//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?  (Read 1850 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.350
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« on: 11 January 2011, 07:35:37 PM »
VIVAnews - Sejumlah ilmuwan yang bekerja di banyak kawasan di dunia telah menemukan hal yang mengejutkan. Diketahui, ukuran berbagai spesies gajah semakin lama semakin mengecil.

Dari analisa yang dilakukan para ilmuwan dari tahun ke tahun, mereka menemukan fenomena di mana mamalia raksasa itu semakin berkurang ukurannya hingga 5 persen per tahun.

Jika kecepatan penyusutan ukuran saat ini tidak berubah, ilmuwan berpendapat, dalam 30 tahun mendatang, tinggi seekor gajah dewasa di seluruh dunia hanya akan mencapai 1 meter saja.
Padahal, sebagai informasi, secara normal, hewan yang mampu hidup hingga 70 tahun itu bisa tumbuh hingga 3 sampai 4 meter tingginya.

“Ini sangat luar biasa dan tentunya cukup mengkhawatirkan bagi komunitas gajah,” kata professor Giles Blandwidth, ketua tim proyek penelitian gajah di Afrika Selatan, seperti dikutip dari New Scientist, 29 Desember 2010.

Jika ukurannya sudah sependek itu, kata Blandwidth, akan ada efek yang buruk terhadap kelanjutan populasi gajah di seluruh dunia. “Mereka akan dengan mudah diserang oleh predator seperti hyena, anjing hutan, atau bahkan babi hutan,” ucapnya.

Blandwidth menyebutkan, para peneliti kini sedang berupaya keras menemukan faktor penyebab mengapa ukuran gajah terus menyusut. “Kami berpacu dengan waktu untuk menemukan solusi terhadap masalah yang sangat penting ini, sebelum ukuran gajah menjadi terlalu kecil,” ucapnya. (moh)

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #1 on: 11 January 2011, 09:46:51 PM »
tetap saja, keserakahan manusia faktor nomor 1 yang gak akan bisa tergantikan kl sampe gajah punah..

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #2 on: 11 January 2011, 10:45:50 PM »
Gw pernah baca ...
selain itu gading gajah-pun makin lama makin mengecil ??

Hanya ada satu gajah yang ..... pertumbuhan paling cepat dan paling padat
Spoiler: ShowHide
jln : GAJAHMADA :P
« Last Edit: 11 January 2011, 10:47:52 PM by Adhitthana »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #3 on: 11 January 2011, 11:04:38 PM »
bukankah kelak manusia juga tinggal berumur 10 thn, menikah dan melahirkan umur 5 thn, jadi kalo gajah tinggal se ukuran 1M, masuk hitungan lah...cocok dengan manusia yg juga tinggal berumur 10 thn saja...

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #4 on: 12 January 2011, 09:27:08 AM »
“Ini sangat luar biasa dan tentunya cukup mengkhawatirkan bagi komunitas gajah,” kata professor Giles Blandwidth, ketua tim proyek penelitian gajah di Afrika Selatan, seperti dikutip dari New Scientist, 29 Desember 2010.
majalah new scientist terakhir terbit 8 january 2011 dan 25 december 2010.
dua2nya gak ada berita mengenai gajah ini.

hasil google untuk "Giles Blandwidth" semuanya hanya untuk artikel ini. profesor darimana ini? universitas apa?
hoax?

* i want to believe*
« Last Edit: 12 January 2011, 09:29:54 AM by morpheus »
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #5 on: 12 January 2011, 11:08:04 AM »
^
betul juga Bro Morph, ketika dicoba googling nama profesor ini, hasil pencarian atas nama profesor Giles Blandwidth semuanya terkait dengan artikel ini, itupun hanya 1 page.

http://www.google.com/#sclient=psy&hl=en&q=Giles+Blandwidth&aq=&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&pbx=1&fp=9bef8cda26d1a6ec

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline santo_kemp

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 37
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • yg ada di Batam dan sekitarnya add gua ya :)
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #6 on: 12 January 2011, 11:49:02 AM »
TS, sumbernya mana nih  :o
Pengalaman adalah guru yang baik, tapi guru yang baik belum tentu berpengalaman.

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Tubuh Gajah Makin Kecil, Terancam Punah?
« Reply #7 on: 15 January 2011, 05:37:45 PM »
ohh...ternyata hoax yah...

 

anything