analogi sederhana mungkin seperti ini : (agar lebih mudah)
saat kita belajar ada 2 kondisi yg mungkin terjadi :
1. kita belajar dengan di dahului konsentrasi yg penuh, nanti apa yg kita pelajari akan lebih mudah kita serap
2. kita belajar dengan asal saja, nanti apa yg berhasil kita serapi jg akan terbatas
(pada individu yg sama)
konsentrasi itu kita peroleh dengan bantuan anapanasati yg semakin memusat sehingga mencapai jhana2 tsb
setelah konsentrasi mampu kita pertahankan, kita bisa mulai vipassana utk mengamati dan menyadari segala fenomena batin dll, sehingga lebih memudahkan kita dalam pengamatan dan menyadari tsb.
tp bisa jg kita belajar lgsg memahami artinya tanpa berkonsentrasi terlebi dahulu, bisa saja begitu belajar lgsg otomatis berkonsentrasi. (kecenderungan tiap individu berbeda2)
terlebih lagi (pada individu umum), pengamatan terhadap fenomena2 perasaan, persepsi, fisik, dll sampai pada tahap tertentu akan sangat halus dan hampir tidak mungkin di pahami (secara mendalam) dengan konsentrasi biasa (tidak bermeditasi).
konsentrasi memusat > jalan menuju jhana
meresapi > vipasaana
karena itulah knp jhana sering di sebut berlaku cuman pada masa meditasi tersebut ? karena memang setelah kluar dari meditasi ya kita tidak melakukan pemuasatan perhatian seperti itu lagi,
kenapa orang yg mencapai jhana terkikis LDM nya ? karena kalo konsentrasi anda terfokus dengan sangat nya seperti itu (jhana), gmn lagi mau berpikir jelek dll ? (kalo masi sempet mikir aneh2 ya berarti ga jhana2 an .. tp terajana
), tp setelah kluar dari meditasi konsentrasi kita tidak terfokus lagi dengan sangat nya pada 1 object, maka segala fenomena diri mulai bergejolak lagi (kecuali kita melakukan vipassana terus2 an setelah itu, umpama... jalan jalan jalan, pegel pegel pegel , minum minum minum, makan makan makan, dll << konsentrasi pada kegiatan sehari2 utk menyadari fenomena2 diri)
tp kalo kita memahami secara mendalam (betul2 paham , bukan paham dari penjelasan biasa saja), disni yg terjadi adalah kita sadar sebenar2nya, lain lagi critanya.
utk mencapai pemahaman terdalam dari segala fenomena ini, umumnya harus di capai melalu vipassana, yg akan sangat terbantu apabila melakukan anapanasati terlebih dahulu.
jadi anapanasati bukan tidak perlu, bahkan malah sangat perlu (utk individu2 tertentu secara umum, beda individu beda kondisi)
jadi lagi (jadi moncol terus2 an nih
), bisa di coba aja vipassana ga pake anapanasati, kalo emang kerasa manthap ya lanjut, kalo kesulitan ya monggo cara satunya.
fyi, saya pas sma dulu ada temen .. bintang kelas (nempel di langit2 kelas dah
), kalo belajar mesti sambil liat tv or denger lagu2 , saya dulu sampe agak bingun, saya tanya, emang bisa masuk ? bisa konsentrasi ?, dia jawab, justru kalo saya ga sambil liat pelem or paling kaga dengerin lagu malah ga isa inget ini pelajaran2. (pelem itu dia liat lo .. bukan asal setel terus di tinggal belajar), jadi beda individu beda kemampuan.
coba saya ... pas kuliah UTS UAS, bangun jam 3 pagi belajar (finalizing), karena hening gada gangguan (dan saya yakin lebi banyak yg bisa memperole konsentrasi penuh pada saat keluar dari gangguan dari pada yg bercampur dengan gangguan)
kalo nibbana seharusnya diperoleh dari vipassana, karena kita harus bener2 memahami dan menyadari segala fenomena yg terjadi pada diri.
CMIIW bener2 personal opinion.
ps : maap bahasa agak kacao. (emang kacao
)