Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Buddhisme Awal, Sekte dan Tradisi => Theravada => Topic started by: Sumedho on 10 December 2007, 08:43:32 PM

Title: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Sumedho on 10 December 2007, 08:43:32 PM
Ada sebuah pertanyaan yang diangkat oleh salah satu pengunjung dhammacitta di http://www.dhammacitta.org/artikel/berpikir-cara-buddhis/ikut-ikutan-berduka-cita#comments


"bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?"

bagaimana teman2x ?
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: tesla on 11 December 2007, 10:22:24 AM
belum baca dua2nya... ga bisa comment...
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Riky_dave on 05 May 2008, 08:21:55 PM
Ko2 Sumedho mank dlm sutta dan abhidhamma ada bedanya jika 1 kata ditanyakan seperti pertanyaan ko2??
Beda sutta dan abhidhamma itu sendiri apa??(wah2 kurang membaca gw ni,gk ngerti semuanya)...
 _/\_
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Sumedho on 06 May 2008, 10:53:32 AM
terkadang ada penjelasan yang berbeda antara kedua itu :)

sutta dan abhidhamma beda "keranjang", kan tipitaka -> sutta pitaka, vinaya pitaka, abhidhamma pitaka
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Riky_dave on 06 May 2008, 08:04:05 PM
Beda keranjang???
Sutta pitaka,vinaya pitaka,abhidhamma pitaka??3keranjang ya??
Truz masing2 memuat apa??Vinaya peraturan??yg lainnya??
 _/\_
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Sumedho on 06 May 2008, 08:49:08 PM
pitaka katanya sih artinya keranjang.
sutta -> kotbah
vinaya -> aturan monastik *bhikkhu*
abhidhamma -> ... hmmmm butuh bantuan temen2x lain  ;D
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Lily W on 07 May 2008, 12:27:22 PM
Beda keranjang???
Sutta pitaka,vinaya pitaka,abhidhamma pitaka??3keranjang ya??
Truz masing2 memuat apa??Vinaya peraturan??yg lainnya??
 _/\_

IKHTISAR KITAB SUCI TIPITAKA
1. Vinaya Pitaka
2. Sutta Pitaka
3. Abhdihamma Pitaka

VINAYA PITAKA berisi disiplin-disiplin untuk para bhikkhu dan bhikkuni, terdiri dari 21.000 Dhammakkhandha (pokok Dhamma), di bagi menjadi 3 bagian :
a. Sutta Vibhanga
b. Khandhaka, terbagi 2 buku : Mahavagga & Cullavagga
c. Parivara

SUTTA PITAKA berisi khotbah-khotbah, terdiri 21.000 Dhammakkhandha (pokok Dhamma), dibagi menjadi 5 bagian :
a. Digha Nikaya
b. Majjhima Nikaya
c. Anguttara Nikaya
d. Samyutta Nikaya
e. Khuddaka Nikaya

ABHIDHAMMA PITAKA, berisi uraian mengenai filsafat, metafisika, ilmu jiwa Buddha Dhamma, terdiri 42.000 Dhammakkhandha (Pokok Dhamma), di bagi menjadi 7 kitab :
a. Dhammasangani
b. Vibhanga
c. Dhatukatha
d. Puggalapannati
e. Kathavatthu
f. Yamaka
g. Patthana


 _/\_ :lotus:
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: williamhalim on 07 May 2008, 12:30:51 PM
Hey-hey-hey....

Ini mo bahas 'perbedaan konsep anatta' ato mo bahas 'rincian keranjang' sech?


 :outoftopic:


::
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Lily W on 07 May 2008, 12:36:03 PM
 :)) :)) :))  Siap Boss...

 :backtotopic:

Dalam Abhidhamma
Anatta : Tanpa kepemilikan

Contoh :
Nibbana tidak bisa di miliki hanya bisa di alami saja.

Ayo....Frens (salah satu is Bro Nyana)... yg udah belajar SUTTA....kita bisa bandingkan...adakah perbedaannya?

 _/\_ :lotus:
 
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Sumedho on 07 May 2008, 01:29:30 PM
Ada beberapa pengertian anatta diluaran
1. Tiada aku/personal yang tetap
2. Tanpa inti
3. Tanpa aku
4. Tanpa kepemilikan *menurut abhidhamma, colong dari ncik lily*
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Riky_dave on 07 May 2008, 08:00:51 PM
Maaf ko2 willi OOT  ^:)^
Thanks ya ci2 lily da jelasin
 _/\_
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: hudoyo on 11 May 2008, 10:50:31 PM
Dalam Abhidhamma
Anatta : Tanpa kepemilikan

Contoh :
Nibbana tidak bisa di miliki hanya bisa di alami saja.

Ayo....Frens (salah satu is Bro Nyana)... yg udah belajar SUTTA....kita bisa bandingkan...adakah perbedaannya?

Di dalam Abhidhamma, anatta dijelaskan berdasarkan klasifikasi dhamma (citta, cetasika, rupa, nibbana). Banyak teorinya yang harus dihafalkan.

Di dalam Sutta (khotbah-khotbah Sang Buddha), anatta dijelaskan secara eksperiensial (berdasarkan pengalaman batin), bukan dengan teori, dan tidak ada rumusan yang perlu dihafalkan.

Ada dua cara Sang Buddha menjelaskan anatta dalam berbagai Sutta:

(1) dalam  kaitan dengan 'anicca' dan 'dukkha' - dalam banyak sutta Sang Buddha berkata: "Yad aniccam tam dukkham, yam dukkham tad anatta." - "Apa yang tidak kekal adalah tidak memuaskan, apa yang tidsak memuaskan adalah tanpa-aku."

Ini masih bersifat filosofis, tapi tetap bertumpu pada pengalaman batin tentang 'anicca' dan 'dukkha', yang semua orang bisa membuktikannya dalam batin masing-masing.

(2) langsung sebagai pengalaman batin manusia sendiri, tapi dikaitkan dengan pengalaman seorang arahat, yang pada umumnya kita semua tidak tahu. Dalam puluhan sutta mulai dari Anatta-lakkhana-sutta, Sang Buddha berkata, bahwa dalam batin seorang yang belum bebas (puthujjana), SELALU ada pikiran: "Ini milikku, ini aku, ini diri/atta-ku" ("Etam mama, eso hamasmi, eso me atta"); sedangkan dalam batin seorang arahat, tidak ada pikiran 'ini milikku', tidak ada pikiran 'ini aku', tidak ada pikiran 'ini diri/atta-ku'. ("N'etam mama, n'eso hamasmi, n'eso me atta.")

Pemahaman 'anatta' #2 ini langsung bisa dialami sendiri di dalam keheningan vipassana-bhavana.

Salam,
Hudoyo
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Lily W on 13 May 2008, 10:09:26 AM
Setau saya....
Hakekat Abhidhamma adalah pengalaman dalam kehidupan sehari-hari,
demikian pula dengan Sutta. Jadi bukan hanya dalam keheningan Vipassana
dan dalam kata-kata. Kitab suci Tipitaka adalah deskripsi alias tulisan
semata yang menjadi peta jalan. Menjalankan peta itulah yang paling
penting untuk merealisasi Anatta.

 _/\_ :lotus:
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: nemo on 13 May 2008, 12:16:34 PM
"Menjalankan peta itulah yang paling penting untuk merealisasi Anatta."

bagaimana kalau nyasar waktu menjalankan peta? masih bisakah merealisasi Anatta?
dan bagaimana dengan sang 'peta' itu sendiri, apakah juga menjadi subyek dari anicca, dukkha dan anatta?

 _/\_
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: williamhalim on 13 May 2008, 12:36:33 PM
"Menjalankan peta itulah yang paling penting untuk merealisasi Anatta."

bagaimana kalau nyasar waktu menjalankan peta? masih bisakah merealisasi Anatta?
dan bagaimana dengan sang 'peta' itu sendiri, apakah juga menjadi subyek dari anicca, dukkha dan anatta?

 _/\_


Anggaplah peta itu = Tipitaka (ajaran Dhamma)

>>bagaimana kalau nyasar waktu menjalankan peta? masih bisakah merealisasi Anatta?
:: Kalau nyasar tentu tidak akan bisa merealisasi anatta. Makanya sangat penting untuk menemukan peta yg benar. Bagaimana caranya? Ehipassiko.

>>dan bagaimana dengan sang 'peta' itu sendiri, apakah juga menjadi subyek dari anicca, dukkha dan anatta?
:: Ya. Peta/Map (ajaran Dhamma) adalah 'konsep', produk pikiran. Hanyalah sebuah rakit. Adalah Sankhata Dhamma (sesuatu yg terkondisi selalu mengalami perubahan, tidak memuaskan dan tanpa inti yg kekal)

::
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: nemo on 13 May 2008, 05:03:03 PM
kalau peta hanya konsep, produk pikiran, bagaimana bisa ada peta yang benar?

masalah kedua, meskipun petanya benar, bagaimana kalau kita salah membacanya? meskipun diikuti, tetap saja nyasar bukan?
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: hudoyo on 13 May 2008, 10:33:11 PM
Setau saya....
Hakekat Abhidhamma adalah pengalaman dalam kehidupan sehari-hari,
demikian pula dengan Sutta. Jadi bukan hanya dalam keheningan Vipassana
dan dalam kata-kata. Kitab suci Tipitaka adalah deskripsi alias tulisan
semata yang menjadi peta jalan. Menjalankan peta itulah yang paling
penting untuk merealisasi Anatta.

 _/\_ :lotus:

Vipassana itu baru bisa membebaskan apabila berkembang dalam kehidupan sehari-hari, bukan cuma dalam meditasi duduk & meditasi jalan.

Dalam vipassana versi MMD tidak tidak dibutuhkan pengetahuan Tipitaka, tidak dibutuhkan peta apa pun. Realisasi anatta hanya mungkin bila semua KELEKATAN kepada kitab suci dan peta apa pun runtuh.

Terlihat jelas bahwa sudut pandang Anda dan sudut pandang saya bertolak belakang. Saya rasa, ini bukan soal benar atau salah, dan tidak perlu dipertentangkan; sebaiknya direalisir dalam batin masing-masing.

Salam,
hudoyo
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: chingik on 14 May 2008, 09:44:27 AM
Quote
Dalam vipassana versi MMD tidak tidak dibutuhkan pengetahuan Tipitaka, tidak dibutuhkan peta apa pun. Realisasi anatta hanya mungkin bila semua KELEKATAN kepada kitab suci dan peta apa pun runtuh.

 Saya rasa pengetahuan Tipitaka tetap dibutuhkan, jika tidak bagaimana bisa ada Vipassana versi MMD? bukankah rujukannya adalah Bahiya Sutta?
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: Lily W on 14 May 2008, 10:13:03 AM
Setau saya....
Hakekat Abhidhamma adalah pengalaman dalam kehidupan sehari-hari,
demikian pula dengan Sutta. Jadi bukan hanya dalam keheningan Vipassana
dan dalam kata-kata. Kitab suci Tipitaka adalah deskripsi alias tulisan
semata yang menjadi peta jalan. Menjalankan peta itulah yang paling
penting untuk merealisasi Anatta.

 _/\_ :lotus:

Vipassana itu baru bisa membebaskan apabila berkembang dalam kehidupan sehari-hari, bukan cuma dalam meditasi duduk & meditasi jalan.

Dalam vipassana versi MMD tidak tidak dibutuhkan pengetahuan Tipitaka, tidak dibutuhkan peta apa pun. Realisasi anatta hanya mungkin bila semua KELEKATAN kepada kitab suci dan peta apa pun runtuh.

Terlihat jelas bahwa sudut pandang Anda dan sudut pandang saya bertolak belakang. Saya rasa, ini bukan soal benar atau salah, dan tidak perlu dipertentangkan; sebaiknya direalisir dalam batin masing-masing.

Salam,
hudoyo

Anumodana..... _/\_

_/\_ :lotus:
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: markosprawira on 14 May 2008, 02:41:32 PM
Sungai dalam perjalanannya, akan ada masukan-masukan dari saluran-saluran air di sekitar jalur yang dialaluinya.

Air sungai juga akan bercampur dengan tanah yang dilaluinya sedemikian rupa sehingga komponen dalam air sungai itu selalu berubah-ubah.

Dengan melihat ini, fenomena anatta, anicca, kamma, paticca samuppada dan banyak lagi yang akan dapat terlihat..........

semoga bisa dimengerti...........
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: hudoyo on 14 May 2008, 06:45:08 PM
Quote
Dalam vipassana versi MMD tidak tidak dibutuhkan pengetahuan Tipitaka, tidak dibutuhkan peta apa pun. Realisasi anatta hanya mungkin bila semua KELEKATAN kepada kitab suci dan peta apa pun runtuh.

 Saya rasa pengetahuan Tipitaka tetap dibutuhkan, jika tidak bagaimana bisa ada Vipassana versi MMD? bukankah rujukannya adalah Bahiya Sutta?

Itu kan untuk memahami MMD secara KONSEPTUAL, memahami kaitannya dengan ajaran Sang Buddha secara konseptual, seperti saya lakukan dalam diskusi-diskusi di milis ini. ... Tetapi, ketika saya mengajarkan MMD, saya sama sekali tidak menyebut-nyebut Bahiya-sutta ... juga tidak menyebut-nyebut ajaran Krishnamurti ... bahkan sama sekali tidak menamakan meditasi yang saya ajarkan itu "MMD". ... Itu semua cuma membebani batin dengan pikiran-pikiran yang tidak perlu. ... Paham, bukan?

Salam,
Hudoyo
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: hudoyo on 14 May 2008, 06:57:33 PM
Sungai dalam perjalanannya, akan ada masukan-masukan dari saluran-saluran air di sekitar jalur yang dialaluinya.

Air sungai juga akan bercampur dengan tanah yang dilaluinya sedemikian rupa sehingga komponen dalam air sungai itu selalu berubah-ubah.

Dengan melihat ini, fenomena anatta, anicca, kamma, paticca samuppada dan banyak lagi yang akan dapat terlihat..........

semoga bisa dimengerti...........

Anda maksudkan, "perjalanan spiritual" ini seperti sungai yang mengalir? ...

MMD bukan seperti itu ... Dalam MMD, orang tidak mempersepsikan MMD sebagai "perjalanan" ke mana-mana ... Sebaliknya, MMD adalah BERHENTI, di sini, pada saat sekarang. ... Untuk bisa BERHENTI, segala sesuatu yang kita miliki--termasuk PENGETAHUAN tentang anatta, anicca, kamma, paticca samuppada dan banyak lagi HARUS RUNTUH, karena PENGETAHUAN semacam itu hanya MERINTANGI orang melihat apa yang ada sesungguhnya. Kalau orang melihat perubahan ... ia tidak mempersepsikan sebagai "PERUBAHAN", apalagi memberinya label dengan bahasa Pali, "ANICCA" ... Yang dilihatnya hanyalah perubahan, tanpa menilai apa makna perubahan itu, apa kaitannya dengan ajaran Buddha, ... justru yang dilihat juga adalah kelekatan kepada apa yang berubah itu ... dilihat sebagai fakta, bukan sebagai konsep "KELEKATAN", apalagi penilaian bahwa kelekatan itu "harus dilepaskan" ... lalu dilihat juga PENDERITAAN sebagai akibat dari KELEKATAN itu, tanpa penilaian bahwa penderitaan itu "harus dilenyapkan", dsb. ... begitu seterusnya. ... Kalau orang bisa berada dalam keadaan itu ... maka pada suatu titik kelak semua itu akan diam dengan sendirinya ... tanpa USAHA mendiamkan. ... Jadi tidak perlu semua TEORI AWAL tentang anatta, anicca, kamma, paticca samuppada dan banyak lagi itu ... Begitulah cara saya mengajar MMD ... dan banyak orang yang non-Buddhis dengan cepat bisa menangkap kiat vipassana seperti itu. ... Malah teman-teman Buddhis yang tidak bisa melepaskan PENGETAHUANNYA tentang Buddha-Dhamma, tidak bisa menangkap kiat MMD itu. ...

Salam,
hudoyo
Title: Re: bagaimana perbandaingan konsep anatta dalam sutta dan abhidhamma?
Post by: nemo on 15 May 2008, 12:23:30 PM

MMD bukan seperti itu ... Dalam MMD, orang tidak mempersepsikan MMD sebagai "perjalanan" ke mana-mana ... Sebaliknya, MMD adalah BERHENTI, di sini, pada saat sekarang. ... Untuk bisa BERHENTI, segala sesuatu yang kita miliki--termasuk PENGETAHUAN tentang anatta, anicca, kamma, paticca samuppada dan banyak lagi HARUS RUNTUH, karena PENGETAHUAN semacam itu hanya MERINTANGI orang melihat apa yang ada sesungguhnya. Kalau orang melihat perubahan ... ia tidak mempersepsikan sebagai "PERUBAHAN", apalagi memberinya label dengan bahasa Pali, "ANICCA" ... Yang dilihatnya hanyalah perubahan, tanpa menilai apa makna perubahan itu, apa kaitannya dengan ajaran Buddha, ... justru yang dilihat juga adalah kelekatan kepada apa yang berubah itu ... dilihat sebagai fakta, bukan sebagai konsep "KELEKATAN", apalagi penilaian bahwa kelekatan itu "harus dilepaskan" ... lalu dilihat juga PENDERITAAN sebagai akibat dari KELEKATAN itu, tanpa penilaian bahwa penderitaan itu "harus dilenyapkan", dsb. ... begitu seterusnya. ... Kalau orang bisa berada dalam keadaan itu ... maka pada suatu titik kelak semua itu akan diam dengan sendirinya ... tanpa USAHA mendiamkan. ... Jadi tidak perlu semua TEORI AWAL tentang anatta, anicca, kamma, paticca samuppada dan banyak lagi itu ... Begitulah cara saya mengajar MMD ... dan banyak orang yang non-Buddhis dengan cepat bisa menangkap kiat vipassana seperti itu. ... Malah teman-teman Buddhis yang tidak bisa melepaskan PENGETAHUANNYA tentang Buddha-Dhamma, tidak bisa menangkap kiat MMD itu. ...

Salam,
hudoyo

muncul ketenangan ketika membaca post di atas, rasanya seperti banyak yang ikut berhenti sesaat. Terima kasih Pa Hudoyo.

> Kalau orang melihat perubahan ... ia tidak mempersepsikan sebagai "PERUBAHAN"
malah mungkin tidak tahu bahwa itu namanya "perubahan"   :)

 _/\_