//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Indra

Pages: 1 ... 945 946 947 948 949 950 951 [952] 953 954
14266
DN 31- Sigalaka Sutta

32. ‘Ada lima cara bagi seorang majikan  untuk melayani para pelayan dan para pekerjanya sebagai arah bawah: dengan mengatur pekerjaan mereka sesuai kekuatan mereka, dengan memberikan makan dan upah, dengan merawat mereka ketika mereka sakit, dengan berbagi makananan lezat dengan mereka, dan dengan memberikan hari libur pada waktu yang tepat. Dan ada lima cara bagi para pelayan dan para pekerja, yang dilayani demikian sebagai arah bawah, dapat membalas: dengan bangun tidur lebih pagi daripada majikannya, dengan pergi tidur lebih larut daripada majikannya, mengambil hanya apa yang diberikan, melakukan tugas-tugas mereka dengan benar, dan menjadi pembawa pujian dan reputasi baik bagi majikannya. Dengan demikian arah bawah telah dicakup, memberikan kedamaian dan bebas dari ketakutan di arah itu.

14267
Perkenalan / Re: Salam Kenal
« on: 26 June 2008, 03:34:12 PM »
orang-orang hina, orang-orang berdosa, WELCOME _/\_

14268
Informasi dan Pengumuman Kegiatan Buddhis / Re: Kopdar 5
« on: 26 June 2008, 01:34:19 PM »
meskipun hasiil voting adalah TA, tapi pak boss kan punya hak veto, bagaimana pak boss sumedho?

14269
Perkenalan / Re: Salam Kenal
« on: 26 June 2008, 01:13:13 PM »
Welcome Xing, di sini memang tempat ngumpulnya orang-orang hina. maaf bagi yang telah mencapai kemuliaan. ^:)^

14270


Q10: Perenungan dengan dewa sebagai saksi (Devatanussati).. Ada yang bisa menjelaskan?



Dengan mempertimbangkan manfaat dari terlahir di alam surga, seseorang merenungkan jasa-jasanya. Ingatan ini adalah perenungan dan ingatan benar. Ini disebut perenungan dewata. Ke-diam-an pikiran yang tidak terganggu adalah praktiknya. Menyadari jasa-jasa diri sendiri dan jasa-jasa para dewa adalah karakteristik utamanya. Memuji jasa adalah fungsinya. Keyakinan dalam buah jasa adalah penyebab langsungnya.

Seseorang yang mempraktikkan perenungan dewata memperoleh delapan manfaat: ia meningkatkan lima kualitas, yaitu, keyakinan, moralitas, pembelajaran, kedermawanan dan kebijaksanaan; ia dapat memperoleh apa yang diinginkan oleh makhluk-makhluk surgawi dan apa yang mereka gemari; ia berbahagia dalam menikmati buah jasa; ia menghargai tubuhnya; ia dihormati oleh makhluk-makhluk surgawi. Melalui ini, ia juga mampu mempraktikkan moralitas dan perenungan kedermawanan. Ia memperoleh kemakmuran dan mendekati surga.

Sumber: Vimuttimagga,

Yumi, sekedar nasehat: teruskan membaca, sebagian pertanyaan anda sebenarnya ada dalam RAPB, hanya mungkin anda belum membaca sampai sana, gak seru dong kalau dikasih bocoran ;D

14271
kamsia, kamsia ^:)^

14272
permisi, numpang bergabung,

sebagai umat Buddha tentunya kita tidak meragukan keberadaan Buddha, ini menyangkut Saddha, dari bebebrapa fakta sejarah dan pendapat banyak teman2 di sini, rasanya sudah cukup sebagai pembuktian ilmiah.
Bagaimana dengan Buddhang Saranang Gacchami jika kita tidak meyakini keberadaan Buddha.

Baiklah, mungkin teman-teman akan mengomentari bahwa pendapat saya tidak intelektual, tetapi dalam hal ini memang sebaiknya bobot intelektualitasnya dikurangi dan Saddha ditingkatkan. dan sepertinya ini tidak termasuk sebgai kepercayaan membuta.

Salam
 _/\_


14274
jadi penonton cuannya lebih gede ;D

14275
maksud hati memeluk gunung, apa daya hanya ganti topik perdebatan adn ganti peran utama
 _/\_

14276
bukan menurut saya,
saya cuma menanyakan kesimpulan dari diskusi dalam thread ini yang panjangnya sampai 12 pages ^-^

14277
So? kesimpulannya apa nih? Sang Buddha ada atau tidak?

14278
Diskusi Umum / Re: Adakah Kesadaran di dalam Organ ?
« on: 24 June 2008, 01:42:33 PM »
menurut saya, hubungan antar kejadian itu terlalu dipaksakan, apakah ada survey mengenai kejadian serupa yg terjadi pada orang2 yg tidak pernah menerima donor?

menurut saya lagi, peluang terjadi pada orang yg donor dan yg tidak, adalah sama besarnya, karena kejadian demikian hanyalah kebetulan semata.

14279
Kesehatan / Re: [ask] donor jantung
« on: 24 June 2008, 11:36:14 AM »
gagal jantung maksudnya apa? bisa lebih spesifik? mungkin gak perlu sampai tranplantasi jantung kalau masih bisa di repair, dan bagaimana kondisi pasien sekarang?

14280
kalau etimologi dari kata yg ditanyakan, mungkin akan sangat sulit untuk mengetahuinya, mengingat sulit sekali ditemui seorang ahli bahasa pali, bahkan mereka yang diakui telah menguasai bahasa pali mungkin juga tidak sampai menguasai secara etimologis, namun berikut ini adalah definisi kata tsb yg saya kutip dari

(1) Pali-English Dictionary dari PTS
3. Akkhaṇa : (page 2)

Akkhaka

Akkhaka [akkha1 + ka] the collar-- bone Vin iv.213 (adhak- khakaŋ); y.216.
Akkhaṇa

Akkhaṇa [a + khaṇa, BSk. akṣaṇa AvŚ i.291 = 332] wrong time, bad luck, misadventure, misfortune. There are 9 enumd at D iii.263; the usual set consists of 8; thus D iii.287; VvA 193; Sdhp 4 sq.


(2) dari sumber Concise Pali-English Dictionary (A.P. Buddhadatta Mahathera)

akkhaṇa : [m.] inappropriate time. || akkhaṇā (f.), a lightning.

Pages: 1 ... 945 946 947 948 949 950 951 [952] 953 954