//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kalo jadi harimau?  (Read 4665 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline deph

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 27
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Kalo jadi harimau?
« on: 31 March 2010, 02:46:56 PM »
Misalnya ni kita terlahir jadi binatang anggaplah binatang harimau, nah harimau kan kerjanya bunuh binatang lain secara dia karnivora coz jarang ketemu harimau yg vegetarian. Yang mau gue tanyakan, gimana dia bisa bikin karma baik kalo ky gitu, makin banyak bunuh makhluk hidup apa gak makin susah tumimbal lahir di alam baik? tapi kan dia juga pake insting hewan (gak tau itu salah atao bener yang penting makan)..

Jadi menurut pandangan agama Buddha gitu gimana yak??

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #1 on: 31 March 2010, 03:21:13 PM »
Harimau yang membunuh untuk hidup, tentu berbuat karma buruk. Dia hidup dalam kondisi yang seperti itu, yang harus membunuh agar tetap hidup. Tapi karma baik kan gak hanya di kehidupan ini saja. Di kehidupan-kehidupan sebelumnya tentu ada karma baik juga yang telah dilakukannya. Kalo sudah habis karma buruk yang mengkondisikannya terlahir sebagai harimau, maka dia bisa terlahir menjadi non-harimau.

Saya pernah nonton di tipi, di Thailand, ada sekelompok harimau yang dipelihara (dulunya terjadi pembunuhan pada orang tua harimau-harimau kecil ini). Harimau ini diberi makan sayuran, bisa hidup juga kok :)

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #2 on: 31 March 2010, 03:28:56 PM »
yah klo sempat ingat dhamma.. banyak hal seh yg bisa dilakukan...
jgn membunuh..itu saja..
makan bangkai..ok..
jd perliharaan org  atau di sirkus.. juga ok... (di kasih makan tampa membunuh)
tp klo gak ada juga.. bisa coba tuh makan bangkai.. atau tumbuhan, minum air.. tinggal pilih ..milih melanggar sila demi hidup, atau menjaga sila..bahkan mengorbankan kehidupan
...

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #3 on: 31 March 2010, 04:19:53 PM »
^ ^ ^ yup, kalo binatang bisa berpikir, mungkin bisa seperti itu  ;D

Berikut ini saya tuliskan sedikit rangkuman dari sumber yang pernah saya baca. Sekedar sharing aja dari yang pernah saya baca.

Lahir sebagai manusia apalagi tau manfaat sila dan pengendalian diri, tentu sungguh berharga dibandingkan jadi binatang yang cenderung reaktif. Jadi binatang, kalo lagi lapar dan lihat daging, otomatis langsung diserbu tuh daging  (gak pake mikir). Kita punya kecenderungan dasar juga yang seperti itu reaktif, malas, tunduk pada kecenderungan/kebiasaan negatif, dst. Uniknya, kita lahir sebagai manusia yang bisa memilih mau jadi apa, bisa berusaha mau jadi bagaimana, dst. Jadi yah, sebaiknya, mulai sekarang (entah bagaimanapun masa lalu kita) kita bisa belajar menghargai hidup kita lebih daripada binatang menghargai hidupnya.
« Last Edit: 31 March 2010, 04:21:24 PM by Mayvise »

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #4 on: 31 March 2010, 11:31:37 PM »
Binatang juga bisa berbuat kamma baik .....

Jika jantan ato Betina ....... melakukan dengan merawat, sayang, mencari makan untuk anaknya

« Last Edit: 31 March 2010, 11:38:26 PM by Virya »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #5 on: 01 April 2010, 01:23:24 AM »
sejahat2nya harimau bunuh mangsa demi makanan lebih jahat manusia yang bunuhin harimau2 bukan demi makanan (untuk survive), tapi demi obat kuat, demi bulunya dan lain2.

Offline Hades

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: -1
  • darkness isn't bad at all
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #6 on: 01 April 2010, 01:04:11 PM »
sejahat jahatnya hewan seperti halnya harimau yang membunuh dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya, hanya mampu membunuh mangsanya yang dapat dihitung dengan jari, jika dibandingkan dengan keserakahan manusia yang mampu menyulutkan perang dan menghancurkan banyak sekali korban jiwa
In darkness I rule over the humanity whom throw away their heart towards hatred and jealousy

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #7 on: 01 April 2010, 03:07:19 PM »
kalo di tipi2x
Hiu napsu kalo udah ngeliad/nyium darah.

bagaimana dengan harimau ?
apakah harimau napsu kalo ngeliad manusia / binatang laen?
saya kira tidak... kalao iya, dikebun binatang udah full-ngamuk tuk harimau

so... ada kondisi tertentu yg mengakibatkan harimau bernapsu memburu mangsa'nya.
kondisi ini saya kira bukan berdasarkan "rakus", akan tetapi kebutuhan

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #8 on: 01 April 2010, 03:17:27 PM »
Misalnya ni kita terlahir jadi binatang anggaplah binatang harimau, nah harimau kan kerjanya bunuh binatang lain secara dia karnivora coz jarang ketemu harimau yg vegetarian. Yang mau gue tanyakan, gimana dia bisa bikin karma baik kalo ky gitu, makin banyak bunuh makhluk hidup apa gak makin susah tumimbal lahir di alam baik? tapi kan dia juga pake insting hewan (gak tau itu salah atao bener yang penting makan)..

Jadi menurut pandangan agama Buddha gitu gimana yak??

makanya ,jangan sampai terlahir di Alam Apaya,berbuatlah kebajikan yang banyak,kewaspadaan pada saat ini...

Kalau sudah terlahir jadi "hewan",mereka membunuh dengan naluri untuk memenuhi "perut" mereka,kalau mereka membunuh untuk senang2,ya no comment deh...belum pernah teringat kehidupan lampau jadi Harimau,jadi gk bisa kasih komentar...

hanya bisa memberi komentar bahwa Hukum Kamma tak sesederhana yang kita bayangkan.. :)

May All Being Happiness :)
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #9 on: 01 April 2010, 03:25:46 PM »
Misalnya ni kita terlahir jadi binatang anggaplah binatang harimau, nah harimau kan kerjanya bunuh binatang lain secara dia karnivora coz jarang ketemu harimau yg vegetarian. Yang mau gue tanyakan, gimana dia bisa bikin karma baik kalo ky gitu, makin banyak bunuh makhluk hidup apa gak makin susah tumimbal lahir di alam baik? tapi kan dia juga pake insting hewan (gak tau itu salah atao bener yang penting makan)..

Jadi menurut pandangan agama Buddha gitu gimana yak??

Harimau, paling-paling bunuh buat makan ...
Manusia, bisa bunuh cuma buat kesenangan ...
Nah kalo dah gini, mana yang lebih banyak bikin karma buruk hayo ? :))

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #10 on: 01 April 2010, 03:32:29 PM »

Harimau, paling-paling bunuh buat makan ...
Manusia, bisa bunuh cuma buat kesenangan ...
Nah kalo dah gini, mana yang lebih banyak bikin karma buruk hayo ? :))

sapa yg bisa mencapai tingkat2 kesucian dalam kehidupannya saat itu...?
...

Offline Dae Hyun

  • Teman
  • **
  • Posts: 81
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #11 on: 01 April 2010, 05:40:45 PM »
Jadi kesimpulannya harimau membunuh untuk makan  tetap membuat karma buruk atau tidak?
keBanyakan karma buruknya atau baiknya?

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #12 on: 01 April 2010, 05:47:07 PM »
Itulah sebabnya Sang Buddha mengatakan: "Kecenderungan mahluk-mahluk adalah jatuh ke bawah (jatuh ke alam-alam rendah) bukan naik keatas."

Terlahir sebagai harimau membunuh mahluk lain untuk makanan, lalu terperosok lebih dalam.

Sesuai dengan perumpamaan penyu buta.

"Luar biasa sulit terlahir menjadi manusia, jauh lebih sulit lagi terlahir sebagai manusia di jaman ada Dhamma Sang Buddha". Jangan sia-siakan kesempatan baik ini teman-teman...

Berusahalah agar jangan terperosok ke bawah tetapi naik keatas... atau yang terbaik, terbebas dari cengkeraman Mara.

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Hades

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: -1
  • darkness isn't bad at all
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #13 on: 01 April 2010, 07:27:57 PM »
Jadi kesimpulannya harimau membunuh untuk makan  tetap membuat karma buruk atau tidak?
keBanyakan karma buruknya atau baiknya?

Saudara Hyun, menurut saya, harimau membunuh tetap termasuk kamma buruk, namun tidak sebesar manusia yang membunuh demi kesenangan.
In darkness I rule over the humanity whom throw away their heart towards hatred and jealousy

Offline Dae Hyun

  • Teman
  • **
  • Posts: 81
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kalo jadi harimau?
« Reply #14 on: 01 April 2010, 07:33:17 PM »
Gamsahamnida(xie-xie) kawan-kawan senior atas jawabannya. Jadi lebih mengerti. ^:)^

 

anything