//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan aja  (Read 9124 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan aja
« Reply #45 on: 29 August 2014, 10:08:48 AM »
http://bukubuddhis.wordpress.com/2010/06/05/apakah-umat-buddha-penyembah-berhala/

semoga mencerahkan  ;D
di bukunye ada ini

Penyembahan berhala secara umum berarti mendirikan patung dewa-dewi di beberapa agama theistik dalam berbagai bentuk oleh pemeluknya untuk disembah, mencari berkah dan perlindungan serta untuk berkah kemewahan, kesehatan dan kekayaan para pemohon. Beberapa pemohon bahkan memohon kepada patung untuk memenuhi bermacam kekuasaan pribadi walaupun kekuasaan itu diperolehi dengan cara yang salah. Mereka juga berdoa agar dosa mereka diampuni.

bukannye ada patung yg gendut kaya boboho megang emas ato patung siwali tempat umat buddha minta rizki ya??  ::)

Offline namarupa

  • Teman
  • **
  • Posts: 52
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Lanjutkan!
Re: Pertanyaan aja
« Reply #46 on: 26 September 2014, 06:38:44 AM »
Berhentilah buat patung yg besar2, coba buat patung nano, dari atom/molekul  ;D
Tetap Semangat!

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pertanyaan aja
« Reply #47 on: 27 September 2014, 07:55:55 AM »
sebaiknya cakra kita dibukakan oleh (master) atao tidak dilihat dari sisi Buddhist ?

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan aja
« Reply #48 on: 27 September 2014, 09:29:54 AM »
di bukunye ada ini

Penyembahan berhala secara umum berarti mendirikan patung dewa-dewi di beberapa agama theistik dalam berbagai bentuk oleh pemeluknya untuk disembah, mencari berkah dan perlindungan serta untuk berkah kemewahan, kesehatan dan kekayaan para pemohon. Beberapa pemohon bahkan memohon kepada patung untuk memenuhi bermacam kekuasaan pribadi walaupun kekuasaan itu diperolehi dengan cara yang salah. Mereka juga berdoa agar dosa mereka diampuni.

bukannye ada patung yg gendut kaya boboho megang emas ato patung siwali tempat umat buddha minta rizki ya??  ::)

itu secara pengertian umum yg blm lengkap... memang ada patung yg kek boboho dan patung sivali...

sebenarnya semua berasal dari tradisi india.. penghormatan... dan bentuk penghormatan ini bisa di nilai sebagai penyembahan.. jgnkan patung, pohon jika di taruh sesajen, atau org bersujud di dpnnya..dlm konteks umum termasuk menyembah. jd objeknya bukan cuma patung. objeknya bisa apa saja..termasuk org, candi, stupa, bangunan, batu, pohon dll.

cara melakukan penghormatan.. dlm tradisi india macam2..selain bersujud (model bersujud ini mirip kek umat Buddha atau islam) mengarah ke 1 objek tertentu, jaman dulu sebelum ada patung... umat Buddha biasanya mengarahkan sujudnya kearah dimana Buddha berada, pemuja matahari..melakukannya ke arah matahari terbit atau terbenam, klo di muslim ..(setelah ada patung) ke arah di mana mekkah berada.


cara lain berlutut..kek kr****n

cara lain merangkupkan tangan..ini juga di pakai di buddhist dan kr****n..dan sering jd tanda salam

cara lain mengelilingi objek... jaman Buddha dulu caranya dgn bahu kanan menghadap objek (jd mengelilingi dlm arah jarum jam), tp dlm tradisi india ada 2 cara..arah jarum jam, dan berlawan jarum jam...

cara lain..ken jaman dulu pakaiannya modelnya jubah, salah satu model penghormatan dgn membiarkan bahu kanannya terbuka, biasanya para Bhikkhu melakukan ini saat dlm vihara, atau klo di islam..saat mereka menuju mekah pake baju putih2..

ini cara penghormatan dari tradisi india...

kemudian kok jd menyembah berhala? ini logis..cara apaun yg di pake bisa di anggap menyembah berhala...tergantung si penilai

misal si A..berkeyakinan ke sosok X, jika si B..melakukan hal ini ke mahluk lain..misalnya sosok Y, atau tulisan Y atau sesuatu mengenai Y... menurut si A..si B menyembah berhala...

sebaliknya... jika si A melakukan bentuk penghormatan ini kepada sosok X, tulisan X, sesuatu yg berhubnyag dgn X..menurut si B ...si A menyembah berhala

kemudia dtg si C... saat si melakukan penyembahan terhadap sosok X, tulisan X, atau sesatu yg ada hubnya dgn X..menurut si A..si C benar..., tp menurut si B si C menyembah Berhala.

hubnya dgn patung boboho..nah itu sebenarnya bukan patung Buddha..tp krn banyaknya skte di buddhist..jdnya gitu...
klo patung sivali..krn Sivali adalah salah satu Arahat... yah memang bentuk penghormatan...., tp dari jaman dulu biasanya penghormatan..kemudian org berdana makanan..biasanya mengharapkan sesuatu...

walau demikian hal ini ga dilarang di Buddhist untuk umat awamnya...
...

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan aja
« Reply #49 on: 28 September 2014, 05:39:03 PM »
di bukunye ada ini

Penyembahan berhala secara umum berarti mendirikan patung dewa-dewi di beberapa agama theistik dalam berbagai bentuk oleh pemeluknya untuk disembah, mencari berkah dan perlindungan serta untuk berkah kemewahan, kesehatan dan kekayaan para pemohon. Beberapa pemohon bahkan memohon kepada patung untuk memenuhi bermacam kekuasaan pribadi walaupun kekuasaan itu diperolehi dengan cara yang salah. Mereka juga berdoa agar dosa mereka diampuni.

bukannye ada patung yg gendut kaya boboho megang emas ato patung siwali tempat umat buddha minta rizki ya??  ::)

Apakah Buddha pernah mengajarkan untuk minta rejeki pada patung (sivali)? Atau menciptakan patung (gendut) lalu men-sakral-kan patung itu?

Jika ya, maka benar Buddhism mengajarkan untuk menyembah berhala. Silakan copas dari sutta, kalau ada ajaran itu.

Kamu ngotot kasih bukti kalau Buddhism itu (mungkin) ngajarin menyembah berhala, tapi buktinya tidak relevan.

Misalnya muncul pertanyaan, apakah Buddhism menganjurkan pembunuhan? Untuk tau jawabannya, kamu harus kaji ajaran Buddha. Apakah ada anjuran membunuh? Bukannya cari pembunuh beragama Buddha lalu dijadikan bukti bahwa Buddhism menganjurkan pembunuhan.
« Last Edit: 28 September 2014, 05:40:56 PM by dhammadinna »

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan aja
« Reply #50 on: 30 September 2014, 05:04:46 PM »
itu secara pengertian umum yg blm lengkap... memang ada patung yg kek boboho dan patung sivali...

sebenarnya semua berasal dari tradisi india.. penghormatan... dan bentuk penghormatan ini bisa di nilai sebagai penyembahan.. jgnkan patung, pohon jika di taruh sesajen, atau org bersujud di dpnnya..dlm konteks umum termasuk menyembah. jd objeknya bukan cuma patung. objeknya bisa apa saja..termasuk org, candi, stupa, bangunan, batu, pohon dll.

cara melakukan penghormatan.. dlm tradisi india macam2..selain bersujud (model bersujud ini mirip kek umat Buddha atau islam) mengarah ke 1 objek tertentu, jaman dulu sebelum ada patung... umat Buddha biasanya mengarahkan sujudnya kearah dimana Buddha berada, pemuja matahari..melakukannya ke arah matahari terbit atau terbenam, klo di muslim ..(setelah ada patung) ke arah di mana mekkah berada.


cara lain berlutut..kek kr****n

cara lain merangkupkan tangan..ini juga di pakai di buddhist dan kr****n..dan sering jd tanda salam

cara lain mengelilingi objek... jaman Buddha dulu caranya dgn bahu kanan menghadap objek (jd mengelilingi dlm arah jarum jam), tp dlm tradisi india ada 2 cara..arah jarum jam, dan berlawan jarum jam...

cara lain..ken jaman dulu pakaiannya modelnya jubah, salah satu model penghormatan dgn membiarkan bahu kanannya terbuka, biasanya para Bhikkhu melakukan ini saat dlm vihara, atau klo di islam..saat mereka menuju mekah pake baju putih2..

ini cara penghormatan dari tradisi india...

kemudian kok jd menyembah berhala? ini logis..cara apaun yg di pake bisa di anggap menyembah berhala...tergantung si penilai

misal si A..berkeyakinan ke sosok X, jika si B..melakukan hal ini ke mahluk lain..misalnya sosok Y, atau tulisan Y atau sesuatu mengenai Y... menurut si A..si B menyembah berhala...

sebaliknya... jika si A melakukan bentuk penghormatan ini kepada sosok X, tulisan X, sesuatu yg berhubnyag dgn X..menurut si B ...si A menyembah berhala

kemudia dtg si C... saat si melakukan penyembahan terhadap sosok X, tulisan X, atau saesatu yg ada hubnya dgn X..menurut si A..si C benar..., tp menurut si B si C menyembah Berhala.

hubnya dgn patung boboho..nah itu sebenarnya bukan patung Buddha..tp krn banyaknya skte di buddhist..jdnya gitu...
klo patung sivali..krn Sivali adalah salah satu Arahat... yah memang bentuk penghormatan...., tp dari jaman dulu biasanya penghormatan..kemudian org berdana makanan..biasanya mengharapkan sesuatu...

walau demikian hal ini ga dilarang di Buddhist untuk umat awamnya...
:-? jd tradisi ya? tp klo berdana makanan mengharapkan sesuatu kan jd berhala jg dong?

trus knp melulu siwali?? arahat kan banyak... sama kok nga ada patung yg arahat cewe ye? buddha diskriminasi jender ga?

Offline Meruem

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan aja
« Reply #51 on: 30 September 2014, 05:29:23 PM »
Apakah Buddha pernah mengajarkan untuk minta rejeki pada patung (sivali)? Atau menciptakan patung (gendut) lalu men-sakral-kan patung itu?

Jika ya, maka benar Buddhism mengajarkan untuk menyembah berhala. Silakan copas dari sutta, kalau ada ajaran itu.

Kamu ngotot kasih bukti kalau Buddhism itu (mungkin) ngajarin menyembah berhala, tapi buktinya tidak relevan.

Misalnya muncul pertanyaan, apakah Buddhism menganjurkan pembunuhan? Untuk tau jawabannya, kamu harus kaji ajaran Buddha. Apakah ada anjuran membunuh? Bukannya cari pembunuh beragama Buddha lalu dijadikan bukti bahwa Buddhism menganjurkan pembunuhan.
contohny ga tepat dunk...  [-X
klo ada pembunuh yg beragama buddha tinggal di liat buddhis lain dukung sambil treak sadhu2 ato nggak trus di bandingin perbuatany sm sutta
klo ada org nungging2 depan patung boboho ama siwali trus umat lain rame2 berbondong2 ikutan nungging2 dan wiharanya sediain tempat nungging bahkan bikhuny jg diem2 aja ane kan jd galaw..  :??

kk emg uda baca smua sutta?? jgn2 sutta nomer 84001 ada tuh pakem bikin boboho.  #-o
mustiny kk dong yg kasi penjelasan ato sutta ttg patung2an. masa ane yg lugu ini dimintain sutta..   ~X(
 :>-

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan aja
« Reply #52 on: 30 September 2014, 08:27:39 PM »
:-? jd tradisi ya? tp klo berdana makanan mengharapkan sesuatu kan jd berhala jg dong?

trus knp melulu siwali?? arahat kan banyak... sama kok nga ada patung yg arahat cewe ye? buddha diskriminasi jender ga?

sebenarnya berhala bukan krn berharap koq.., dari contoh di atas..di sebut berhala biasanya krn objek yg di hormati menurut org  tidak pantas, ga peduli mo berharap atau gak..

bahkan menghormat bendera pun di anggap berhala oleh bbrp..padahal banyak yg hormat bendera..tidak mengharapkan  "buah" dari menghormat bendera.

knp cuma sivali..sepertinya krn sivali punya ciri tersendiri..seperti membawa payung, patung yg lain juga ada, tp kurang terkenal.. dan tidak ada ciri khusus.

knp ga ada patung arahat cewe.ini juga ada seh..tp kurang terkenal..krn tidak memiliki ciri khusus..jd sulit di bilang ini patungnya siapa...


...

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan aja
« Reply #53 on: 30 September 2014, 08:36:05 PM »
contohny ga tepat dunk...  [-X
klo ada pembunuh yg beragama buddha tinggal di liat buddhis lain dukung sambil treak sadhu2 ato nggak trus di bandingin perbuatany sm sutta
klo ada org nungging2 depan patung boboho ama siwali trus umat lain rame2 berbondong2 ikutan nungging2 dan wiharanya sediain tempat nungging bahkan bikhuny jg diem2 aja ane kan jd galaw..  :??

kk emg uda baca smua sutta?? jgn2 sutta nomer 84001 ada tuh pakem bikin boboho.  #-o
mustiny kk dong yg kasi penjelasan ato sutta ttg patung2an. masa ane yg lugu ini dimintain sutta..   ~X(
 :>-


ga perlu baca semua sutta untuk tau seh...

masalah membunuh.. tidak di anjurkan..
masalah org nunging di dpn patung, atau mengarah ke mekkah, atau di dpn altar, atau di dpn simbol agamanya, di dpn org (org tau, guru, dll) ...itu namanya penghormatan... bagimu mereka menyembah berhala, bagi org lain blm tentu gitu, penjelasannya..jd klo kmu galauw wajar...org lain seh fine2 aja...

untuk sutta tdak ada penomoran 84001.. klo di DC untuk sutta tinggal Khundakka Nikaya.. 4 sutta Utama sudah ada di forum dan e-booknya...bagi yg niat baca ga sampe 1 thn selesai tuh semua
...

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Pertanyaan aja
« Reply #54 on: 30 September 2014, 08:49:26 PM »
contohny ga tepat dunk...  [-X
klo ada pembunuh yg beragama buddha tinggal di liat buddhis lain dukung sambil treak sadhu2 ato nggak trus di bandingin perbuatany sm sutta
klo ada org nungging2 depan patung boboho ama siwali trus umat lain rame2 berbondong2 ikutan nungging2 dan wiharanya sediain tempat nungging bahkan bikhuny jg diem2 aja ane kan jd galaw..  :??

 :-? Jadi menurut anda, kalau Buddhis melakukan sesuatu kemudian diikuti banyak Buddhis lainnya berarti realitasnya, kebenarannya adalah prilaku itu ada di dalam sutta dan diajarkan oleh Buddha?

Quote
kk emg uda baca smua sutta?? jgn2 sutta nomer 84001 ada tuh pakem bikin boboho.  #-o
mustiny kk dong yg kasi penjelasan ato sutta ttg patung2an. masa ane yg lugu ini dimintain sutta..   ~X(
 :>-
Tanggapan atas hal ini setelah pertanyaan di atas dijawab.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan aja
« Reply #55 on: 01 October 2014, 02:19:28 PM »
terserah kamulah, meruem...

 

anything