//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Secuil Memori  (Read 92245 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #45 on: 18 April 2013, 12:58:13 PM »
Merokok tentu merugikan diri sendiri (rugi uang n kesehatan) n orang lain kalo merokok di sekitar orang lain/membuat cemas orang2 terdekatnya.  :P  ^:)^

 ^-^  :whistle:
I'm an ordinary human only

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #46 on: 18 April 2013, 01:05:39 PM »
Yup, go Ahead  ;D

hehehe...

Untuk memahami sakit badan menurut sang Buddha hanya di amati saja, memang tidak mudah pasti kita tetap merasakan sakit itu karena memang kita dalam kondisi sakit dan belum arahat, tapi paling tidak dengan diamati terus saja maka lama2 sakit itu akan hilang.

Saya akhir2 ini entah kenapa sering membaca ini dalam hati :
"Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba dukkha vinasam,
Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba bhaya vinasam,
Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba roga vinasam."


seJUJURnya saya merasakan sesuatu, yaitu kemarin2 saya sering merasakan kesedihan karena sy selalu mengalami kekecewaan dlm hidup, sekarang saya telah merasa PLONGGGG banget, bener2 tidak mengganggu pikiran maupun tubuh saya lagi. Secara anatomi tubuh selama kita masih mendapatkan menstruasi (**MAAF, bukan tabu) kita masih merasakan dorongan kebutuhan tsb, hal ini karena dipengaruhi oleh kerja dari indung telur yang memproduksi sel telur. Sehingga siapapun manusia selama dia masih mendapatkan menstruasi rutin setiap bulan maka dorongan kebutuhan tsb adalah hal yang normal sekali. Walau saya masih hingga saat ini namun saya sejak 2005 telah tidak melakukan hal tsb. Semoga sharing sy ini ada manfaat.  :)

mengenai sila 1 yg anda sering langgar krn semut dimana2, mulai sekarang biasakan bawa sapu kecil, sehingga bila ada semut anda bisa menyapu mereka, tidak perlu dibunuh, sgl sst yg bs mengundang semut, minuman & makanan manis diusahakan ditempatkan yg terlindung air/minyak kelapa sehingga semut tidak datang. smg ada manfaat.

artinya apa yah yg di bold??

gak tabu kok, emang kenyataan..  ;D

kalau kena sapu ternyata ada yg mati, gak sengaja ya brarti??

thx u, sharing dan sarannya y, sis..
« Last Edit: 18 April 2013, 03:06:47 PM by Kainyn_Kutho »

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #47 on: 18 April 2013, 01:09:45 PM »
iya..  :(
suatu saat nanti pasti berhenti rokok..  ::) *ngetiknya aja sambil ngelirik rokok*
apalagi nanti kerja, sibuk, berkurang deh waktu merokoknya..  :)

apalagi menurut pemahaman saya dari yg dbaca, saya menyetujui rokok melanggar sila.
jadi yah, mau gak mau lama-lama saya mesti berhenti, kalau mau mulai mengurangi pelanggaran dalam sila..

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #48 on: 18 April 2013, 01:46:46 PM »
hehehe...

artinya apa yah yg di bold??

gak tabu kok, emang kenyataan..  ;D

kalau kena sapu ternyata ada yg mati, gak sengaja ya brarti??

thx u, sharing dan sarannya y, sis..

gpp klo ga sengaja khan ga dengan niat "Cetanaham kammam bhikkhave" (O para Bhikkhu, ketahuilah Kehendak /cetana membentuk kamma).

"Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba dukkha vinasam,
(dengan kekuatan Kebenaran, Sila dan Cinta kasih maka kami semua terlindung, semua dukkha musnah)

Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba bhaya vinasam,
(dengan kekuatan Kebenaran, Sila dan Cinta kasih maka kami semua terlindung, semua ketakutan musnah)

Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba roga vinasam."
(dengan kekuatan Kebenaran, Sila dan Cinta kasih maka kami semua terlindung, semua nafsu musnah)

I'm an ordinary human only

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #49 on: 18 April 2013, 02:09:31 PM »
tadi saya bertanya ke mama saya "Tuhan itu kan pencipta, trus sebelum ada Tuhan, ada siapa? brati sebelum ada Tuhan, gak ada apa-apa? trus Tuhan itu kenapa bisa ada? terciptanya dari mana? aku semalem nanya ama A, tapi dia gak bisa jawab"
mama "husss, ngaco kamu. ya iyalah. kan emang udah begitu. kok nanya yg aneh2."
 ::)

salah ya nanya??

sama seperti manusia pertama itu Adam, trus manusia purba anak cucu adam? brarti Adam lebih jelek dari manusia purba donk? padahal katanya Adam cakep..
kalau beda, manusia purba munculnya dari mana? sebelum Adam? brati Adam bukan manusia pertama donk?
 ::)

kalau mengikuti teori evolusi, brarti manusia, hewan dan tumbuhan berasal dari sel yang sama, lalu berevolusi?
berarti manusia dan hewan masih ada saudaraan donk..
berarti manusia berasal dari evolusi kera??
 ???

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Secuil Memori
« Reply #50 on: 18 April 2013, 02:24:19 PM »
tadi saya bertanya ke mama saya "Tuhan itu kan pencipta, trus sebelum ada Tuhan, ada siapa? brati sebelum ada Tuhan, gak ada apa-apa? trus Tuhan itu kenapa bisa ada? terciptanya dari mana? aku semalem nanya ama A, tapi dia gak bisa jawab"
mama "husss, ngaco kamu. ya iyalah. kan emang udah begitu. kok nanya yg aneh2."
 ::)

salah ya nanya??

sama seperti manusia pertama itu Adam, trus manusia purba anak cucu adam? brarti Adam lebih jelek dari manusia purba donk? padahal katanya Adam cakep..
kalau beda, manusia purba munculnya dari mana? sebelum Adam? brati Adam bukan manusia pertama donk?
 ::)

kalau mengikuti teori evolusi, brarti manusia, hewan dan tumbuhan berasal dari sel yang sama, lalu berevolusi?
berarti manusia dan hewan masih ada saudaraan donk..
berarti manusia berasal dari evolusi kera??
 ???
Saya tanggapi yang ke tiga saja, karena bukan spekulasi. Bukan hanya dengan kera, namun bisa dirunut sampai saudaraan ke ikan. Salah satu objek pembelajaran evolusi adalah fetus atau janin, di mana banyak kemiripan antara spesies dari 'nenek moyang' yang sama.

Silahkan baca2 di web BBC ini.

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #51 on: 18 April 2013, 02:49:29 PM »
ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL AZHIIM.

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
(Ayat Kursi, Surat Al-Baqarah, ayat 255)
*sumber: Wikipedia*

makasih.. tapi tetap belum memuaskan keingintahuan saya..  :)

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #52 on: 18 April 2013, 02:55:23 PM »
"Tesam saccena silena, Khanti metta balena ca, Te pi mam anurakkhantu, Sabba dukkha vinasam,
(dengan kekuatan Kebenaran, Sila dan Cinta kasih maka kami semua terlindung, semua dukkha musnah)

Kelihatannya ada kata2 terjemahan yg kurang: ?
Dengan kekuatan kebenaran, sila, juga kesabaran dan cinta kasih, .......
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #53 on: 18 April 2013, 05:04:07 PM »
musavada kan menghindari ucapan bohong..
tapi kalo jujur apa adanya selalu bikin kita jadi kelihatan pamer atau sok gak sih?? gimana menghindari ini??

barusan smsan ama teman.. nanya lagi apa? saya jawab jujur donk, lagi belajar..
belajar apa? ajaran Buddha..
trus temen kaget.. hah?? km pindah agama? knapa?
saya jawab, belum pindah, masih tahap belajar.. saya kasih beberapa pertanyaan2 saya yg gak terjawab memuaskan tentang apa yg ada di agama KTP saya..
trus dia tanya banyak deh tentang Buddhis..
saya binun jawabnya, sebisa dan sepaham saya aja jawabnya plus saya kasih PDF nya Pertanyaan Baik Jawaban Baik dan Bhikkhu Tissa bertemu seorang Skeptik..
saya juga bilang, baca ndiri aja deh daripada saya salah jelasin, gak bermaksud bikin km pindah agama kok, cuma supaya kamu tau jawaban pertanyaanmu..
dia tanya lagi, nanti kalo km menemukan sesuatu yang tidak meyakinkan km di Buddhis, km pindah agama lagi..
wah.. kaget juga dapet pertanyaan ini..
saya jawab, "mudah2an gak ya.. intinya yang w tangkep, since yg dipertanyaan w tadi2nya, itu gak terjawab.. dan disini (ajaran Buddha) secara gamblangnya adalah mengajarkan manusia mengenali dirinya sendiri untuk bisa memahami penderitaan dan hukum karma.. jadi bisa cukup hanya itu saja yang perlu w pegang untuk beberapa lama.. nah, seiring berjalannya waktu, kalau gw udah bisa mempraktekkan itu, baru deh belajar ke lainnya.. dan menurut gw, ajaran Buddhis ini yang bisa benar2 bikin w mw berubah lebih baik dari yg bad temper, egois, galak utk berubah..."
trus karena saya kasih 2 buku itu sembari menjelaskan bahwa ajaran Buddha bisa dipelajari dan dipraktekkan siapa saja tanpa pindah agama, dia bertanya, berarti km inti'a cuma mempelajari nya aja..tanpa menganutnya kan ?:) istilahnya..untuk pengetahuan ajja kan buat km?
saya jawab, intinya saat ini w lagi belajar menjalankan 5 Sila dan berencana mau ke vihara untuk belajar Dhamma.

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #54 on: 18 April 2013, 07:11:11 PM »
musavada kan menghindari ucapan bohong..
tapi kalo jujur apa adanya selalu bikin kita jadi kelihatan pamer atau sok gak sih?? gimana menghindari ini??

barusan smsan ama teman.. nanya lagi apa? saya jawab jujur donk, lagi belajar..
belajar apa? ajaran Buddha..
trus temen kaget.. hah?? km pindah agama? knapa?
saya jawab, belum pindah, masih tahap belajar.. saya kasih beberapa pertanyaan2 saya yg gak terjawab memuaskan tentang apa yg ada di agama KTP saya..
trus dia tanya banyak deh tentang Buddhis..
saya binun jawabnya, sebisa dan sepaham saya aja jawabnya plus saya kasih PDF nya Pertanyaan Baik Jawaban Baik dan Bhikkhu Tissa bertemu seorang Skeptik..
saya juga bilang, baca ndiri aja deh daripada saya salah jelasin, gak bermaksud bikin km pindah agama kok, cuma supaya kamu tau jawaban pertanyaanmu..
dia tanya lagi, nanti kalo km menemukan sesuatu yang tidak meyakinkan km di Buddhis, km pindah agama lagi..
wah.. kaget juga dapet pertanyaan ini..
saya jawab, "mudah2an gak ya.. intinya yang w tangkep, since yg dipertanyaan w tadi2nya, itu gak terjawab.. dan disini (ajaran Buddha) secara gamblangnya adalah mengajarkan manusia mengenali dirinya sendiri untuk bisa memahami penderitaan dan hukum karma.. jadi bisa cukup hanya itu saja yang perlu w pegang untuk beberapa lama.. nah, seiring berjalannya waktu, kalau gw udah bisa mempraktekkan itu, baru deh belajar ke lainnya.. dan menurut gw, ajaran Buddhis ini yang bisa benar2 bikin w mw berubah lebih baik dari yg bad temper, egois, galak utk berubah..."
trus karena saya kasih 2 buku itu sembari menjelaskan bahwa ajaran Buddha bisa dipelajari dan dipraktekkan siapa saja tanpa pindah agama, dia bertanya, berarti km inti'a cuma mempelajari nya aja..tanpa menganutnya kan ?:) istilahnya..untuk pengetahuan ajja kan buat km?
saya jawab, intinya saat ini w lagi belajar menjalankan 5 Sila dan berencana mau ke vihara untuk belajar Dhamma.


di agama Buddha, yang penting itu ajarannya...

kalo ada temen saya nanya "kalo nanti kalo km menemukan sesuatu yang tidak meyakinkan km di Buddhis, km pindah agama lagi.."aku akan jawab "iya lah!"

kenapa Iya? karena sang Buddha gk pernah maksa kita untuk beragama Buddha, tidak seperti agama2 lain yang dijanjikan surga kalo masuk agama mereka dan neraka kalo keluar agama mereka.

Sang Buddha selalu mengajarkan kita untuk "Ehipassiko" terhadap ajaran beliau, tau dong artinya. KTP Buddhist banyak tuh di indon, tapi mereka gk ngerti apa2 tentang agama Buddha...

menurut gw, orang yang bener2 Buddhist adalah orang yang Praktek Dhamma, bukan yang cuma cuap "aku Buddhist"

maksudnya apa praktek Dhamma??

jika dia selalu dan berusaha untuk :

1. berbuat kebajikan
2. menghindari perbuatan buruk
3. menyucikan batin dan pikiran  (ex:meditasi, dll)

maka dia adalah seorang Buddhist sejati...

ada yang namanya Pacceka Buddha, mereka adalah orang biasa yang tidak pernah kenal nama Buddha dan agama Buddha dan menjadi seorang Buddha. apakah pacceka bukan Buddhist?

ritual dalam agama buddha itu semuanya gk penting, sekedar formalitas aja.  <--menurut gw yak

yang penting itu praktek-nya...

Banyak aku kenal umat kr****n yang melaksanakan Dhamma tapi status masih kr****n. bagi gw mereka adalah Buddhist, karena pandangan mereka Buddhist, mungkin karena tuntutan sosial dan nyaman dengan status kr****n mereka gk ganti status jadi Buddhist. So, anggap aja ini kayak belajar pelajaran baru, gk usah pake embel2 agama...emangnya perlu ganti jadi agama Matematika kalo mau belajar Matematika?

Agama Buddha menurut gw mirip sama Matematika, karena sama2 perlu mikir untuk ngerti, dan gk ada tuhannya...:D

gitu deh~



Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #55 on: 18 April 2013, 07:17:03 PM »
di agama Buddha, yang penting itu ajarannya...

kalo ada temen saya nanya "kalo nanti kalo km menemukan sesuatu yang tidak meyakinkan km di Buddhis, km pindah agama lagi.."aku akan jawab "iya lah!"

kenapa Iya? karena sang Buddha gk pernah maksa kita untuk beragama Buddha, tidak seperti agama2 lain yang dijanjikan surga kalo masuk agama mereka dan neraka kalo keluar agama mereka.

Sang Buddha selalu mengajarkan kita untuk "Ehipassiko" terhadap ajaran beliau, tau dong artinya. KTP Buddhist banyak tuh di indon, tapi mereka gk ngerti apa2 tentang agama Buddha...

menurut gw, orang yang bener2 Buddhist adalah orang yang Praktek Dhamma, bukan yang cuma cuap "aku Buddhist"

maksudnya apa praktek Dhamma??

jika dia selalu dan berusaha untuk :

1. berbuat kebajikan
2. menghindari perbuatan buruk
3. menyucikan batin dan pikiran  (ex:meditasi, dll)

maka dia adalah seorang Buddhist sejati...

ada yang namanya Pacceka Buddha, mereka adalah orang biasa yang tidak pernah kenal nama Buddha dan agama Buddha dan menjadi seorang Buddha. apakah pacceka bukan Buddhist?

ritual dalam agama buddha itu semuanya gk penting, sekedar formalitas aja.  <--menurut gw yak

yang penting itu praktek-nya...

Banyak aku kenal umat kr****n yang melaksanakan Dhamma tapi status masih kr****n. bagi gw mereka adalah Buddhist, karena pandangan mereka Buddhist, mungkin karena tuntutan sosial dan nyaman dengan status kr****n mereka gk ganti status jadi Buddhist. So, anggap aja ini kayak belajar pelajaran baru, gk usah pake embel2 agama...emangnya perlu ganti jadi agama Matematika kalo mau belajar Matematika?

Agama Buddha menurut gw mirip sama Matematika, karena sama2 perlu mikir untuk ngerti, dan gk ada tuhannya...:D

gitu deh~

masuk akal, om.. eh masbro..  ;D
tararenkyu..

Offline pengelana_abadi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 653
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • walking on the path of Dhamma
Re: Secuil Memori
« Reply #56 on: 18 April 2013, 11:19:08 PM »
iya..  :(
suatu saat nanti pasti berhenti rokok..  ::) *ngetiknya aja sambil ngelirik rokok*
apalagi nanti kerja, sibuk, berkurang deh waktu merokoknya..  :)


ikut retret vipassana 10 hari aja , sis
trus latihan dengan tekun dan rajin selama retretnya.

setelah retret, kemungkinan besar, udah ga suka merokok lagi :)
^o^**May All living beings be always happy and kind**^o^

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: Secuil Memori
« Reply #57 on: 18 April 2013, 11:53:15 PM »
musavada kan menghindari ucapan bohong..
tapi kalo jujur apa adanya selalu bikin kita jadi kelihatan pamer atau sok gak sih?? gimana menghindari ini??

bisa dengan tidak mengatakan apapun atau tidak menjawab, so... terhindar dari musavada
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Secuil Memori
« Reply #58 on: 19 April 2013, 01:51:12 AM »
ikut retret vipassana 10 hari aja , sis
trus latihan dengan tekun dan rajin selama retretnya.

setelah retret, kemungkinan besar, udah ga suka merokok lagi :)

kayak yang di Yasati itu ya??
mmm, belum siap kayaknya kalau sampai 10 hari..  :-[

Offline Piggy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 124
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
  • (^ .^) ~ salam k'nal.....
Re: Secuil Memori
« Reply #59 on: 19 April 2013, 07:19:36 AM »
tadi saya bertanya ke mama saya "Tuhan itu kan pencipta, trus sebelum ada Tuhan, ada siapa? brati sebelum ada Tuhan, gak ada apa-apa? trus Tuhan itu kenapa bisa ada? terciptanya dari mana? aku semalem nanya ama A, tapi dia gak bisa jawab"
mama "husss, ngaco kamu. ya iyalah. kan emang udah begitu. kok nanya yg aneh2."
 ::)

salah ya nanya??

sama seperti manusia pertama itu Adam, trus manusia purba anak cucu adam? brarti Adam lebih jelek dari manusia purba donk? padahal katanya Adam cakep..
kalau beda, manusia purba munculnya dari mana? sebelum Adam? brati Adam bukan manusia pertama donk?
 ::)

kalau mengikuti teori evolusi, brarti manusia, hewan dan tumbuhan berasal dari sel yang sama, lalu berevolusi?
berarti manusia dan hewan masih ada saudaraan donk..
berarti manusia berasal dari evolusi kera??
 ???

ada banyak paham ttg darimana munculnya tuhan ce...ada yang menyebutkan bahwa tuhan muncul dari ketiadaan.....ada yg menyebut bahwa tuhan muncul secara kebetulan setelah proses bigbang......ada lagi yang menyebutkan bahwa tuhan berasal dari suatu tempat antah berantah dan menciptakan suatu alam semesta di tempat yang antah berantah pula.....piggy sih gatau jawabannya bcs piggy bkn tuhan  ::)

soal si adem cakep ato gak...piggy gak berani nyimpulin deh...yang pasti adem and hawa bukan stu2nya manusia pertama.....manusia pertama yg muncul piggy yakin terdiri dari sekelompok manusia  :D

piggy sih lumayan percaya kalo teori darwin correct.....so yah kita semua emang berasal dr leluhur yg sama(setau piggy leluhur manusia awalnya berasal dr benua afrika)

daripada cc cv bertanya ttg hal2 ilmiah tersebut akan jauh lebih baik jika cc melaksanakan 4km dan jmb8 secara berkesinambungan  :yes:
kusala dan akusala citta datang silih berganti pd bathin seseorang bagaikan mendung dan cerah yg datang silih berganti, hal tersebut dapat diatasi dgn samadhi dan perhatian benar........satix3