mo sharing juga..
Ilmu dhamma kita ternyata juga mumpuni di tempat kerja. Khususnya jurus: "kita adalah arsitek diri kita sendiri"... jurus ini dapat dikembangkan menjadi: "kita adalah arsitek karier kita sendiri". Wah, ternyata bukan boss yg menjadi arsitek karier kita? Bukan. Boss adalah manusia biasa yg mengambil keputusan berdasarkan data-data yg dia punya.
Apapun hal yg kita perbuat, besar atau kecil, semua ini akan berakumulasi membentuk citra kita dimata boss. Skill kita, kedisiplinan kita, ketangguhan kita, tidak berhitungnya kita soal waktu dan tenaga, tidak memilih2 pekerjaan yg diberikan*), bagaimana cara kita bergaul, emosi kita, semuanya akan menyatu membentuk 'siapa kita' dimata boss. "Citra' kita ini akan menentukan saat si Boss memerlukan seseorang di jabatan tertentu... Si Boss akan berpikir keras mencari orang yg tepat di tempat yg tepat. Tidak selalu orang yg terpandai akan menempati posisi yg tertinggi... masih banyak pertimbangan lainnya: diantaranya yg terpenting: kejujuran.
Banyak kasus sy perhatikan, si Boss lebih memelihara orang yg jujur dan patuh ketimbang orang yg pandai namun susah dikendalikan/dicurigai kurang jujur.
*) "Tidak memilih-milih pekerjaan" ini sangat penting loh. Banyak diantara kita yg jika disuruh sesuatu yg remeh-temeh akan berpikir bahwa "wah, koq gua disuruh pekerjaan begini, gua kan accounting." (Mis: disuruh menemani supir menjemput anaknya kesekolah saat istri si boss ke LN)... kelihatan kita sebagai pesuruh. Itu kelihatannya... yg sebenarnya adalah: si Boss memilih orang yg paling dia percayai untuk pekerjaan yg sesungguhnya sangat penting tsb.
Kasus lainnya: kita disuruh pekerjaan yg melebihi kapasitas kita. Kita accounting koq disuruh ambil uang di bank, disuruh mengawasi jalannya proyek, disuruh bertemu klien, dsbnya... sebagian kita akan berpendapat si boss memeras tenaga kita. Sebaliknya, sesungguhnya yg terjadi adalah: si boss mempercayai kemampuan kita dan kejujuran kita.. semua penugasan itu artinya kita adalah the choosen-one... jika kita dpt melakukan semuanya dengan baik, maka sudah pasti posisi dan tanggung jawab kita naik, yg berarti kenaikan karier di perusahaan.
Hal2 beginilah yg seharusnya kita pahami, bagaimana cara kita memandang suatu pekerjaan akan menentukan cara kita bekerja. Bagaimana kita bekerja akan menentukan karier kita. Boss hanyalah pengambil keputusan berdasarkan apa yg kita tampilkan.
::