diberikan alasan yang valid atas pelanggaran. Saya sudah memberikan alasan saya. Saya bahkan tidak menyalahkan aparat yang meletakkan rambu di tempat yang tidak terlihat."
"Ya sudah sana pergi!"

Mengapa tak pernah gagal, sekali lagi ada hubungan psikologi manusia dengan trik ini. Secara psikologi, orang tidak suka mendengar suara keras yang m***kakan telinga terus menerus atau omlean repetan orang yang panjang lebar. Nah Polisi itukan juga manusia, yang pasti akan terganggu mendengar rentetan alibi tak henti oleh suara yang tak enak didengar. Dalam pikiran polisi, lebih bagus saya mencari mangsa yang lain daripada menghabiskan waktu dengan yang satu ini.
Trik-trik diatas bukan lah bermaksud untuk menghina lembaga kepolisian. Poisi memang sudah ada perbaikan dan banyak juga diantara kita yang sudah menikmati buah reformasi birokrasi saat mengurus SIM, surat tabrakan dan ditilang. Ramah-cepat-tidak mahal. Trik-trik diatas justru ditulis agar pihak kepolisian dapat menghindari orang-orang yang suka ngemplang tilang.

sumber: Sumber: http://id.yseablog.com/2010/06/tips-anti-tilang/?cid=idtd

 :) caicien......

 _/\_ SSBS

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #11 on: 22 July 2011, 11:23:56 AM »
thx piko, itu nanti gua pake kl lagi kondisi pra kena tilang... skrg saya statusnya pasca kena tilang  :)

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #12 on: 22 July 2011, 11:25:40 AM »
Pengalaman saya kalau ngambil TILANG di pengadilan (di kota Medan), saya datangi pengadilan pada tanggal yang ditentukan pada jam 14.00 / sesudah jadwal sidang, biasanya kalau kita sebagai "pesakitan" sidang itu tidak hadir, berarti kita sudah mengakui kesalahan yang tertulis di dalam surat TiLANG, jadi begitu kita tidak hadir setelah dipanggil hakim, berarti di adili in-absentia dan kita menerima semua keputusan HAKIM tentang pelanggaran itu dan biasanya vonis-nya adalah DENDA UANG.

Jadi saya tinggal datangi saja ke bagian sidang, nanti biasanya ada panitera yang sudah mengumpulkan semua berkas-berkas sidang hari itu. Tinggal bayar saja ke panitera, ambil SIM / STNK yang dititipkan di pengadilan, trus PULANG...

Dulu sih kalau ditilang, pasti minta biro jasa yang ngambilkan SIM / STNK-nya, sekarang setelah diberitahu salah satu biro jasa gimana ngambil tilang-nya, saya pergi sendiri ke pengadilan (lewat jalan belakang lagi), saya bayar seperti yang tertera di denda dan biasanya malah tidak ada tambah-tambahan biaya lagi. dan lebih murah daripada lewat biro jasa

wah jadi bagusnya saya dateng jangan jem 9 nya yah? hehe iy juga sih menghindari antri atau pengadilan gajebo.. moga2 cepet2 kelar aj deh... thx info nya bro dilbert

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #13 on: 22 July 2011, 11:27:58 AM »
pagi teman2 DC semuanya..

mau minta tolong nih,, begini ceritanya kira2
pagi jem 9++ saya lewat di depan jalan hayam wuruk, jakarta.. eh kena tilang polisi yg lagi operasi patuh jaya sptnya ( ada hampir 100 polisi dan gabungan bbrp dilantas juga) trus gak seperti biasanya yg bisa saya minta damai atau titip sidang.. polisi nya lsg kasi surat tilang tanpa babibu.. pdhl saya uda minta tolong damai aja dunk., eh polisinya malah bisik2 " ada wartawan n byk yg lihat, kl bisa damai dari tadi uda dapet byk kita mah" :hammer:

anyway yg mau saya minta tolong itu, sebelumnya saya gak pernah ngurus2 persidangan untuk kasus tilang n sim ditahan begini, ada tips2 atau ada yg sudah pengalaman pernah kena kek gituan juga gak? tolong sharing2 info yah  ^:)^ , terus di suruh ke pengadilan nya di daerah tomang katanya, nah di surat tilang di tulis jl. S parma.. wah bingung deh saya tanya dateng jam brp di bilang jem 9-10 pagi tgl 29 juli 2011 sidangnya..

ada suggestion gak?  :( :(
bisa koq sebenernya damai, asal tau triknya ja, kl udah tau kita salah dan dicegat, kakao kasih tau triknya, keluarin STNK dijepit Duit 50rban,.jangan sampai ketahuan, dijamin pas polisi buka ada duitnya, dg keahliannya menyembunyikan uang, pasti anda langsung dilepas,..jangan pelit diawal dan ngotot2,.mana mau polisnya damai (itu juga diajarin salah satu polis yg dulu pernah nilang kakao ^-^!)mudah2an polisnya ga ikut baca,.ha ha ha,.namanya juga sharing ^-^! nah dengan cara itu SIM ma STNK kakao nggak pernah diambil ^_^! karena kita sedia, dicegat polisi pasti udah salah nih, tp memang kecuali kl razia,.tapi tetep bisa koq.. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: mengurus SIM yg di tahan pas kena tilang polisi..
« Reply #14 on: 22 July 2011, 11:29:04 AM »
saya baru-baru ini juga ngalamin kena tilang, memang sekarang lagi banyak razia, lampu motor aja harus nyala kalo siang.

kalo saya sidangnya di pengadilan negeri jakarta pusat (dekat gajahmada plaza), tapi saya ngga datang pas sidang karena dengar-dengar antrinya bakal panjang. sidang harusnya jumat 15 juli 2011, saya datangnya senin 18 juli 2011 jam 9 pagi, eh ternyata simnya sudah dipindahin di kejaksaan di jl. merpati, kemayoran, saya datang deh di kejaksaan, pas didepan kejaksaan udah keliatan banyak yang ngantri (kira2 20 orang) di loket pas dekat gerbang masuk, saya serahin aja slip tilangnya ke loket trus tunggu dipanggil, sekitar setengah jam kurang sudah dipanggil dan tebus sim sebesar 70rb.

jadi saran saya sih kalo ngga mau lama ngantri datangnya jangan pas hari H, ngurus di kejaksaannya gampang kok. cuma ngga tau ya apa biaya dendanya sama klo ambil di kejaksaan dan di pengadilan. intinya sih ga usah kuatir kalo ditilang, ngurusnya ga repot2 amat.

thx info nya bro aipiman., kyknya bykan sarannya dateng jgn hari atau jem H nya yah.. hehehe tapi kyknya pergi ttp hari H alias tgl 29 nya deh.. mungkin sore aj gt yah.. yah moga2 aj gak di repot2in.. enaknya sih dateng lihat bayar pulang hahahaha..
Spoiler: ShowHide
tapi tetep enakan damai di tempat aj  ;D .