Battlestations ini permainan simulasi yang intinya dalam satu kali pertempuran ada 3 "ronde".
Pertempuran dimulai dengan jarak antara penyerang dan yang bertahan 1000 yard. Jika kecepatan penyerang lebih tinggi, maka mereka mendekat, dan sebaliknya.
Setelah berjalan beberapa waktu, "ronde" 1 dimulai. Jika jarak mereka masuk pada jarak serangan, maka mereka akan saling serang, dimulai dari penyerang, lalu dibalas yang bertahan. Setelah itu berjalan lagi selama beberapa waktu dan dimulai "ronde" 2 & 3.
Faktor yang menentukan adalah jenis kapal, bagian kapal, senjata, dan statistik kaptennya.
Setiap kapal memiliki HP (hull point), kapasitas, kecepatan & jumlah slot senjata tertentu, dan bisa di-upgrade.
-HP itu seperti game lainnya, adalah "hidup" dari kapal. Kalau sampai 0, berarti tenggelam.
-Kapasitas adalah jumlah beban yang bisa diangkut kapal. Setiap bagian kapal seperti mesin, layar, stabiliser dan juga senjata memiliki bobot tertentu.
-kecepatan adalah yang menentukan posisi ketika pertempuran
-slot senjata adalah jumlah senjata yang bisa dipasang.
Statistik kapten ada 3:
-craft yang menentukan bonus HP dari kapal
-gunnery yang menentukan damage dari senjata jenis cannon, sub-cannon, & missile
-navigation yang menentukan kecepatan & damage dari senjata type melee & missile
Setiap orang mulai dengan class sailor, kemudian setelah level 25, ada 4 pilihan class:
-Commander, per level: craft +1, gunnery +1, nav +1; 2 bonus stat.
-Pirate, per level: gunnery +1.5; 3 bonus stat.
-Mechanic, per level: craft +1.5; 3 bonus stat.
-Scout, per level: nav +1.5; 3 bonus stat.
Setiap class juga memiliki skill masing-masing yang unik.
Bagian kapal ada 5:
1. Sail - untuk menambah speed
2. Engine - untuk menambah speed
3. Hull - untuk menambah HP dan menambah/mengurangi speed
4. Stabilizer - untuk menambah/mengurangi speed
5. Figurehead - seperti hull, tapi dalam skala lebih kecil
Senjata
1. Cannon - senjata standard, jarak serangnya rata-rata sekitar 800-1200
2. Sub-Cannon - jarak serang pendek sekitar 400-800, tetapi lebih ringan bobotnya dari cannon, damage lebih kecil
3. Missile - jarak sangat jauh, sekitar 2000-5000, damage rendah dan bobot lumayan berat
4. Melee - jarak dekat, sekitar 50 - 150, sangat berat dan damage paling tinggi
Ini adalah game dengan perhitungan yang cukup rumit dan bisa membangun karakter & kapal yang unique.