//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - seniya

Pages: 1 ... 214 215 216 217 218 219 220 [221] 222 223 224 225 226 227 228
3301
Tampaknya artikel ini bertujuan untuk meluruskan pandangan salah bahwa Maitreya sudah memberikan ajarannya dari aliran M. Tentu saja sebenarnya aliran M bukan agama Buddha. Di tempat asalnya sendiri ajaran M diakui sbg agama yg berdiri sendiri,hanya di Indonesia saja yg dimasukkan dalam agama Buddha karena pemerintah belum mengakui ajaran M sbg agama yg berdiri sendiri. Untuk lebih jelasnya tentang aliran ini bisa dibaca di wikipedia.

3302
Thx atas artikelnya, sdr. Hddstudio. Harddisk Maxtor saya terkenal bad sector karena masalah kelistrikan (sering lampu mati dan UPS kadang-kadang ikut nge-drop).

Saya menggunakan HDD Revitalize (hddrev.exe) untuk menscan bad sector dan ditemukan kemudian program tersebut mengatakan sudah di-recover bad sector-nya. Jika saya scan pakai utility Ranish partition manager (part.exe) memang tidak ditemukan bad sectornya. Tetapi setelah beberapa bulan kemudian, muncul lagi bad sector dan jika di-scan lagi hddrev maka ditemukan dan di-recover lagi. Namun kejadian yang sama berulang lagi beberapa bulan kemudian. Apakah benar hddrev bisa memperbaiki bad sector?

Apakah LLF (Low Level Format) bisa menjadi salah satu solusi perbaikannya? Jika bisa, saya pernah men-download HDD Low Level Formatter dari situs HDDGuru. Apakah ini bisa digunakan? Menurut berbagai sumber, sebaiknya memakai tool LLF dari vendor asalnya (dalam hal ini Maxtor)

3303

Sekedar usulan saja, Bagaimana kalau forum DC ikut system demokrasi dalam pemilhan Moderator ?!

Jadi siapa2x yang berminat menjadi moderator silahkan di laporkan ke Admin ( di cantumkan oleh member ingin menduduki posisi mod board mana ?! )

Lalu nantinya akan di seleksi oleh Admin siapa2x yang pantas ikut pemilihan.
 
Dan setelah di seleksi, nantinya akan di adakan pemilihan secara terbuka dan langsung oleh member2x DC yang tentunya ada batasan... Misalkan member yang sudah kalyanamitta yang dapat hak suara memilih, atau member yang reputasinya di atas 50 yang mendapat hak suara... Itu nanti di atur bersama.

Jika pemilihan Mod secara demikian, mudah2xan akan memberikan kepercayaan lebih kepada member2x forum DC dan dapat mengurangi hujatan2x atas kinerja Mod di keranakan Mod di pilih langsung oleh anda2x sendiri.. :))

Bersama kita Bisa !!! Merdeka !!! =))

Saya setuju tentang cara pemilihan yang demikian. Mungkin harus ditambah prosedur "pemecatan" moderator yang demokratis juga. Misalnya selama 3 bulan pertama si moderator baru dimasukkan dalam masa percobaan. Jika ada kesalahan yang dilakukan dalam masa percobaan tersebut, admin akan menegur si moderator. Tegurannya harus disampaikan dalam forum secara lengkap dan jelas menunjukkan kesalahan yang dilakukan. Jika tegurannya sudah 3 kali, maka sang moderator harus "disidang" melalui polling suara terbanyak apakah masih bisa dipertahankan atau tidak sebagai moderator. Demikian juga, jika dirasa kinerja si moderator kurang memuaskan walaupun sudah lewat masa percobaan 3 bulan, maka admin boleh memutuskan untuk mengadakan polling apakah si moderator boleh dipecat/dicabut hak moderasinya (dibuat menjadi user biasa lagi). Tentunya hal ini harus dengan jelas dan lengkap menunjukkan tindakan apa yang memperburuk kinerja si moderator.

3304
Sutta Vinaya / Re: Eclipse happened because of Rahu?
« on: 08 April 2010, 09:58:37 PM »
It seems that these suttas had been influenced by ancient Indian folktale about eclipse caused by Rahu swallowing the moon or sun.

Hehehe gara2 TS nya pakai english,gue jadi ikutan :p

Saya pikir sutta2 ini "mengakomodasi" kepercayaan masyarakat tersebut dengan memasukkan elemen Buddhis ke dalamnya (yaitu hanya dengan berlindung kepada Buddha, dewa matahari/bulan dapat bebas dari Rahu,yang menunjukkan bahwa Buddha-lah yang tertinggi). Ini juga sifat Buddhisme awal yg dapat menerima kepercayaan masyarakat setempat dengan menyesuaikannya dengan Buddha Dhamma. Contoh lain yg terkenal juga adalah kisah pertikaian antara para asura & para dewa (yang dipimpin oleh Sakka) yang tampaknya dipengaruhi kisah yg serupa tetapi tidak sama dalam mitologi Hindu.

3305
Diskusi Umum / Re: CengBeng/QingMing
« on: 08 April 2010, 09:02:08 PM »
Ternyata tradisi memberikan persembahan kepada leluhur yang telah meninggal dunia juga terdapat dalam kitab Pali. Silakan lihat di http://www.w****a.com/forum/theravada/3033-ceng-beng-theravada-version.html untuk lebih jelasnya.

3306
Diskusi Umum / Riwayat Hidup Raja Asoka
« on: 08 April 2010, 08:54:03 PM »


Ini ada e-book tentang riwayat hidup Raja Asoka yang ditulis menurut sumber sejarah (prasasti peninggalan Raja Asoka) dan sumber Buddhis (kitab-kitab Pali dan Sanskerta). Pada bagian akhir e-book ini juga dilengkapi dengan kutipan pesan-pesan Dhamma yang dipahatkan pada berbagai prasasti Raja Asoka dan kutipan isi kitab suci Tipitaka yang disebut oleh Raja Asoka sebagai "Dhamma sejati yang dapat bertahan lama."




Quote
H.G Wells, seorang penulis, dalam bukunya The Outline of History menulis: “Di tengah-tengah puluhan ribu nama raja yang meramaikan kolom-kolom sejarah, kebesaran dan kemuliaan mereka serta ketenangan dan kebesaran kerajaan dan seterusnya, nama Asoka bersinar, dan bersinar sendiri, [bagaikan] sebuah bintang.” Pernyataan ini mencerminkan penghargaan yang tinggi dari para cendikiawan dunia atas kepribadian Raja Asoka yang unik dalam sejarah dunia. Hal ini dapat dibaca pada berbagai prasasti dan maklumat peninggalan Raja Asoka yang mengumandangkan ajaran tentang cara hidup yang bermoral. [Bandingkan dengan raja-raja lain dalam sejarah yang memahatkan prasasti untuk mengenang kemenangan mereka dalam perang menaklukkan wilayah baru.]

Namun demikian, tidak banyak informasi biografi yang dapat kita ketahui dari berbagai peninggalan sejarah Raja Asoka. Sumber lain untuk mengetahui kehidupan dan aktivitas Raja Asoka tak lain berasal dari kitab-kitab Buddhis, di antaranya Asokavadana dan Mahavamsa. Dengan mengkolaborasi sumber Buddhis dan sumber sejarah, kita dapat memperoleh gambaran lengkap kehidupan Raja Asoka yang sebenarnya.

Raja Asoka memainkan peranan yang unik dalam agama Buddha. Ia tidak sekedar raja yang menerapkan prinsip Buddha Dhamma ke dalam administrasi pemerintahannya, tetapi juga merupakan Dhammaduta terbesar dalam sejarah agama Buddha. Saat Raja Asoka naik tahta, ajaran Buddha Gotama hanya dikenal di sekitar daerah lembah Sungai Gangga; melalui dukungan Raja Asoka, Buddha Dhamma mendapatkan banyak pengikut di seluruh India dan bahkan menyebar ke negeri-negeri tetangga.

Buku ini berusaha memberikan gambaran biografi Raja Asoka dari sudut pandang Buddhis berdasarkan sumber-sumber Buddhis selain mengandalkan sumber peninggalan sejarah. Walaupun mengandung informasi biografi, buku ini bukan ditujukan sebagai buku sejarah tentang hidup Raja Asoka, melainkan sebagai salah satu sumber bagi umat Buddhis yang ingin lebih banyak mengenal dan mempelajari kehidupan Asoka serta ajaran dan teladannya baik bagi agama Buddha secara khusus maupun bagi dunia secara umum.

E-book ini dapat di-download di http://dhammacitta.org/perpustakaan/asoka/  (PDF dan ePub)

Semoga bermanfaat.

NB: Jika thread-nya salah masuk ruang, mohon dipindahkan ke ruang yang sesuai.



[admin]Update link ke versi dcpress[/admin]


3307
Sutta Vinaya / Re: Dewa angin, dewa matahari, dewa hujan???
« on: 08 April 2010, 05:47:38 PM »
 [at] all:
Ok,guys. Back to the topic please. Apakah benar dewa tertentu memang bisa mempengaruhi jalannya cuaca dan iklim seperti dalam kisah Dhammpada Atthakatha di atas?

3308
Theravada / Re: Asavatthaniya Dhamma: Noda Kehidupan Sosial
« on: 06 April 2010, 02:11:33 PM »
Anumodana _/\_

3309
Theravada / Re: Asavatthaniya Dhamma: Noda Kehidupan Sosial
« on: 06 April 2010, 01:09:47 PM »
Anumodana,samanera Dhammasiri. Numpang copas boleh gak?

3310
Diskusi Umum / Re: Saya sering ditanya ,"APAKAH ALAM BUDDHA ADA?"
« on: 01 April 2010, 01:38:12 PM »
Menurut pandangan Mahayana satu Buddhaksetra (tanah Buddha) memang hanya muncul seorang Bodhisattva yg akan menjadi Samma Sambuddha pada kehidupan itu juga. Dan Buddhaksetra ini meliputi lebih dari 1 milyar tata surya spt yg disebutkan dalam Ananda Vagga. Kemungkinan dalam astronomi modern satu Buddhaksetra sama dg satu galaksi mengingat dlm satu galaksi terdapat > 1 milyar bintang yg membentuk tata surya.

Hanya saja di sini istilah alam Buddha tidak tepat karena seorang Buddha juga seorang manusia dan alam tempat kemunculan seorang Buddha adalah alam manusia. Tidak ada alam khusus tempat kelahiran seorang Bodhisattva yg akan menjadi Buddha yg terpisah dari alam manusia. Tidak ada makhluk khusus yg disebut Buddha karena Buddha bukan jenis makhluk,melainkan sebutan bagi manusia yg mencapai Bodhi. Oleh sebab itu,istilah alam Buddha bisa menyesatkan (ketika orang yg awam tentang ajaran Buddha mendengar istilah alam Buddha,mungkin ia akan membayangkan suatu alam khusus di mana semua makhluknya adalah Buddha,seperti ia membayangkan alam dewa)

3311
Terjemahan bebas:
Ven. Ajahn Mun Bhuuridatta Thera telah terkenal & sangat dihormati di antara para anggota Sangha senior.

3312
Diskusi Umum / Re: darimana asal nya nyawa2 baru di dunia kita ini?
« on: 25 March 2010, 09:05:33 PM »
Menurut agama Buddha jumlah seluruh makhluk di seluruh alam semesta itu tidak terhitung/tak terhingga. Jadi bisa diasumsikan bahwa nyawa/kehidupan baru di bumi ini tak lain berasal dari tak terhingga makhluk2 tsb yg tdk bertambah maupun berkurang.

Soal pertanyaan apakah semua makhluk bisa berbahagia (saya anggap bahagia di sini adalah kebahagiaan tertinggi Nibbana), dalam Mahayana terdapat asumsi bahwa walaupun terdapat tak terhingga Buddha yg menyebabkan tak terhingga makhluk dlm domainnya (Buddhaksetra) mencapai Nirvana,tetap saja akan terdapat tak terhingga makhluk yg harus diselamatkan (karena tak terhingga berarti jumlah yg tidak dapat kita bayangkan,mengambil tak terhingga dari tak terhingga juga tetap tersisa tak terhingga). Jadi,tidak mungkin semua makhluk di seluruh alam semesta bisa berbahagia semuanya,pasti ada makhluk yg tdk bahagia.

3313
O ya keyakinan juga salah satu dari lima kekuatan (pancabala) yg disebut dalam Bala Sutta & Mahaparinibbana Sutta:
1. Kekuatan keyakinan (saddhabala)
2. Kekuatan semangat (viriyabala)
3. Kekuatan perhatian (satibala)
4. Kekuatan konsentrasi (samadhibala)
5. Kekuatan kebijaksanaan (pannabala)

Dalam Mahaparinibbana Sutta kelima kekuatan tsb merupakan salah satu dari 7 kelompok (37 unsur totalnya)dari bodhipakhiyadhamma (kualitas yg membawa menuju Pencerahan)

3314
Karena semuanya sudah tenang & dpt mengendalikan diri sendiri,saya ingin memberi sedikit pendapat pribadi.

Dalam Milinda Panha ada pertanyaan dari Raja Milinda: jika tidak ada tempat untuk berlindung dari akibat perbuatan jahat (seperti dalam syair Dhammapada),mengapa Buddha mengajarkan syair perlindungan (Paritta)?

YA Nagasena menjawab bhw walaupun paritta dpt menjadi pelindung terhadap hal2 yg tdk diinginkan,namun kekuatan paritta sesungguhnya tergantung pada 3 faktor:
1. Keyakinan (saddha)
2. Kekotoran batin (kilesa)
3. Karma (kamma)
[Nanti saya postingkan kutipan Milinda Panha tsb]

Menurut saya,pembacaan dharani/mantra Sanskerta (Mahayana) dg segala prosedur ritual utk tujuan tertentu yg baik,jg bergantung pd 3 faktor di atas.  Ada juga cerita dari daratan Cina ttg pembacaan "om mani padme hum" oleh seorang nenek tua. Sang nenek membacanya dg kata2 yg salah,tetapi ia tdk mengetahui kesalahannya,dan dg penuh keyakinan & hati tulus membaca mantra tsb tanpa henti tiap hari.

Saat pembacaannya sudah beribuan kali,saat ia membaca mantra tsb,cahaya cemerlang memancar dari tubuhnya. Suatu ketika seorg bhikshu melewati rumah sang nenek dan merasa heran melihat kilau cahaya memancar dari rumah tsb. Setelah mengetahui praktek pembacaan mantra oleh sang nenek & mengetahui mantra yg dibaca itu salah,sang bhikshu memberitahukan kesalahan tsb.

Mengetahui kesalahannya sang nenek menjd kecewa & merasa praktek tsb selama ini sia2. Akibatnya keyakinannya menjadi goyah & walaupun membaca ribuan kali mantra yg benar,cahaya gemilang tdk memancar lagi dari tubuhnya.

Dg demikian dapat disimpulkan bahwa kekuatan keyakinan dapat mempengaruhi kemanjuran suatu paritta/dharani/mantra Buddhis,sedangkan segala ritual & prosedur pembacaannya menurut saya cuma pelengkap agar menimbulkan keyakinan org atas paritta/dharani tsb & menimbulkan suasana religius.

3315
Kafe Jongkok / Re: Kepribadian Manusia dari Status Facebook
« on: 24 March 2010, 02:52:00 PM »
Kayaknya gue bkn salah satu dari kategori tsb,karena jarang update status sudah 1 bln ini :)

Pages: 1 ... 214 215 216 217 218 219 220 [221] 222 223 224 225 226 227 228
anything