Sedikit menambahkan:
Mulapariyaya Sutta berasal dari Majjhima Nikaya, yang artinya Asal Semua Akar. Dikatakan dalam sutta tersebut bahwa ada 5 bikkhu yg berpandangan salah karena mereka memegang kuat pada ajaran aliran lain sewaktu mereka belum menjadi pengikut Sang Buddha. Sang Buddha lalu berusaha untuk meluruskan pandangan mereka ini dan berkata, "Para bikkhu, akan kuajarkan pada kalian khotbah mengenai akar semua hal. Dengarkan dan perhatikan dgn cermat apa yg akan kukatakan."
Dalam khotbah ini Sang Buddha mengajarkan bahwa di dalam alam semesta ini terdapat tiga golongan makhluk yaitu Assutava Putujjana, yang artinya manusia biasa yg tidak belajar; Sekha, yg artinya siswa dlm pelatihan lebih tinggi; dan Arahat.
Assutava Putujjana (1)Orang-orang yg tergolong dalam kategori ini dapat dikatakan sebagai berikut:
1. Ariyanam Adassari Mereka tidak memiliki rasa hormat kepada manusia-manusia agung
2. Ariyadhamnussa Akovido Mereka yang tidak terampil
3. Ariyadhamme Avinita Mereka yang tidak disiplin di dalam dhamma
4. Pathavim Pathavito Sanjanati Mereka mempersepsikan tanah (Pathavi) sebagai tanah (2)
5. Pathavim Pathavito Sanjitva Mereka lalu mengkonsepsikan (3) [dirinya sebagai] tanah
6. Pathavim Mannati Mereka lalu mengkognisasikan [dirinya terpisah dari] tanah
7. Pathavim Meti Mannati Mereka mengkonsepsikan tanah sebagai "milikku"
8. Pathavim Abhinandati Mereka bersuka cita di dalam konsepsi tanah
Lalu Sang Buddha bertanya,
"Tam kissa hetu?" (Mengapa demikian?)
"Aparinnatam tasmim vadam" (Karena mereka belum sepenuhnya memahami hal itu). Mereka berpegang pada konsep:
1. Nicca - kekekalan
2. Natta - ke"aku"an
3. Sukha - kepuasan2
SekhaOrang2 ini dapat dikatakan telah mencapai tingkat kesucian, (ariya puggala).Orang yg tergolong dalam kategori ini adalah:
1. Sappurisanam Adassari Para bikkhu yg berada pd pelatihan yg lebih tinggi
2. Sappurisadhamnussa Akovido Para bikkhu yg belum mencapai tujuan
3. Sappurisadhamme Avinita Para bikkhu yg masih berjuang untuk terbebas dari belenggu
4. Pathavim Pathavito Abhijanati secara langsung mengetahui tanah sebagai tanah
5. Pathavim Abhinnaya berusaha untuk tidak mengkonsepsikan [dirinya sebagai] tanah
6. Pathavim Ma Mannati berusaha untuk tidak mengkognisasikan [dirinya terpisah dari] tanah
7. Pathavim Ma Meti Mannati berusaha untuk tidak menganggap tanah sebagai "milikku"
8. Pathavim Ma Abhinandati berusaha untuk tidak bersukacita di dalam konsepsi tanah
Lalu Sang Buddha bertanya, "Tam kissa hetu?" (Mengapa demikian?) "Parinneyyam tasmim vadami " (Karena mereka telah memahami segala yg harus dipahami).
ArahatOrang yg tergolong dalam kategori ini adalah:
1. Para bikkhu yg telah menghancurkan segala noda
2. Para bikkhu yg telah mencapai tujuan
3. Para bikkhu yg telah menghacurkan belenggu-belenggu dan sepenuhnya terbebaskan
4. Pathavim Pathavito Abhijanati secara langsung mengetahui tanah sebagai tanah
5. Pathavim Abhinnaya berhenti mengkonsepsikan [dirinya sebagai] tanah
6. Pathavim Na Mannati berhenti mengkognisasikan [dirinya terpisah dari] tanah
7. Pathavim Na Meti Mannati berhenti menganggap tanah sebagai "milikku"
8. Pathavim Na Abhinandati tidak bersukacita di dalam konsepsi tanah
Lalu Sang Buddha bertanya, "Tam kissa hetu?" (Mengapa demikian?) "Parinneyyam tasmim vadami " (Karena mereka telah sepenuhnya memahami segala yg harus dipahami).
(1) Kita juga sebenarnya tergolong dlm kategori Putujjana tapi bukan Assutava karena kita (belajar) mengenal dhamma, Assutava adalah untuk orang2 yg tidak tahu dhamma sama sekali.
(2) Tanah adalah sebagai contoh dan dapat digantikan dengan ke-24 obyek dibawah ini. Kelima bikkhu yg saya sebut diatas berpegang pada 24 obyek kepercayaan yg salah sebagai berikut:
EMPAT ELEMEN
1. Pathavi - tanah
2. Apo - air
3. Tejo - api
4. Vayo - udara
MAKHLUK-MAKHLUK
5. makhluk-makhluk biasa
6. dewa-dewa
7. Pajapati (makhluk yg berdiam di alam kehidupan "halus", dalam bahasa inggris "Fine-Material realms")
8. Brahma ("Fine-Material")
makhluk2 yg tidak mempunyai rupa:
9. Subhakianaka - Para dewa dengan cahaya yg gemerlap
10. Abhassara - Para dewa dengan keagungan yg memancar
11. Vehappala - Para dewa dengan buah yg besar
12. Abhibhu - Sang Penguasa
JHANA-JHANA
13. landasan ruang tanpa batas
14. landasan kesadaran yg tanpa batas
15. landasan ketiadaan
16. landasan "persepsi" dan "tanpa persepsi"
KHANDA
17. dittham - dilihat
18. sutam - didengar
19. mutam - dirasakan
20. vinnana - terkognisi
TAHAPAN
21. ekatham - kesatuan
22. nanattam - keragamana
23. sabba - semuanya
a. mata yg melihat bentuk
b. telinga yg mendengar suara
c. hidung yg mencium bau
d. lidah yg mencicipi rasa
e. tubuh yg merasakan sentuhan
f. pikiran yg mengerti dhamma
24. Nibbana
Ingat bahwa ke 24 obyek ini adalah pandangan yg SALAH. Kelima bikkhu itu mengkonsepsikan ke 24 obyek diatas dengan cara yg sama. (3) Note: Pikiran kita ini dibagi menjadi tiga tingkat.
1. Sanna - persepsi
2. Vinnana - konsepsi atau bentuk2 pikiran
3. Panna - Kebijaksanaan yg diperoleh dari konsepsi2, jd mungkin seperti semacam konklusi.
Jadi pertama2 kita ada object, misalnya tanah, lalu kita berpersepsi tentang tanah itu, lalu pikiran itu terus berbuah menimbulkan konsepsi ini itu yg akhirnya menjadi suatu konklusi.
Pada akhir khotbah Beliau, kelima bikkhu tsb. tidak puas dengan ajarannya karena mereka masih berpegangan kuat dgn kepercayaan mereka. Ini adalah khotbah yg pertama, Sang Buddha memberikan khotbah (Dhammacaka Pavathana Sutta) lima kali lagi dan Khotbah Anattalakkhana Sutta dan pada akhirnya mereka mencapai kesempurnaan.
semoga bisa bermanfaat dan mohon koreksi jika ada kesahan