Topik Buddhisme > Meditasi

meditasi = perbuat kebajikan ????

(1/3) > >>

asbak:
 _/\_
asbak mau tanya sama kalian ni atau belajar dari kalian
kenapa ya meditasi kalau ga salah termasuk salah satu perbuatan kebajikan ?
 ( moga ga salah ).
sbb :
1. padahal meditasi hanya melatih konsentrasi pada satu objek, dia tidak melekat apapun, bahkan pikiran pun tidak berpikir ttg cinta kasih, intinya meditasi itu hanya konsen pada satu objek, kenapa bisa dikatakan salah satu kebajikan ?

2. bisa dijelasakan kenapa meditasi bisa menyembuhkan penyakit ? soalnya asbak pernah baca salah satu ttg meditasi dan ternyata penyakitnya sembuh.

dengan kerendahan hati asbak bersujud ^:)^, memohon sesepuh yg tahu _/\_
utk memberikan pengetahuan ini ;)

ryu:
silahkan baca di sini

http://www.samaggi-phala.or.id/naskahdamma_lst.php?kat_id=202&endlev=Y&home=y

Forte:
Bro Asbak,

Saya mencoba menjawab ya.. CMIIW

Meditasi merupakan salah satu perbuatan kebajikan, karena dengan bermeditasi, salah satu yang kita peroleh adalah ketenangan, kedamaian dalam diri kita sendiri. Jadi ini merupakan perbuatan yang menghasilkan karma baik melalui pikiran. Selain itu ada juga metta bhavana, meditasi cinta kasih yang mengharapkan kebahagiaan makhluk. Itu juga merupakan salah satu perbuatan baik bukan ?

Meditasi bisa menyembuhkan penyakit, karena pikiran kita sudah menjadi tenang.
Pepatah Cina yang sering kita dengar adalah : "Penyakit berasal dari pikiran".
Contoh simpelnya, bila tangan kita teriris pisau, kita terus berpikir tangan kita sakit, maka tangan kita akan menjadi lebih sakit dibanding orang yang lebih tenang dalam menghadapi tangannya yang sedang sakit.

Contoh lain adanya peranan pikiran dalam penyembuhan penyakit :
Ada pernah dilakukan penelitian di luar negri.
Ada beberapa pasien yang dirawat di bagi dalam beberapa kelompok :
1. Kelompok pasien yang diberikan placebo + doa + diberitahu sedang didoakan
2. Kelompok pasien yang diberikan placebo + doa
3. Kelompok pasien yang diberikan placebo saja

NB : Placebo itu bukanlah obat, hanya berisi bahan2 pembantu dalam pembuatan obat tanpa diisi zat aktif.

Namun ajaibnya, pasien dari kelompok 1 lebih cepat sembuh (yang diberikan doa dan diberitahu sedang didoakan). Dalam hal ini bisa dijelaskan, bahwa pasien yang diberi doa dan tahu dirinya sedang didoakan akan merasa senang.
Perasaan senang ini timbul karena dirinya diperhatikan, dll. Sehingga pikirannya lebih terfokus ke hal-hal lain selain penyakitnya sehingga membuat dirinya lebih rilex. Di sini tampak jelas adanya peranan pikiran dalam penyembuhan penyakit.

bond:
Yg paling penting ketika kia berlatih meditasi, adalah mengendalikan pikiran dan tahap lanjutnya membersihkan kilesa2 dalam batin kita. Ini merupakan perbuatan kebajikan untuk diri sendiri, mengapa? karena membuat batin dan pikiran, perkataan dan perbuatan penuh dengan hal yang positif dan murni.

Otomatis dengan perkembangan batin yg sudah maju akan tercermin dalam perilaku kita yg akan berdampak pada lingkungan sosial kita. Misalnya kita akan dengan tulus membantu orang lain yg sedang membutuhkan bantuan kita. Kebajikan melalui meditasi tidak hanya dirasakan diri sendiri saja tetapi orang lain.

Dan Ketika kita bermeditasi sebenarnya pikiran memancarkan getaran2 yg dapat ditangkap oleh makhluk2 lainnya termasuk manusia disekitar kita. Ketika kita melatih metta bhavana, mereka merasakannya, dan ketika kita melatih objek lainnya, mereka akan merasakan kedamaian.Dengan demikian mereka mendapatkan manfaaat2 dari meditasi yg kita lakukan. Tentu saja meditasi menjadi kebajikan jika dilakukan dengan motif yg baik dan Samma-sammadhi.
Oleh karena itu meditasi merupakan kebajikan yg amat mulia.

Anumodana

asbak:
bisa jelasin ga, kalau meditasi cinta kasih pada objek apa ?
dan meditasi ketenangan batin pada apa ?
masih butek nih soal ini .

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version