//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan Konyol  (Read 167373 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #330 on: 12 December 2012, 02:34:32 AM »
maksud pertanyaannya gimana yah??
air bagian atas khatulistiwa tidak bergerak kebawah, maksudnya dari utara ke selatan gitu??  :-?
gaya sentrifugal kan diakibatkan karena perputaran benda,,,,
memangnya lautan berputar? :P

kalau bumi berputar dan mengelilingin matahari, apakah lautan yg nempel pada permukaan bumi juga berputar ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #331 on: 12 December 2012, 06:54:24 AM »
kalau bumi berputar dan mengelilingin matahari, apakah lautan yg nempel pada permukaan bumi juga berputar ?
konsep muternya keknya bukan kek gitu....
lautan yang nepel ke bumi keknya lebih ke gravitasi...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #332 on: 12 December 2012, 07:15:35 AM »
konsep muternya keknya bukan kek gitu....
lautan yang nepel ke bumi keknya lebih ke gravitasi...

semua benda yg menempel pada benda yg berputar mendptkan centrifugal force,
walaupun memang yg menempelkan air laut adalah gravitasi,
bila centrifugal force ini lebih besar dari gaya gravitasi, maka air lautpun berterbangan...

(lihat aja bagaimana mesin cuci mengeringkan baju dgn centrifugal force) !
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #333 on: 12 December 2012, 07:43:31 AM »
Ibarat mata kita melihat sisi bagian atas pada jempol dan 4 jari selalu berputar mengelilingi sumbu.

kurang ngerti yg ini...

melihat bagian atas jempol sih ok, bisa.
tapi 4 jari berputar mengelilingi (jempol)? <-- kurang ngerti gimana?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #334 on: 12 December 2012, 07:50:46 AM »
Kenapa kita kalo melempar koin, selalu jatuh ke bawah lagi? Karena gaya tarik-bumi (gaya gravitasi).. Apa sebenarnya gaya gravitasi ini? Bagaimana gravitasi ini bekerja? Apakah semacam magnet, namun tidak terbatas pada logam saja, melainkan bekerja pada seluruh benda? Kenapa begitu?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #335 on: 12 December 2012, 08:35:49 AM »
Kenapa kita kalo melempar koin, selalu jatuh ke bawah lagi? Karena gaya tarik-bumi (gaya gravitasi).. Apa sebenarnya gaya gravitasi ini? Bagaimana gravitasi ini bekerja? Apakah semacam magnet, namun tidak terbatas pada logam saja, melainkan bekerja pada seluruh benda? Kenapa begitu?

::

pertanyaan menarik banget bro...

kenapa cewek cakep lagi lewat,..uhhh kepala gw juga kena semacam magnet yg bekerja pada otot leher saya ya sehingga berputar mengikutin lintasan tsb? kenapa begitu ?
 :P


ada yg tao siapa nama ARAHAT Thailand yg sebelumnya adalah soerang PETANI yg buta huruf ?
« Last Edit: 12 December 2012, 08:43:37 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #336 on: 12 December 2012, 08:43:05 AM »


mungkin penjelasan kurang, bisa diliaht di gambar diatas.
dengan asumsi sumbu vertikal jempol ditarik tegak lurus ke atas dan ke bawah.
Dengan asumsi :
- bumi adalah mata kita dengan kondisi melihat dari atas / vertikal
- si ujung jempol adalah kutub bulan yang menhadap ke permukaan bumi
- 4 jari kita yang berputar sesuai dengan arah gerak (ka/ki) sebagai arah rotasi bulan terhadap sumbu/kutub-nya

kurang ngerti yg ini...

Ibarat mata kita melihat sisi bagian atas pada jempol dan 4 jari selalu berputar mengelilingi sumbu.



melihat bagian atas jempol sih ok, bisa.
tapi 4 jari berputar mengelilingi (jempol)? <-- kurang ngerti gimana?

::
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline learner

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • ^^ ada yang baca buku, ada yang sibuk lepas ikatan
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #337 on: 12 December 2012, 07:55:13 PM »
semua benda yg menempel pada benda yg berputar mendptkan centrifugal force,
walaupun memang yg menempelkan air laut adalah gravitasi,
bila centrifugal force ini lebih besar dari gaya gravitasi, maka air lautpun berterbangan...

(lihat aja bagaimana mesin cuci mengeringkan baju dgn centrifugal force) !

kira2 apa yang akan terjadi bila bumi sampai menerima beban gaya sentrifugal yang lebih besar dari gaya gravitasi bumi?

akankah bumi jadi terlepas dari orbit/ sumbu poros putarnya?

bagaimana kalau saya berasumsi kalau semakin besar gaya gravitasi, maka kecepatan rotasi bumi akan melambat.
otomatis gaya sentrifugal akibat rotasi bumi jadi kecil.
kira2 benar ga ya?

hahaha........
« Last Edit: 12 December 2012, 08:06:21 PM by learner »
tidak perlu mencoba melakukan hal besar yang sangat rumit, lakukan saja hal sederhana dengan teliti dan benar

Offline learner

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • ^^ ada yang baca buku, ada yang sibuk lepas ikatan
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #338 on: 12 December 2012, 10:18:38 PM »
ternyata asumsi tidak benar.

faktanya,
semakin besar gaya gravitasi maka
kecepatan rotasi akan makin cepat

kenapa bisa gitu ya?
hahaha......
tidak perlu mencoba melakukan hal besar yang sangat rumit, lakukan saja hal sederhana dengan teliti dan benar

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #339 on: 27 December 2012, 08:21:54 AM »
tadi liat rentetan huruf m, jadi kepikiran:

kenapa w disebut double-u, tapi m bukan double-n ?

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #340 on: 27 December 2012, 09:45:56 AM »
tadi liat rentetan huruf m, jadi kepikiran:

kenapa w disebut double-u, tapi m bukan double-n ?

kenapa w juga bukan double-v? atau lebih singkat jadi "wi"

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #341 on: 27 December 2012, 09:57:33 AM »
IMO, huruf w yang asli diambil dari alfabet yunani ω (omega), yang bentuknya lebih bundar mirip 2 huruf u yang digabungkan, daripada huruf v...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #342 on: 27 December 2012, 10:06:07 AM »
hahaha.. udah dijawab oleh wilwol..

pertanyaan yang mirip..

kenapa christmas sering disingkat menjadi x-mas
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #343 on: 27 December 2012, 10:08:24 AM »
hahaha.. udah dijawab oleh wilwol..

pertanyaan yang mirip..

kenapa christmas sering disingkat menjadi x-mas

krn x spt tanda salip yang miring?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #344 on: 27 December 2012, 10:11:41 AM »
krn x spt tanda salip yang miring?
:no: :no:
coba lagi..
clue nya :
Quote
hahaha.. udah dijawab oleh wilwol..

pertanyaan yang mirip..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

 

anything