//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Alat kecantikan  (Read 15690 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Alat kecantikan
« Reply #15 on: 07 December 2017, 11:33:04 AM »
Dari AN III 207 mata pencaharian salah:

1. Menjual senjata,
2. Perdagangan Makhluk hidup,
3. Menjual daging, atau segala sesuatu yang berasal dari penganiayaan makhluk-makhluk hidup,
4. Menjual Racun,
5. Menjual barang-barang yang memabukkan (dan yang membuat ketagihan).


Mahacattarisaka Sutta MN117
1. Kebohongan (berhubungan dengan kata-kata)
2. Pekerjaan yang berkaitan dengan ramalan-ramalan
3. Suatu Pekerjaan dilakukan dengan menipu
4. Pekerjaan dilakukan dengan mencari keuntungan menjual barang dengan harga dua kali atau lebih.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Alat kecantikan
« Reply #16 on: 07 December 2017, 01:31:17 PM »
Dari AN III 207 mata pencaharian salah:

1. Menjual senjata,
2. Perdagangan Makhluk hidup,
3. Menjual daging, atau segala sesuatu yang berasal dari penganiayaan makhluk-makhluk hidup,
4. Menjual Racun,
5. Menjual barang-barang yang memabukkan (dan yang membuat ketagihan).


Mahacattarisaka Sutta MN117
1. Kebohongan (berhubungan dengan kata-kata)
2. Pekerjaan yang berkaitan dengan ramalan-ramalan
3. Suatu Pekerjaan dilakukan dengan menipu
4. Pekerjaan dilakukan dengan mencari keuntungan menjual barang dengan harga dua kali atau lebih.
knp ini salah ya , pak?

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Alat kecantikan
« Reply #17 on: 07 December 2017, 02:22:59 PM »
Dari AN III 207 mata pencaharian salah:

1. Menjual senjata,
2. Perdagangan Makhluk hidup,
3. Menjual daging, atau segala sesuatu yang berasal dari penganiayaan makhluk-makhluk hidup,
4. Menjual Racun,
5. Menjual barang-barang yang memabukkan (dan yang membuat ketagihan).


Mahacattarisaka Sutta MN117
1. Kebohongan (berhubungan dengan kata-kata)
2. Pekerjaan yang berkaitan dengan ramalan-ramalan
3. Suatu Pekerjaan dilakukan dengan menipu
4. Pekerjaan dilakukan dengan mencari keuntungan menjual barang dengan harga dua kali atau lebih.
ini sebagian isi mahacattarisaka MN117

Penghidupan

28“Di sana, para bhikkhu, pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Dan bagaimanakah pandangan benar muncul dalam urutan pertama? Seseorang memahami penghidupan salah sebagai penghidupan salah dan penghidupan benar sebagai penghidupan benar: ini adalah pandangan benar seseorang.

29“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan salah? Berkomplot, membujuk, mengisyaratkan, merendahkan, mengejar keuntungan dengan keuntungan: ini adalah penghidupan salah.

30“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan benar? Penghidupan benar, Aku katakan, ada dua jenis: ada penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan; dan ada penghidupan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

31“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan? Di sini, para bhikkhu, seorang siswa mulia meninggalkan penghidupan salah dan memperoleh penghidupannya melalui penghidupan benar: ini adalah penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda … matang dalam perolehan.

32“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan? Pemberhentian dari penghidupan salah, tidak melakukan, penahanan diri, penghindaran dari penghidupan salah dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, yang pikirannya tanpa noda, yang memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia: ini adalah penghidupan benar yang mulia … sebuah faktor dari sang jalan.

33“Seseorang berusaha untuk meninggalkan penghidupan salah dan memasuki penghidupan benar: ini adalah usaha benar seseorang. Dengan penuh perhatian meninggalkan penghidupan salah, dengan penuh perhatian memasuki dan berdiam dalam penghidupan benar: ini adalah perhatian benar seseorang. Demikianlah ketiga kondisi ini berlangsung dan berputar di sekeliling penghidupan benar, yaitu, pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.


tp kok ga ada spt yg di-bold di penjelasan bpk ya?

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Alat kecantikan
« Reply #18 on: 07 December 2017, 02:27:38 PM »
Dari AN III 207 mata pencaharian salah:

1. Menjual senjata,
2. Perdagangan Makhluk hidup,
3. Menjual daging, atau segala sesuatu yang berasal dari penganiayaan makhluk-makhluk hidup,
4. Menjual Racun,
5. Menjual barang-barang yang memabukkan (dan yang membuat ketagihan).


Mahacattarisaka Sutta MN117
1. Kebohongan (berhubungan dengan kata-kata)
2. Pekerjaan yang berkaitan dengan ramalan-ramalan
3. Suatu Pekerjaan dilakukan dengan menipu
4. Pekerjaan dilakukan dengan mencari keuntungan menjual barang dengan harga dua kali atau lebih.

... Katamo ca, bhikkhave, micchāājīvo? Kuhanā, lapanā, nemittikatā, nippesikatā, lābhena lābhaṃ nijigīsanatā
—ayaṃ, bhikkhave, micchāājīvo. ... (MN 117)

###

Kalo diterjemahin 1 per 1:

1. Kuhanā : Membohongi orang lain, gak jujur, munafik.

2. Lapanā :  berbicara, bergumam; mengoceh atau mengucapkan kata-kata yang tidak pasti demi mengemis. ; merayu, memuji, menyanjung.

3. Nemittikatā : Meramal

4. Nippesikatā : Pesulap

5. Lābhena lābhaṃ nijigīsanatā : Mengambil keuntungan secara berlebih/ tamak.

 _/\_
#Jhindra

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Alat kecantikan
« Reply #19 on: 07 December 2017, 02:49:30 PM »
... Katamo ca, bhikkhave, micchāājīvo? Kuhanā, lapanā, nemittikatā, nippesikatā, lābhena lābhaṃ nijigīsanatā
—ayaṃ, bhikkhave, micchāājīvo. ... (MN 117)

###

Kalo diterjemahin 1 per 1:

1. Kuhanā : Membohongi orang lain, gak jujur, munafik.

2. Lapanā :  berbicara, bergumam; mengoceh atau mengucapkan kata-kata yang tidak pasti demi mengemis. ; merayu, memuji, menyanjung.

3. Nemittikatā : Meramal

4. Nippesikatā : Pesulap

5. Lābhena lābhaṃ nijigīsanatā : Mengambil keuntungan secara berlebih/ tamak.

 _/\_

no 5 itu = berlebih/tamak, sifatnya subyektif, arya
gmn menentukan itu 2x atau lebih, atau 3x atau lebih??
mungkin ada kriteria tambahan, misalnya, keuntungan yg menyebabkan kerugian bg org lain atau semacamnya?

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Alat kecantikan
« Reply #20 on: 07 December 2017, 03:05:46 PM »
no 5 itu = berlebih/tamak, sifatnya subyektif, arya
gmn menentukan itu 2x atau lebih, atau 3x atau lebih??
mungkin ada kriteria tambahan, misalnya, keuntungan yg menyebabkan kerugian bg org lain atau semacamnya?

Yaa kita bisa bilang, kalo dagang ikut harga pasaran. Jangan nakol harga berlebih.  :))
#Jhindra

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Alat kecantikan
« Reply #21 on: 07 December 2017, 03:38:57 PM »
Yaa kita bisa bilang, kalo dagang ikut harga pasaran. Jangan nakol harga berlebih.  :))
ya , kl harga jauh di atas harga pasar , pembeli jg milih2 lah

jdi, ga ada kriterianya ya?

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #22 on: 07 December 2017, 03:50:02 PM »
knp ini salah ya , pak?

Karena unsur spekulasinya lebih tinggi nilainya dibanding nilai jual belinya.contoh saham penggorengan cap donald duck.kwek kwek kwek.dalam sehari di NYSE saham donaldduck  bisa membuat orang sakit jantung masuk ugd.pagi dibuka dgn harga 10 usd, siang 40 usd, penutupan bisa 5 usd.inilah danda kamma.mengakibatkan kegelisahan dan berbagai macam penyakit yg berhubungan dgn pikiran, seperti jantung, stroke ringan dan telapak tangan jadi berkeringat lebih dr normal.

Kenapa danda kamma. Will i am, kehendak unsur pembentuk kamma dominan loba.mau cepat dan tidak mau berdagang seperti yg lain.jika menang itu bukan danda kamma.jika kalah baru danda kamma.



« Last Edit: 07 December 2017, 03:54:00 PM by metra »

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Alat kecantikan
« Reply #23 on: 07 December 2017, 06:24:13 PM »
... Katamo ca, bhikkhave, micchāājīvo? Kuhanā, lapanā, nemittikatā, nippesikatā, lābhena lābhaṃ nijigīsanatā
—ayaṃ, bhikkhave, micchāājīvo. ... (MN 117)

###

Kalo diterjemahin 1 per 1:

1. Kuhanā : Membohongi orang lain, gak jujur, munafik.

2. Lapanā :  berbicara, bergumam; mengoceh atau mengucapkan kata-kata yang tidak pasti demi mengemis. ; merayu, memuji, menyanjung.

3. Nemittikatā : Meramal

4. Nippesikatā : Pesulap

5. Lābhena lābhaṃ nijigīsanatā : Mengambil keuntungan secara berlebih/ tamak.

 _/\_

Apakah ini berarti umat awam Buddhis tidak boleh jadi pesulap dan peramal? Kalo untuk bhikkhu, memang melakukan pertunjukan sulap dan meramal itu tidak diperbolehkan (dalam DN 1)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Alat kecantikan
« Reply #24 on: 07 December 2017, 06:44:30 PM »
Apakah ini berarti umat awam Buddhis tidak boleh jadi pesulap dan peramal? Kalo untuk bhikkhu, memang melakukan pertunjukan sulap dan meramal itu tidak diperbolehkan (dalam DN 1)

Untuk Bhikkhu emang gak boleh jadi peramal dllsb. Itu bentuk penghidupan salah bagi para Bhikkhu. Tapi untuk umat awam gak tau deh... Tapi untuk jadi pesulap, mungkin Sutta ini bisa jadi dalil... :/

https://suttacentral.net/id/sn42.2
#Jhindra

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Alat kecantikan
« Reply #25 on: 07 December 2017, 06:55:37 PM »
Untuk Bhikkhu emang gak boleh jadi peramal dllsb. Itu bentuk penghidupan salah bagi para Bhikkhu. Tapi untuk umat awam gak tau deh... Tapi untuk jadi pesulap, mungkin Sutta ini bisa jadi dalil... :/

https://suttacentral.net/id/sn42.2

IMO, SN 42.2 menyatakan seorang aktor yang berpandangan salah (bahwa jika seorang aktor menghibur para penontonnya akan terlahir di antara dewa tertawa) akan terlahir di neraka atau alam binatang, bukan berarti semua aktor pasti masuk neraka.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Hanni_Tan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 2
  • Everything dependently arising
Re: Alat kecantikan
« Reply #26 on: 07 December 2017, 07:10:15 PM »
Gak usah kosmetik,  bahkan beras yg kita konsumsi tiap hari pun ada kandungan bahan kimianya...  Kalau dikit2 mikir karma buruk maka kita gak pernah akan beranjak dari mana2 hahaha...   :D

Jual kosmetik aja karma buruk...  Tukang obat apaalagi ^:)^

Tukang obat bersuara.. wkwkwk

Offline Hanni_Tan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 2
  • Everything dependently arising
Re: Alat kecantikan
« Reply #27 on: 07 December 2017, 07:13:10 PM »
Terima kasih DeNova buat tanggapannya _/\_. Bagaimana dengan jual alat listrik seperti colokan kabel, bohlam, steker, dll. Saya mikirnya binatang2 kecil tentu akan tersetrum dan mati, bagaimana dengan hal ini, apakah ini termasuk karma buruk? Terima kasih sekali lagi

Karma adalah tindakan yang didasari cetana. Klo kamu ga ada niat buruk ya ga ada dunk

Offline Hanni_Tan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 2
  • Everything dependently arising
Re: Alat kecantikan
« Reply #28 on: 07 December 2017, 07:27:22 PM »
... Katamo ca, bhikkhave, micchāājīvo? Kuhanā, lapanā, nemittikatā, nippesikatā, lābhena lābhaṃ nijigīsanatā
—ayaṃ, bhikkhave, micchāājīvo. ... (MN 117)

###

Kalo diterjemahin 1 per 1:

1. Kuhanā : Membohongi orang lain, gak jujur, munafik.

2. Lapanā :  berbicara, bergumam; mengoceh atau mengucapkan kata-kata yang tidak pasti demi mengemis. ; merayu, memuji, menyanjung.

3. Nemittikatā : Meramal

4. Nippesikatā : Pesulap

5. Lābhena lābhaṃ nijigīsanatā : Mengambil keuntungan secara berlebih/ tamak.

 _/\_

Top arya..👍👍👍

Offline Hanni_Tan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 2
  • Everything dependently arising
Re: Alat kecantikan
« Reply #29 on: 07 December 2017, 07:30:35 PM »
ini sebagian isi mahacattarisaka MN117

Penghidupan

28“Di sana, para bhikkhu, pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Dan bagaimanakah pandangan benar muncul dalam urutan pertama? Seseorang memahami penghidupan salah sebagai penghidupan salah dan penghidupan benar sebagai penghidupan benar: ini adalah pandangan benar seseorang.

29“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan salah? Berkomplot, membujuk, mengisyaratkan, merendahkan, mengejar keuntungan dengan keuntungan: ini adalah penghidupan salah.

30“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan benar? Penghidupan benar, Aku katakan, ada dua jenis: ada penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan; dan ada penghidupan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

31“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan? Di sini, para bhikkhu, seorang siswa mulia meninggalkan penghidupan salah dan memperoleh penghidupannya melalui penghidupan benar: ini adalah penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda … matang dalam perolehan.

32“Dan apakah, para bhikkhu, penghidupan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan? Pemberhentian dari penghidupan salah, tidak melakukan, penahanan diri, penghindaran dari penghidupan salah dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, yang pikirannya tanpa noda, yang memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia: ini adalah penghidupan benar yang mulia … sebuah faktor dari sang jalan.

33“Seseorang berusaha untuk meninggalkan penghidupan salah dan memasuki penghidupan benar: ini adalah usaha benar seseorang. Dengan penuh perhatian meninggalkan penghidupan salah, dengan penuh perhatian memasuki dan berdiam dalam penghidupan benar: ini adalah perhatian benar seseorang. Demikianlah ketiga kondisi ini berlangsung dan berputar di sekeliling penghidupan benar, yaitu, pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.


tp kok ga ada spt yg di-bold di penjelasan bpk ya?

Ko indra mesti koreksi terjemahan miccha ajiva dh.. 😆😆😆

 

anything