//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!  (Read 57347 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« on: 26 September 2009, 03:09:15 PM »
Ini adalah postingan pertama saya setelah sekian lama mengikuti dan memperhatikan forum DC ini. Salam kenal untuk semua rekan2 se-dharmma disini.

Tujuan saya membuat postingan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai guru dan tempat yg baik untuk melaksanakan meditasi, karena saya melihat banyak teman2 se-dharmma yang selalu bertanya-tanya mengenai meditasi terutama masalah jhanna dan kelihatannya sering berputar-putar terus pada keadaan itu.

Hal ini mengingatkan saya ketika pertama kali saya tertarik akan meditasi dan berusaha untuk belajar dari guru2 agama, buku meditasi, para bhikkhu dan informasi lainnya, namun selama 6 tahun tidak ada satupun yg memuaskan rasa dahaga akan kebenaran mengenai meditasi itu. 
Apakah semua yg ditulis dalam buku2 pelajaran agama itu benar? Apakah ajaran Sang Buddha itu benar? Dan kenapa kelihatannya ajaran beliau  terlalu jauh di awang2. Apakah metode meditasi saya telah saya lakukan itu ada pada jalan yg benar? Pertanyaan2 yg demikianlah yang selalu berputar-putar dalam benak saya.


Ada anekdot seperti ini  yang beredar diantara kami sesama saudara seperguruan

Pertapaan Giri Mangalaram

Membuka berbagai jurusan :

- Jurusan  Jhanna I-IV = 1 bulan
- Jurusan Arupa Jhanna I-IV = 3 bulan
- Jurusan Sottapanna = 1 tahun
- Jurusan yang diatas itu = 3 tahun

Untuk mencapai rupa jhanna tidak terlalu sulit intinya hanya perlu "pergulatan batin" untuk ngendapkan bentuk-bentuk pikiran buruk (kemauan jahat, kemalasan, kebencian, kegelisahan dan keragu-raguan) dalam batin itu. 
Cara mengendapkan hal itu adalah dengan mengurangi banyak kontak indra dengan dunia luar, kadang2 walau dengan metode meditasi sederhana hal itu dapat di capai dalam jangka waktu 3 minggu.
Setelah batin tenang, jhanna I-III dapat dicapai dengan mudah, hanya sewaktu memasuki jhanna ke IV agak membutuhkan petunjuk guru.

Maka dikatakan mencapai jhanna itu tidak sulit, karena rata-rata sebulan sudah mampu mencapai itu dengan syarat, Guru dan tempat yang tepat serta didukung oleh 2 hal yaitu : Karma baik yang mendukung dan tekad yang kuat.  Hanya sesederhana itu.

Guru yang saya maksud adalah Bhante Suryabummi Maha Thera dan lokasinya berada di Tempat latihan meditasi & Vipasanna "Giri Mangalaram" Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Dua kondisi yang saya sebut yaitu karma baik yang mendukung serta tekad yang kuat juga dibutuhkan. Mengapa demikian?
- Untuk tempat : Bhante pernah berkata, tempat beliau itu 'istimewa'.  'istimewa' kenapa dikatakan demikian? Konon orang yang tidak mempunyai hubungan karma dengan tempat itu paling lama tahan tinggal di sana selama 7 hari saja.
- Tekad yang kuat : Walau mempunyai karma baik yang mendukung kalau tidak niat untuk latihan dengan sungguh2, walau tinggal di sana selama 3 tahun juga tidak akan maju.


Jadi kalau anda berkesempatan untuk bertemu dan belajar kepada beliau di Trawas, serta karma baik anda cukup dan sungguh2 bertekad belajar untuk mencapai kemajuan batin, maka saya katakan "Mencapai Jhanna Tidak Sulit!"


. . . . . . . .


 _/\_
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #1 on: 26 September 2009, 04:32:16 PM »
wekss.
intinya Kamma yg mendukung, soal guru dan tempat sesuai, jika kamma tdk mendukung dan tidak ada tekad, mao meditasi sampai kapanpun tetap nga bakal capai jhana. apalagi sotapana. sampai pake jurusan jurusan lagi kyk sekolah.. namun soal wkt spt yg dibahas diatas mengenai jurusan ini dalam sebulan, itu brapa lama ini brapa lama, itu tidak bisa menunjukkan kepastian. bisa saja tanpa guru, tp karena pada kehidupan lampau sudah berlatih, bisa saja capai jhana 4 dalam 3 hari....

Selain saran dari Bro diatas, Saran saya yg lain sich di tempatnya Paauk Sayadaw atau Sayare Dipankara, Mereka ada guru guru yang sangat berpengalaman, selain itu prilaku mereka juga patut diberi tepuk tangan. Sikap mereka lemah lembut, membimbing org dengan kasih sayang, benar benar mencirikan murid Buddha... Jarang sekali ada guru seperti mereka... buktikan sendiri. hahaha

 _/\_
« Last Edit: 26 September 2009, 04:44:44 PM by wangsapala »

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #2 on: 26 September 2009, 05:22:09 PM »
wew, gurunya brahmara Indra yak ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #3 on: 26 September 2009, 06:05:45 PM »
wekss.
intinya Kamma yg mendukung, soal guru dan tempat sesuai, jika kamma tdk mendukung dan tidak ada tekad, mao meditasi sampai kapanpun tetap nga bakal capai jhana. apalagi sotapana. sampai pake jurusan jurusan lagi kyk sekolah.. namun soal wkt spt yg dibahas diatas mengenai jurusan ini dalam sebulan, itu brapa lama ini brapa lama, itu tidak bisa menunjukkan kepastian. bisa saja tanpa guru, tp karena pada kehidupan lampau sudah berlatih, bisa saja capai jhana 4 dalam 3 hari....

Selain saran dari Bro diatas, Saran saya yg lain sich di tempatnya Paauk Sayadaw atau Sayare Dipankara, Mereka ada guru guru yang sangat berpengalaman, selain itu prilaku mereka juga patut diberi tepuk tangan. Sikap mereka lemah lembut, membimbing org dengan kasih sayang, benar benar mencirikan murid Buddha... Jarang sekali ada guru seperti mereka... buktikan sendiri. hahaha

 _/\_

Yo'i, tergantung karma baik pendukung, kalo di lihat rata-rata anak2 yg di sana sih kalo bisa bertahan lebih dari 7 hari dan punya niat belajar, biasanya pasti ada kemajuan sih dalam latihan kurun waktu sebulan itu.

 
wew, gurunya brahmara Indra yak ;D

Hahahaha betul sekali.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #4 on: 26 September 2009, 06:14:41 PM »
wekss.
intinya Kamma yg mendukung, soal guru dan tempat sesuai, jika kamma tdk mendukung dan tidak ada tekad, mao meditasi sampai kapanpun tetap nga bakal capai jhana. apalagi sotapana. sampai pake jurusan jurusan lagi kyk sekolah.. namun soal wkt spt yg dibahas diatas mengenai jurusan ini dalam sebulan, itu brapa lama ini brapa lama, itu tidak bisa menunjukkan kepastian. bisa saja tanpa guru, tp karena pada kehidupan lampau sudah berlatih, bisa saja capai jhana 4 dalam 3 hari....

Selain saran dari Bro diatas, Saran saya yg lain sich di tempatnya Paauk Sayadaw atau Sayare Dipankara, Mereka ada guru guru yang sangat berpengalaman, selain itu prilaku mereka juga patut diberi tepuk tangan. Sikap mereka lemah lembut, membimbing org dengan kasih sayang, benar benar mencirikan murid Buddha... Jarang sekali ada guru seperti mereka... buktikan sendiri. hahaha

 _/\_

Yo'i, tergantung karma baik pendukung, kalo di lihat rata-rata anak2 yg di sana sih kalo bisa bertahan lebih dari 7 hari dan punya niat belajar, biasanya pasti ada kemajuan sih dalam latihan kurun waktu sebulan itu.

 
wew, gurunya brahmara Indra yak ;D

Hahahaha betul sekali.

Pantas si brahmana Indra sakti mandra guna  :whistle:
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #5 on: 26 September 2009, 06:30:45 PM »
tapi blom ada kesaksian om Indra mencapai jhana nih =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #6 on: 26 September 2009, 06:33:19 PM »
weks org sakti rupanya. hahaha

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #7 on: 26 September 2009, 06:35:02 PM »
wew.... om kumisss...
ditunggu kesaksiannya...
Samma Vayama

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #8 on: 26 September 2009, 06:37:58 PM »
mao jg donk kesaksian / buktinya haha... biar lebih yakin

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #9 on: 26 September 2009, 09:25:19 PM »
dengar2 sich bisa ngambang

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #10 on: 26 September 2009, 09:31:23 PM »
iya, kalo kebanyakan lembur translate kurang tidur jadi ngambang
There is no place like 127.0.0.1

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #11 on: 26 September 2009, 09:32:58 PM »
informasi dari retreat CIbodas .....

tadinya gw gak percaya ada peserta bisa mencapai Jhana
tapi pada sesi penutupan  Sayare Dipankara yg mengumunkan : Beliau sangat bahagia pada retreat kali ini karena banyak peserta retreat bisa melihat Nimmita dan ada beberapa orang mencapai Jhana ...

konon peserta yg mencapai jhana bisa melihat Organ tubuhnya sendiri  ;D

Gw masih bingung  :hammer:
apakah orang yg mencapai Jhana telah mendapat jaminan, setelah kematian akan terlahir di alam Brama ??
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #12 on: 26 September 2009, 09:53:01 PM »
informasi dari retreat CIbodas .....

tadinya gw gak percaya ada peserta bisa mencapai Jhana
tapi pada sesi penutupan  Sayare Dipankara yg mengumunkan : Beliau sangat bahagia pada retreat kali ini karena banyak peserta retreat bisa melihat Nimmita dan ada beberapa orang mencapai Jhana ...

konon peserta yg mencapai jhana bisa melihat Organ tubuhnya sendiri  ;D

Gw masih bingung  :hammer:
apakah orang yg mencapai Jhana telah mendapat jaminan, setelah kematian akan terlahir di alam Brama ??
dengar punya dengar , dari desas desus, memang rata2 yogi yg d latih oleh Sayalay  pada saat ret2 bisa mengalami jhana, tp dengar2 pula, ada yogi yg pada saat d rumah latihan,
tdk terjadi apa2..., btw bro virya ikutan ret2? bisa d share...
Samma Vayama

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #13 on: 26 September 2009, 10:05:22 PM »
^
^
Besok-besok yeeeh  ;D
lagi banyak bacaan  ;)

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« Reply #14 on: 26 September 2009, 10:13:03 PM »
apakah orang yg mencapai Jhana telah mendapat jaminan, setelah kematian akan terlahir di alam Brama ??
ilustrasinye kek gini bro,
apakah org yg sudah mempunyai driver license = pengemudi handal , dan mendapat jaminan tidak akan kecelakaan?
Samma Vayama