-wrote by Peacemind
Pada kenyataannya, Dhamma masih bisa direalisasi oleh manusia dalam jangka 5000 tahun. Kitab komentar mengatakan demikian:
1. 1000 tahun pertama sejak Sang Buddha mencapai penerangan sempurna, masih ditemukan arahat yang dibekali tevijja. Ini adalah1000 tahun yang dimaksud Sang Buddha sebagai umur Sāsana.
2. 1000 tahun kedua masih ditemukan arahat sukkavipassaka.
3. 1000 tahun ketiga masih ditemukan anagami. Ini adalah masa kita sekarang.
4. 1000 tahun keempat masih ditemukan sakadagami.
5. 1000 tahun kelima masih ditemukan sotapanna.
Khusus penyataan yang di bold saya ingin menanyakan bahwa apakah berarti di jaman sekarang ini tidak ada lagi arahat?
mengingat itu kitab komentar adakah pendukungnya dari sutta ataupun abhidhamma? Terima kasih sebelumnya.
Wah..saya secara pribadi tentu tidak tahu. Pernyataan di atas ditulis dalam kitab komentar. Jika kita menerima kitab komentar sebagai benar, maka di alam manusia kita, saat ini tidak ada arahat, namun masih ditemukan anagami, sakadagami dan sotapanna. Tapi ini hanya meliputi alam manusia saja. Barangkali di alam2 dewa khususnya alam Suddhavasa masih ada arahat karena menurut kitab suci mereka yang mencapai anagami akan terlahir di alam ini setelah meninggal dan mencapai arahat di alam ini pula.
Perntayaan mengenai umur Sāsana di mana penembusan Dhamma masih terjadi selama 5000 tahun hanya tertulis dalam Kitab komentar saja, dan tidak ada dalam Sutta maupun Abhidhamma.
[at] Saudara/bapak Dukun. You are so smart. Saya malah tidak sadar kalau ada sesuatu yang perlu dipertanyakan dari kutipan ttg umurnya Sāsana.
[at] Samanera.....Mohon ditunjukkan referensi tepatnya (Hal dan Volume) tentang pernyataan di atas.
Berarti, Kalau menerima kebenaran Aṭthakathā, berarti orang yang beranggapan bahwa saat ini pun ada "Arahat", "the living Buddha", menjadi gak bener dong?