//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kelemahan 'agama' Buddha  (Read 66244 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline pisang_lempeng

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 2
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #75 on: 01 November 2009, 02:50:05 PM »
Secara spiritual, agama Buddha tidak memiliki cacat sedikitpun, namun secara materi, agama Buddha memiliki banyak kekurangan. Contohnya, melalui agama Buddha, seseorang tidak bisa buat kapal terbang, kapal laut, mobil, mobile, komputer, dll. :D :D :D

maksudnya kalo agama buddha lebih mayoritas sampai sekarang, kita masih naek kuda sama naek perahu layar.  ;D

kalo ogut rasa sih penyebaran dhammanya kurang, liat di toko buku dah jelas.... kalo agama lain sampai raknya berderet deret isi agama mereka. nah kalo agama buddha raknya cuman dikit dan itupun di campur sama cerita sam kok :hammer: ada yang versi komik lageeee... :hammer:

dan yang pastinya juga umat juga sangat berpengaruh, antara mau tau dan mau belajar atau hanya sekedar pai pai buat pheng an aja  ^:)^  ;D

tapi semua itu juga ada waktunya, kalo memang sudah waktunya nanti umat pun akan mencari sendiri.... tergantung dari diri sendiri.

 _/\_ semua


Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #76 on: 01 November 2009, 03:06:09 PM »


maksudnya kalo agama buddha lebih mayoritas sampai sekarang, kita masih naek kuda sama naek perahu layar.  ;D



Di agama lain juga sama. Ajaran2 mereka tidak mengajarkan cara membuat kapal terbang, kapal laut, kapal darat, komputer, dll..  Sebenarnya agama Buddha masih mending, karena setidaknya agama Buddha mempunyai beberapa ajaran supaya kita bisa terbang, berjalan di atas air, menghilang, berbicara dari jarak jauh, melihat dari jarak jauh, mendengar dari jarak jauh. Bahkan sementara agama2 lain dan teknologi gak bisa mengajarkan bagaimana supaya kita bisa travel ke alam sorga, ajaran Buddha bisa.... Jadi lebih hebat khan....  :D :D :D

Offline 7 Tails

  • Sebelumnya RAIN
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 864
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #77 on: 01 November 2009, 03:11:55 PM »
wow.. ebat, ajarin dong 1 jurus :hammer:
korban keganasan

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #78 on: 01 November 2009, 03:33:27 PM »
Belajar sendiri aja lah.. :D

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #79 on: 01 November 2009, 04:17:25 PM »
Ikut nimbrung ya mas2 ganteng ;D

tadi habis mengikuti pujabhakti di vihara,
ketika pandita selesai memberikan dhammadesana,dilanjutkan dengan acara promo album salah satu penyanyi buddhist,penyanyi tersebut menyanyikan 2 lagu terbarunya..
Yg buat gw heran+bingung,kok respon umat yg berada diruang dhammasala sepertinya pasif banget(posisi duduk;bersila seperti mendengar ceramah dengan khusuk)padahal lagunya termasuk lagu riang/ceria... :'(

Beda banget nuasanya ama agaman tetangga,yg ketika menyanyi ada umatnya yg sampai kesurupan ;D *joke (minimal ikut menyanyi + sambil tepuk tangan)

itu termasuk kekurangan umat buddha,ato ciri khas umat buddha??
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #80 on: 01 November 2009, 04:24:05 PM »
Mungkin mereka malu aja, padahal dalam hatinya ikut bernyanyi... :D :D :D

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #81 on: 01 November 2009, 04:34:49 PM »

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #82 on: 01 November 2009, 04:38:26 PM »
Ikut nimbrung ya mas2 ganteng ;D

tadi habis mengikuti pujabhakti di vihara,
ketika pandita selesai memberikan dhammadesana,dilanjutkan dengan acara promo album salah satu penyanyi buddhist,penyanyi tersebut menyanyikan 2 lagu terbarunya..
Yg buat gw heran+bingung,kok respon umat yg berada diruang dhammasala sepertinya pasif banget(posisi duduk;bersila seperti mendengar ceramah dengan khusuk)padahal lagunya termasuk lagu riang/ceria... :'(

Beda banget nuasanya ama agaman tetangga,yg ketika menyanyi ada umatnya yg sampai kesurupan ;D *joke (minimal ikut menyanyi + sambil tepuk tangan)

itu termasuk kekurangan umat buddha,ato ciri khas umat buddha??

Bro Jhonz yg baik,
salam sejahtera selalu,

selamat atas kesuksesan anda, telah berhasil keluar dari kandang singa (khan tantenya beragama beda dan berusaha menarik ke agama tantenya, cmiiw  ;D ;D), teruskan perjuangannya agar tante semakin sadar agama tidak bisa dipaksakan.

masalah tidak ada tanggapan, itulah ciri khas umat buddhist mereka SATI bahwa obyek adalah netral.  ;D ;D

may u always be happy n well

may all beings be happy

mettacittena,

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #83 on: 01 November 2009, 05:06:24 PM »
Dr mana ustad susu tao soal ini??  :)) berarti ustad sendiri telah menembusi Sotapan makanya mengetahui demikian? terimalah hormat saya ustad susu  :))  ^:)^

Sotapana emank 5 sila telah murni, tp tdk menutup kemungkinan mereka telah mencicipi Nibana melalui Samadhi dan Kebijaksanaan..

 _/\_
setau saya sotaanna silanya telah murni itu maksudnya 'perilaku moral'nya.

tidak ada hub nya dg pancasila, atthasila ataupun dasa sila, atau peraturan.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline wen78

  • Sebelumnya: osin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.014
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #84 on: 01 November 2009, 05:12:02 PM »
Ikut nimbrung ya mas2 ganteng ;D

tadi habis mengikuti pujabhakti di vihara,
ketika pandita selesai memberikan dhammadesana,dilanjutkan dengan acara promo album salah satu penyanyi buddhist,penyanyi tersebut menyanyikan 2 lagu terbarunya..
Yg buat gw heran+bingung,kok respon umat yg berada diruang dhammasala sepertinya pasif banget(posisi duduk;bersila seperti mendengar ceramah dengan khusuk)padahal lagunya termasuk lagu riang/ceria... :'(

Beda banget nuasanya ama agaman tetangga,yg ketika menyanyi ada umatnya yg sampai kesurupan ;D *joke (minimal ikut menyanyi + sambil tepuk tangan)

itu termasuk kekurangan umat buddha,ato ciri khas umat buddha??

Bro Jhonz yg baik,
salam sejahtera selalu,

selamat atas kesuksesan anda, telah berhasil keluar dari kandang singa (khan tantenya beragama beda dan berusaha menarik ke agama tantenya, cmiiw  ;D ;D), teruskan perjuangannya agar tante semakin sadar agama tidak bisa dipaksakan.

masalah tidak ada tanggapan, itulah ciri khas umat buddhist mereka SATI bahwa obyek adalah netral.  ;D ;D

may u always be happy n well

may all beings be happy

mettacittena,

wakakkakakakkaka  =))

mudah2an semua umat Buddhist tidak ada lagi yg menangis, ketawa, sedih, senang, dll... sebab semua adalah "netral".
tp kayanya gak mungkin yach..... sebab kl dah gitu.. semuanya dah mencapai pencerahan/kesadaran tertinggi yak... ;D
segala post saya yg tidak berdasarkan sumber yg otentik yaitu Tripitaka, adalah post yg tidak sah yg dapat mengakibatkan kesalahanpahaman dalam memahami Buddhism. dengan demikian, mohon abaikan semua statement saya di forum ini, karena saya tidak menyertakan sumber yg otentik yaitu Tripitaka.

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #85 on: 01 November 2009, 08:08:06 PM »
Dr mana ustad susu tao soal ini??  :)) berarti ustad sendiri telah menembusi Sotapan makanya mengetahui demikian? terimalah hormat saya ustad susu  :))  ^:)^

Sotapana emank 5 sila telah murni, tp tdk menutup kemungkinan mereka telah mencicipi Nibana melalui Samadhi dan Kebijaksanaan..

 _/\_
setau saya sotaanna silanya telah murni itu maksudnya 'perilaku moral'nya.

tidak ada hub nya dg pancasila, atthasila ataupun dasa sila, atau peraturan.

setau saya pancasilanya yg telah murni.. Soalnya sbagai Sotapana itu bisa umat awam, bahkan umat awam yg telah berkeluarga, kemudian tentu saja sbg seorg umat awam dia bekerja dan masih makan 3x bukan? ya ini sich saya pernah dengar dr ceramah Dhamma, saya dengar 5 sila telah dimurnikan, kalo sila sila lainnya saya tdk tau dimurnikan ato tdk.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #86 on: 01 November 2009, 08:37:49 PM »
utk kasus ini aye sependapat dengan om tesla. sila itu bukan berarti pancasila atau atthasila dll. Sila itu mengacu pada moralitas secara umum.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #87 on: 01 November 2009, 09:01:45 PM »
oooo,,,, mungkin saja ya ko Medho. soalnya aye belum Sotapana so kagak taooo itu mengacu pada apa dan apa, cuma sekedar pendapat.  :))

 _/\_

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #88 on: 01 November 2009, 09:12:59 PM »
  Quick translation from one sutta found in the Sotapattisaṃyutta of the Mahavaggapāli of the Saṃyuttanikāya. Perhaps, it can help all of us to solve some puzzling problems here.                                      


                                                       Paṭhamasāriputtasuttaṃ

          Ekaṃ samayaṃ āyasmā ca sāriputto āyasmā ca ānando sāvatthiyaṃ viharanti jetavane anāthapiṇḍikassa ārāme. Atha kho āyasmā ānando sāyanhasamayaṃ paṭisallānā vuṭṭhito…pe… ekamantaṃ nisinno kho āyasmā ānando āyasmantaṃ sāriputtaṃ etadavoca – ‘‘katinaṃ nu kho, āvuso sāriputta, dhammānaṃ samannāgamanahetu evamayaṃ pajā bhagavatā byākatā sotāpannā avinipātadhammā niyatā sambodhiparāyaṇā’’ti? ‘‘Catunnaṃ kho, āvuso, dhammānaṃ samannāgamanahetu evamayaṃ pajā bhagavatā byākatā sotāpannā avinipātadhammā niyatā sambodhiparāyaṇā’’.

          ‘‘Katamesaṃ catunnaṃ? Idhāvuso, ariyasāvako buddhe aveccappasādena samannāgato hoti – itipi so bhagavā…pe… satthā devamanussānaṃ buddho bhagavāti. Dhamme…pe… saṅghe…pe… ariyakantehi sīlehi samannāgato hoti akhaṇḍehi…pe… samādhisaṃvattanikehi. Imesaṃ kho, āvuso, catunnaṃ dhammānaṃ samannāgamanahetu evamayaṃ pajā bhagavatā byākatā sotāpannā avinipātadhammā niyatā sambodhiparāyaṇā’’ti
 

                                      Khobah Kepada Bhikkhu Sāriputta Bagian Pertama

        Pada suatu ketika, Bhikkhu Sāriputta dan Bhikkhu Ānanda berdiam di Savatthi, di taman Anāthapiṇḍika, Jetavana. Kemudian, pada sore hari, setelah bangun dari meditasi…., sambil duduk di satu sisi, Bhikkhu Ānanda bertanya kepada Bhikkhu Sāriputta, demikian, “Temanku, Sāriputta, karena memiliki berapa faktor, manusia dinyatakan Sang Buddha sebagai pemasuk arus (sotapanna), bukan subyek yang akan kembali lagi, memiliki tujuan yang sudah pasti, dan terus mengarah kepada penerangan?” “Temanku, ada empat faktor yang mana manusia dinyatakan Sang Buddha sebagai pemasuk arus (sotapanna), bukan subyek yang akan kembali lagi, memiliki tujuan yang sudah pasti, dan terus mengarah kepada penerangan”.

        “Apa yang empat ini? Di sini, temanku, seorang murid mulia memiliki keyakinan yang tak tergoyahkan terhadap Sang Buddha – Demikianlah Sang Bhagava…..guru para dewa dan manusia, yang telah bangun, terberkahi; memiliki keyakinan yang tak tergoyahkan terhadap Ajaran….terhadap perkumpulan para bhikkhu….. dan (seorang murid mulia) memiliki sila yang mulia dan indah (kanta – beautiful), tanpa cacat….yang mendukung konsentrasi. Temanku, memiliki empat faktor ini manusia dinyatakan Sang Buddha sebagai pemasuk arus (sotapanna), bukan subyek yang akan kembali lagi, memiliki tujuan yang sudah pasti, dan terus mengarah kepada penerangan”.

                                                      May you all be happy

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« Reply #89 on: 01 November 2009, 09:15:55 PM »
Maaf, judulnya harus diganti "Khotbah Bhikkhu Sāriputta Bagian Pertama". Karena menerjemahkannya terburu2 jadi kadang2 muncul kesalahan.... :D :D :D