//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Samatha-Vipassana  (Read 36298 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Samatha-Vipassana
« Reply #15 on: 12 July 2007, 01:27:39 PM »
Ngomong2 bagian mana dari karaniyametta sutta yang menunjukan meditasi?  ??? ??? ???
Sepertinya tentang cara untuk bersikap saja.

regards.

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Samatha-Vipassana
« Reply #16 on: 12 July 2007, 02:18:10 PM »
tuh, suhu udah setuju ama saya ;D

buat kalyana, karaniya metta sutta sering dijadikan objek perenungan dalam melakukan metta bhavana. apakah anda pikir dengan membaca sutta itu orang bisa bersikap demikian? tentu tidak. ajaran buddha di sutta ini jelas diperuntukkan untuk meditasi, melatih mindfulness...

seperti yg saya bilang di atas, buddhis orthodox cenderung memisah2kan samatha dan vipassana. dalam 40 objek untuk samatha ada metta bhavana. nah, di sutta ini jelas bahwa buddha sendiri tidak memisah2kan samatha dan vipassana... semuanya adalah kesatuan, 1 jalan...

;D
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Samatha-Vipassana
« Reply #17 on: 12 July 2007, 02:34:25 PM »
Haiya, master morpheus ini bisa ajah. suhu ni masih belajal ooo...
masih bisa salahhh......  ^:)^

For info, Anapanasati sering dianggap sebagai samatha. Padahal Sang Buddha menjadi arahat dengan Anapanasati. Dan bahkan 'kalo nga salah', Buddha-Buddha pendahulunya juga pakai anapanasati (lupa baca dimana).

Sang Buddha juga sering kali menekankan pentingnya anapanasati. Kalau menurut Theravada Orthodox (pinjem istilah yah master), sebagai samatha, tentu anapanasati tidak bisa membawa kita mencapai kesucian.

*bingung-bingung dimulai*  8)

There is no place like 127.0.0.1

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Samatha-Vipassana
« Reply #18 on: 13 July 2007, 07:47:53 AM »
 [at] Sumedho & Morpheus
Saya tidak sependapat dengan saudara Sumedho & Morpheus
Sang Buddha memang tidak pernah menyebutkan ini metode samatha dan ini vipasana.
Tapi Sang Buddha hanya mengajarkan jalan untuk mencapai kesempurnaan yaitu Vipasana.
Samatha sendiri sudah ada sejak zaman sebelum sang Buddha.
Untuk mempermudahnya maka meditasi dikelompokan menjadi samatha dan vipasana.
Seperti nama kita semua adalah manusia tapi jika saya memanggil anda dengan manusia apa anda akan mengerti siapa yang dimaksud. Oleh karena itu nama diperlukan untuk mempermudah pengertian.

 [at] Morpheus
Memang dengan membaca itu kita tidak akan bersikap seperti itu. Tapi dengan membaca dan merenungkan karaniyametta sutta kita akan dapat mengubah sikap mendekati sikap yang disebutkan disana.
Kalau untuk objek perenungan saya belum pernah dengar jadi dapatkah anda menyebutkan referensi anda?
Kalau untuk objek meditasi karaniya metta sutta terlalu panjang sehingga akan sulit untuk menjadi objek meditasi.
Kalau diperuntukan untuk objek meditasi. Jika anda membaca sejarah karaniyametta sutta tidak diperuntukan untuk meditasi.

regards,

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #19 on: 13 July 2007, 10:47:10 AM »
[at] Sumedho & Morpheus
Saya tidak sependapat dengan saudara Sumedho & Morpheus
Sang Buddha memang tidak pernah menyebutkan ini metode samatha dan ini vipasana.
Tapi Sang Buddha hanya mengajarkan jalan untuk mencapai kesempurnaan yaitu Vipasana.

Yang Sang Buddha ajarkan itu cukup bervariasi, dan semua bisa membawa pada pencerahan sesuai dengan si pendengarnya.
Sang Buddha ada mengajarkan Anapanasati, Satipathana, atau petunjuk singkat seperti di Bahiya Sutta.

Bolehlah kita beri nama petunjuk meditasi dari Sang Buddha itu Vipassana.
Akan tetapi, mengapa anapanasati itu dianggap sebagai Samatha, padahal itu bisa membawa pada kesucian ?  (Menurut Visuddhimagga)
There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #20 on: 13 July 2007, 11:45:05 AM »
bang kalyana, jalan untuk mencapai kesempurnaan adalah jalan mulia berunsur delapan.

sewaktu buddha ditanya, apakah mungkin ajaran lain diluar ajaran buddha mencapai kesucian, buddha menjawab: selama ada empat kebenaran mulia dan jalan mulia berunsur delapan, disitu bakal ada orang yg mencapai kesucian. buddha gak menjawab: selama ada vipassana, disitu ada orang suci  ;D

pengertian teori dari membaca tidak bisa membawa transformasi batin. anda sendiri menyebutkan perenungan yg bahasa palinya nussati. bukankah nussati adalah bentuk meditasi?  ;)

kalo memang anda berpegang pada sejarah, apakah menurut anda buddha mengajarkan karaniyametta sutta hanyalah untuk kepret2 air ataukah ada teaching di baliknya? kenapa banyak guru2 meditasi mengajarkan metta bhavana dengan syair2 karaniyametta sutta? bukankah ajaran buddha ujung2nya adalah pembebasan?

kalo memang semuanya dikelompokkan jadi vipassana dan samatha, lalu apakah kita musti bagi lebih banyak lagi menjadi cara samatha, cara vipassana, cara cakkhupala, cara bahiya, cara rahula, cara moggalana? kan semuanya bisa membawa pembebasan... kalo memang pengelompokannya adalah dua saja, kenapa buddha gak langsung aja membaginya jadi 2 biar gampang dimengerti? kenapa pembagian ini dilakukan text2 belakangan?

* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #21 on: 13 July 2007, 01:33:05 PM »
 [at] Sumedho
Menurut yang saya pelajari. Anapanasati dapat dikategorikan sebagai samatha dan vipasana.
tergantung bagaimana seseorang menangani penghalang yang timbul. jika ada penghalang lalu kita langsung singkirkan maka kita melakukan samatha. Jika penghalang itu kita amati kita melakukan vipasana.

 [at] Morpheus
Dalam jalan tengah berunsur 8 ada kalau tidak salah konsentrasi benar dan perhatian benar.
Bukan dalam hal ini sudah ada pembedaan antara Samatha dan Vipasana?
Sang Buddha mengajarkannya bukan sebagai mantra tapi pada waktu itu hanya untuk menentramkan para dewa yang pada menganggu latihan para bikkhu.
Sang Buddha tidak mengatakan latih lah ini maka kalian semua akan mencapai pencerahan.
Banyak guru ajaran Buddha mengajarkan samatha. Karena dengan mempelajari samatha akan lebih mudah ke vipasana.

Pengelompokan dikarenakan untuk membedakan teknik ajaran yang diajarkan sang Buddha dengan yang sudah ada. Jika dilihat dari adanya konsentrasi benar dan perhatian benar dapat dilihat sudah ada pembagiannya.

regards.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #22 on: 13 July 2007, 01:56:59 PM »
[at] Sumedho
Menurut yang saya pelajari. Anapanasati dapat dikategorikan sebagai samatha dan vipasana.
tergantung bagaimana seseorang menangani penghalang yang timbul. jika ada penghalang lalu kita langsung singkirkan maka kita melakukan samatha. Jika penghalang itu kita amati kita melakukan vipasana.

Begini kenyataannya. Didalam Visudhimagga itu Anapanasati adalah Samatha.
Tetapi didalam Satipathana Sutta, anapanasati disinggung juga disana.

Karena Vipassana juga diformulasikan (oleh murid sang Buddha) berdasarkan Satipathana Sutta maka Anapanasati disebutlah jadi Vipassana juga.

*awalnya tidak ada yg bilang anapanasati adalah samatha ataupun vipassana*
-----------------------------------
Buat saya sendiri, tidak memusingkan soal vipassana dan samatha. Yang jadi penekanan disini adalah si Visudhimagga kenapa menganggap Anapanasati tidak bisa membawa tingkat kesucian ?
Menurut saya si penulis visudhimagga melihat anapanasati dari sudut yang kurang tepat. Jadi..... salah klasifikasi deh.
« Last Edit: 13 July 2007, 02:08:54 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #23 on: 13 July 2007, 02:01:01 PM »
Dalam jalan tengah berunsur 8 ada kalau tidak salah konsentrasi benar dan perhatian benar.
Bukan dalam hal ini sudah ada pembedaan antara Samatha dan Vipasana?
buddha menyebutnya jalan mulia berunsur 8, bukan 8 jalan mulia.
artinya apa?
artinya jalannya hanya ada 1 tapi unsurnya 8. kedelapan unsur itu dijalankan berbarengan, bukan dipisah2kan.

lagian, kalo memang itu alasan anda, konsentrasi benar diwakili samatha, perhatian diwakili vipassana, lalu kemana 6 wakil yg lainnya?

Sang Buddha mengajarkannya bukan sebagai mantra tapi pada waktu itu hanya untuk menentramkan para dewa yang pada menganggu latihan para bikkhu.
Sang Buddha tidak mengatakan latih lah ini maka kalian semua akan mencapai pencerahan.
saya kutipkan lagi suttanya:

Quote
This is to be done by one skilled in aims
who wants to break through to the state of peace:

  ...

  Whether standing, walking,
sitting, or lying down,
   as long as one is alert,
one should be resolved on this mindfulness.
This is called a sublime abiding
here & now.

Not taken with views,
but virtuous & consummate in vision,
having subdued desire for sensual pleasures,
   one never again
   will lie in the womb.

kayaknya cukup jelas maksudnya di atas...

apakah menurut anda ini bukan instruksi untuk latihan untuk tidak terlahir kembali?
apakah benar ini hanya untuk menentramkan dewa2?
« Last Edit: 13 July 2007, 02:03:29 PM by morpheus »
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #24 on: 13 July 2007, 03:08:55 PM »
 [at] Sumedho
Ok. deh
Soal visudhi maga. Cuma tau dikit so No comment.

 [at] Moerpheus
Ada yang mengatakan 8 jalan mulia ada yang mengatakan jalan tengah / mulia berunsur delapan.
Saya baca di buku. Kalau mau tau maksudnya ya tanya pengarangnya.  ;)
Latihan itu memang saling mendukung dan berhubungan.
Tapi dari situ sudah dijelaskan adanya pembagian antara vipasana & samatha.
Jika sama kenapa sang Buddha tidak menyebutnya dengan meditasi saja?

Satipathana sutra juga ada penjelasannya tapi gak ada yang pakai buat meditasi.

regards.
« Last Edit: 13 July 2007, 03:13:46 PM by Kalyanadhammo »

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #25 on: 13 July 2007, 03:34:18 PM »
Ada yang mengatakan 8 jalan mulia ada yang mengatakan jalan tengah / mulia berunsur delapan.
Saya baca di buku. Kalau mau tau maksudnya ya tanya pengarangnya.  ;)
pengarang yg memakai "8 jalan utama" itu salah menterjemahkan...

buddha selalu memakai istilah atthangika ariya magga (contohnya di sammaditthi sutta), bukan attha ariya magga. jadi terjemahan yg benar adalah jalan mulia berunsur 8. jalannya hanya ada satu, unsurnya delapan.
liat di: http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/mn/mn.009.ntbb.html

mana yg lebih valid, kata2 buddha atau penulis jaman belakangan?

Latihan itu memang saling mendukung dan berhubungan.
Tapi dari situ sudah dijelaskan adanya pembagian antara vipasana & samatha.
Jika sama kenapa sang Buddha tidak menyebutnya dengan meditasi saja?
lah memang buddha selalu memakai istilah meditasi, bhavana, mindfulness saja. buddha gak pernah ngomong pake istilah vipassana.

mana yg lebih valid, kata2 buddha di tipitaka ataukah penulis jaman belakangan?

sumber:
http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/kn/snp/snp.2.11.irel.html
http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/mn/mn.118.than.html
http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/kn/snp/snp.1.08.than.html
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #26 on: 16 July 2007, 02:23:13 PM »
Quote from: Morpheus
pengarang yg memakai "8 jalan utama" itu salah menterjemahkan...
Wah itu bukan urusan saya lebih baik anda mendebat pengarang yang pakai istilah itu saja.

Quote from: Morpheus
lah memang buddha selalu memakai istilah meditasi, bhavana, mindfulness saja. buddha gak pernah ngomong pake istilah vipassana.

mana yg lebih valid, kata2 buddha di tipitaka ataukah penulis jaman belakangan?
Untuk menekankan perbedaan maka dispesifikasinya jadi 2.
Karena jaman sekarang banyak orang yang kurang mengerti meditasi dibanding dengan orang jaman dulu.
Jika anda bilang kata Buddha lebih valid. Maka meditasi KaraniyaMetta sutta itu tidak ada karena tidak pernah disebutkan oleh sang Buddha.

regards.

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #27 on: 16 July 2007, 02:34:03 PM »
um... maap... kalao mnurut gue...
Brahmavihara yg merupakan INTI dari segala macem model meditasi...

Samatha juga berakhir di Brahmavihara,
Vipasana juga sewajarnya menyelami Brahmavihara

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #28 on: 16 July 2007, 02:51:59 PM »
Untuk menekankan perbedaan maka dispesifikasinya jadi 2.
Karena jaman sekarang banyak orang yang kurang mengerti meditasi dibanding dengan orang jaman dulu.
bang kalyana, pertanyaannya adalah: mengapa pembagian sepenting dan sebesar itu tidak dilakukan oleh buddha sendiri?
mengapa buddha mengajarkan anapanasati pada muridnya yg satu, metta bhavana pada muridnya yg lain, kasina pada murid lainnya lagi?
dan kalo memang semuanya harus dilakukan secara systematik seperti pelajaran meditasi jaman sekarang, kenapa buddha gak mengajarkannya secara systematic seperti sekarang, mulai dari satu samatha bhavana trus vipassana?
kenapa??? apakah buddha kalah lihay dengan bhikkhu2 belakangan?

Jika anda bilang kata Buddha lebih valid. Maka meditasi KaraniyaMetta sutta itu tidak ada karena tidak pernah disebutkan oleh sang Buddha.
meditasi karaniya metta sutta gak ada, adanya meditasi metta ;D

orang2 memakai karaniya metta sutta sebagai acuan untuk bermeditasi metta karena ada cross referensi dengan sutta2 lainnya sewaktu buddha mengajarkan metta bhavana, ditambah lagi pengajaran metta bhavana secara turun temurun mulai dari bhikkhu jaman buddha sampe sekarang. bukan asal comot aja...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Samatha-Vipassana
« Reply #29 on: 16 July 2007, 07:57:14 PM »
jadi maksudnya...
meditasi metta harusnya masuk meditasi vipassana juga?  :-?
dan sebnernya hanya ada 1 jenis meditasi? meditasi vipassana?
oni... kao titi bobo... gigi...

 

anything