This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.
16
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Cerita : Ketika mengikuti pelajaran agama di sekolah
« on: 04 September 2012, 10:36:24 PM »
Pada suatu hari, seorang ibu guru agama K memasuki ruangan kelas untuk mengajar pelajaran agama K. Karena sekolah tersebut adalah sekolah nasrani, maka semua siswa nya baik yang beragama nasrani maupun yang beragama lain wajib untuk mengikuti pelajaran agama K.
setelah beberapa lama pelajaran agama dimulai, ibu guru membahas tetang keselamatan dan membandingkan keselamatan antara satu agama dengan agama lain nya. Ada seorang anak beragama Buddha, sebut saja dhanu, ditanya oleh ibu guru tersebut :
Ibu guru : Dhanu, di ajaran agama Buddha, setelah seseorang meninggal, maka orang tersebut akan kemana ?
Dhanu : (dengan polos menjawab) akan pergi ke alam lain bu.
Ibu guru : Alam lain itu apa dan bagaimana ?
Dhanu : Dalam ajaran agama Buddha, di alam semesta terdapat sekitar 31 alam kehidupan, termasuk alam manusia. Jika seseorang meninggal di suatu alam, ia akan terlahir kembali di salah satu alam tersebut bu.
Ibu guru : Jika demikian, dimana letak 30 alam kehidupan itu, selain alam manusia ?
Dhanu : Klo dalam ajaran Nasrani, jika seseorang meninggal, maka orang tersebut akan kemana bu ?
Ibu guru : Oh, klo dalam ajaran Nasrani, kami orang yg percaya kepada Tuhan, setelah meninggal akan pergi ke surga, berkumpul bersama Tuhan di kerajaan Allah.
Dhanut : Jika demikian, dimana letak surga dan kerajaan Allah itu bu ?
Ibu guru : (bengong) ....
Apa yang bisa di ambil dari cerita tersebut ? bahwa ada nya batasan manusia untuk mengetahui kebenaran secara pasti suatu ajaran agama. Jadi jika seseorang saja tidak bisa mengetahui secara pasti kebenaran ajaran agama nya, namun mempermasalahkan kebenaran ajaran agama orang lain, apa nama nya ?
Cerita tersebut adalah cerita fiksi, namun kejadian seperti di cerita dato' sering terjadi terhadap anak2 sekolah yang beragama lain di sekolah Nasrani. propaganda seperti dalam cerita sering dilontarkan untuk membuat malu/menjatuhkan mental/membuat bingung anak2 sekolah yg notabene pengetahuan agama nya masih terbatas. Parah nya, anak2 sekolah yg seharusnya belajar berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, malah di cekcokin dengan masalah2 agama yg seharusnya bukan kapasitas mereka untuk menjawab/menanggapi propaganda terhadap agama seperti itu.
Jika ada sanggahan/keluhan/tanggapan/kritikan/masukkan, silakan dilayangkan kepada dato' tono, monggo...
setelah beberapa lama pelajaran agama dimulai, ibu guru membahas tetang keselamatan dan membandingkan keselamatan antara satu agama dengan agama lain nya. Ada seorang anak beragama Buddha, sebut saja dhanu, ditanya oleh ibu guru tersebut :
Ibu guru : Dhanu, di ajaran agama Buddha, setelah seseorang meninggal, maka orang tersebut akan kemana ?
Dhanu : (dengan polos menjawab) akan pergi ke alam lain bu.
Ibu guru : Alam lain itu apa dan bagaimana ?
Dhanu : Dalam ajaran agama Buddha, di alam semesta terdapat sekitar 31 alam kehidupan, termasuk alam manusia. Jika seseorang meninggal di suatu alam, ia akan terlahir kembali di salah satu alam tersebut bu.
Ibu guru : Jika demikian, dimana letak 30 alam kehidupan itu, selain alam manusia ?
Dhanu : Klo dalam ajaran Nasrani, jika seseorang meninggal, maka orang tersebut akan kemana bu ?
Ibu guru : Oh, klo dalam ajaran Nasrani, kami orang yg percaya kepada Tuhan, setelah meninggal akan pergi ke surga, berkumpul bersama Tuhan di kerajaan Allah.
Dhanut : Jika demikian, dimana letak surga dan kerajaan Allah itu bu ?
Ibu guru : (bengong) ....
Apa yang bisa di ambil dari cerita tersebut ? bahwa ada nya batasan manusia untuk mengetahui kebenaran secara pasti suatu ajaran agama. Jadi jika seseorang saja tidak bisa mengetahui secara pasti kebenaran ajaran agama nya, namun mempermasalahkan kebenaran ajaran agama orang lain, apa nama nya ?
Cerita tersebut adalah cerita fiksi, namun kejadian seperti di cerita dato' sering terjadi terhadap anak2 sekolah yang beragama lain di sekolah Nasrani. propaganda seperti dalam cerita sering dilontarkan untuk membuat malu/menjatuhkan mental/membuat bingung anak2 sekolah yg notabene pengetahuan agama nya masih terbatas. Parah nya, anak2 sekolah yg seharusnya belajar berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, malah di cekcokin dengan masalah2 agama yg seharusnya bukan kapasitas mereka untuk menjawab/menanggapi propaganda terhadap agama seperti itu.
Jika ada sanggahan/keluhan/tanggapan/kritikan/masukkan, silakan dilayangkan kepada dato' tono, monggo...
17
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Secuil sejarah perkembangan agama katotok di tiongkok
« on: 30 April 2012, 08:10:17 AM »
Pertentangan dan keluarnya serikat Yesuit dari Tiongkok :
Ketika agama ka****k dengan lancar dan tanpa hambatan berkembang di Tiongkok ,terjadi pertentangan diagama ka****k sendiri. Yang mana pertentangan itu akan menyeret kaisar Kang Xi dan Paus masuk kedalam kancah tersebut dan menjadi permasalahan politik.
Jauh pada masa akhir dinasti Ming , Ricci bersama missionaris lainnya menyadari bahwa Confucius dan Mencius memiliki tempat dalam sejarah dinasti Tiongkok, filsafat Confuciusm sudah menjadi filsafat bangsa Tiongkok sendiri.
Agar bisa berkembang dan mendapat tempat yang kukuh dalam pengembangan ka****k di Tiongkok ,maka sekte Yesuit menyesuaikan dengan tradisi penghormatan Tiongkok. Mereka mengijinkan untuk upacara penghormatan Confucius , menghormati leluhur. Tindakan ini menimbulkan pertentangan luar biasa diantara sekte-sekte lain. Tapi pertentangan ini belum berkembang kearah hal yang buruk sampai pada masa akhir pemerintahan kaisar Qing Shengzhu.
Pada tahun 1704(tahun KangXi 43) , Paus mengeluarkan dekrit pelarangan , yang isinya adalah antara lain :
1.Setiap orang Tiongkok yang masuk agama ka****k harus menggunakan istilah Tian Zhu dan bukan Tian juga dilarang menggantung tulisan Jing Tian.
2.pada saat upacara penghormatan Confucius , semua umat dilarang ikut serta upacara , membantu kegiatan upacara , berdiri disamping dan yang lebih penting lagi dilarang masuk ke Kong Miao untuk memberi penghormatan
3.dilarang menaruh papan nama leluhur dalam rumah.
Pada akhir tahun 1705 , Duo Luo utusan dari Roma membawa Dekrit Pelarangan sampai ke Beijing. Awal tahun berikutnya menghadap kaisar ShengZhu , setelah mengetahui dekrit tersebut , kaisar ShengZhu menjawab ,"Tiongkok selama 2000 tahun menjalankan ajaran Confucius dan Mencius.Menghormati Langit , menghormati Confucius dan para leluhur adalah tradisi dan merupakan cara hidup bangsa, Tian yang dihormati oleh orang Tiongkok dengan Tian orang ka****k adalah sama. Kitab Injil memiliki persamaan dengan kitab SiShu WuJing." Ditambahkan pula ,"Setiap missionaris barat yang menyebarkan ajarannya di Tiongkok harus mematuhi aturan negara dan menghargai budaya yang berlaku , yang mengikuti ini mendapat perlindungan dari kerajaan Qing, yang tidak bisa mengikuti tinggalkan Tiongkok".
Duo Luo tidak berani membantah kata-kata ShengZhu tapi ketika di NanJing ia memberitahukan isi dekrit itu dan yang melanggar dekrit itu akan mendapat hukuman. ShenZhong mendengar itu beranggapan bahwa Duo Luo tidak menghargai budaya dan tidak mau mematuhi aturan dinasti Qing, ia memerintahkan untuk ditangkap dan dikirim ke Macao. Kemudian ia mengeluarkan peraturan bahwa semua missionaris sekte Yesuit harus memiliki kartu ijin tinggal dan menyatakan akan menghargai budaya Tiongkok, kalau tidak akan diusir keluar.
Tahun 1715 Roma mengeluarkan pengumuman bahwa semua missionaris Yesuit yang tidak mematuhi dekrit larangan akan dibawa ke Roma dan menerima hukuman. Akhirnya missionaris Yesuit dan umat-umatnya dengan terpaksa melaksanakan dekrit tersebut. Kaisar ShengZhong akhirnya mengeluarkan dekrit larangan bagi agama ka****k dan ia mengeluarkan peringatan keseluruh jajarannya ,"negara diluar seperti di barat ini, ratusan tahun kemudian akan membawa penderitaan bagi Tiongkok. Negara sudah aman sentausa , tapi sebaiknya bersiap-siap menghadapi bahaya dan terus membangun memperkuat negara." ShengZhong memiliki pandangan yang jauh kedepan sayangnya keturunannya dan para pejabatnya tidak memperhatikan pembangunan negara malah membuat merosot.
Ketika ShengZhong meninggal , Si Zhong naik tahta , pada tahun 1723 (YongZheng tahun pertama)bulan 12 , gubernur Zhi Min (2 propinsi yaitu Zhi Jiang dan Fu Jian) Jue Luo Man Bao menghadap dan melapor," para missionaris asing dimana-mana membangun gereja , menyusup dan menyebarkan agama." Ia memohon agar para missionaris itu sebagian dibawa ke ibukota untuk bekerja sebagian lagi dikirim ke Macao. Semua gereja didata dan diubah menjadi tempat sarana umum serta agama ka****k dilarang. Si Zhong setuju dan mengeluarkan titahnya sesuai anjuran Bao Luo.
Tidak beberapa lama kemudian , pada saat perundingan antara Rusia dengan dinasti Qing , penterjemah Song JunYong seorang missionaris dari Prancis , menghadap Qing SiZhong, dan memohon agar agama ka****k tidak dilarang dan semua yang disita dikembalikan. SiZhong kemudian mengundang para missionaris yang masih tinggal di ibukota untuk makan bersama. Dalam acara makan bersama itu mereka semua berbincang-bincang dan SiZhong mengagumi lukisan yang dibuat oleh Langsi Ning seorang missionaris Yesuit bahkan pembicaraan sampai tanya jawab masalah astoromy dan ilmu alam. Tapi dibalik pembicaraan hangat itu , SiZhong memaki-maki agama ka****k setara dengan agama sesat (note:yang dimaksud adalah agama Bai Lian). Ia menambahkan bahwa kerajaan sudah mengijinkan mereka tinggal di ibukota dan Guang Zhou serta tidak melarang mereka berhubungan surat menyurat dengan negara-negara Eropa itu "sudah cukup". Ia dengan jelas mengatakan ," Saya tidak membutuhkan missionaris , kalau saya mengirimkan para bhikku ke negara-negara Eropa untuk mengajarkan agama disana, raja-rajanyapunpasti tidak akan mengijinkan." Ia menambahkan tidak akan mengijinkan agama ka****k dan tidak mengijinkan mereka menghina Confucius dan Mencius. Pada akhir acara makan , SiZhong berkata,"Kalianboleh-boleh saja datang kehadapanku dan aku akan mencerahkan kalian."
Pertemuan tersebut gagal melunakkan hati SiZhong. Berdasarkan catatan sejarah , selama pemerintahannyasekitar 200 gereja dihancurkan atau disita. Hampir 2000 missionaris diusir ke Macao.
Pada tahun 1773 , Roma secara resmi menghentikan kegiatan missionaris serikat Yesuit di Tiongkok.
Hampir 200 tahun serikat Yesuit di Tiongkok pada tahun 1775 benar-benar mengundurkan diri dari panggung sejarah Tiongkok untuk sementara.
Pertentangan masalah tradisi penghormatan ini akhirnya pada tahun 1939 oleh Vatican diputuskan bahwa :
1.orang ka****k Chinese dianjurkan menghormati Confucius dan mempelajari ajarannya.
2.orang ka****k Chinese boleh sembayang terhadap leluhur dan memiliki papan nama leluhur
Ketika agama ka****k dengan lancar dan tanpa hambatan berkembang di Tiongkok ,terjadi pertentangan diagama ka****k sendiri. Yang mana pertentangan itu akan menyeret kaisar Kang Xi dan Paus masuk kedalam kancah tersebut dan menjadi permasalahan politik.
Jauh pada masa akhir dinasti Ming , Ricci bersama missionaris lainnya menyadari bahwa Confucius dan Mencius memiliki tempat dalam sejarah dinasti Tiongkok, filsafat Confuciusm sudah menjadi filsafat bangsa Tiongkok sendiri.
Agar bisa berkembang dan mendapat tempat yang kukuh dalam pengembangan ka****k di Tiongkok ,maka sekte Yesuit menyesuaikan dengan tradisi penghormatan Tiongkok. Mereka mengijinkan untuk upacara penghormatan Confucius , menghormati leluhur. Tindakan ini menimbulkan pertentangan luar biasa diantara sekte-sekte lain. Tapi pertentangan ini belum berkembang kearah hal yang buruk sampai pada masa akhir pemerintahan kaisar Qing Shengzhu.
Pada tahun 1704(tahun KangXi 43) , Paus mengeluarkan dekrit pelarangan , yang isinya adalah antara lain :
1.Setiap orang Tiongkok yang masuk agama ka****k harus menggunakan istilah Tian Zhu dan bukan Tian juga dilarang menggantung tulisan Jing Tian.
2.pada saat upacara penghormatan Confucius , semua umat dilarang ikut serta upacara , membantu kegiatan upacara , berdiri disamping dan yang lebih penting lagi dilarang masuk ke Kong Miao untuk memberi penghormatan
3.dilarang menaruh papan nama leluhur dalam rumah.
Pada akhir tahun 1705 , Duo Luo utusan dari Roma membawa Dekrit Pelarangan sampai ke Beijing. Awal tahun berikutnya menghadap kaisar ShengZhu , setelah mengetahui dekrit tersebut , kaisar ShengZhu menjawab ,"Tiongkok selama 2000 tahun menjalankan ajaran Confucius dan Mencius.Menghormati Langit , menghormati Confucius dan para leluhur adalah tradisi dan merupakan cara hidup bangsa, Tian yang dihormati oleh orang Tiongkok dengan Tian orang ka****k adalah sama. Kitab Injil memiliki persamaan dengan kitab SiShu WuJing." Ditambahkan pula ,"Setiap missionaris barat yang menyebarkan ajarannya di Tiongkok harus mematuhi aturan negara dan menghargai budaya yang berlaku , yang mengikuti ini mendapat perlindungan dari kerajaan Qing, yang tidak bisa mengikuti tinggalkan Tiongkok".
Duo Luo tidak berani membantah kata-kata ShengZhu tapi ketika di NanJing ia memberitahukan isi dekrit itu dan yang melanggar dekrit itu akan mendapat hukuman. ShenZhong mendengar itu beranggapan bahwa Duo Luo tidak menghargai budaya dan tidak mau mematuhi aturan dinasti Qing, ia memerintahkan untuk ditangkap dan dikirim ke Macao. Kemudian ia mengeluarkan peraturan bahwa semua missionaris sekte Yesuit harus memiliki kartu ijin tinggal dan menyatakan akan menghargai budaya Tiongkok, kalau tidak akan diusir keluar.
Tahun 1715 Roma mengeluarkan pengumuman bahwa semua missionaris Yesuit yang tidak mematuhi dekrit larangan akan dibawa ke Roma dan menerima hukuman. Akhirnya missionaris Yesuit dan umat-umatnya dengan terpaksa melaksanakan dekrit tersebut. Kaisar ShengZhong akhirnya mengeluarkan dekrit larangan bagi agama ka****k dan ia mengeluarkan peringatan keseluruh jajarannya ,"negara diluar seperti di barat ini, ratusan tahun kemudian akan membawa penderitaan bagi Tiongkok. Negara sudah aman sentausa , tapi sebaiknya bersiap-siap menghadapi bahaya dan terus membangun memperkuat negara." ShengZhong memiliki pandangan yang jauh kedepan sayangnya keturunannya dan para pejabatnya tidak memperhatikan pembangunan negara malah membuat merosot.
Ketika ShengZhong meninggal , Si Zhong naik tahta , pada tahun 1723 (YongZheng tahun pertama)bulan 12 , gubernur Zhi Min (2 propinsi yaitu Zhi Jiang dan Fu Jian) Jue Luo Man Bao menghadap dan melapor," para missionaris asing dimana-mana membangun gereja , menyusup dan menyebarkan agama." Ia memohon agar para missionaris itu sebagian dibawa ke ibukota untuk bekerja sebagian lagi dikirim ke Macao. Semua gereja didata dan diubah menjadi tempat sarana umum serta agama ka****k dilarang. Si Zhong setuju dan mengeluarkan titahnya sesuai anjuran Bao Luo.
Tidak beberapa lama kemudian , pada saat perundingan antara Rusia dengan dinasti Qing , penterjemah Song JunYong seorang missionaris dari Prancis , menghadap Qing SiZhong, dan memohon agar agama ka****k tidak dilarang dan semua yang disita dikembalikan. SiZhong kemudian mengundang para missionaris yang masih tinggal di ibukota untuk makan bersama. Dalam acara makan bersama itu mereka semua berbincang-bincang dan SiZhong mengagumi lukisan yang dibuat oleh Langsi Ning seorang missionaris Yesuit bahkan pembicaraan sampai tanya jawab masalah astoromy dan ilmu alam. Tapi dibalik pembicaraan hangat itu , SiZhong memaki-maki agama ka****k setara dengan agama sesat (note:yang dimaksud adalah agama Bai Lian). Ia menambahkan bahwa kerajaan sudah mengijinkan mereka tinggal di ibukota dan Guang Zhou serta tidak melarang mereka berhubungan surat menyurat dengan negara-negara Eropa itu "sudah cukup". Ia dengan jelas mengatakan ," Saya tidak membutuhkan missionaris , kalau saya mengirimkan para bhikku ke negara-negara Eropa untuk mengajarkan agama disana, raja-rajanyapunpasti tidak akan mengijinkan." Ia menambahkan tidak akan mengijinkan agama ka****k dan tidak mengijinkan mereka menghina Confucius dan Mencius. Pada akhir acara makan , SiZhong berkata,"Kalianboleh-boleh saja datang kehadapanku dan aku akan mencerahkan kalian."
Pertemuan tersebut gagal melunakkan hati SiZhong. Berdasarkan catatan sejarah , selama pemerintahannyasekitar 200 gereja dihancurkan atau disita. Hampir 2000 missionaris diusir ke Macao.
Pada tahun 1773 , Roma secara resmi menghentikan kegiatan missionaris serikat Yesuit di Tiongkok.
Hampir 200 tahun serikat Yesuit di Tiongkok pada tahun 1775 benar-benar mengundurkan diri dari panggung sejarah Tiongkok untuk sementara.
Pertentangan masalah tradisi penghormatan ini akhirnya pada tahun 1939 oleh Vatican diputuskan bahwa :
1.orang ka****k Chinese dianjurkan menghormati Confucius dan mempelajari ajarannya.
2.orang ka****k Chinese boleh sembayang terhadap leluhur dan memiliki papan nama leluhur
18
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Cuma didoakan tanpa diobati 3 anak meninggal karena infeksi
« on: 11 February 2012, 06:50:29 PM »
Masih inget kasus Fundamentalis Kr1sten korea selatan yang mendoakan kuil karena di anggap berhala karena merasa bahwa tuhan dan alkitab nya yang paling benar ?
ini ada kasus yg cukup menampar wajah mereka, itu pun klo merasa tertampar, biasa nya muncul pembelaan...
Seoul - Tragis! Tiga anak ditemukan tewas di Korea Selatan (Korsel) hari ini karena dibiarkan sakit oleh ayah mereka. Sang ayah, seorang pendeta yang yakin bahwa kekuatan doa semata bisa menyembuhkan penyakit. Pria tersebut mencoba menyembuhkan penyakit ketiga buah hatinya hanya dengan memanjatkan doa-doa, tanpa harus berobat.
Jasad ketiga bocah malang itu ditemukan oleh sanak-saudara mereka di rumah pendeta tersebut di Kota Boseong, bagian selatan Korsel. Rumah tersebut berdekatan dengan gereja pendeta itu.
Demikian disampaikan seorang detektif di Kantor Polisi Boseong seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/2/2012).
"Mereka tampaknya menderita infeksi yang tidak diobati sejak lama karena sang ayah cuma mendoakan mereka, bukannya mengupayakan perawatan medis," kata detektif tersebut.
Ketiga anak tersebut masing-masing berumur 10 tahun, 8 tahun dan 5 tahun.
Pendeta berumur 43 tahun tersebut juga memiliki seorang anak lainnya yang masih berumur 1 tahun. Bayi tersebut langsung dibawa oleh polisi untuk diasuh.
Atas kejadian ini, pendeta yang dirahasiakan namanya itu tengah diinterogasi polisi. Tidak disebutkan siapa dan di mana ibu anak-anak tersebut selama ini.
Sumber : detik.com
ini ada kasus yg cukup menampar wajah mereka, itu pun klo merasa tertampar, biasa nya muncul pembelaan...
Seoul - Tragis! Tiga anak ditemukan tewas di Korea Selatan (Korsel) hari ini karena dibiarkan sakit oleh ayah mereka. Sang ayah, seorang pendeta yang yakin bahwa kekuatan doa semata bisa menyembuhkan penyakit. Pria tersebut mencoba menyembuhkan penyakit ketiga buah hatinya hanya dengan memanjatkan doa-doa, tanpa harus berobat.
Jasad ketiga bocah malang itu ditemukan oleh sanak-saudara mereka di rumah pendeta tersebut di Kota Boseong, bagian selatan Korsel. Rumah tersebut berdekatan dengan gereja pendeta itu.
Demikian disampaikan seorang detektif di Kantor Polisi Boseong seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/2/2012).
"Mereka tampaknya menderita infeksi yang tidak diobati sejak lama karena sang ayah cuma mendoakan mereka, bukannya mengupayakan perawatan medis," kata detektif tersebut.
Ketiga anak tersebut masing-masing berumur 10 tahun, 8 tahun dan 5 tahun.
Pendeta berumur 43 tahun tersebut juga memiliki seorang anak lainnya yang masih berumur 1 tahun. Bayi tersebut langsung dibawa oleh polisi untuk diasuh.
Atas kejadian ini, pendeta yang dirahasiakan namanya itu tengah diinterogasi polisi. Tidak disebutkan siapa dan di mana ibu anak-anak tersebut selama ini.
Sumber : detik.com
19
Buddhisme untuk Pemula / Orang Bodoh dan Orang Bijaksana
« on: 04 January 2012, 08:09:56 PM »
Banyak umat buddhist menggunakan istilah "bodoh" dan "bijaksana" dalam diskusi/debat, namun yang menimbulkan kontradiksi adalah penggunaan istilah "bodoh" yg berkonotasi negatif. Istilah "bodoh" terkesan arogan yg menilai kemampuan pengetahuan seseorang dan merupakan label yang diberikan kepada mereka yg dianggap kemampuan nya kurang dalam.
Parah nya lagi, umat buddhist menghalal kan penggunaan istilah tersebut karena banyak penggunaan istilah "bodoh" yg muncul dalam transkrip buddhism (tipitaka). Disini ada kekeliruan dalam penggunaan istilah "bodoh" yang digunakan. Istilah "bodoh" digunakan untuk menandakan orang yang memiliki pikiran, ucapan dan perbuatan yang buruk/tidak baik/
Hal ini dijelaskan di Anguttara Nikaya 1 (III, 2) sebagai berikut :
"Para bhikkhu, orang bodoh ditandai oleh prilakunya, orang bijaksana ditandai oleh prilakunya. Kebijaksanaan memancar terang di dalam prilaku.
Lewat tiga hal orang bodoh dapat dikenali : lewat prilaku tubuh, ucapan dan pikiran yang buruk.
Lewat tiga hal orang bijaksana dapat dikenali : lewat prilaku tubuh, ucapan dan pikiran yang baik."
dato' tono, 04-01-2012
Parah nya lagi, umat buddhist menghalal kan penggunaan istilah tersebut karena banyak penggunaan istilah "bodoh" yg muncul dalam transkrip buddhism (tipitaka). Disini ada kekeliruan dalam penggunaan istilah "bodoh" yang digunakan. Istilah "bodoh" digunakan untuk menandakan orang yang memiliki pikiran, ucapan dan perbuatan yang buruk/tidak baik/
Hal ini dijelaskan di Anguttara Nikaya 1 (III, 2) sebagai berikut :
"Para bhikkhu, orang bodoh ditandai oleh prilakunya, orang bijaksana ditandai oleh prilakunya. Kebijaksanaan memancar terang di dalam prilaku.
Lewat tiga hal orang bodoh dapat dikenali : lewat prilaku tubuh, ucapan dan pikiran yang buruk.
Lewat tiga hal orang bijaksana dapat dikenali : lewat prilaku tubuh, ucapan dan pikiran yang baik."
dato' tono, 04-01-2012
20
Kafe Jongkok / Handphone Jammer
« on: 02 August 2011, 12:40:50 PM »
Ada yang tau teknologi handphone jammer ?
Dimana kah bisa didapat barang itu di indonesia ?
Kayaknya mantep tuh, klo dipasang di vihara2...
Minta informasi nya dunk...
Dimana kah bisa didapat barang itu di indonesia ?
Kayaknya mantep tuh, klo dipasang di vihara2...
Minta informasi nya dunk...
21
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Bom meledak di pondok pesantren
« on: 13 July 2011, 08:10:19 AM »
Apakah benar pondok pesantren adalah sarang teroris ?? banyak asumsi keluar, bahwa di pondok pesantren semangat jihad untuk menjadi seorang teroris di sebarkan/di bina/di pupuk/di organisir... hal ini jg diperkuat dengan ada nya bom yg meledak di pondok pesantren yg menewaskan santri di pondok pesantren, pertanyaan yg muncul, apakah pesantren di serang teroris yg mengatasnamakan jihad ? ato ada kecerobohan dr pihak calon teroris dalam menciptakan/belajar membuat bom ?
Bom Meledak di Pesantren Umar bin Khatab BIMA NTB
Masyarakat desa Sanolo Kecamatan Bolo Kab. Bima – Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali digegerkan adanya suara ledakan yang terjadi disekitar lokasi Pondok Pesantren (Ponpes) Umar bin Khattab, di desa Sanolo sekitar pukul 15.30 Wita, Senin (11/7/2011) . Akibat ledakan tersebut, seorang santri bernama Suriyanto alias Firdaus bin Abdullah (20), asal desa O’o kecamatan Dompu kabupaten Dompu ini tewas ditempat akibat serpihan ledakan bom. Firdaus merupakan penghuni pondok pesantren tersebut sekaligus sebagai pengurus.
Setelah selesai dilakukan otopsi ,jenazah Firdauskemudian diserahkan ke pihak keluarga pada pukul 17.30 WITA. “Jenazah diantar petugas hingga ke perbatasan Dompu. Dengan kejadian tersebut hingga kini polisi belum bisa masuk ke pondok pesantren karena dihalangi oleh penghuni pondok. Namun demikian polisi telah mengepung lokasi pondok dengan mengerahkan sedikitnya 200 personil sambil menunggu perintah pimpinan untuk masuk ke lokasi.
Pihak polisi juga tetap waspada sehingga tidak gegabah masuk lokasi karena dikhawatirkan masih ada bom rakitan lain di dalam pondok. Termasuk menteri agama turut menghimbau pengurus dan penghuni pondok untk memberi akses masuk pada pihak keamanan terutama polisi untuk melakukan penyelidikan terkait ledakan yang diduga bom tersebut.
Pesantren yang dihuni sekitar 49 santri dan pengurus pesantren tersebut dipimpin oleh Ustad Abrory . dalam kasus ini Kepolisian lebih memilih mengedepankan cara persuasif, yakni pembicaraan dengan pimpinan pesantren yang ada di dalam ponpes. Sebenarnya polisi bisa saja merangsek masuk ke dalam pondok, tetapi untuk menghindari jatuh korban yang lebih banyak. Berarti sampai sekarang di dalam masih status quo. Polisi tetap mengawasi lokasi dari luar.
Sumber : http://marhenyantoz.wordpress.com/2011/07/12/bom-meledak-di-pesantren-umar-bin-khatab-bima-ntb/
200 Polisi Kepung Pesantren Umar Bin Khatab Bima
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lebih dari 24 jam setelah ledakan bom Senin (11/7/2011) petang, petugas kepolisian belum juga bisa masuk ke dalam lokasi ledakan bom, di Pondok Pesantren Umar bin Khatab, Desa Sonolo, Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).Hingga Selasa (12/7/2011), pukul 22.00 WITA, sekitar 200 personil kepolisian gabungan masih mengepung pesantren yang dihuni sekitar 49 santri dan pengurus pesantren itu. Kepolisian lebih memilih mengedepankan cara persuasif, yakni pembicaraan dengan pimpinan pesantren yang ada di dalam ponpes.
Langkah ini diambil untuk menghindari jatuh korban jika kepolisian mengambil langkah represif dengan memaksa masuk ke dalam pesantren. "Sampai sekarang di dalam masih status quo. Kami tetap mengawasi lokasi dari luar," ujar Kabid Humas Polda NTB, AKBP Sukarman Husen, kepada Tribunnews.com, Selasa (12/7/2011) malam.
Alasan lain yang membuat tidak dilakukan masuk paksa ke dalam area pesantren, karena ada kekhawatiran penghuni pesantren masih memiliki bom lain dan digunakan untuk menyerang petugas.
"Jelas, kami tidak underestimate (meremehkan) hal itu. Memang ada perkiraan kami ke arah situ. Makanya perlu kewaspadaan dan pengamanan tinggi. Karena kalau kita gempur, itu bisa saja. Tapi, efek dominonya bisa banyak. Bisa jatuh korban juga," ujarnya.
Sukarman belum bisa memastikan, sampai kapan sikap "bertahan" polisi ini akan diakhiri. "Belum tahu. Pokoknya, kita tetap kedepankan cara-cara humanis dulu," imbuhnya.
Sumber : http://www.tribunnews.com/2011/07/12/200-polisi-kepung-pesantren-umar-bin-khatab-bima
Bom Meledak di Pesantren Umar bin Khatab BIMA NTB
Masyarakat desa Sanolo Kecamatan Bolo Kab. Bima – Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali digegerkan adanya suara ledakan yang terjadi disekitar lokasi Pondok Pesantren (Ponpes) Umar bin Khattab, di desa Sanolo sekitar pukul 15.30 Wita, Senin (11/7/2011) . Akibat ledakan tersebut, seorang santri bernama Suriyanto alias Firdaus bin Abdullah (20), asal desa O’o kecamatan Dompu kabupaten Dompu ini tewas ditempat akibat serpihan ledakan bom. Firdaus merupakan penghuni pondok pesantren tersebut sekaligus sebagai pengurus.
Setelah selesai dilakukan otopsi ,jenazah Firdauskemudian diserahkan ke pihak keluarga pada pukul 17.30 WITA. “Jenazah diantar petugas hingga ke perbatasan Dompu. Dengan kejadian tersebut hingga kini polisi belum bisa masuk ke pondok pesantren karena dihalangi oleh penghuni pondok. Namun demikian polisi telah mengepung lokasi pondok dengan mengerahkan sedikitnya 200 personil sambil menunggu perintah pimpinan untuk masuk ke lokasi.
Pihak polisi juga tetap waspada sehingga tidak gegabah masuk lokasi karena dikhawatirkan masih ada bom rakitan lain di dalam pondok. Termasuk menteri agama turut menghimbau pengurus dan penghuni pondok untk memberi akses masuk pada pihak keamanan terutama polisi untuk melakukan penyelidikan terkait ledakan yang diduga bom tersebut.
Pesantren yang dihuni sekitar 49 santri dan pengurus pesantren tersebut dipimpin oleh Ustad Abrory . dalam kasus ini Kepolisian lebih memilih mengedepankan cara persuasif, yakni pembicaraan dengan pimpinan pesantren yang ada di dalam ponpes. Sebenarnya polisi bisa saja merangsek masuk ke dalam pondok, tetapi untuk menghindari jatuh korban yang lebih banyak. Berarti sampai sekarang di dalam masih status quo. Polisi tetap mengawasi lokasi dari luar.
Sumber : http://marhenyantoz.wordpress.com/2011/07/12/bom-meledak-di-pesantren-umar-bin-khatab-bima-ntb/
200 Polisi Kepung Pesantren Umar Bin Khatab Bima
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lebih dari 24 jam setelah ledakan bom Senin (11/7/2011) petang, petugas kepolisian belum juga bisa masuk ke dalam lokasi ledakan bom, di Pondok Pesantren Umar bin Khatab, Desa Sonolo, Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).Hingga Selasa (12/7/2011), pukul 22.00 WITA, sekitar 200 personil kepolisian gabungan masih mengepung pesantren yang dihuni sekitar 49 santri dan pengurus pesantren itu. Kepolisian lebih memilih mengedepankan cara persuasif, yakni pembicaraan dengan pimpinan pesantren yang ada di dalam ponpes.
Langkah ini diambil untuk menghindari jatuh korban jika kepolisian mengambil langkah represif dengan memaksa masuk ke dalam pesantren. "Sampai sekarang di dalam masih status quo. Kami tetap mengawasi lokasi dari luar," ujar Kabid Humas Polda NTB, AKBP Sukarman Husen, kepada Tribunnews.com, Selasa (12/7/2011) malam.
Alasan lain yang membuat tidak dilakukan masuk paksa ke dalam area pesantren, karena ada kekhawatiran penghuni pesantren masih memiliki bom lain dan digunakan untuk menyerang petugas.
"Jelas, kami tidak underestimate (meremehkan) hal itu. Memang ada perkiraan kami ke arah situ. Makanya perlu kewaspadaan dan pengamanan tinggi. Karena kalau kita gempur, itu bisa saja. Tapi, efek dominonya bisa banyak. Bisa jatuh korban juga," ujarnya.
Sukarman belum bisa memastikan, sampai kapan sikap "bertahan" polisi ini akan diakhiri. "Belum tahu. Pokoknya, kita tetap kedepankan cara-cara humanis dulu," imbuhnya.
Sumber : http://www.tribunnews.com/2011/07/12/200-polisi-kepung-pesantren-umar-bin-khatab-bima
22
Politik, ekonomi, Sosial dan budaya Umum / Politisi Perempuan Kuwait Kampanyekan Perbudakan Seks Perempuan
« on: 12 June 2011, 09:41:51 PM »
Adalah Salwa Al Mutairi, seorang politisi wanita Kuwait yang melontarkan ide ‘nyeleneh’ dalam mengurangi kasus perselingkungan. Ia menyarankan agar pemerintah Kuwait melegalkan perbudakan seks perempuan agar pria-pria Kuwait tidak selingkuh.
Sebagai upaya mencegah perselingkuhan, Salwa menyarankan agar pria-pria Kuwait membeli saja budak perempuan dari penjara-penjara di luar negeri. Para budak perempuan tersebut merupakan tahanan perang di negara-negara yang sedang atau baru saja dilanda perang.
”Contohnya adalah perang Chechnya. Pasti banyak wanita Rusia yang menjadi tahanan perang,” kata Salwa. ”Jadi langsung saja pergi dan beli para tahanan Rusia tersebut. Para tahanan wanita itu kemudian dijual di Kuwait. Hal tersebut lebih baik daripada lelaki kita menjalin hubungan seksual yang terlarang.”
Salwa menilai cara tersebut sebagai langkah bagi lelaki Kuwait untuk menghindari diri dari perzinahan. Karena, membeli budak seks perempuan itu sama saja dengan menikah sehingga sah dan tidak haram.
Selain itu Salwa juga mengungkapkan bahwa perempuan budak seks juga ikut tertolong dan terangkat derajatnya dengan menjadi selir lelaki Kuwait. Ia menambahkan bahwa para perempuan budak seks juga akan terhindar dari ancaman kelaparan.
”Kita tidak perlu merasa malu untuk melakukannya. Karena, ini tidak haram menurut hukum syariah Islam,” kata Salwa.
Salwa pun mencontohkan Harun al-Rashid sebagai salah satu contohnya. Harun Al-Rashid, pemimpin Islam abad 8 Masehi yang menguasai daratan Iran, Irak dan Suriah, dikabarkan memiliki selir sebanyak 2000 orang. Pernyataan tersebut tanpa sumber dan riwayat yang jelas, yang tentu saja tidak bisa serta merta diterima kebenarannya.
Salwa merekomendasikan agar Kuwait memiliki kantor yang khusus mengurus masalah budak seks perempuan. Dalam aturannya nanti, setiap pria Kuwait dibatasi memiliki budak perempuan paling banyak 15 selir.
Salwa mengaku sudah konsultasi dengan seorang mufti Arab Saudi ketika dia datang ke Mekkah. Menurut sang mufti, budak seks tidak diharamkan dalam Islam. ”Mereka mengatakan bahwa itu (budak seks) benar. Satu-satunya cara untuk menghindari pria dari selingkuh adalah jawari (budak seks),” katanya.
Mufti Arab Saudi itu kemungkinan mengatakan kepada Salwa:’Konteksnya adalah negara Muslim menguasai negara non-Muslim. Jadi, jawari ini statusnya tawanan perang.”
Yang perlu digaris bawahi, pada kenyataanya Kuwait tidak berperang melawan musuh Allah dalam rangka menegakkan Islam, begitu pula dalam praktek menjalankan pemerintahan tidak semua hukum Islam diberlakukan. Tetapi kalau masalah budak kenapa ngotot ingin seperti yang diberlakukan dalam daulah Islam.
Sepertinya politisi tersebut hanya mengambil Islam pada bagian yang menurutnya ‘menguntungkan’ dan ‘ia sukai’. Wallohua’lam. (rep/rasularasy/arrahmah.com)
Sebagai upaya mencegah perselingkuhan, Salwa menyarankan agar pria-pria Kuwait membeli saja budak perempuan dari penjara-penjara di luar negeri. Para budak perempuan tersebut merupakan tahanan perang di negara-negara yang sedang atau baru saja dilanda perang.
”Contohnya adalah perang Chechnya. Pasti banyak wanita Rusia yang menjadi tahanan perang,” kata Salwa. ”Jadi langsung saja pergi dan beli para tahanan Rusia tersebut. Para tahanan wanita itu kemudian dijual di Kuwait. Hal tersebut lebih baik daripada lelaki kita menjalin hubungan seksual yang terlarang.”
Salwa menilai cara tersebut sebagai langkah bagi lelaki Kuwait untuk menghindari diri dari perzinahan. Karena, membeli budak seks perempuan itu sama saja dengan menikah sehingga sah dan tidak haram.
Selain itu Salwa juga mengungkapkan bahwa perempuan budak seks juga ikut tertolong dan terangkat derajatnya dengan menjadi selir lelaki Kuwait. Ia menambahkan bahwa para perempuan budak seks juga akan terhindar dari ancaman kelaparan.
”Kita tidak perlu merasa malu untuk melakukannya. Karena, ini tidak haram menurut hukum syariah Islam,” kata Salwa.
Salwa pun mencontohkan Harun al-Rashid sebagai salah satu contohnya. Harun Al-Rashid, pemimpin Islam abad 8 Masehi yang menguasai daratan Iran, Irak dan Suriah, dikabarkan memiliki selir sebanyak 2000 orang. Pernyataan tersebut tanpa sumber dan riwayat yang jelas, yang tentu saja tidak bisa serta merta diterima kebenarannya.
Salwa merekomendasikan agar Kuwait memiliki kantor yang khusus mengurus masalah budak seks perempuan. Dalam aturannya nanti, setiap pria Kuwait dibatasi memiliki budak perempuan paling banyak 15 selir.
Salwa mengaku sudah konsultasi dengan seorang mufti Arab Saudi ketika dia datang ke Mekkah. Menurut sang mufti, budak seks tidak diharamkan dalam Islam. ”Mereka mengatakan bahwa itu (budak seks) benar. Satu-satunya cara untuk menghindari pria dari selingkuh adalah jawari (budak seks),” katanya.
Mufti Arab Saudi itu kemungkinan mengatakan kepada Salwa:’Konteksnya adalah negara Muslim menguasai negara non-Muslim. Jadi, jawari ini statusnya tawanan perang.”
Yang perlu digaris bawahi, pada kenyataanya Kuwait tidak berperang melawan musuh Allah dalam rangka menegakkan Islam, begitu pula dalam praktek menjalankan pemerintahan tidak semua hukum Islam diberlakukan. Tetapi kalau masalah budak kenapa ngotot ingin seperti yang diberlakukan dalam daulah Islam.
Sepertinya politisi tersebut hanya mengambil Islam pada bagian yang menurutnya ‘menguntungkan’ dan ‘ia sukai’. Wallohua’lam. (rep/rasularasy/arrahmah.com)
23
Diskusi Umum / Hal-hal yang berhubungan dgn kesehatan
« on: 25 May 2011, 11:27:09 PM »
sering kita denger/liat di media cetak/elektronik, umat agama lain sring membanggakan madu dan kurma yg dikaitkan dgn ksehatan, dimana hal tersebut jg tertulis di kitab suci agama mereka.
klo dr buddhist, yg aa tau, tidak ada menjelaskan hal2 sperti itu, jk pun ada, itu karena pengaruh dr budaya n ilmu kedokteran chinese... dicerita2 buddhist, cm pernah disebutkan penggunaan mangga muda oleh samanera rahula ketika sang ibu sakit...
mengapa buddha tidak menjelaskan hal-hal yg berhubungan dgn kesehatan ?
apakah membiarkan hukum anica bekerja sendiri
klo dr buddhist, yg aa tau, tidak ada menjelaskan hal2 sperti itu, jk pun ada, itu karena pengaruh dr budaya n ilmu kedokteran chinese... dicerita2 buddhist, cm pernah disebutkan penggunaan mangga muda oleh samanera rahula ketika sang ibu sakit...
mengapa buddha tidak menjelaskan hal-hal yg berhubungan dgn kesehatan ?
apakah membiarkan hukum anica bekerja sendiri
24
Politik, ekonomi, Sosial dan budaya Umum / Air Mukjizat Masjid (bagus tuk di baca satria)
« on: 25 May 2011, 11:08:42 AM »Air Mukjizat Masjid Ternyata PDAM Bocor
POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Semburan air yang mengejutkan warga BTN Ampi Permai Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu dini hari lalu, rupanya berasal dari kebocoran pipa induk PDAM, yang terletak sekitar 10 meter dari lokasi masjid.
Awalnya, sejumlah pejabat Kecamatan, Kelurahan, dan warga percaya, semburan air yang berasal dari tengah masjid dan sekitarnya sebagai air mukjizat, yang diyakini bisa menyembuhkan beragam peyakit dan memudahkan jodoh bagi mereka, yang sulit mendapat pasangan.
Namun, mereka akhirnya malu setelah mengetahui, air yang dikumpulkan dalam botol dan ember tersebut berasal dari bocoran pipa induk PDAM di sekitar wilayah tersebut.
Kepastian kebocoran pipa PDAM ini diperoleh, setelah petugas PDAM menggali pipa besar, yang bocor di sekitar masjid. Kepala Kelurahan Takatidung Sudibyo, yang sebelumnya juga memercayai sebagai air mukjizat, karena menyembur persis di tengah masjid, juga mengaku malu, lantaran kabar air mukjizat tersebut telah tersiar kemana-mana.
"Saya juga malu lho, semburan air yang sebelumnya dipercaya sebagai air berkah, ternyata semburan air dari bocoran pipa PDAM," ujar Sudibyo.
Warga yang sebelumnya berlomba mengumpulkan luberan air di dalam masjid dan menampung di rumah mereka, karena dipercaya tidak hanya bersih dan higienis untuk diminum, tetapi juga bisa menjadi obat yang mujarab, ramai-ramai membuang air yang sudah dikumpulkan tersebut.
Kabar penemuan semburan air ini di tengah masjid tersebut sempat menjadi pusat perhatian masyarakat. Warga berbondong-bondong ingin menyaksikan sekaligus mengambil air tersebut. Tidak hanya warga penghuni BTN Ampi Permai, tetapi juga warga dari luar wilayah BTN.
Mereka mengaku datang karena penasaran dan ingin menyaksikan langsung sumber mata air yang menghebohkan warga itu. Sementara warga lainnya mengaku sengaja datang dari jauh karena terpengaruh cerita kemukjizatan sumber air yang dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit ini.
Kepala Kelurahan Takatidung Sudibyo menyesalkan sikap pengurus masjid, yang dinilai membuat heboh warga. "Mestinya, kan, diteliti dulu asal usul sumber air. Ini, kan, ternyata air bersumber dari pipa PDAM yang bocor tak jauh dari masjid," ujar Sudibyo.
Sumber : http://regional.kompas.com
25
Teknologi Informasi / Trend Gadget
« on: 22 May 2011, 09:40:50 AM »
Dari taon kemarin, dunia IT dibanjiri produk gadget tablet dipelopori oleh apple dengan produk ipad nya, di taon ini makin banyak produk gadget yg beredar : ipad, ipad2, samsung galaxy tab, dell streak, archos, axioo pad, yg paling "hanyar" ada acer iconia tab. blom lg produk" cina yg merk nya bejibun n harga murah meriah tp kualitas middle low...
mungkin ada rekan" disini jg pecinta gadget tablet, apakah bs share pengalaman menggunakan produk gadget merk tertentu, kualitas produk, jaminan garansi, kelebihan/kekurangan produk beserta os yg digunakan dan hal lainnya...
mungkin ada rekan" disini jg pecinta gadget tablet, apakah bs share pengalaman menggunakan produk gadget merk tertentu, kualitas produk, jaminan garansi, kelebihan/kekurangan produk beserta os yg digunakan dan hal lainnya...
26
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Pandangan Buddhism terhadap praktek "Shia Sen"
« on: 30 April 2011, 11:27:03 AM »
Bagaimana pandangan buddhism terhadap praktek "shia sen"/dewa turun n merasuki tubuh manusia ?
praktek ini banyak dilakukan di kota2 pontianak/singkawang yg terkenal dengan istilah tatung pd hari2 besar tertentu dalam kalender lunar, di india jg ada praktek seperti ini dalam agama hindu.
praktek ini banyak dilakukan di kota2 pontianak/singkawang yg terkenal dengan istilah tatung pd hari2 besar tertentu dalam kalender lunar, di india jg ada praktek seperti ini dalam agama hindu.
27
Diskusi Umum / Ada yang pernah mengadakan pelatihan Dhammaduta ?
« on: 14 April 2011, 06:41:53 PM »
apa ada rekan2 yg pernah mengadakan/ikut pelatihan Dhammaduta di vihara ? jika ada bisa share materi, pengalaman ato apa pun... ada rencana mau buat kegiatan serupa...
boleh lsng di thread ini, bs japri (via email), bs PM...
boleh lsng di thread ini, bs japri (via email), bs PM...
28
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Four Faces Buddha
« on: 11 April 2011, 07:31:07 PM »
tadi ga sengaja ketemu http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=1418.0 ternyata sudah pernah dibahas tentang Four Faces Buddha/Se Mien Fo
aa doeloe pernah ke sono, emang tempat itu cukup di sakral kan, banyak orang berdatangan dari berbagai negara, terlebih pas hari ultah Four Faces Buddha... pasti penuh...
four faces buddha sendiri merupakan rupang dr dewa brahma, ada yg mengatakan ini adalah rupang dr ajaran hindu, ada jg yg mengatakan bahwa four faces buddha merupakan simbol brahma vihara jk dikaitkan dengan buddhism, ada yg mengatakan four face buddha adalah bentuk lain dr buddha yg memiliki wajah 4 dan lainnya...
aa sendiri pernah mendengar cerita2 tentang kesaktian/keampuhan rupang four faces buddha... bs begini, bs begitu... ada yg meminta sesuatu sambil berjanji sesuatu, eh ternyata terkabul dan orang tersebut tinggal menunaikan janjinya...ada jg tentang cerita artis wanita di thai yg pernah berjanji di dpn four faces buddha, ketika telah sukses menjadi artis, dia lupa untuk menunaikan janji nya dan akibatnya ia menderita penyakit yg tidak bs disembuhkan oleh dokter...
nah klo dah kayak gtu... bukan kah rupang/patung di sakralkan, di anggap ampuh krn byk keinginan yg terkabul kan "jika berdoa" di four faces buddha, mirip agama kejawen... padahal dalam buddhism sendiri terkenal akan kamma/karma, apa ga bertentangan ? bkn kah ini jg bs merusak citra buddhism bagi mereka yg tidak paham...
aa doeloe pernah ke sono, emang tempat itu cukup di sakral kan, banyak orang berdatangan dari berbagai negara, terlebih pas hari ultah Four Faces Buddha... pasti penuh...
four faces buddha sendiri merupakan rupang dr dewa brahma, ada yg mengatakan ini adalah rupang dr ajaran hindu, ada jg yg mengatakan bahwa four faces buddha merupakan simbol brahma vihara jk dikaitkan dengan buddhism, ada yg mengatakan four face buddha adalah bentuk lain dr buddha yg memiliki wajah 4 dan lainnya...
aa sendiri pernah mendengar cerita2 tentang kesaktian/keampuhan rupang four faces buddha... bs begini, bs begitu... ada yg meminta sesuatu sambil berjanji sesuatu, eh ternyata terkabul dan orang tersebut tinggal menunaikan janjinya...ada jg tentang cerita artis wanita di thai yg pernah berjanji di dpn four faces buddha, ketika telah sukses menjadi artis, dia lupa untuk menunaikan janji nya dan akibatnya ia menderita penyakit yg tidak bs disembuhkan oleh dokter...
nah klo dah kayak gtu... bukan kah rupang/patung di sakralkan, di anggap ampuh krn byk keinginan yg terkabul kan "jika berdoa" di four faces buddha, mirip agama kejawen... padahal dalam buddhism sendiri terkenal akan kamma/karma, apa ga bertentangan ? bkn kah ini jg bs merusak citra buddhism bagi mereka yg tidak paham...
29
Ulasan Buku, Majalah, Musik atau Film / Ewang Me Sutang - Demikianlah yang kudengar
« on: 10 April 2011, 07:01:16 PM »
aa baru dapat buku terbitan Ehipassiko Foundation (slanjutnya sy singkat EF), ditulis oleh Paramita Devi Navasanti (slanjtunya sy singkat PDN)... kebetulan dikasih orang. Buku ini menceritakan seorang anak perempuan usia kira2 14 tahun, tp sejak lahir sudah dapat melihat dan berkomunikasi dengan mahluk halus, baik alam rendah maupun alam dewa.
buku ini menceritakan pengalaman PDN ketika bertemu dan berkomunikasi dengan berbagai mahluk halus, juga diceritakan mengapa mereka terlahir dialam nya sekarang... buku ini sangat menarik untuk dibaca... ada 12 pengalaman PDN yg diceritakan dalam buku ini...
Cerita 1. Raksasa di Sekolah
Suatu ketika, 17 Oktober 2008, waktu itu hari masih pagi, pelajaran pertama baru saja berakhir. Teman-teman seperti biasa gaduh, karena guru selanjutnya belum masuk kelas. Tiba-tiba aku meraskan adanya gempa, aku ketakutan. Aku cepat-cepat memasukkan buku-bukuku ke dalam tas, sambil berpikir gempa ini cukup kuat, tidak seperti biasanya. Teman-temanku heran melihat kelakuanku.
Selagi aku berpikir demikian, tiba-tiba, datanglah sesosok mahluk raksasa ! Aku sangat kaget melihatnya. Mahluk itu berteriak keras sekali. Spontan aku menutup telingaku.
Mahluk itu melihat ke sekeliling, memperhatikan teman-temanku yang masih bercanda dan gaduh. Akhirnya pandangannya berhenti kepadaku, karena aku terus memandangnya. Tadinya aku ingin menutup mataku, tapi tak kulakukan karena aku penasaran juga.
Kamu pun mulai berkomunikasi. Dia memujiku sebagai anak yang baik, karena aku anak yang tidak berisik di kelas. Selagi berkomunikasi dengannya, datang wali kelasku memasuki kelas. Raksasa itu pun keluar kelas dan menuruni tangga. Sudah tentu suara langkah kakinya sangatlah keras.
Selagi ibu guru mengajar, aku "sibuk" berkomunikasi lagi dengan nya. Dia bercerita, dulunya dia adalah seorang guru. Dia mengajar mata pelajaran olahraga. Dia sangat galak dan disiplin. Dia punya seorang istri yang cantik, sesama guru juga. Raksasa itu bilang bahwa aku pernah bertemu dengan istrinya. Aku bertanya, "Yang mana ?".
Raksasa itu menjawab, ketika aku ketinggalan barang di sekolah, sore-sore aku datang ke sekolah. Waktu itu aku memasuki kelas, ada seorang ibu guru yang sedang mengajar. Di papan tulisnya ada tulisan bahasa jawa kuno. Ternyata ibu guru itu adalah istrinya.
Dia bilang, dia dan murid-muridnya mati terbakar disebuah sekolah. Dia sangat senang bisa curhat sama aku. Dan dia sekarang menganggap aku sebagai temannya.
Ketika pulang sekolah, aku menceritakan pengalamanku hari ini di sekolah. Reaksi mamaku adalah merasa geli dan tertawa-tawa. Mama bilang, "Kamu lucu y, Vi, punya teman kok raksasa..." Walaupun Mama tertawa-tawa, tapi aku tahu Mama percaya dengan apa yang kukatakan. Terimakasih, Mama...
Ewang Me Sutang...
Demikianlah yang kudengar...
buku ini menceritakan pengalaman PDN ketika bertemu dan berkomunikasi dengan berbagai mahluk halus, juga diceritakan mengapa mereka terlahir dialam nya sekarang... buku ini sangat menarik untuk dibaca... ada 12 pengalaman PDN yg diceritakan dalam buku ini...
Cerita 1. Raksasa di Sekolah
Suatu ketika, 17 Oktober 2008, waktu itu hari masih pagi, pelajaran pertama baru saja berakhir. Teman-teman seperti biasa gaduh, karena guru selanjutnya belum masuk kelas. Tiba-tiba aku meraskan adanya gempa, aku ketakutan. Aku cepat-cepat memasukkan buku-bukuku ke dalam tas, sambil berpikir gempa ini cukup kuat, tidak seperti biasanya. Teman-temanku heran melihat kelakuanku.
Selagi aku berpikir demikian, tiba-tiba, datanglah sesosok mahluk raksasa ! Aku sangat kaget melihatnya. Mahluk itu berteriak keras sekali. Spontan aku menutup telingaku.
Mahluk itu melihat ke sekeliling, memperhatikan teman-temanku yang masih bercanda dan gaduh. Akhirnya pandangannya berhenti kepadaku, karena aku terus memandangnya. Tadinya aku ingin menutup mataku, tapi tak kulakukan karena aku penasaran juga.
Kamu pun mulai berkomunikasi. Dia memujiku sebagai anak yang baik, karena aku anak yang tidak berisik di kelas. Selagi berkomunikasi dengannya, datang wali kelasku memasuki kelas. Raksasa itu pun keluar kelas dan menuruni tangga. Sudah tentu suara langkah kakinya sangatlah keras.
Selagi ibu guru mengajar, aku "sibuk" berkomunikasi lagi dengan nya. Dia bercerita, dulunya dia adalah seorang guru. Dia mengajar mata pelajaran olahraga. Dia sangat galak dan disiplin. Dia punya seorang istri yang cantik, sesama guru juga. Raksasa itu bilang bahwa aku pernah bertemu dengan istrinya. Aku bertanya, "Yang mana ?".
Raksasa itu menjawab, ketika aku ketinggalan barang di sekolah, sore-sore aku datang ke sekolah. Waktu itu aku memasuki kelas, ada seorang ibu guru yang sedang mengajar. Di papan tulisnya ada tulisan bahasa jawa kuno. Ternyata ibu guru itu adalah istrinya.
Dia bilang, dia dan murid-muridnya mati terbakar disebuah sekolah. Dia sangat senang bisa curhat sama aku. Dan dia sekarang menganggap aku sebagai temannya.
Ketika pulang sekolah, aku menceritakan pengalamanku hari ini di sekolah. Reaksi mamaku adalah merasa geli dan tertawa-tawa. Mama bilang, "Kamu lucu y, Vi, punya teman kok raksasa..." Walaupun Mama tertawa-tawa, tapi aku tahu Mama percaya dengan apa yang kukatakan. Terimakasih, Mama...
Ewang Me Sutang...
Demikianlah yang kudengar...
30
Kafe Jongkok / Apa aja dah judul nya
« on: 04 April 2011, 10:33:08 PM »
ada yg bs menjelaskan hal ini ? hehehe... ^o^