//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: cerita pengalaman Buddist  (Read 8313 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
cerita pengalaman Buddist
« on: 03 October 2010, 10:57:21 AM »
Ini cerita nyata bukan rekayasa( cerita ini diambil dari kisah nyata dari seseorang bernama anyin)
Doeloe saya pernah bermimpi, saya bermimpi bertemu Paus Yohanes Paulus II beberapa hari setelah beliau meninggal, saya bertemu beliau di sebuah gereja besar, saya dan sepupu saya naik diatas kapal besar dan bertemu pulau dimana ada gereja besar diatas pulau tersebut, saya bermimpi paus mempersilahkan saya dan sepupu saya tidur disalah satu ruangan digereja tersebut...
Lalu doeloe sewaktu saya ngekost saya pernah bermimpi didatangi biksu, beliau masuk kekamar kost ku lalu dengan muka tersenyum beliau meminta saya membaca Sutra Avalokitesvara, atau sutra Ko Ong Kwan Shi Im keng atau sutra Raja Agung, yang saya sadar waktu itu sutra itu ada pada teman kos kamar sebelah.. Biksu itu tak lain tak bukan adalah orang yang sekarang dikenal dengan Mahaguru Lu sheng Yen.. dan sejak itu saya mulai melapal sutra tsb
Sudah sekitar 3-4 tahun dan saya bermimpi Aneh lagi...
sekitar 2 bln yang lalu..
Saya bermimpi saya (maaf) eeq sebuah Thung khiu atau bulatan bola seperti lonceng emas yang terbuat dari eeq keluar waktu saya eeq.. Eh besok nya saya rugi 6 jt lbh gara-gara ada yang merusak meteran listrik dengan menggores putaran meternya dan pas pihak PLN ngecek... sial wkowkowkow
kira-kira sebulan setelah itu saya bermimpi lagi...
saya bermimpi saya mati ditusuk orang dari belakang... dan saya pun ded/alias mate.. lalu saya merasa roh saya keluar dan melihat mayat sendiri, tapi kondisi saya bingung, saya berpikir waduh saya mate, pacar gw ga tau saya mate, orang tua ga tau saya mate, pengen kasih tau mereka tapi ga tau gmn caranya... lalu di atas muncul dewi sperti Dewi Kwan Im (kalo digambarkan) tapi saya tidak tahu nama Dewi itu.. beliau mengajak roh ku dan satu orang lagi yang gw ga kenal pergi ketempat yang muncul angka 999, tapi mirip jaiphang(tempat pengeringan kopra) dikampung ku dan disuruh meditasi disitu.. tapi batin masih kacau karena masih mikir pacar blm tau saya mate.. lalu terbangun..
semalam saya bermimpi lagi..(kondisi lagi susah neh) dapet mimpi yang menyegarkan...
saya naik kapal besi lalu kapal itu ditabrak oleh kapal yang lebih besar lagi, lalu saya pun lari tunggang langgang mencari tempat aman, akhirnya saya terjepit disebuat tempat yang akhirnya saya ketahui itu adalah lift.. (ruangan yang bisa otomatis naik turun bagi yang ga tau) lalu saya memaksa untuk keluar eh tau2nya lift itu bergerak dan saya pun mulai menolong orang yang terhimpit juga di salah satu ruangan... dan ketika saya juga keluar dari tempat itu saya merasa bersyukur luar biasa wow saya masih hidup... jadi lupa d masalah harian yang bikin gila...
 _/\_
dalam gejolak jiwa ku saya merasa:
  • kadang ada muncul keinginan untuk meninggalkan kehidupan biasa dan menjadi umat sangha...
tekanan hidup membuatku makin malas dengan kehidupan..
keterikatan akan hal-hal duniawi dan janji-janji dari ucapan2 bego membuatku jadi kayak gini trus..
[/list]setelah mimpi saya mate saya jadi agak tau, kalo kita tidak boleh sombong.. waktu mimpi saya mate saya merasa saya benar2 mate... dan waktu mate saya tidak bisa bawa apapun bahkan kabar kepada orang yang kita kasihi.. omongan yang ingin kita sampaikan jg ga bisa... apa hebatnya saya, toh ntar mate..
yang bisa saya lakukan sekarang hanya membaca sutra dan membaca kisah2 Buddha.. dan jaga warnet kerjaan ku, sebab saya percaya Karma dan kadang ada pengalaman karma berbuah cepat didiriku
 _/\_

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #1 on: 03 October 2010, 11:02:47 AM »
judulnya ga mewakili isinya....harusnya mimpi gaib anyin
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #2 on: 03 October 2010, 11:07:42 AM »
iya ya... memang ga pinter bikin judul, pengen post ulang ganti judul wkwokwokw kena warn ga ya? soalnya kalo di nyit2.net kena warn ntar kena sangksi ga boleh post 15 hari...
bagi temen yang punya pengalaman hidup share juga dong...
bagi-bagi cerita

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #3 on: 03 October 2010, 11:18:38 AM »
memang terbukti mahaguru adl buddha amitabha

memiliki tubuh nirmakaya tak terhingga

memasuki mimpi para siswanya

rata2 ribuan siswanya mendapat mimpi dari mahaguru setiap hari

menyelamatkan para makhluk berjodoh

siapa lagi yg punya kemampuan membelah tubuh seperti itu selain buddha

membelah tubuh itu lebih sulit daripada roh keluar dari tubuh kasar

bahkan harus menggabungkan kedua2nay

kemampuan buddha luar biasa

ahahaha

saya juga uda pernah didatangi maahguru dalam mimpi

tentunya mimpi yg luar biasa

semakin teguh de keyakinan

ahahahahah

masih banyak manusia bodoh yg memfitnah

buddha pun tertawa liat kebodohan kalian

haahahahah
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #4 on: 03 October 2010, 11:38:04 AM »
Saya masih blm tau banyak mengenai LSY..
tapi setau saya beliau mengajarkan yang benar..
seperti memperbanyak kebajikan...
menghindari perilaku amoral... dll
setau yang saya baca di jaman Buddha ada murid Buddha yang menulis bahwa
Bikkhu tidak diperkenankan meramal, praktek nujum, fengshui (masuk kayaknya)..
saya tidak mau berdebat mengenai hal ini tapi pengen menyampaikan pendapat..
Buddha menggunakan berbagai kesaktian untuk mengajarkan Darma...
contoh Beliau menngunakan metode Api bagi para bhikku yang sebelumnya memuja dewa api..
saya rasa tujuanNya agar para Bikhu lebih mudah menyerap inti ajaran karena pengetahuan mengenai dewa dan pemujaan dewa api sudah ada pada mereka..
Mungkin LSY menggunakan metodenya mengajar... tebakan ku aja,
saya pernah membaca disalah satu buku LSY terutama buku Fengshuinya
beliau menulis... orang dengan kebajikan yang banyak akan memperoleh fengshui baik..
jadi saya tidak terlalu terpengaruh lagi dengan fengshui sebab saya rasa kalo saya jahat mao panggil ahli fengshui mana juga tetap sama
karma datang mao sumputan dimana?
Dhamma dimana-mana, pengetahuan ku sangat minim tidak berani menyalahkan dan menjelekkan orang karena akan berbuah karma buruk..


Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #5 on: 03 October 2010, 12:32:50 PM »
Saya masih blm tau banyak mengenai LSY..
tapi setau saya beliau mengajarkan yang benar..
seperti memperbanyak kebajikan...
menghindari perilaku amoral... dll
setau yang saya baca di jaman Buddha ada murid Buddha yang menulis bahwa
Bikkhu tidak diperkenankan meramal, praktek nujum, fengshui (masuk kayaknya)..
saya tidak mau berdebat mengenai hal ini tapi pengen menyampaikan pendapat..
Buddha menggunakan berbagai kesaktian untuk mengajarkan Darma...
contoh Beliau menngunakan metode Api bagi para bhikku yang sebelumnya memuja dewa api..
saya rasa tujuanNya agar para Bikhu lebih mudah menyerap inti ajaran karena pengetahuan mengenai dewa dan pemujaan dewa api sudah ada pada mereka..
Mungkin LSY menggunakan metodenya mengajar... tebakan ku aja,
saya pernah membaca disalah satu buku LSY terutama buku Fengshuinya
beliau menulis... orang dengan kebajikan yang banyak akan memperoleh fengshui baik..
jadi saya tidak terlalu terpengaruh lagi dengan fengshui sebab saya rasa kalo saya jahat mao panggil ahli fengshui mana juga tetap sama
karma datang mao sumputan dimana?
Dhamma dimana-mana, pengetahuan ku sangat minim tidak berani menyalahkan dan menjelekkan orang karena akan berbuah karma buruk..

sebelum belajar tantra

mahaguru belajar tao

karena itu terpengaruh juga oleh hu, mantra , dll

ini namanya menarik dulu para umat lewat jalan duniawi

baru diajarkan buddha dharma

lagipula penggunaan hu adalah untuk menolong orang

coba dipikir

kalo orang yg minta disembuhkan dari penyakit tidak disembuhkan

apakah sudi blajar dhamma?

kalo minta diramal tapi tidak tepat

apakah meraka masih percaya ?

banyak dari umat yg berkonsultasi awalnya bukan umat buddha

tapi setelah konsultasi

malah bersarana pada buddha dhamma

jalan dhamma sangat banyak

penggunaan hu dan mantra jelas2 digunakan untuk membantu umat

mana bisa dikatakan sesat
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #6 on: 03 October 2010, 12:35:06 PM »
Saya masih blm tau banyak mengenai LSY..
tapi setau saya beliau mengajarkan yang benar..
seperti memperbanyak kebajikan...
menghindari perilaku amoral... dll
setau yang saya baca di jaman Buddha ada murid Buddha yang menulis bahwa
Bikkhu tidak diperkenankan meramal, praktek nujum, fengshui (masuk kayaknya)..
saya tidak mau berdebat mengenai hal ini tapi pengen menyampaikan pendapat..
Buddha menggunakan berbagai kesaktian untuk mengajarkan Darma...
contoh Beliau menngunakan metode Api bagi para bhikku yang sebelumnya memuja dewa api..
saya rasa tujuanNya agar para Bikhu lebih mudah menyerap inti ajaran karena pengetahuan mengenai dewa dan pemujaan dewa api sudah ada pada mereka..
Mungkin LSY menggunakan metodenya mengajar... tebakan ku aja,
saya pernah membaca disalah satu buku LSY terutama buku Fengshuinya
beliau menulis... orang dengan kebajikan yang banyak akan memperoleh fengshui baik..
jadi saya tidak terlalu terpengaruh lagi dengan fengshui sebab saya rasa kalo saya jahat mao panggil ahli fengshui mana juga tetap sama
karma datang mao sumputan dimana?
Dhamma dimana-mana, pengetahuan ku sangat minim tidak berani menyalahkan dan menjelekkan orang karena akan berbuah karma buruk..

sebelum belajar tantra

mahaguru belajar tao

karena itu terpengaruh juga oleh hu, mantra , dll

ini namanya menarik dulu para umat lewat jalan duniawi

baru diajarkan buddha dharma

lagipula penggunaan hu adalah untuk menolong orang

coba dipikir

kalo orang yg minta disembuhkan dari penyakit tidak disembuhkan

apakah sudi blajar dhamma?

kalo minta diramal tapi tidak tepat

apakah meraka masih percaya ?

banyak dari umat yg berkonsultasi awalnya bukan umat buddha

tapi setelah konsultasi

malah bersarana pada buddha dhamma

jalan dhamma sangat banyak

penggunaan hu dan mantra jelas2 digunakan untuk membantu umat

mana bisa dikatakan sesat

singkatnya Padmakumara mengatakan bahwa Hu dan mantra adalah marketing tools untuk menjaring income

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #7 on: 03 October 2010, 12:42:21 PM »
Saya masih blm tau banyak mengenai LSY..
tapi setau saya beliau mengajarkan yang benar..
seperti memperbanyak kebajikan...
menghindari perilaku amoral... dll
setau yang saya baca di jaman Buddha ada murid Buddha yang menulis bahwa
Bikkhu tidak diperkenankan meramal, praktek nujum, fengshui (masuk kayaknya)..
saya tidak mau berdebat mengenai hal ini tapi pengen menyampaikan pendapat..
Buddha menggunakan berbagai kesaktian untuk mengajarkan Darma...
contoh Beliau menngunakan metode Api bagi para bhikku yang sebelumnya memuja dewa api..
saya rasa tujuanNya agar para Bikhu lebih mudah menyerap inti ajaran karena pengetahuan mengenai dewa dan pemujaan dewa api sudah ada pada mereka..
Mungkin LSY menggunakan metodenya mengajar... tebakan ku aja,
saya pernah membaca disalah satu buku LSY terutama buku Fengshuinya
beliau menulis... orang dengan kebajikan yang banyak akan memperoleh fengshui baik..
jadi saya tidak terlalu terpengaruh lagi dengan fengshui sebab saya rasa kalo saya jahat mao panggil ahli fengshui mana juga tetap sama
karma datang mao sumputan dimana?
Dhamma dimana-mana, pengetahuan ku sangat minim tidak berani menyalahkan dan menjelekkan orang karena akan berbuah karma buruk..



Sis Anyin yg baik,
saya juga tidak mau berbuat kamma buruk, bolehkah bertanya yg sudah sy beri tanda bold itu kira2 cocok ga dg LSY ? Sang Buddha sendiri setahu saya tidak pernah menggunakan metode api dlm mengajarkan dhamma, bisakah anda memberikan contohnya kapan sang Buddha mengajarkan dhamma menggunakan bakar2 api?

mettacittena,

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #8 on: 03 October 2010, 12:48:53 PM »
Saya masih blm tau banyak mengenai LSY..
tapi setau saya beliau mengajarkan yang benar..
seperti memperbanyak kebajikan...
menghindari perilaku amoral... dll
setau yang saya baca di jaman Buddha ada murid Buddha yang menulis bahwa
Bikkhu tidak diperkenankan meramal, praktek nujum, fengshui (masuk kayaknya)..
saya tidak mau berdebat mengenai hal ini tapi pengen menyampaikan pendapat..
Buddha menggunakan berbagai kesaktian untuk mengajarkan Darma...
contoh Beliau menngunakan metode Api bagi para bhikku yang sebelumnya memuja dewa api..
saya rasa tujuanNya agar para Bikhu lebih mudah menyerap inti ajaran karena pengetahuan mengenai dewa dan pemujaan dewa api sudah ada pada mereka..
Mungkin LSY menggunakan metodenya mengajar... tebakan ku aja,
saya pernah membaca disalah satu buku LSY terutama buku Fengshuinya
beliau menulis... orang dengan kebajikan yang banyak akan memperoleh fengshui baik..
jadi saya tidak terlalu terpengaruh lagi dengan fengshui sebab saya rasa kalo saya jahat mao panggil ahli fengshui mana juga tetap sama
karma datang mao sumputan dimana?
Dhamma dimana-mana, pengetahuan ku sangat minim tidak berani menyalahkan dan menjelekkan orang karena akan berbuah karma buruk..



Sis Anyin yg baik,
saya juga tidak mau berbuat kamma buruk, bolehkah bertanya yg sudah sy beri tanda bold itu kira2 cocok ga dg LSY ? Sang Buddha sendiri setahu saya tidak pernah menggunakan metode api dlm mengajarkan dhamma, bisakah anda memberikan contohnya kapan sang Buddha mengajarkan dhamma menggunakan bakar2 api?

mettacittena,

Kassapa bersaudara, Uruvela Kassapa, Gaya Kassapa, dan Nadi Kassapa, adalah para petapa pemuja api (mirip LSY sekarang ini), beruntung menjadi murid Buddha Gotama. dan di bawah bimbingan Sang Buddha, akhirnya ketiga bersaudara itu beserta seribu murid mereka meinggalkan pemujaan api dan berhasil mencapai kesucian Arahat

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #9 on: 03 October 2010, 12:52:45 PM »
akhirnya ada juga orang yg membuka jati diri aslinya

tidak tahu bahwa api homa merupakan tantrayana secara umum

bahkan dalai lama menyelenggarakan homa kalacakra

ketauan cacatnya

haahahaha
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #10 on: 03 October 2010, 12:54:45 PM »
akhirnya ada juga orang yg membuka jati diri aslinya

tidak tahu bahwa api homa merupakan tantrayana secara umum

bahkan dalai lama menyelenggarakan homa kalacakra

ketauan cacatnya

haahahaha

tantrayana memang mengajarkan itu, tapi LSY kan cuma BADUT yg niru2 tantrayana, ngaku Buddha tapi silsilahnya gak diakui

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #11 on: 03 October 2010, 01:06:00 PM »
Saya masih blm tau banyak mengenai LSY..
tapi setau saya beliau mengajarkan yang benar..
seperti memperbanyak kebajikan...
menghindari perilaku amoral... dll
setau yang saya baca di jaman Buddha ada murid Buddha yang menulis bahwa
Bikkhu tidak diperkenankan meramal, praktek nujum, fengshui (masuk kayaknya)..
saya tidak mau berdebat mengenai hal ini tapi pengen menyampaikan pendapat..
Buddha menggunakan berbagai kesaktian untuk mengajarkan Darma...
contoh Beliau menngunakan metode Api bagi para bhikku yang sebelumnya memuja dewa api..
saya rasa tujuanNya agar para Bikhu lebih mudah menyerap inti ajaran karena pengetahuan mengenai dewa dan pemujaan dewa api sudah ada pada mereka..
Mungkin LSY menggunakan metodenya mengajar... tebakan ku aja,
saya pernah membaca disalah satu buku LSY terutama buku Fengshuinya
beliau menulis... orang dengan kebajikan yang banyak akan memperoleh fengshui baik..
jadi saya tidak terlalu terpengaruh lagi dengan fengshui sebab saya rasa kalo saya jahat mao panggil ahli fengshui mana juga tetap sama
karma datang mao sumputan dimana?
Dhamma dimana-mana, pengetahuan ku sangat minim tidak berani menyalahkan dan menjelekkan orang karena akan berbuah karma buruk..



Sis Anyin yg baik,
saya juga tidak mau berbuat kamma buruk, bolehkah bertanya yg sudah sy beri tanda bold itu kira2 cocok ga dg LSY ? Sang Buddha sendiri setahu saya tidak pernah menggunakan metode api dlm mengajarkan dhamma, bisakah anda memberikan contohnya kapan sang Buddha mengajarkan dhamma menggunakan bakar2 api?

mettacittena,

Kassapa bersaudara, Uruvela Kassapa, Gaya Kassapa, dan Nadi Kassapa, adalah para petapa pemuja api (mirip LSY sekarang ini), beruntung menjadi murid Buddha Gotama. dan di bawah bimbingan Sang Buddha, akhirnya ketiga bersaudara itu beserta seribu murid mereka meinggalkan pemujaan api dan berhasil mencapai kesucian Arahat

Bro Indra yg baik,
thanks ya, tapi kalo ga salah sang Buddha bukan dg metode bakar2 api deh ketika itu, tapi dengan menundukkan naga/kobra yang amat ganas dg tinggal sekamar bersama, dimana dikira Kassapa bersaudara mereka akan menemukan sang Buddha wafat keesokan harinya, namun hal ini tidak pernah terjadi hingga selama sebulan, lalu mereka masih tidak mau mempercayai sang Buddha hingga berkali2 mereka melakukan test kepada sang Buddha, yang kalo ga salah terakhir kali wkt mandi, mereka menempatkan kobra itu disungai agar memakan sang Buddha, dan lagi2 tidak terjadi juga mereka meninggalkan sang Buddha pergi duluan, sang Buddha terakhir kali meninggalkan tempat, tapi malah duluan tiba ditempat utk makan siang dg jumlah buah2an yang melimpah hasil memetik sendiri, sedangkan mereka memetik tidak seberapa banyak. mungkin saya salah dg cerita ini, mohon koreksi nya ya bro.

mettacittena,

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #12 on: 03 October 2010, 01:09:39 PM »
akhirnya ada juga orang yg membuka jati diri aslinya

tidak tahu bahwa api homa merupakan tantrayana secara umum


bahkan dalai lama menyelenggarakan homa kalacakra

ketauan cacatnya

haahahaha

sdr.Padpad yg baik,
saya bertanya ke sis Anyin, thread ini yang membuka sis Anyin, jika anda bermaksud menjawab pertanyaan saya, maka saya ucapkan terima kasih, sebenarnya saya tidak mengharapkan jawaban anda tapi saya mengharapkan dari sis Anyin, karena itu tulisan dia, jika anda menjawab sy mohon menggunakan data yang benar, kapan Sang Buddha mengajarkan Tantrayana? setahu saya hingga wafat beliau tidak mengajarkan Tantrayana dan saya tidak ingin melanjutkan diskusi tentang hal ini, maafkan saya.

mettacittena,
« Last Edit: 03 October 2010, 01:14:05 PM by pannadevi »

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #13 on: 03 October 2010, 03:03:06 PM »
thx buat masukannya teman...
maaf sebelumnya saya menyebutnya dengan metode api... untuk lebih tepatnya kutipan RAPB ada dibawah ini
Setelah duduk, Buddha mempertimbangkan, “Khotbah apa yang sesuai untuk seribu bhikkhu ini?” Kemudian Ia memutuskan, “Orang-orang ini telah memuja api setiap hari, siang dan malam; jika Aku menyampaikan âdittapariyàya Sutta yang menjelaskan tentang dua belas landasan indria (àyatanà) yang terus-menerus terbakar, oleh sebelas api, mereka dapat mencapai Arahatta-Phala.”
Setelah memutuskan demikian, Buddha menyampaikan âdittapariyàya Sutta yang menjelaskan secara terperinci bagaimana enam pintu indria, enam objek indria, enam bentuk kesadaran, enam bentuk kontak, delapan belas jenis perasaan yang muncul melalui kontak (phassa paccaya vedanà) terbakar oleh api nafsu (ràga), api kebencian (dosa), api kebodohan (moha), api kelahiran, usia tua, dan kematian, kesedihan, penyesalan, kesakitan, dukacita, dan keputus-asaan.
dikutip dari RAPB halaman 811

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
Mengubah Pandangan Tiga Petapa Bersaudara dan Seribu Petapa
« Reply #14 on: 03 October 2010, 03:30:45 PM »
kutipan RAPB hal 804-805.
(13) Pada waktu yang lain, lima ratus petapa tidak dapat menyalakan api untuk melakukan upacara pemujaan api meskipun mereka telah mencoba berbagai cara. Mereka berpikir, “Ketidakmampuan kami untuk menyalakan api pasti disebabkan oleh kesaktian bhikkhu tersebut.”
Ketika Uruvela-Kassapa melaporkan hal ini kepada Buddha, Buddha bertanya, “O Kassapa, apakah engkau ingin api-api itu menyala?” dan Uruvela-Kassapa menjawab, “O Bhikkhu, kami ingin api-api itu menyala.” Dengan kekuatan gaib Buddha, lima ratus api unggun besar menyala berkobar-kobar secara bersamaan. Kemudian lagi Uruvela-Kassapa berpikir:
“Bhikkhu ini mampu menyalakan lima ratus api unggun besar secara bersamaan yang tidak dapat dilakukan oleh murid-muridku. Bhikkhu ini pasti sangat sakti. Namun meskipun Ia sangat sakti, Ia belum menjadi Arahanta sepertiku dengan àsava yang telah mengering.”
(14) Pada waktu yang lain lagi, lima ratus petapa tidak dapat memadamkan api setelah selesai melakukan upacara pemujaan api. Mereka berpikir, “Ketidakmampuan kami untuk memadamkan api pasti disebabkan oleh kesaktian bhikkhu tersebut.”
Ketika Uruvela-Kassapa melaporkan hal ini kepada Buddha, Buddha bertanya, “O Kassapa, apakah engkau ingin api-api itu padam?” dan Uruvela-Kassapa menjawab, “O Bhikkhu, kami ingin api-api itu padam.” Dengan kekuatan gaib Buddha, lima ratus api unggun besar yang menyala berkobar-kobar seketika padam secara bersamaan. Kemudian, lagi Uruvela-Kassapa berpikir:
“Bhikkhu ini mampu memadamkan lima ratus api unggun besar secara bersamaan yang tidak dapat dipadamkan oleh murid-muridku. Bhikkhu ini pasti sangat sakti. Namun meskipun Ia sangat sakti, Ia belum menjadi Arahanta sepertiku dengan àsava yang telah mengering.”
(15) Pada waktu yang lain lagi, lima ratus petapa pergi ke Sungai Nera¤jarà selama malam musim dingin (yang disebut antaratthaka) ketika turun hujan salju yang lebat dan ketika cuaca telah menjadi sangat dingin. Beberapa petapa memercayai bahwa “dengan keluar dari air satu kali, semua perbuatan jahat dapat dibersihkan,” naik kembali ke tepi sungai setelah keluar dari air (setelah merendam seluruh tubuhnya dalam air). (Banyak dari mereka yang meyakini kepercayaan itu. Mereka berendam karena tidak mungkin keluar dari air tanpa berendam dalam air sebelumnya). Beberapa petapa memercayai bahwa “dengan berendam satu kali, satu perbuatan jahat dapat dibersihkan” terjun ke dalam air satu kali dengan kepala di bawah air dan naik lagi ke tepi sungai, segera setelah mereka keluar dari air. (Hanya sedikit yang memercayai hal ini).
Beberapa petapa memercayai bahwa “jika mandi dengan cara timbul dan tenggelam berulang-ulang, perbuatan-perbuatan jahat akan dapat dibersihkan,” mandi di sungai, timbul dan tenggelam berulang-ulang. (Banyak yang meyakini kepercayaan ini).
Buddha menciptakan lima ratus tungku. Para petapa menghangatkan badan mereka di depan tungku ketika keluar dari air.
Lima ratus petapa tersebut berpikir, “Lima ratus tungku ini pasti diciptakan dengan kesaktian bhikkhu tersebut.” Kemudian, lagi Uruvela-Kassapa berpikir:
“Bhikkhu ini mampu menciptakan lima ratus tungku. Bhikkhu ini pasti sangat sakti. Namun meskipun Ia sangat sakti, Ia belum menjadi Arahanta sepertiku dengan àsava yang telah mengering.”

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #15 on: 03 October 2010, 04:13:56 PM »
Dalam RAPB halaman 806, dibabarkan bagaimana Sang Buddha mengalihkeyakinan para pemuja api yang berkeyakinan bahwa dengan memuja api dan memberikan persembahan korban dapat memberikan berkah. Sang Buddha menyalakan api unggun yang besar dan kemudian memadamkanNya dimana tidak ada para pengikut pemuja api yang bisa melakukannya. Ini menandakan bahwa api baik dalam konotasi sebenarnya maupun bukan, telah ditundukkan oleh Sang Buddha. Dengan demikian membuktikan bahwa api bukanlah sesuatu yang patut disembah atau dipuja.

Di sini jelas Sang Buddha tidak mengajarkan untuk memuja api tetapi mengajarkan untuk meningggalkannya.

Para siswa Buddha bukankanlah para pemuja api tersebut, jadi secara logika untuk apa Sang Buddha menggunakan metode pemujaan api? Jika kita menganggap diri kita adalah pengikut ajaran Buddha dan bukan pemuja api tersebut maka kita tidak akan memuja api.

BTW, dalam topik saya mencium aliran LSY yang berusaha memutabalikkan apa yang ada di RAPB, dan saya rasa mungkin, maaf kalau salah, TS adalah pengikut LSY.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #16 on: 03 October 2010, 05:34:07 PM »
Dalam RAPB halaman 806, dibabarkan bagaimana Sang Buddha mengalihkeyakinan para pemuja api yang berkeyakinan bahwa dengan memuja api dan memberikan persembahan korban dapat memberikan berkah. Sang Buddha menyalakan api unggun yang besar dan kemudian memadamkanNya dimana tidak ada para pengikut pemuja api yang bisa melakukannya. Ini menandakan bahwa api baik dalam konotasi sebenarnya maupun bukan, telah ditundukkan oleh Sang Buddha. Dengan demikian membuktikan bahwa api bukanlah sesuatu yang patut disembah atau dipuja.

Di sini jelas Sang Buddha tidak mengajarkan untuk memuja api tetapi mengajarkan untuk meningggalkannya.

Para siswa Buddha bukankanlah para pemuja api tersebut, jadi secara logika untuk apa Sang Buddha menggunakan metode pemujaan api? Jika kita menganggap diri kita adalah pengikut ajaran Buddha dan bukan pemuja api tersebut maka kita tidak akan memuja api.

BTW, dalam topik saya mencium aliran LSY yang berusaha memutabalikkan apa yang ada di RAPB, dan saya rasa mungkin, maaf kalau salah, TS adalah pengikut LSY.
sorry tolong baca keseluruhan post di topik ini lalu liat kenapa sampai ke RAPB hal 804-805. agar tidak terjadi kesalahpahaman
maaf tidak konotasi untuk menyimpangkan umat agar memuja api..
post dipotong2 hanya karena kelebihan karakter yang dibatasi jadi tidak semua di muat hanya 3 halaman.
tq.

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #17 on: 03 October 2010, 05:46:33 PM »
Dalam RAPB halaman 806, dibabarkan bagaimana Sang Buddha mengalihkeyakinan para pemuja api yang berkeyakinan bahwa dengan memuja api dan memberikan persembahan korban dapat memberikan berkah. Sang Buddha menyalakan api unggun yang besar dan kemudian memadamkanNya dimana tidak ada para pengikut pemuja api yang bisa melakukannya. Ini menandakan bahwa api baik dalam konotasi sebenarnya maupun bukan, telah ditundukkan oleh Sang Buddha. Dengan demikian membuktikan bahwa api bukanlah sesuatu yang patut disembah atau dipuja.

Di sini jelas Sang Buddha tidak mengajarkan untuk memuja api tetapi mengajarkan untuk meningggalkannya.

Para siswa Buddha bukankanlah para pemuja api tersebut, jadi secara logika untuk apa Sang Buddha menggunakan metode pemujaan api? Jika kita menganggap diri kita adalah pengikut ajaran Buddha dan bukan pemuja api tersebut maka kita tidak akan memuja api.

BTW, dalam topik saya mencium aliran LSY yang berusaha memutabalikkan apa yang ada di RAPB, dan saya rasa mungkin, maaf kalau salah, TS adalah pengikut LSY.
sorry tolong baca keseluruhan post di topik ini lalu liat kenapa sampai ke RAPB hal 804-805. agar tidak terjadi kesalahpahaman
maaf tidak konotasi untuk menyimpangkan umat agar memuja api..
post dipotong2 hanya karena kelebihan karakter yang dibatasi jadi tidak semua di muat hanya 3 halaman.
tq.
Saya sudah membacanya, oleh karena itu saya menanggapinya dengan menuliskan apa yang ada dalam RAPB pada halaman 806 sebagai sambungan 804-805 karena 806 dan halaman berikutnya 807 dan 808 adalah klimaks dari kisah tersebut.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #18 on: 03 October 2010, 08:01:21 PM »
akhirnya ada juga orang yg membuka jati diri aslinya

tidak tahu bahwa api homa merupakan tantrayana secara umum


bahkan dalai lama menyelenggarakan homa kalacakra

ketauan cacatnya

haahahaha

sdr.Padpad yg baik,
saya bertanya ke sis Anyin, thread ini yang membuka sis Anyin, jika anda bermaksud menjawab pertanyaan saya, maka saya ucapkan terima kasih, sebenarnya saya tidak mengharapkan jawaban anda tapi saya mengharapkan dari sis Anyin, karena itu tulisan dia, jika anda menjawab sy mohon menggunakan data yang benar, kapan Sang Buddha mengajarkan Tantrayana? setahu saya hingga wafat beliau tidak mengajarkan Tantrayana dan saya tidak ingin melanjutkan diskusi tentang hal ini, maafkan saya.

mettacittena,

maaf juga

tapi saya juga tidak bermaksd jawab pertanyaan anda kok

saya lagi komentarin orang lain

tapi harap maklum

cara diskusi saya emang hina

sama kayak orangnya

hahaha
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #19 on: 03 October 2010, 10:27:54 PM »
akhirnya ada juga orang yg membuka jati diri aslinya

tidak tahu bahwa api homa merupakan tantrayana secara umum


bahkan dalai lama menyelenggarakan homa kalacakra

ketauan cacatnya

haahahaha

sdr.Padpad yg baik,
saya bertanya ke sis Anyin, thread ini yang membuka sis Anyin, jika anda bermaksud menjawab pertanyaan saya, maka saya ucapkan terima kasih, sebenarnya saya tidak mengharapkan jawaban anda tapi saya mengharapkan dari sis Anyin, karena itu tulisan dia, jika anda menjawab sy mohon menggunakan data yang benar, kapan Sang Buddha mengajarkan Tantrayana? setahu saya hingga wafat beliau tidak mengajarkan Tantrayana dan saya tidak ingin melanjutkan diskusi tentang hal ini, maafkan saya.

mettacittena,

maaf juga

tapi saya juga tidak bermaksd jawab pertanyaan anda kok

saya lagi komentarin orang lain

tapi harap maklum

cara diskusi saya emang hina

sama kayak orangnya

hahaha

ok thanks bro, saya terima penjelasan anda, lain kali bila menjawab diskusi sebaiknya menggunakan referensi. semoga anda makin mantap di jalan dhamma.

mettacittena,

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #20 on: 03 October 2010, 10:33:46 PM »
Dalam RAPB halaman 806, dibabarkan bagaimana Sang Buddha mengalihkeyakinan para pemuja api yang berkeyakinan bahwa dengan memuja api dan memberikan persembahan korban dapat memberikan berkah. Sang Buddha menyalakan api unggun yang besar dan kemudian memadamkanNya dimana tidak ada para pengikut pemuja api yang bisa melakukannya. Ini menandakan bahwa api baik dalam konotasi sebenarnya maupun bukan, telah ditundukkan oleh Sang Buddha. Dengan demikian membuktikan bahwa api bukanlah sesuatu yang patut disembah atau dipuja.

Di sini jelas Sang Buddha tidak mengajarkan untuk memuja api tetapi mengajarkan untuk meningggalkannya.

Para siswa Buddha bukankanlah para pemuja api tersebut, jadi secara logika untuk apa Sang Buddha menggunakan metode pemujaan api? Jika kita menganggap diri kita adalah pengikut ajaran Buddha dan bukan pemuja api tersebut maka kita tidak akan memuja api.

BTW, dalam topik saya mencium aliran LSY yang berusaha memutabalikkan apa yang ada di RAPB, dan saya rasa mungkin, maaf kalau salah, TS adalah pengikut LSY.


saya sependapat dengan anda bro, justru itu saya menanyakan maksud nya TS dg istilah bahwa Sang Buddha mengajarkan metode api, saya barusan bisa online langsung baca DC jadi baru lihat jawaban TS, saya akan cek ke referensi yg udah disebutkan, tanggapan sy menyusul ya. saya tetap tidak yakin Sang Buddha mengajarkan dhamma dg "metode api".

mettacittena,

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #21 on: 04 October 2010, 09:17:46 AM »
Saya berusaha untuk tidak berat sebelah, harus saling menghargai pendapat masing2, ok pendapat yg didukung dg refenrensi dari anda sudah saya lakukan pengecekan, tetapi entah kenapa halaman yg anda sebutkan tidak sama dg saya, mungkin karena saya mendapat RAPB ini dari Tuhan (batara Indra selaku penterjemah) jadi memiliki halaman yg berbeda dg anda. Dibuku saya halaman 846.

Saya berusaha untuk menangkap maksud anda, jika saya salah silahkan dikoreksi. Saya membaca maksud anda sepertinya sekali lagi saya ulangi “sepertinya” anda menganggap Sang Buddha menggunakan “Metoda Api” dalam dhamma. Sedangkan diposisi saya beda, mengutip pendapat bro Gacha “Indahnya berbeda pendapat” maka saya kemukakan pendapat saya bahwa Sang Buddha menggunakan kekuatan Abhinna beliau utk menundukkan Naga ganas tsb bukan dg maksud “memuja api” saya melihat “Sang Buddha tidak melakukan pemujaan ritual api”. Sehingga dg pembandingan ritual homa, maka “Amat jauh berbeda” tidak ada satupun persamaannya yang bisa saya lihat.

1.   Ritual homa adalah ritual api (memuja api) melakukan persembahan kepada api. Beda sekali dengan api kekuatan Abhinna Sang Buddha waktu itu utk menundukkan naga bukan utk ritual apalagi memuja api, terlebih lagi melakukan persembahan (mungkin diplesetkan jadi sang Buddha mempersembahkan api ke Naga, gitu ya?)
2.   Ritual homa merupakan sarana membebaskan diri dari kamma buruk masa lampau, bahkan dapat mensucikan kita. Sang Buddha selalu menekankan kamma buruk tidak bisa dihapus dg melakukan ritual apapun bila kita sendiri tidak membersihkan kekotoran bathin diri kita, hingga kappanya kappa tidak terhingga mau bakar2 persembahan RR ribuanpun “TIDAK BAKALAN MENCAPAI NIBBANA”
3.   Ritual homa merupakan praktek salah dan pandangan salah, dalam ajaran Sang Buddha hanya mereka yang memiliki pandangan salah dan praktek salah kelak akan terlahir ke alam rendah
4.   Ritual homa dianggap suatu ritual yang maha hebat dapat membantu umat dari penderitaannya, bandingkan kehebatannya dengan kekuatan dhamma yang mampu membebaskan umat dari penderitaan selamanya, coba aja dibuktikan sendiri setelah anda Arahat maka anda akan terbebas selamanya dari penderitaan anda dg setelah anda bakar RR mempersembahkan kepada api homa, apakah anda terbebas dari penderitaan?

Saya mengetik ini buru2 karena akan ke RS sehingga saya cepetan aja ketik ini utk menjawab anda sesuai dg janji sy akan menanggapi setelah membaca referensi yang anda kemukakan.

Jadi sang Buddha menyalakan api kepada mereka menggunakan kekuatan abhinna bukan utk ritual memuja api, sama sekali tidak ada saya lihat hal demikian, tapi utk menunjukkan kepada mereka bahwa api tidak ada artinya sama sekali, bahkan mereka saja tidak mampu menyalakan, dan juga bahkan api saja tidak mampu menolong mereka, namun sang Buddha mampu menolong mereka dg menunjukkan kekuatan abhinna menyalakan api kpd mereka sehingga api tidak ada artinya sama sekali bagi Sang Buddha (hanya sepele sekali), yang utama adalah jalan dhamma yang ditunjukkan sang Buddha sehingga mereka mencapai arahat, bukan karena api mereka mencapai arahat (ini seharusnya langsung ke hal.811 yg anda kutip kemarin tp sy blm ketemu di buku RAPB nya saya dan juga saya harus pergi sekarang, sore stlah kembali sy akan lanjutkan)

mettacittena,

Offline anyin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
  • Lets a war againt evil thought
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #22 on: 04 October 2010, 01:10:43 PM »
Saya berusaha untuk tidak berat sebelah, harus saling menghargai pendapat masing2, ok pendapat yg didukung dg refenrensi dari anda sudah saya lakukan pengecekan, tetapi entah kenapa halaman yg anda sebutkan tidak sama dg saya, mungkin karena saya mendapat RAPB ini dari Tuhan (batara Indra selaku penterjemah) jadi memiliki halaman yg berbeda dg anda. Dibuku saya halaman 846.

Saya berusaha untuk menangkap maksud anda, jika saya salah silahkan dikoreksi. Saya membaca maksud anda sepertinya sekali lagi saya ulangi “sepertinya” anda menganggap Sang Buddha menggunakan “Metoda Api” dalam dhamma. Sedangkan diposisi saya beda, mengutip pendapat bro Gacha “Indahnya berbeda pendapat” maka saya kemukakan pendapat saya bahwa Sang Buddha menggunakan kekuatan Abhinna beliau utk menundukkan Naga ganas tsb bukan dg maksud “memuja api” saya melihat “Sang Buddha tidak melakukan pemujaan ritual api”. Sehingga dg pembandingan ritual homa, maka “Amat jauh berbeda” tidak ada satupun persamaannya yang bisa saya lihat.

1.   Ritual homa adalah ritual api (memuja api) melakukan persembahan kepada api. Beda sekali dengan api kekuatan Abhinna Sang Buddha waktu itu utk menundukkan naga bukan utk ritual apalagi memuja api, terlebih lagi melakukan persembahan (mungkin diplesetkan jadi sang Buddha mempersembahkan api ke Naga, gitu ya?)
2.   Ritual homa merupakan sarana membebaskan diri dari kamma buruk masa lampau, bahkan dapat mensucikan kita. Sang Buddha selalu menekankan kamma buruk tidak bisa dihapus dg melakukan ritual apapun bila kita sendiri tidak membersihkan kekotoran bathin diri kita, hingga kappanya kappa tidak terhingga mau bakar2 persembahan RR ribuanpun “TIDAK BAKALAN MENCAPAI NIBBANA”
3.   Ritual homa merupakan praktek salah dan pandangan salah, dalam ajaran Sang Buddha hanya mereka yang memiliki pandangan salah dan praktek salah kelak akan terlahir ke alam rendah
4.   Ritual homa dianggap suatu ritual yang maha hebat dapat membantu umat dari penderitaannya, bandingkan kehebatannya dengan kekuatan dhamma yang mampu membebaskan umat dari penderitaan selamanya, coba aja dibuktikan sendiri setelah anda Arahat maka anda akan terbebas selamanya dari penderitaan anda dg setelah anda bakar RR mempersembahkan kepada api homa, apakah anda terbebas dari penderitaan?

Saya mengetik ini buru2 karena akan ke RS sehingga saya cepetan aja ketik ini utk menjawab anda sesuai dg janji sy akan menanggapi setelah membaca referensi yang anda kemukakan.

Jadi sang Buddha menyalakan api kepada mereka menggunakan kekuatan abhinna bukan utk ritual memuja api, sama sekali tidak ada saya lihat hal demikian, tapi utk menunjukkan kepada mereka bahwa api tidak ada artinya sama sekali, bahkan mereka saja tidak mampu menyalakan, dan juga bahkan api saja tidak mampu menolong mereka, namun sang Buddha mampu menolong mereka dg menunjukkan kekuatan abhinna menyalakan api kpd mereka sehingga api tidak ada artinya sama sekali bagi Sang Buddha (hanya sepele sekali), yang utama adalah jalan dhamma yang ditunjukkan sang Buddha sehingga mereka mencapai arahat, bukan karena api mereka mencapai arahat (ini seharusnya langsung ke hal.811 yg anda kutip kemarin tp sy blm ketemu di buku RAPB nya saya dan juga saya harus pergi sekarang, sore stlah kembali sy akan lanjutkan)

mettacittena,
[/quot]

thx buat saudara pannadevi
pertama-tama saya ingin meluruskan sesuatu.
sepertinya tulisan saya telah membawa saudara-saudara menganggap bahwa perlu adanya ritual api homa..
padahal tidak ada isi didalam tulisan awal agar kita mengadakan ritual tersebut untuk terbebas dari penderitaan..
ingat bahwa Buddha pernah berkata.. Nibbana hanya bisa kita peroleh jika berusaha sendiri
dan kayaknya isi dari tulisan saya berhasil membuat saudara-saudara membaca keseluruhan bab mengenai cara Buddha menaklukan Uruvela-kassapa dan kedua saudaranya (ini yang penting) karena Buddha menunjukkan kesabaran yang sangat luarbiasa
      kemudian hal yang ingin saya sampaikan juga adalah Ketika Buddha melihat manusia seperti akar dari pohon yang sangat besar dan akar merambat serta membagi dirinya menjadi rratusan akar-akar kecil lain dan akar-akar kecil ini membagi dirinya lagi menjadi bagian akar yang lebih kecil, maka Buddha mengetahui bahwa manusia beragam seperti akar begitu juga jalan pikirannya, Ia pun mengajarkan dharma melalui berbagai cara dan kesaktian untuk setiap makluk yang berbeda pula agar sampai kepada pengetahuan akan Darma dan dengan kesabaran Ia menunggu sehingga Mata Dhamma kita terbuka saat waktunya tiba... (ini yang saya maksud ketika saya berpendapat mengenai LSY mengamalkan praktik fengshui terlepas dari  hasil uang fengshui digunakan untuk apa)
sesungguhnya sebagian besar orang yang ingin kaya dan menikmati kekayaan sampai puas baru terbuka mata dammanya (kalau sudah benar sadar bawah kekayaan tidak membawa dirinya kemana2)
sesungguhnya ribuan orang mengharapkan kesaktiaan dan kesaktian ditunjukkan kepadanya agar dirinya percaya dan mempelajari lebih lanjut sampai ia bertemu darma sejati, melalui kebajikan dia sendiri
sesungguhnya ribuan orang melalui penderitaan hidup dan kesulitan hidup menemui kecerahan batin dan darma dan setia bertekun dalam darma..
sesungguhnya ribuan orang mengharapkan Tuhan dan menyaksikan kasih Tuhan lalu melalukan kebajikan dan bertemu darma sejati
sesungguhnya ribuan orang dan makluk berpandangan salah dan terus melakukan kesalahan dan kejahatan, melalui kebajikan yang sangat sedikit akahirnyan dia menjadi 3 golongan yang ada diatas dan bertemu darma maka jalan akan terbuka baginya...
kejadian ini berlangsung sangat lama sampai semua punya kesempatan bertemu Buddha di waktu yang ber kappa-kappa lamanya dan hanya sebagian sedikit yang mencapai arahatta...
sesungguhnya semua itu adalah Dhamma, dan Dhamma seperti air yang sifatnya menyesuikan diri dengan wadahnya..
 _/\_


Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: cerita pengalaman Buddist
« Reply #23 on: 07 October 2010, 03:55:07 PM »
    Spoiler: ShowHide

    Saya berusaha untuk tidak berat sebelah, harus saling menghargai pendapat masing2, ok pendapat yg didukung dg refenrensi dari anda sudah saya lakukan pengecekan, tetapi entah kenapa halaman yg anda sebutkan tidak sama dg saya, mungkin karena saya mendapat RAPB ini dari Tuhan (batara Indra selaku penterjemah) jadi memiliki halaman yg berbeda dg anda. Dibuku saya halaman 846.

    Saya berusaha untuk menangkap maksud anda, jika saya salah silahkan dikoreksi. Saya membaca maksud anda sepertinya sekali lagi saya ulangi “sepertinya” anda menganggap Sang Buddha menggunakan “Metoda Api” dalam dhamma. Sedangkan diposisi saya beda, mengutip pendapat bro Gacha “Indahnya berbeda pendapat” maka saya kemukakan pendapat saya bahwa Sang Buddha menggunakan kekuatan Abhinna beliau utk menundukkan Naga ganas tsb bukan dg maksud “memuja api” saya melihat “Sang Buddha tidak melakukan pemujaan ritual api”. Sehingga dg pembandingan ritual homa, maka “Amat jauh berbeda” tidak ada satupun persamaannya yang bisa saya lihat.

    1.   Ritual homa adalah ritual api (memuja api) melakukan persembahan kepada api. Beda sekali dengan api kekuatan Abhinna Sang Buddha waktu itu utk menundukkan naga bukan utk ritual apalagi memuja api, terlebih lagi melakukan persembahan (mungkin diplesetkan jadi sang Buddha mempersembahkan api ke Naga, gitu ya?)
    2.   Ritual homa merupakan sarana membebaskan diri dari kamma buruk masa lampau, bahkan dapat mensucikan kita. Sang Buddha selalu menekankan kamma buruk tidak bisa dihapus dg melakukan ritual apapun bila kita sendiri tidak membersihkan kekotoran bathin diri kita, hingga kappanya kappa tidak terhingga mau bakar2 persembahan RR ribuanpun “TIDAK BAKALAN MENCAPAI NIBBANA”
    3.   Ritual homa merupakan praktek salah dan pandangan salah, dalam ajaran Sang Buddha hanya mereka yang memiliki pandangan salah dan praktek salah kelak akan terlahir ke alam rendah
    4.   Ritual homa dianggap suatu ritual yang maha hebat dapat membantu umat dari penderitaannya, bandingkan kehebatannya dengan kekuatan dhamma yang mampu membebaskan umat dari penderitaan selamanya, coba aja dibuktikan sendiri setelah anda Arahat maka anda akan terbebas selamanya dari penderitaan anda dg setelah anda bakar RR mempersembahkan kepada api homa, apakah anda terbebas dari penderitaan?

    Saya mengetik ini buru2 karena akan ke RS sehingga saya cepetan aja ketik ini utk menjawab anda sesuai dg janji sy akan menanggapi setelah membaca referensi yang anda kemukakan.

    Jadi sang Buddha menyalakan api kepada mereka menggunakan kekuatan abhinna bukan utk ritual memuja api, sama sekali tidak ada saya lihat hal demikian, tapi utk menunjukkan kepada mereka bahwa api tidak ada artinya sama sekali, bahkan mereka saja tidak mampu menyalakan, dan juga bahkan api saja tidak mampu menolong mereka, namun sang Buddha mampu menolong mereka dg menunjukkan kekuatan abhinna menyalakan api kpd mereka sehingga api tidak ada artinya sama sekali bagi Sang Buddha (hanya sepele sekali), yang utama adalah jalan dhamma yang ditunjukkan sang Buddha sehingga mereka mencapai arahat, bukan karena api mereka mencapai arahat (ini seharusnya langsung ke hal.811 yg anda kutip kemarin tp sy blm ketemu di buku RAPB nya saya dan juga saya harus pergi sekarang, sore stlah kembali sy akan lanjutkan)

    mettacittena,
    [/quote]

    [qoute]
    thx buat saudara pannadevi
    pertama-tama saya ingin meluruskan sesuatu.
    sepertinya tulisan saya telah membawa saudara-saudara menganggap bahwa perlu adanya ritual api homa..
    padahal tidak ada isi didalam tulisan awal agar kita mengadakan ritual tersebut untuk terbebas dari penderitaan..
    ingat bahwa Buddha pernah berkata.. Nibbana hanya bisa kita peroleh jika berusaha sendiri
    dan kayaknya isi dari tulisan saya berhasil membuat saudara-saudara membaca keseluruhan bab mengenai cara Buddha menaklukan Uruvela-kassapa dan kedua saudaranya (ini yang penting) karena Buddha menunjukkan kesabaran yang sangat luarbiasa
          kemudian hal yang ingin saya sampaikan juga adalah Ketika Buddha melihat manusia seperti akar dari pohon yang sangat besar dan akar merambat serta membagi dirinya menjadi rratusan akar-akar kecil lain dan akar-akar kecil ini membagi dirinya lagi menjadi bagian akar yang lebih kecil, maka Buddha mengetahui bahwa manusia beragam seperti akar begitu juga jalan pikirannya, Ia pun mengajarkan dharma melalui berbagai cara dan kesaktian untuk setiap makluk yang berbeda pula agar sampai kepada pengetahuan akan Darma dan dengan kesabaran Ia menunggu sehingga Mata Dhamma kita terbuka saat waktunya tiba... (ini yang saya maksud ketika saya berpendapat mengenai LSY mengamalkan praktik fengshui terlepas dari  hasil uang fengshui digunakan untuk apa)
    sesungguhnya sebagian besar orang yang ingin kaya dan menikmati kekayaan sampai puas baru terbuka mata dammanya (kalau sudah benar sadar bawah kekayaan tidak membawa dirinya kemana2)
    sesungguhnya ribuan orang mengharapkan kesaktiaan dan kesaktian ditunjukkan kepadanya agar dirinya percaya dan mempelajari lebih lanjut sampai ia bertemu darma sejati, melalui kebajikan dia sendiri
    sesungguhnya ribuan orang melalui penderitaan hidup dan kesulitan hidup menemui kecerahan batin dan darma dan setia bertekun dalam darma..
    sesungguhnya ribuan orang mengharapkan Tuhan dan menyaksikan kasih Tuhan lalu melalukan kebajikan dan bertemu darma sejati
    sesungguhnya ribuan orang dan makluk berpandangan salah dan terus melakukan kesalahan dan kejahatan, melalui kebajikan yang sangat sedikit akahirnyan dia menjadi 3 golongan yang ada diatas dan bertemu darma maka jalan akan terbuka baginya...
    kejadian ini berlangsung sangat lama sampai semua punya kesempatan bertemu Buddha di waktu yang ber kappa-kappa lamanya dan hanya sebagian sedikit yang mencapai arahatta...
    sesungguhnya semua itu adalah Dhamma, dan Dhamma seperti air yang sifatnya menyesuikan diri dengan wadahnya..
     _/\_


    [/quote]


    Maafkan saya yang terlambat menanggapi, karena kesibukan saya disini yg cukup banyak sehingga tidak bisa online kemarin ini agak lama. Baru sekarang bisa online lagi, setelah melihat postingan ini saya jadi kaget ternyata ID “Anyin” adalah seorang bhante, dengan ini saya ingin mengklarifikasi.

    Pertama-tama saya ingin meluruskan dulu permasalahan :
    1.   Saya tidak mengetahui sama sekali bahwa ID “Anyin” adalah seorang bhante, baru tahu setelah beliau menampilkan foto, terlihat beliau adalah bhante, dan dari jubah yang dikenakan menunjukkan jubah Theravada, sehingga menjadikan jelas permasalahan disini bahwa tidak ada indikasi ID “Anyin” adalah member LSY. Sebelum melanjutkan pembicaraan pertama-tama saya sampaikan sujud namaskara saya sebagai penghormatan kepada bhante, namaskara 3x, Namo Buddhaya, Namo Dhammaya, Namo Sanghaya. Semoga bhante senantiasa sehat dan sejahtera sehingga dpt terus berkarya mengembangkan Buddha Dhamma di bumi pertiwi tercinta.sadhu3x.  Apabila melihat jubah bhante adalah Theravada tapi menyatakan juga membaca keng, jadi sepertinya bhante berasal dari Buddhayana, Apakah benar begitu bhante? Maafkan jika saya salah, tetapi jika benar, berarti kita berasal dari organisasi yg sama, selamat datang bhante di forum DC ini, sesama penumpang bus kota dilarang saling senggol (***maaf becanda***)
    2.   Maafkan saya yang menanggapi bhante menolak api homa dikaitkan dg dhamma yg dibabarkan Sang Buddha, seperti yang dijelaskan bhante bahwa bhante pun tidak membahas api homa. Ijinkan saya menjelaskan duduk permasalahannya, sebenarnya hal ini berkaitan dg bhante yang menulis sbb :
    [spoiler]
    Ini cerita nyata bukan rekayasa( cerita ini diambil dari kisah nyata dari seseorang bernama anyin)
    Doeloe saya pernah bermimpi, saya bermimpi bertemu Paus Yohanes Paulus II beberapa hari setelah beliau meninggal, saya bertemu beliau di sebuah gereja besar, saya dan sepupu saya naik diatas kapal besar dan bertemu pulau dimana ada gereja besar diatas pulau tersebut, saya bermimpi paus mempersilahkan saya dan sepupu saya tidur disalah satu ruangan digereja tersebut...
    Lalu doeloe sewaktu saya ngekost saya pernah bermimpi didatangi biksu, beliau masuk kekamar kost ku lalu dengan muka tersenyum beliau meminta saya membaca Sutra Avalokitesvara, atau sutra Ko Ong Kwan Shi Im keng atau sutra Raja Agung, yang saya sadar waktu itu sutra itu ada pada teman kos kamar sebelah.. Biksu itu tak lain tak bukan adalah orang yang sekarang dikenal dengan Mahaguru Lu sheng Yen.. dan sejak itu saya mulai melapal sutra tsb
    Sudah sekitar 3-4 tahun dan saya bermimpi Aneh lagi...
    sekitar 2 bln yang lalu..
    Saya bermimpi saya (maaf) eeq sebuah Thung khiu atau bulatan bola seperti lonceng emas yang terbuat dari eeq keluar waktu saya eeq.. Eh besok nya saya rugi 6 jt lbh gara-gara ada yang merusak meteran listrik dengan menggores putaran meternya dan pas pihak PLN ngecek... sial wkowkowkow
    kira-kira sebulan setelah itu saya bermimpi lagi...
    saya bermimpi saya mati ditusuk orang dari belakang... dan saya pun ded/alias mate.. lalu saya merasa roh saya keluar dan melihat mayat sendiri, tapi kondisi saya bingung, saya berpikir waduh saya mate, pacar gw ga tau saya mate, orang tua ga tau saya mate, pengen kasih tau mereka tapi ga tau gmn caranya... lalu di atas muncul dewi sperti Dewi Kwan Im (kalo digambarkan) tapi saya tidak tahu nama Dewi itu.. beliau mengajak roh ku dan satu orang lagi yang gw ga kenal pergi ketempat yang muncul angka 999, tapi mirip jaiphang(tempat pengeringan kopra) dikampung ku dan disuruh meditasi disitu.. tapi batin masih kacau karena masih mikir pacar blm tau saya mate.. lalu terbangun..
    semalam saya bermimpi lagi..(kondisi lagi susah neh) dapet mimpi yang menyegarkan...
    saya naik kapal besi lalu kapal itu ditabrak oleh kapal yang lebih besar lagi, lalu saya pun lari tunggang langgang mencari tempat aman, akhirnya saya terjepit disebuat tempat yang akhirnya saya ketahui itu adalah lift.. (ruangan yang bisa otomatis naik turun bagi yang ga tau) lalu saya memaksa untuk keluar eh tau2nya lift itu bergerak dan saya pun mulai menolong orang yang terhimpit juga di salah satu ruangan... dan ketika saya juga keluar dari tempat itu saya merasa bersyukur luar biasa wow saya masih hidup... jadi lupa d masalah harian yang bikin gila...
     _/\_
    dalam gejolak jiwa ku saya merasa:
    • kadang ada muncul keinginan untuk meninggalkan kehidupan biasa dan menjadi umat sangha...
    tekanan hidup membuatku makin malas dengan kehidupan..
    keterikatan akan hal-hal duniawi dan janji-janji dari ucapan2 bego membuatku jadi kayak gini trus..
    [/list]setelah mimpi saya mate saya jadi agak tau, kalo kita tidak boleh sombong.. waktu mimpi saya mate saya merasa saya benar2 mate... dan waktu mate saya tidak bisa bawa apapun bahkan kabar kepada orang yang kita kasihi.. omongan yang ingin kita sampaikan jg ga bisa... apa hebatnya saya, toh ntar mate..
    yang bisa saya lakukan sekarang hanya membaca sutra dan membaca kisah2 Buddha.. dan jaga warnet kerjaan ku, sebab saya percaya Karma dan kadang ada pengalaman karma berbuah cepat didiriku
     _/\_

    Lalu dijawab oleh bro padpad sbb :
    [spoiler]
    akhirnya ada juga orang yg membuka jati diri aslinya

    tidak tahu bahwa api homa merupakan tantrayana secara umum

    bahkan dalai lama menyelenggarakan homa kalacakra

    ketauan cacatnya

    haahahaha


    Maka sy menanggapi hal itu.

    3.   Setelah saya mengetahui ID “Anyin” adalah seorang bhante, dengan ini sy memilih mundur saja, tidak melanjutkan diskusi lagi. Karena hal ini terkait dg peraturan Vinaya yg harus sy junjung tinggi. Maafkan saya bhante, namaskara.


    Mettacittena,
    « Last Edit: 07 October 2010, 04:04:22 PM by pannadevi »

     

    anything