//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Secuil Memori  (Read 92259 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline pengelana_abadi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 653
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • walking on the path of Dhamma
Re: Secuil Memori
« Reply #105 on: 03 June 2013, 03:22:28 AM »
kenapa ya kalau lagi coba meditasi pakai anapanasati, kadang dunia gelap (kan merem) seperti terasa berputar-putar..??
kalau udah gitu, pasti jadi deg2an, trus buka mata deh..
atau kadang, pikiran datang seperti sedang mimpi, hadir tiba2 dan bikin gak sadar, padahal gak ketiduran loh..

belum masuk tahap apa-apa.. konsentrasi ke nafas masuk-keluar aja susah..
tiba2 ada lagu yg mendengung, kepikiran ini-itu sambil merhatiin nafas..  :'(


Kalau belum mahir meditasi, memang seperti itu , soalnya batinnya memberontak .
Dilanjutin aja, tetap amatin nafas ... lama-lama kalau batin udah terbiasa, jadi mudah amatin nafas kok :)

oh ya, bulan agustus nanti ada retret meditasi anapanasati di cibodas,
kalau berminat, daftar yuk... aku sudah daftar neh :)
^o^**May All living beings be always happy and kind**^o^

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #106 on: 03 June 2013, 07:39:06 AM »
Kalau belum mahir meditasi, memang seperti itu , soalnya batinnya memberontak .
Dilanjutin aja, tetap amatin nafas ... lama-lama kalau batin udah terbiasa, jadi mudah amatin nafas kok :)

oh ya, bulan agustus nanti ada retret meditasi anapanasati di cibodas,
kalau berminat, daftar yuk... aku sudah daftar neh :)

yang metode SN Goenka bukan?
websiteny apa??
10 hari ya?
kalo blm kerja, moga2 bisa..

Offline pengelana_abadi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 653
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • walking on the path of Dhamma
Re: Secuil Memori
« Reply #107 on: 03 June 2013, 10:45:46 AM »
yang metode SN Goenka bukan?
websiteny apa??
10 hari ya?
kalo blm kerja, moga2 bisa..

bukan yang metode Goenka.

ini yang metode Pa-Auk, murni anapanasati doank

http://hadayavatthu.org/event/retreat-meditasi-11-20-agustus-2013
^o^**May All living beings be always happy and kind**^o^

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #108 on: 03 June 2013, 09:37:01 PM »
bukan yang metode Goenka.

ini yang metode Pa-Auk, murni anapanasati doank

http://hadayavatthu.org/event/retreat-meditasi-11-20-agustus-2013

juli ikut juga?? brati 2x ya rencana kk pengelana.. smoga sukses deh..  ;D

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori (Guru 30ribu)
« Reply #109 on: 03 June 2013, 09:44:19 PM »
tadi nonton Hitam Putih..

tentang Rusli yang lumpuh layu, yang selalu digendong ponakannya, bapaknya, gurunya untuk pergi-pulang sekolah.. jarak nya sekitar 20-30 menit jalan kaki.. (tergantung banyak istirahat atau ngga yang nggendong) jalannya jelek, berbatu-batu, ada yang berlumpur juga.. jadi, walaupun akhirnya Rusli udah dapet sumbangan kursi roda, cuma bisa dipakai di rumah..

penghasilan orang tua Rusli cuma sekitar 200-350 ribu sebulan..

lalu guru sekolahnya (lupa tadi namanya) yang suka bantu gendong juga itu, gajinya sebagai guru Rp. 30.000, per bulan..
selain jadi guru, beliau bertani untuk nambah penghasilan n makan..

itu di wilayah Banten loh..


haduh, miris banget..

sekarang kalo udah semakin langka orang yang mau jadi guru sukarela gitu, gimana ya?  :(


« Last Edit: 03 June 2013, 09:45:50 PM by CintaViolet »

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #110 on: 05 June 2013, 08:59:27 PM »
Selamat ya sis atas telah Visuddhi nya sis, smg makin maju dlm dhamma. _/\_
I'm an ordinary human only

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #111 on: 06 June 2013, 05:20:07 AM »
Selamat ya sis atas telah Visuddhi nya sis, smg makin maju dlm dhamma. _/\_

thx u, sis..

sama2 ya... semoga kita semua bisa selalu mengingat, mengerti, memahami, dan mempraktekkan Dhamma setiap saat.. sadhu, sadhu, sadhu..  _/\_

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Secuil Memori
« Reply #112 on: 06 June 2013, 07:57:08 AM »
Pelan pelan saja wa juga dulu nya dari nas-rani kok, pelan pelan belajarnya jadi tidak pusing pertama tama membaca riwayat hidup Buddha Gautama sebelum dia lahir, orang tua nya, kelahiran nya, kehidupan nya, masa pencarian pengetahuan (masa pertapa), hingga mencapai pencerahan sempurna (Dhammacakapavatana sutta), masa penyebaran atau pemutaran roda dhamma, Hingga akhir nya mencapai pariNibbana.

Di dalam Buddhis me yang harus kita sadari adalah tentang dukha (ini penting karena penderitaan yang kita rasakan berasal dari mana, kemudian mengapa kita bisa merasakan nya, dengan mengetahui dengan jelas maka penderitaan yang kita rasakan setidak nya bisa berkurang seperti kalau kita kena pisau dan luka,  kita jadi tahu oh yang ini luka bagaimana cara pengobatan nya dan jangan sampai kena pisau atau lemparan pisau lagi hingga kita tidak terluka dan merasakan penderitaan (dukha)).

Jalan mulia berunsur delapan adalah mesti di perhatikan secara perlahan lahan misalnya di pancasila ini juga termasuk.bagian kecil dari jalan mulia berunsur delapan.

Apa yang ada dari sutta sutta, meditasi, metta dll semuanya adalah bisa di katakan adalah penjelasan dari Dhammacakka pavatthana sutta (pembabaran dhamma pertama yang di jelaskan di taman rusa isipatana).

http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/sn/sn56/sn56.011.than.html



Bahasa indonesia

http://www.dhammacakka.org/index.php?option=com_content&view=article&id=558:dhammacakkappavattana-sutta-khotbah-tentang-pemutaran-roda-dhamma&catid=225:2011-juli&Itemid=141
« Last Edit: 06 June 2013, 08:19:57 AM by kullatiro »

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #113 on: 06 June 2013, 01:50:45 PM »
thx u, kk kullatiro..  ^:)^

iya sekarang c sedang berusaha menjalankan pancasila dengan baik.. mencoba selalu menyadari emosi sendiri yang timbul..
baca buku yg ada..
pelan2 juga setiap hari belajar mengurangi hal2 yg ada (sperti yg di atthasila, ttng makan dan tidur)
meditasi, masih diusahakan duduk silanya dulu setiap hari..

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori (Cokelat 3in1)
« Reply #114 on: 07 June 2013, 11:07:21 AM »
baru ngeh kalau sekarang ovaltine n milo itu ada yang 3 in 1.. itu ditambah susu full cream..

begh, udah beli 1 pack ovaltine salah donk..

tadi pas ke supermarket lagi, iseng lihat yang milo.. nah disitu baru sadar ada 2 macem jenis, biasa dan 3in1..

kan ceritanya lagi mau belajar ngurangin makan.. jadi kalau sore sampai malem minum ovaltine/milo ajaa..
saya pikir itu minuman cokelat, tanpa susu.. *perasaan waktu saya kecil, setau saya itu bukan susu*
yang ada tambah gemuk juga deh kena susu cokelat teruss.. -_-

kata mama, malah disuruh minum anlene (susu kalsium).. *mahal, mah.. n itu susu..  :hammer: *
« Last Edit: 07 June 2013, 11:19:24 AM by CintaViolet »

Offline Chen Hui Ling

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.654
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Secuil Memori
« Reply #115 on: 07 June 2013, 12:22:29 PM »
kalo minuman coklat ada sendiri.. punya cad-bury sama ada lagi apa gitu.. tapi, enak yang dikasi susu sih :)) kalo coklat doang kadang bentuknya encer :|
Don't trust too much, Don't hope too much, Don't love too much, because that too much can hurt you so much

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #116 on: 07 June 2013, 12:25:09 PM »
kalo minuman coklat ada sendiri.. punya cad-bury sama ada lagi apa gitu.. tapi, enak yang dikasi susu sih :)) kalo coklat doang kadang bentuknya encer :|
yang enak itu memang  beresiko ya :))

baru ngeh kalau sekarang ovaltine n milo itu ada yang 3 in 1.. itu ditambah susu full cream..

begh, udah beli 1 pack ovaltine salah donk..

tadi pas ke supermarket lagi, iseng lihat yang milo.. nah disitu baru sadar ada 2 macem jenis, biasa dan 3in1..

kan ceritanya lagi mau belajar ngurangin makan.. jadi kalau sore sampai malem minum ovaltine/milo ajaa..
saya pikir itu minuman cokelat, tanpa susu.. *perasaan waktu saya kecil, setau saya itu bukan susu*
yang ada tambah gemuk juga deh kena susu cokelat teruss.. -_-

kata mama, malah disuruh minum anlene (susu kalsium).. *mahal, mah.. n itu susu..  :hammer: *
yang bikin gemuk bukan karena susu / coklatnya, tetapi gulanya ;D
seperti susu kental manis, itu sebenarnya bukan "susu", tapi kalau boleh diganti namanya idealnya : "gula rasa susu" :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Chen Hui Ling

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.654
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Secuil Memori
« Reply #117 on: 07 June 2013, 12:48:55 PM »
yang enak itu memang  beresiko ya :))
yang bikin gemuk bukan karena susu / coklatnya, tetapi gulanya ;D
seperti susu kental manis, itu sebenarnya bukan "susu", tapi kalau boleh diganti namanya idealnya : "gula rasa susu" :))
iya, betulll sekali :)) :))
kalo pakenya susu skim gimano?
Don't trust too much, Don't hope too much, Don't love too much, because that too much can hurt you so much

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #118 on: 07 June 2013, 01:09:59 PM »
iya, betulll sekali :)) :))
kalo pakenya susu skim gimano?
bisa saja.. tapi produk "gula rasa susu" itu benar2 nipu, fat dari susu pun gak ada, lebih banyak gula.. biasanya jadi celotehan dokter anak kalau ada ibu2 yang bandel kasih anaknya "susu kental manis", dokter anak biasanya ngomel :))

pake skim milk bisa, gw biasa pake skim milk juga tapi gak dikasih gula lagi, dan biasa ditakar hanya max 3 sendok makan (+/- 100 kkal)

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori (Cokelat 3in1)
« Reply #119 on: 07 June 2013, 01:18:01 PM »
baru ngeh kalau sekarang ovaltine n milo itu ada yang 3 in 1.. itu ditambah susu full cream..

begh, udah beli 1 pack ovaltine salah donk..

tadi pas ke supermarket lagi, iseng lihat yang milo.. nah disitu baru sadar ada 2 macem jenis, biasa dan 3in1..

kan ceritanya lagi mau belajar ngurangin makan.. jadi kalau sore sampai malem minum ovaltine/milo ajaa..
saya pikir itu minuman cokelat, tanpa susu.. *perasaan waktu saya kecil, setau saya itu bukan susu*
yang ada tambah gemuk juga deh kena susu cokelat teruss.. -_-

kata mama, malah disuruh minum anlene (susu kalsium).. *mahal, mah.. n itu susu..  :hammer: *

Jangan kuatir gemuk dengan minum coklat, karena ternyata kemarin di TV ditayangkan bhw Coklat yang 'dark coklat' justru aman bagi yang menjalankan diet, karena ternyata tidak mengakibatkan kegemukan. Lemak yang terkandung dalam dark coklat justru memecah lemak jahat yang tertimbun dalam tubuh. Pantesan papa saya dulu waktu saya kecil pernah bilang bhw Coklat akan memperpanjang umur ternyata ada benarnya juga. Beliau hobby makan coklat, padahal punya sakit jantung, tapi tidak pernah serangan jantung, karena kata papa makan coklat.

Salah satu jenis makanan yang mengandung Serotonin adalah coklat, jadi sangat bagus sekali dikonsumsi (tidak akan menimbulkan efek samping yang tidak dikehendaki). Termasuk Kenari juga mengandung serotonin.
I'm an ordinary human only