Bro Wei yang baik... anumodana..
Pas sy ada buat Abhidhamma Study Group di FB... maka sy copas dasar-dasarnya dulu ke thread ini... sbb :
Kitab Suci Agama Buddha yaitu Tipitaka (3 keranjang) yang terdiri dari Sutta, Vinaya, Abhidhamma.
~Sutta Pitaka: Berisi khotbah-khotbah Sang Buddha
~Vinaya Pitaka: Berisi disiplin-disiplin untuk para Bhikkhu & Bhikkuni
~Abhidhamma Pitaka: Berisi uraian ,mengenai filsafat, metafisika, dan ilmu jiwa Buddha Dhamma.
Etimologi (asal usul) dari kata Abhidhamma berasal dari 2 kata yaitu Abhi dan Dhamma.
Abhi artinya tinggi, luhur, dalam, halus
Dhamma artinya ajaran, fenomena
Jadi Abhidhamma mengandung pengertian ajaran atau fenomena yang tinggi, luhur, dalam, halus.
Abhidhamma mempunyai 5 macam maksud, yaitu:
1. Dhamma yang membawa Kemajuan (Batiniah)
2. Dhamma yang membawa kekhasiatan (dapat terbebas dari dukkha)
3. Dhamma yang patut dipuja dan dihormati (dapat mencapai pembebasan mutlak)
4. Dhamma yang tahan dengan keadaan (kekal, berdasarkan kenyataan)
5. Dhamma yg teragung (karena Abhidhamma merupakan Dhamma yang tertinggi dari Sang Buddha yg mengajarkan kita untuk mencapai kebebasan yang terakhir).
DHAMMA terbagi dua bagian, yaitu Paramattha Dhamma dan Pannati Dhamma:
~Paramattha Dhamma berarti Kenyataan tertinggi , ada 4 macam, yaitu Citta (kesadaran), Cetasika (bentuk-bentuk batin), Rupa (materi), dan Nibbana (Nirvana).
~Pannatti Dhamma berarti sesuatu yang bukan ada sendiri atau jadi sendiri, tetapi sesuatu yang diberikan nama, untuk dijadikan panggilan sesuai dengan keinginan manusia.
Jadi Abhidhamma itu membahas tentang Paramattha Dhamma.
Hubungan Abhidhamma dengan Pancakkhandha :
Pancakkhandha berarti lima kelompok kehidupan, terdiri dari :
1. Rupakkhandha (kelompok jasmani)
Yang dimaksud Rupakkhandha dalam Abhidhamma adalah Rupa (materi) 28
2. Vedanakkhandha (kelompok perasaan)
Yang dimaksud Vedanakkhandha dalam Abhidhamma adalah Vedana
Cetasika 1
3. Sannakkhandha (kelompok pencerapan)
Yang dimaksud Sannakkhandha dalam Abhidhamma adalah Sanna Cetasika 1
4. Sankharakkhandha (kelompok bentuk pikiran)
Yang dimaksud Sankharakkhandha dalam Abhidhamma adalah Cetasika 50
(tidak termasuk Vedana Cetasika dan Sanna Cetasika)
5. Vinnanakkhandha (kelompok Kesadaran)
Yang dimaksud Vinnanakkhandha dalam Abhidhamma adalah Citta 89-121
Hubungan Abhidhamma dgn Ariya Sacca 4
Ariya Sacca 4 berarti Empat Kesunyataan Mutlak, terdiri dari :
1. Dukkha Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Derita), yang di maksudkan Dukkha Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Lokiya Citta 81, Cetasika 51 (tidak termasuk Lobha Cetasika 1) dan Rupa 28
2. Dukkhasamudaya Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Asal mula Derita), yg di maksudkan Dukkhasamudaya Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Lobha Cetasika
3. Dukkhanirodha Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Akhir Derita), yang di maksudkan Dukkhanirodha Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Nibbana
4. Dukkhanirodhagamini-patipada Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Jalan yg menuju ke Akhir Derita), yang di maksudkan Dukkhanirodhagamini-patipada Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Ariya Magga 8 yg berada dalam Magga Citta 4-20.
Penjelasan...Ariya Magga 8 (Jalan Suci Beruas Delapan) :
1. Pandangan Benar (Samma Ditthi), yg di maksud Samma Ditthi dalam Abhidhamma adalah Pannindriya cetasika (faktor batin bijaksana di dlm memandang hakekat sesungguhnya segala sesuatu).
2. Pikiran Benar (Samma Sankhapa), yg di maksud dengan Samma Sankhapa dalam Abhidhamma adalah Vitakka Cetasika (factor batin yg memiliki ciri khusus mengerahkan factor batin kpd objek).
3. Bicara Benar (Samma Vaca), yg di maksud dgn Samma Vaca dlm Abhidhamma adalah Samma Vaca Cetasika (Faktor batin yg bertanggung jawab di dalam berpantangnya batin terhadap tindakan ucapan yg salah, fitnah, kasar, sia-sia).
4. Perbuatan Benar (Samma Kammanta), yg di maksud dgn Samma Kammanta dlm Abhidhamma adalah Samma Kammanta Cetasika ( faktor batin yg bertanggung jawab di dlm berpantangnya batin terhadap tindakan jasmani yg keliru seperti membunuh, mencuri, berprilaku seksual yg salah).
5. Pencaharian Benar (Samma Ajiva), yg di maksud Samma Ajiva dlm Abhidhamma adalah Samma Ajiva Cetasika (faktor batin yg bertanggung jawab di dlm berpantangnya batin terhadap tindakan penghidupan yg salah seperti menjual senjata, makananan/minuman yg melemahkan kewaspadaan, racun, makhluk hidup).
6. Daya Upaya Benar (Samma Vayama), yg di maksud Samma Vayama dlm Abhidhamma adalah Viriya Cetasika (faktor batin yg membangkitkan semangat dan memiliki ciri khas mendukung, mengukuhkan, mempertahankan faktor-faktor batin).
7. Perhatian Benar (Samma Sati), yg di maksud Samma Sati dalam Abhidhamma adalah Sati Cetasika (perhatian terhadap objek sesuai kondisi yg sesungguhnya).
8. Konsentrasi Benar (Samma Samadhi), yg di maksud dengan Samma Samadhi dlm Abhidhamma adalah Ekaggata Cetasika (faktor batin yg mengkonsentrasikan batin terhadap satu objek).
btw... tentang Cetasika bisa di liat di topik CETASIKA dalam thread Abhidhamma ini.