//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: 'Bikkhu Gadungan?'  (Read 3488 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline AQUAN

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • may all beings live happily ^^
'Bikkhu Gadungan?'
« on: 30 December 2014, 10:52:16 AM »
Salam dalam Dhamma teman2,

Jadi begini, kemarin saya melihat seorang pria ( agak berumur ) Ia mengenakan 'Jubah' berwarna coklat tapi ga dipakai seperti jubah bikkhu pada umumnya..sepertinya ngko-ngko ..hampir botak tapi masi berambut...saat itu situasi macet jadi saya bisa memperhatikan sekitar..yang saya liat dia saat itu Ia Meminta-minta like a begger..bahkan ke warung2..ke tukang buah gerobakan... ( saya cuman bisa geleng2 sambil nikmatin kemacetan)

kira2 apa yang bisa kita lakukan ya sebagai umat Buddha ke org tsb? sebab Ia ( menurut saya ) sdh merusak citra seorang bikkhu..yang belum tentu umat lain mengetahui bagaimana kehidupan seorang bikkhu..

tq

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #1 on: 30 December 2014, 11:06:40 AM »
minta2nya gimana?
doi pake patta? minta duit? jam berapaan?

ato jangan2 doi lagi pindapatta?

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #2 on: 30 December 2014, 02:21:38 PM »
daerah kota yah?

banyak yang palsu skarang... pernah ktemu skali, trus nawarin liontin, dia ga bs bahasa indo dgn lancar, campur2 mandarin..
ditanya tinggal di wihara mana jawabnya muter2, ditanya koq bhante pegang uang, kan ga boleh.. langsung ngeloyor..

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #3 on: 30 December 2014, 03:34:51 PM »
Kalo berani, bawa ke vihara terdekat aja....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline halilintar

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 30
  • Reputasi: -4
  • seribu
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #4 on: 03 January 2015, 06:45:34 AM »
Salam dalam Dhamma teman2,

Jadi begini, kemarin saya melihat seorang pria ( agak berumur ) Ia mengenakan 'Jubah' berwarna coklat tapi ga dipakai seperti jubah bikkhu pada umumnya..sepertinya ngko-ngko ..hampir botak tapi masi berambut...saat itu situasi macet jadi saya bisa memperhatikan sekitar..yang saya liat dia saat itu Ia Meminta-minta like a begger..bahkan ke warung2..ke tukang buah gerobakan... ( saya cuman bisa geleng2 sambil nikmatin kemacetan)

kira2 apa yang bisa kita lakukan ya sebagai umat Buddha ke org tsb? sebab Ia ( menurut saya ) sdh merusak citra seorang bikkhu..yang belum tentu umat lain mengetahui bagaimana kehidupan seorang bikkhu..

tq

Jika saya menemukan seperti itu, saya akan memberikan uang sekedarnya saja.
Sebagai ongkos jalan pulang kerumah.
Jika ada yg tanya, ya dijelaskan saja bikkhu yg saya kenal seperti apa adanya.
Biasakanlah tidak memasang simbol agama pada bukan tempatnya.
ini sering menyebabkan "memiliki" yg kelewatan
Sbg menimbulkan reaksi yg berlebihan ketika apa yg "dimiliki" itu
Dipakai orang lain dgn tujuan yg salah.






Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #5 on: 03 January 2015, 03:44:21 PM »
Kalo berani, bawa ke vihara terdekat aja....

berani aja lah, sekarang vihara "gadungan" juga banyak & bertebaran dimana2, legal pula.
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #6 on: 03 January 2015, 06:57:43 PM »
berani aja lah, sekarang vihara "gadungan" juga banyak & bertebaran dimana2, legal pula.

:hammer:

Tentu saja vihara yang asli maksudnya
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #7 on: 07 January 2015, 06:18:16 AM »
Salam dalam Dhamma teman2,

Jadi begini, kemarin saya melihat seorang pria ( agak berumur ) Ia mengenakan 'Jubah' berwarna coklat tapi ga dipakai seperti jubah bikkhu pada umumnya..sepertinya ngko-ngko ..hampir botak tapi masi berambut...saat itu situasi macet jadi saya bisa memperhatikan sekitar..yang saya liat dia saat itu Ia Meminta-minta like a begger..bahkan ke warung2..ke tukang buah gerobakan... ( saya cuman bisa geleng2 sambil nikmatin kemacetan)

kira2 apa yang bisa kita lakukan ya sebagai umat Buddha ke org tsb? sebab Ia ( menurut saya ) sdh merusak citra seorang bikkhu..yang belum tentu umat lain mengetahui bagaimana kehidupan seorang bikkhu..

tq

biksu ato bhikkhu ?
kasih baju, suruh copot jubahnya  ;D
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Frenky_Zhou

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #8 on: 08 January 2015, 02:33:48 PM »
Jika Ketemu Biksu seperti itu jangan kasih money...
Tapi cukup dikasih makanan, karena Biksu tidak menerima uang.  _/\_

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #9 on: 09 January 2015, 02:57:42 PM »
Jika Ketemu Biksu seperti itu jangan kasih money...
Tapi cukup dikasih makanan, karena Biksu tidak menerima uang.  _/\_

ga bakal mau kalo yg gadungan.. prefernya duit...

Offline AQUAN

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • may all beings live happily ^^
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #10 on: 13 January 2015, 03:23:39 PM »
 [at]  rico : dia itu minta2 ( kayak pengemis ) tanpa patta..ga mungkin pindapatta lah..wong minta nya duit :p..sore gitu jam mo maghrib

 [at] hokben : iya daerah kota...dulu juga pernah sekali minta duit juga ..bilangnya sih untuk sumbangan...bukannya kalo sumbang ato dana itu langsung ke vihara nya yah..bukan biksu yg turun tangan..tapi tetep kekeh..ga dikasi dia nya marah2 -_-'

 [at] seniya : mana mungkin mau digiring :p

 [at] adi lim : itu aja jubah ga jelas aliran mana...jangan2 dia cosplay yahh --___--'

 [at]  frenky_zhou : iya saya setuju..lebih baik kasi dalam bentuk makanan :)

Offline komet

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: 'Bikkhu Gadungan?'
« Reply #11 on: 13 January 2015, 06:34:34 PM »
Kalau terganggu, ketemu terus, pinjam liontin teman yg bertanda plus.
Tunjukin jangan lupa salamnya "tuhxx memberkati"
Pasti dia kabur sbg tanda mengerti.