//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - morpheus

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 181
106
pemerintah indonesia terobsesi dengan agama ::)

107
Perkenalan / Re: Sonya Gutama Mau Aktif di Dhamma Cita
« on: 10 February 2014, 05:14:52 PM »
alasan mengapa seseorang memeluk sebuah agama adalah ranah psikologis, demikian juga alasan mengapa manusia memilih sebuah agama adalah ranah sosial...

jadi tentunya jawaban pertanyaan di atas adalah jawaban yang berhubungan dengan psikologis dan sosial, contohnya: bagaimana agama memberikan rasa nyaman, motivasi, memberikan komunitas, etc.

yang jelas jawabannya bukan yang berbau gaib seperti berpatidana dan sebangsanya...

108
Moto G, gak ada tandingannya dikisaran usd200...

109
Perkenalan / Re: Penghuni Baru DhammaCitta
« on: 08 February 2014, 02:12:28 PM »
salam kenal. rajin2 post ya...

110
Pengalaman Pribadi / Re: Apakah Membaca Maha Karuna Dharani Efektif ?
« on: 04 February 2014, 08:27:51 PM »
What is real ? How do you define 'real' ? :)
mmm... kayaknya pernah denger...

111
JMB8?
betul dan banyak lagi yang lain.
jadi bisa saja memegang referensi dan doktrin theravada, namun melihat praktik mahayanis benar dan sesuai dengan pegangannya.
 

112
apakah ada suatu praktek yang ada+benar di ajaran theravada dan ada+benar di ajaran mahayana, yang bukan basi-basi dan bukan diplomatis? apakah ada contohnya yang bisa disebutkan?

kalo ada berarti bisa saja anggota sekte theravada mengakui kebenaran ajaran mahayana, dan sebaliknya...

113
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 08:41:30 PM »
sama saja dengan pertanyaan bila ada yang berpedoman dengan abhidhamma = berteori sesukanya?karena itu bukan siswa Sang Buddha?

Bila menolak keotentikan sutta vinaya = berteori sesukanya? karena itu bukan siswa sang Buddha?

Jawabnya mau menolak mau tidak, mau mengaku siswa sang Buddha atau tidak, silakan saja. Bukan kapasitas saya dalam menentukan dia siswa Sang Buddha atau tidak, seperti saya bilang sebelumnya . Satu hal yang pasti spekulasi hanya membawa pada kemorosotan. Apakah anda suka2 atau tidak, anda sendiri yang tau dan seberapa patut dan telah menjalankan ajaran Sang Buddha
yang melontarkan "berteori sesukanya" itu kan anda, sekarang seolah2 itu keluar dari ketikan saya.
post sebelumnya dari berikutnya nggak nyambung.
sulit sepertinya melakukan diskusi yang sehat dan runut di sini.

sepertinya gak ada gunanya dilanjutkan...

ah bung jangan simpulkan terlalu dini he..he. YM.Culapanthaka telah merealisasi Dhamma agung Sang Buddha. Abhidhamma telah dia lihat dengan baik. Masalah keotentikan abhidhamma dia telah mengetahui secara pasti bukan lagi percaya. Kalau disini memangnya sudah ada yg mengetahui keotentikan abhidhamma? atau otentik dan tidak cuma dari data?
atau ada yang mengetahui seberapa otentik sutta dan vinaya , atau 4 digha nikaya awal yg notabene buddhisme awal(katanya, padahal istilah itu muncul belakangan juga )?

Hal lainnya, Ajaran Sang Buddha termasuk sutta, vinaya dan abhidhamma. Karena pernah disebutkan bahwa abhidhamma diajarkan. Jadi yang dipercaya pada awalnya oleh YM.Culapathaka adalah keseluruhan ajaran Buddha. Bukan abhidhamma doang. Dan hebatnya YM.Culapanthaka dia percaya dan mempraktekan. Bukan asal percaya or asal terima teori atau teori spekulasi.

Nanti muncul pertanyaan isi abhidhamma yang bagaimana?  :)) sama saja nanti saya bertanya sutta dan vinaya(4 nikaya awal) yang bagaimana isinya? tiap aliran beda. nah loh. Otentik? gak tuh  :)). Andaikan ada time machine. 
nah, melebar lagi nih... apakah konteks yang kita bicarakan ini abhidhamma pitaka yang merupakan bagian dari tipitaka pali? ataukah anda mengacu pada abhidhamma lain di atas? apakah maksud anda culapanthaka tahu keotentikan abhidhamma pitaka? sepertinya mengada2 deh. setahu saya thread ini dan thread2 lain di forum buddhisme awal berkonteks abhidhamma pitaka pali. susah kalo pembicaraannya loncat ke sana kemari...

sepertinya anda terpaku pada kata "otentik", karena rupanya kata ini adalah kata yang sensitif hehehe...

kalo dibaca baik2, posting awal saya menyebutkan "dekat dengan yang diajarkan Buddha otentik". memang belom tentu 4 nikaya adalah otentik dari mulut Buddha, tapi minimal lebih dekat dengan yang otentik.

kasarnya kalo 4 nikaya itu adalah kw1 dari segi authenticity, maka abhidhamma itu adalah kw2. kalo 4 nikaya adalah kw100, maka abhidhamma adalah kw101... abhidhamma pitaka itu jelas evolusi yang lebih jauh lagi, lebih belakangan lagi. di sini konteksnya adalah jauh-dekatnya dari ajaran yang otentik. saya gak nyebut abhidhamma itu gak berguna atau jelek lho. jangan salah sangka lagi...

114
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 08:18:58 PM »
emang-nya ada yang ilmiah soal 4 nikaya itu adalah buddhisme awal ?
saya gak ngerti nih maksud pertanyaannya...

ada yang bilang 4 nikaya itu adalah buddhisme awal?
apa sih itu yang diistilahkan dengan buddhisme awal? sepertinya om2 yg lain udah nulis berkali2...
dan apa yang ilmiah?

sepertinya apa yang dijawab dan apa yang dibalas nggak nyambung.

115
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 05:07:19 PM »
Culapanthaka sekalipun tidak mengingat akhirnya berhasil berkat ketekunan dalam mengikuti ajaran Sang Buddha dan benar siswa Sang Buddha sudah sesuai dengan pengakuannya Beliau. Kalau jaman sekarang semua orang boleh ngaku siswa Sang Buddha walaupun dengan berteori sesukanya. Gak akan dipidanakan. he..he
hanya berpedoman pada sutta dan vinaya = berteori sesukanya? karena itu bukan siswa Sang Buddha?
menolak keotentikan abhidhamma = berteori sesukanya? karena itu bukan siswa Sang Buddha?

seperti yang anda tulis sendiri di atas, culapanthaka sebagai siswa Sang Buddha karena ketekunannya. gak ada hubungannya dengan kepercayaannya mengenai keotentikan abhidhamma atau tingkat hafalan suttanya.

sepertinya kita sependapat di sini... ;D

116
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 03:17:33 PM »
oh iya... berarti menurut anda 4 nikaya juga bukan produk konsili manapun.
darimana anda berkesimpulan begitu?

saya bilang, tidak ada produk langsung yang keluar dari konsili2 itu, certified from 4th council. gak ada. cerita konsili2 itu dituliskan di catatan2 atau buku2 lain yang lebih muda. dengan kata lain, adu tua2an itu gak ada gunanya di sini...

dengan segala distorsinya, catatan2 dan buku2 itu merupakan rekaman sejarah dan bukti adanya perpecahan di masa itu, bukti adanya evolusi tipitaka sampai yang kita temukan sekarang ini... itu saja. cerita buddhisme awal itu sederhana sekali kalau kita mau melepas kacamata iman...

117
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 02:34:51 PM »
4 Nikaya yang dikenal sekarang itu berasal dari mana ? Konsili ke-IV atau ada yang berasal dari sumber yang "lebih tua" daripada konsili ke-IV ?
ini pan udah dijawab berkali2 sama yang laen.

dari sumber berbagai sekte, 4 nikaya itu ada dan sama isinya, sedangkan di luar 4 nikaya, isinya bervariasi. apalagi yang namanya abhidhamma itu. banyak sekte yang kagak pake abhidhamma, ada juga sekte lain yang punya abhidharma tapi isinya tidak ada kesamaannya sama sekali dengan abhidhammanya theravada. abhidharma sekte lain itu malahan dicantumkan nama pengarangnya dengan tegas. sumber2 berbagai sekte ini sama validnya dari sumber2 keluaran srilanka. semoga jelas dan gak diulang2 lagi.

anda berkali2 ngomong konsili ke-4. setahu saya tidak ada produk langsung dari konsili ke-4 baik yang versi srilanka maupun konsili ke-4 versi yang di kashmir. semua peristiwa bersejarah itu (kalau memang ada) dituliskan oleh buku lain yang jauh lebih muda seperti dipavamsa & mahavamsa atau catatan faxian, xuanzhang dan bhikkhu2 lainnya. tidak ada bukti langsung dari konsili2 itu. kalau mau bukti yang tertua, justru gandharan buddhist text yang diperkirakan berasal dari abad pertama itu milik dharmaguptaka...

sebenernya saya hanya pembaca di topik2 buddhisme awal ini, tapi saya kok inget ya jawaban2 yang dipostkan.
kok om dilbert seperti kagak pernah baca atau kagak pernah inget?

118
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 10:03:33 AM »
Sah2 saja. Semua orang boleh mengaku siswa Sang Buddha, tapi entahlah siswa yang bagaimana? :)
entah siswa yang bagaimanakah culapanthaka yang tidak bisa mengingat satu sutta pun itu...

119
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 10:00:38 AM »
Ajaran Buddha otentik itu seperti apa? catatan2 itu semua tidak ada otentik, kalau otentik silakan sajikan dalam data asli bukan pendapat sebagian peneliti yang diyakini saja. Dan peniliti disini apakah bisa bahasa pali juga? atau sekedar copas sana sini.
tentu saja logikanya ajaran yang ada di 4 nikaya itu lebih dekat dengan ajaran yang otentik ketimbang ajaran yang ada di luar 4 nikaya...

dan aneh sekali sikap yang menyerang rekan2 yang berdiskusi di sini. apakah kalo mendiskusikan evolusi gak boleh mengcopas pendapat darwin dan peneliti evolusi lainnya? apakah harus darwin yang berdiskusi di sini? apakah hanya ajahn sujato yang boleh berdiskusi di sini?

sekali lagi, silakan copas juga pendapat peneliti yang anda yakini. lebih bermanfaat buat kita semua daripada menyerang rekan2 yang berdiskusi tanpa menampilkan pendapat anda sendiri...

120
Buddhisme Awal / Re: Perbandingan Teks Berbagai Sumber
« on: 29 January 2014, 09:37:04 AM »
lho saya nanggapi om dilbert, kok anda yang merasa...
astaganaga...

lagian kalo om bond merasa tidak setuju atau om bond memiliki pendapat dan sumber lain, silakan saja dibabarkan. saya juga ingin tau apa ada pendapat lain...

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 181
anything